telinga, pengkal ekor, leher dll. Pencegahan : kebersihan dan pemisahan ternak sakit. b.

Kembung Perut (Bloat/Thympani) Penyebab : gas yang timbul oleh makanan (rumput muda) Tanda-tanda : perut sebelah kiri membesar, napas pendek dan cepat, tidak mau makan. Pencegahan : jangan diberi rumput muda,berikan larutan gula merah dan asam jawa, keluarkan gas dengan cara mengurut-urut perut kambing. 6. Panen dan Pengolahan Ternak kambing dan domba dipanen dalam bentuk ternak hidup yang sehat, dapat pula daging dan kulitnya. 7. Pemasaran Dapat dipasar hewan (perorangan) dapat pula dalam bentuk daging/olahan. Kambing dan domba dapat dijual pada saat harga baik misalnya hari raya kurban.

Call (0721)702189 Ir. DADAM A SYUKUR

BETERNAK KAMBING

To print (and preserve) these brochure instructions, choose Print from the File menu. Press Enter to print the brochure.
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATHEWAN PROPINSI LAMPUNG
Jl. ZA. Abidin Pagar Alam No. 52 Kedaton

BANDAR LAMPUNG

Kesehatan dan Pencegahan Penyakit a.2 X 1.Penyapihan anak dilaksanakan pada 3 .Rumput-rumputan :Setaria.Induk dan anak 1. Tanda-tanda betina calon bibit : sehat. dll. Bentuk kandang : panggung/kolong. 5.Kacang-kacangan : Siratro. .Dara/ Betina dewasa :1 X 1. lokasi kandang tidak lembab. 25 % daun-daunan termasuk kacang-kacangan.40 jam. rumput benggala. tidak cacat. Ukuran Kandang : . kaki lurus dan kuat.Perkawinan kembali setelah melahirkan 1 bulan kemudian.10 bulan .Limbah pertanian : jerami padi. Gamal.Jantan dewasa : 1.2 m/ ekor . Jawa randu (PE). domba ekor gemuk. 40 % daun-daunan termasuk kacang-kacangan. pucuk tebu. 3. Utuk anak lepas sapih 60 % rumput.Anak : 1 X 1. rumput Lapang. Bahan makanan yang dibutuhkan kambing / domba + 10 % dari berat badannya untuk pakan hijauan sebaiknya diberikan 20 % dari berat badan kareana memperhitungkan makan yang terbuang.2 m /ekor . dan tumit tinggi. mudah dicerna.Dengan pengelolaan yang baikkambing/domba dapat melahirkan 7 bulan sekali. . 4.Siklus birahi 17 . bahan kandang kuat dan mudah didapat/murah. domba ekor tipis. ampastahu. Kurap/kudis (scabies) Penyebab : perasit kulit (termasuk kutu) Tanda-tanda : gelisah karena gatal. rumput DB.21 hari . mempunyai sifat keindukan beasala dari keturunan kembar.2 m /2 ekor (lepas sapih). rumput gajah.5 m/induk + 2 anak c. . bungkil-bungklan. Tatalaksana Pemeliharaan . . kambing Gembrong. Tanda bibit jantan : sehat. Lamtoro. Beberapa /domba : jenis pakan untuk kambing . bulu rontok kulit merah dan menebal. Bibit yang baik Jenis kambing yang ada di Indonesia dan luar Negeri antara lain : kambing kacang (lokal). tidak bercun.Umur dewasa kelamin 8 . . kuat. alat kelamin normal dan simetris dan berasal dari keturunan kembar. 50 % daun.BETERNAK KAMBING Dalam beternak kambing yang baik perlu memperhatikan beberapa hal yaitu : 1. Pakan yang baik Syarat pakan : Mengandung gizi (berasal dari bebagai jenis bahan) disukai ternak. Untuk kambing menyusui 50 % rumput. Kalopo. b. tidak cacat. Syarat kandang : terpisah dari rumah lebih dari 5 m. kambing Saanen sedangkan jenis domba antara lain domba Garut. 40 % daun. . aktif dan libido tinggi.5 X 1. Komposisi pakan untuk dewasa 75 % rumput. tidak berkolong. untuk kambing bunting 60 % rumput. umbi-umbian dll. alat kelamin normal. alat reproduksi normal. dll .Lama birahi 24 . 2. kaki lurus. Sentrosoma. sirkulasi udara baik. .Kandang dan Peralatan a. bila birahi pagi maka sore atau esok harinya harus dikawinkan -Masa kebuntingan + 5 bulan.Konsentrat : dedak. Tempat yang sering di serang muka.4 bulan. dan jumlahnya cukup.