Di bawah ini saya berikan beberapa contoh RPP berkarakter untuk pelajaran TIK kelas VII : RENCANA PELAKSANAAN

PEMBELAJARAN (RPP) Nama Sekolah Mata Pelajaran Kelas/ Semester Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator : : : : : : SMP«««««««««««««««««««« Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) VII (tujuh) / 1 (satu) 2. Mengenal operasi dasar peralatan komputer 2.2 Mematikan komputer sesuai prosedur y Mematikan komputer menggunakan fungsi perintah sesuai dengan prosedur
y

Mematikan komputer menggunakan fungsi tombol pada hardware sesuai dengan prosedur

Alokasi Waktu

: 1 x Pertemuan ( 2 x 40 menit )

A. Tujuan Pembelajaran Setelah disajikan seperangkat komputer dalam keadaan hidup ,peserta didik mampu :
y y y y y y

menjelaskan langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse dengan logis. menjelaskan langkah mematikan komputer menggunakan key board dengan logis menjelaskan langkah mematikan komputer dengan menggunakan gabungan mouse dan keyboard dengan logis. mendemonstrasikan langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan mouse secara tepat dan benar (lembar uji prosedur). mendemonstrasikan langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard secara tepat dan benar (lembar uji prosedur). Mendemonstrasikan langkah mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan cara menggunakan keyboard dan mouse (gabungan) secara tepat dan benar (lembar uji prosedur).

B. Materi Pembelajaran 1. Mematikan komputer atau mengakhiri Windows menggunakan mouse.

( Klik start program -shutdown/turn off - OK/Yes ) 2. Mematikan komputer atau mengakhiri Windows menggunakan keyboard.

( Tekan tanda bendera windows - pilih shutdown (dg tanda panah) - Enter )

menarik kesimpulan tentang pembelajaran perangkat teknologi informasi dan komunikasi secara demokratis E.Teknologi Informasi dan komunikasi kelas 7. Hendri Pandia. Metode Pembelajaran Pendekatan Model : : CTL Cooperative Learning D.2006. ( Menggunakan fasilitas keyboard dan mouse untuk mematikan komputer ) C. Memberikan motivasi pentingnya menguasai prosedur mengaktifkan komputer (memulai Windows) dan mengatasi permasalahannya dengan mengajak berfikir logis Menyampaikan tujuan pembelajaran 2. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran 1.3. Kegiatan Penutup y y Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan dengan demokratis Bersama sama. BSE . Mematikan komputer atau mengakhiri Windows menggunakan mouse dan keyboard. Kegiatan Pendahuluan y y y y Menyampaikan apersepsi tentang mengaktifkan komputer dengan santun Menanyakan kepada peserta didik tentang beberapa hal yang menyangkut tentang penggunaan tombol-tombol untuk mengaktifkan komputer (memulai Windows) dengan santun dan demokratis. Penilaian . F. Jakarta : Erlangga . Kegiatan Inti y y y y y Peserta didik membentuk kelompok diskusi dengan tertib Mengamati peralatan layar utama Windows komputer dengan cermat dan teliti Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan mouse dengan teliti dan hatihati Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan keyboard dengan teliti dan hatihati Mendemonstrasikan mematikan komputer menggunakan gabungan mouse dan keyboard dengan teliti dan hati-hati 3. Sumber Belajar Perangkat TIK (seperangkat komputer ).

Soal/Instrumen: 1.1. 2. Guru Mata Pelajaran. . «««««««««««« ««««««««««««. Demonstrasikan langkah cara mematikan komputer atau mengakhir Windows dengan menggunakan mouse (Lembar uji prosedur). Tes Unjuk Kerja 2. 4. Demonstrasikan langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan menggunakan gabungan mouse dan keyboard (lembar uji prosedur). Mengetahui . Jelaskanlah langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan menggunakan mouse. NIP. No 1 2 3 Instrumen Mematikan komputer menggunakan mouse Mematikan komputer menggunakan keyboard Mematikan komputer menggunakan gabungan mouse dan keyboard Jumlah Total jumlah Skala kuantatif 4 3 2 1 Nilai ««««««««««««««.. Jelaskanlah langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan menggunakan keyboard. . Tehnik: Tes tertulis. Kepala Sekolah . 3. Bentuk Instrumen: Uraian. Demonstrasikan langkah cara mematikan komputer atau mengakhiri Windows dengan menggunakan keyboard (Lembar uji prosedur). NIP. Uji petik prosedur 3. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful