MAKALAH KEGIATAN USAHA

MENYULAP SAMPAH MENJADI RUPIAH
Disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Kewirausahaan

Disusun oleh :

Istiqomah B. Adi NIM 0607350

JURUSAN PENDIDIKAN KIMIA PROGRAM STUDI KIMIA

tempat sampah khusus plastik. Anehnya tempat sampah itu sepertinya tidak berfungsi. Tempat sampah khusus sudah disediakan: tempat sampah khusus bahan organik. Meskipun sudah banyak upaya-upaya yang dilakukan oleh pemerintah. Jumlah atau volume sampah yang besar ini lah yang dapat menjadi peluang bisnis yang prospektif. Sampah tetap saja terlihat menumpuk di mana-mana. selama masih ada aktivitas manusia. PROFIL USAHA Usaha yang akan dibangun. mengelola. Sampah yang menyumbat saluran air atau got dapat menyebabkan banjir. belum optimal dilakukan oleh dinas kebersihan. Masalah sampah rasanya tidak kunjung bisa diselesaikan dengan tuntas. dan menjual hasil olahan sampah yang berasal dari sampah rumah tangga. khususnya kota Bandung yang sempat mendapat julukan “Bandung Lautan Sampah” beberapa tahun lalu setelah tragedi Leuwi Gajah yang memakan banyak korban jiwa. Dalam merintis kegiatan usaha ini. dan tempat sampah khusus logam. baik berupa padatan atau cairan. Tempat sampah organik isinya plastik. mengolah. sandal. akhirnya bercampur juga di Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Karena toh. B. Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia bila sampah dibuang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik. dan sampah-sampah lain campur jadi satu. berupa usaha pengolahan sampah. Masyarakat masih suka membuang sampah sembarangan. Usaha ini diawali dengan menampung. PENDAHULUAN Sampah merupakan material sisa yang tidak diinginkan lagi setelah berakhirnya suatu proses. Sampah merupakan sumber daya yang tidak terbatas. Umumnya sistem penanganan dan pengelolaan sampah TPA di kotakota besar di Indonesia. dapat menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Kegiatan usaha ini diberi nama “Rumah Sampah”.UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA 2010 A. juga turut menambah permasalahan sampah di kota-kota besar. Ditambah lagi dengan penolakan dari warga sekitar TPA yang terjadi di beberapa daerah di Indonesia. 2 .

masak. Sampah yang telah dicacah kemudian diproses melalui penyaringan sehingga tersaring bagian yang halus. Kompos Sampah organik merupakan salah satu bahan baku yang baik dalam pembuatan kompos. Rp.. 3. Dengan kalori serta pembakaran yang hampir setara dengan minyak tanah.per kg Rp. 200. Dapat menyediakan berbagai kualitas: 1.. Hasil olahan sampah yang menjadi salah satu sumber pemasukan perusahaan ini diantaranya: 1.saya akan memulainya dari lingkungan terdekat atau sekitar tempat tinggal. Kompos yang dihasilkan dapat dijual dengan harga yang murah ke masyarakat. Kerjasamakerjasama ini akan membuka pasar dan menyerap hasil produksi kompos tersebut. pengeringan. pembakaran. Biomassa tersebut dibentuk menjadi silinder-silinder kecil agar dapat digunakan dalam skala rumah tangga maupun KUKM. Kompos Granule 2. Briket biomassa ini dapat diproduksi oleh masyarakat dengan dengan murah dan dimungkinkan untuk dikembangkan secara massal dalam waktu yang relatif singkat menggunakan teknologi serta peralatan yang sederhana.. briket biomassa dapat digunakan sebagai bahan bakar alternatif yang dapat digunakan untuk kebutuhan pengolahan makanan.per kg Briket Biomassa (Carbonized & Non Carbonized) Biomassa merupakan sisa-sisa kegiatan dari makhluk hidup yang memiliki energi untuk dijadikan bahan bakar.. Walaupun usaha ini hanya mengolah sampah yang berasal dari rumah tangga.-Rp. Raw material kompos 2.000.. tapi hal ini dapat membantu permasalahan sampah dikota Bandung. Pupuk Organik 3 .1.Rp. 400. Fine kompos siap granule 3. 900. pemanasan dan sebagainya. Dengan memotong biaya seperti biaya transportasi serta biaya bahan baku maka kompos yang dihasilkan bisa dijual lebih murah dibandingkan dengan kompos di pasar. Pemasaran juga dapat dilakukan dengan bekerjasama dengan pihakpihak ketiga seperti kelompok tani yang ada di wilayah produksi.... 600. Pada sampah halus tersebut akan dilakukan pencampuran dan fermentasi sehingga menjadi kompos.Rp. 500.per kg Rp.

Pengolahannnya adalah mencampur dengan bahan-bahan lainnya. dicuci dan dikeringkan bisa mempunyai harga dari Rp. PP dan beberapa jenis lainnya.000. misalkan cocopeat yang mempunyai C lebih tinggi. juga dapat mengatasi problem lingkungan. 4 . Untuk dapat diolah menjadi pupuk organik maka harus diberikan pengolahan lebih lanjut.. botol shampo maupun botol lainnya dapat diproses daur ulang dengan teknis yang berbeda.-/ 20 kg. Jakarta. Setelah menjadi pupuk kemudian dikemas dengan ukuran yang dikehendaki oleh pasar. blood and bone dan lain-lainya. 10..umumnya ukuran 20 kg atau ukuran 40 kg. untuk Partai mendapatkan discount pembelian.000. Ada 6 jenis plastik yang sangat laku di pasaran meliputi HD. HDPE. Harga jual per karung Rp.. Untuk plastik yang sudah dirobek . Kemudian nutrisinya juga ditambah untuk menghasilkan kandungan yang lebih baik bisa dengan fish meal. Pengguna pupuk organik ini cukup banyak jika dijual dengan harga yang wajar.per kg tegantung dari jenisnya. sehingga menghasilkan C/N ratio yang lebih baik. maka plastik lainnya seperti botol aqua.per kg hingga Rp.Bahan baku hasil dari pengolahan belum dapat disebut pupuk organik. pengki dan lain-lainnya. Hasil akhir dari daur ulang plastik. 4. Industri daur ulang ini secara terpisah dan serius harus dikembangkan karena selain dapat memberikan lapangan pekerjaan. Bandung dan Medan. Kami dapat melayani dari berbagai daerah di Indonesia. Plastik-plastik tersebut jika dilakukan pengolahan yang meliputi sortir berdasarkan jenisnya lalu kemudian berdasarkan warnanya maka sudah ada penampungnya Tetapi jika diolah hingga lebih lanjut . Selain plastik lembaran.PE. 2. gagang sapu. berupa biji plastik yang digunakan oleh industri dengan mutu yang lebih rendah. juga dihasilkan plastik dengan berbagai jenis. 6. Kendala yang dihadapai adalah network sudah ada sulit ditembus oleh pemain baru. Pengolahan Daur Ulang Dari hasil pengolahan sampah.maka harga jual dari produk daur ulang tersebut menjadi lebih tinggi.000. Ember hitam untuk bangunan contohnya. dan pabrik pengolahan yang besar hanya berada di beberapa kota besar seperti Surabaya.

semua itu dapat diatasi melalui pehitungan dan inovasi yang lebih baik. Mengolah sampah yang sudah dipilah tadi menjadi hasil olahn sampah yang dapat dijual Dari tahapan proses tadi. Recycle paper berbagai jenis. konsumen atau pengguna jasa dari Rumah Sampah adalah Warga sekitar Lokasi Rumah Sampah yang tidak tebatas jumlahnya serta para pembeli produk olahan sampah. ANALISIS PASAR Rumah diantaranya: 1. ORGANISASI PERUSAHAAN Sampah ini melakukan beberapa tahap kegiatan.Hasil dari recycle plastik and paper : 1. KEBUTUHAN DANA N o. Pemilik Manager Penampungan Manager Pengolahan Manager Pemasaran Produk Olahan Karyawan Karyawan Karyawan E. PP bersih sudah press 3. D. HDPE sudah cuci dan press 2.Mengatasinya adalah dengan menggunakan pengepresan hingga 5:1 untuk menghemat biaya transportasi. Menjemput sampah dari rumah warga 2. Memilah sampah yang tekumpul 3. 4. HDPE CACAH SIAP UNTUK GRANULE C. Tetapi dalam mengelola bisnis tidak harus cepat putus asa. Kebutuhan Investasi Banyakn ya Jumlah (Rupiah) 5 .

000.000.00 Rp 25.00 3 Modal kerja biaya tenaga kerja 6 bulan listrik. kebersihan.000.000.00 Jumlah kebutuhan investasi Dana yang tersedia (modal sendiri) (tanah untuk lokasi (2000 m2)) Dana pinjaman (harus dicari) Rp 278.000.00 Rp 5. telepon.00 Rp 18.000.000.000.1 Biaya Prainvestasi 2 Pembelian aktiva tetap a Biaya bangunan dan prasarana: Bangunan gudang b Biaya Pembelian peralatan Beberapa jenis mesin pengolah Sampah Genset Alat kebersihan 1 buah Rp 50.000.000.00 Rp 528.000.000.000.00 Rp 250.000.000.000.000.000.00 5 1 buah buah Rp 350.00 6 .00 Rp 10. keamanan biaya promosi Rp 60.000.00 Rp 10.000.000.000.

7 .