Topologi adalah suatu cara menghubungkan komputer yang satu dengan komputer lainnya sehingga membentuk jaringan.

Cara yang saat ini banyak digunakan adalah bus, token-ring, star dan peer-to-peer network. Masingmasing topologi ini mempunyai ciri khas, dengan kelebihan dan kekurangannya sendiri. Berdasarkan topologi jaringan: Berdasarkan topologi jaringan, jaringan komputer dapat dibedakan atas:

y y y y y y

Topologi bus Topologi bintang Topologi cincin Topologi mesh Topologi pohon Topologi Hybrid

1. Topologi Bus Topologi ini adalah topologi yang awal di gunakan untuk menghubungkan komputer. Dalam topologi ini masing masing komputer akan terhubung ke satu kabel panjang dengan beberapa terminal, dan pada akhir dari kable harus di akhiri dengan satu terminator. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi. Topologi ini awalnya menggunakan kable Coaxial sebagai media pengantar data dan informasi. Tapi pada saat ini topologi ini di dalam membangun jaringan komputer dengan menggunakan kabal serat optik ( fiber optic) akan tetapi digabungkan dengan topologi jaringan yang lain untuk memaksimalkan performanya. Pada topologi ini semua sentral dihubungkan secara langsung pada medium transmisi dengan konfigurasi yang disebut Bus.Transmisi sinyal dari suatu sentral tidak dialirkan secara bersamaan dalam dua arah. Hal ini berbeda sekali dengan yang terjadi pada topologi jaringan bintang, sistem tersebut dapat dilakukan komunikasi atau interkoneksi antar sentral secara bersamaan. topologi jaringan bus tidak umum digunakan untuk interkoneksi antar sentral, tetapi biasanya digunakan pada sistem jaringan komputer. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan

maka jaringan tidak bisa berfungsi. Pada topologi ini kita sudah menggunakan bantuan alat lain untuk mengkoneksikan jaringan komputer.‡ Hemat kabel ‡ Layout kabel sederhana ‡ Mudah dikembangkan Kerugian ‡ Deteksi dan isolasi kesalahan sangat kecil ‡ Kepadatan lalu lintas ‡ Bila salah satu client rusak. dll. ‡ Diperlukan repeater untuk jarak jauh Berikut ini adalah gambaran dari jaringan topologi Bus : 2. Yaitu 10:100 Mbps. Perbedaan antara HUB dan Switch adalah kecepatan transfer datanya. switch. Peralatan ini sering digunakan pada topologi star dan extended star. HUB atau Switch digunakan untuk menghubungkan setiap node dalam jaringan LAN. Topologi Bintang Topologi bintang atau yang lebih sering disebut dengan topologi star. Contoh alat yang di pakai disini adalah hub. Berikut dibawah ini adalah gambar Hub dan Switch: .

maka paket akan di forward kesemua segmen yang terkoneksi kecuali segmen alamat asalanya. Table ini digunakan untuk menentukan kemampuan penyaringan.Bridge adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memecah jaringan. Dan jika alamat tujuan berada dalam segmen yang sama dengan alamat asal. bridge akan menolak paket. Bridge beroperasi mengenali alamat MAC address node asal yang ra automatis membangun sebuah table ting internal. Bridge berfungsi untuk menghubungkan dan memperluas data. Berikut di bawah ini adalah gambar wireless bridge: . Jika bride tidak mengenali tujuan paket. Bridge juga melanjutkan paket-paket broadcast ke semua segmen kecuali segmen asalnya.

Router Router adalah peralatan jaringan yang digunakan untuk memperluas atau memecah jaringan dengan melanjutkan paket-pjaringan yang lain. Dengan . Ini berbeda dengan bridge yang bersifat protocol independent. Saat ini. Selain itu. Router berisi table-tabel informasi internal yang disebut label routering yang melakukan pencatatan terhadap semua alamat jarinlintasan yang mungkin dilalui. Koneksi seperti ini menyebabkan semua workstation dapat terkoneksi ke internet selama 24 jam. permasalahan panjang kabel yang harus sesuai (matching) juga tidak menjadi suatu yang penting lagi. Router banyak digunakan di dalam internetwork yang besar menggunakan keluarga protocol TCP/IP dan untuk menghubungkan semua host TCP/IP dan Local Area Network (LAN) ke internet menggunakan dedicated leased line. mengurangi atau mendeteksi kerusakan jaringan yang ada. Router banyak digunakan di dalam internetwork yang besar paket dari satu jaringan logika ke jaringan yang lain. masih banyak perusahaan menggunakan router Cisco 2500 series untuk mengkoneksikan dua buah LAN (WAN dengan anggota dua LAN). Router membuat jalur p lintasan yang tersedia dan waktu tempuhnya. router bekerja hanya jika protocol yang dikonfigurasi adalah protocol yang routetable seperti TCP/IP atau atau IPX/SPX. karena kemudahan untuk menambah. Berikut di bawah ini adalah gambar Cisco router 2600 series: Topologi jaringan ini banyak digunakan di berbagai tempat. Karena menggunakan alamat paket jaringan tujuan. LAN ke ISP (Internet Service Provider).

Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. Tentu ada beberapa kerugian karena panjang kabel (loss effect) maupun karena hukum konduksi. seseorang dengan mudah membuat sebuah sistem jaringan. Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: .Kontrol terpusat (HUB) jadi elemen kritis Berikut ini adalah gambaran dari jaringan topologi Bintang .berbekal crimtool.Perlu penanganan khusus .Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian Jaringan lain .Kemudahaan pengelolaan jaringan Kerugian: . kabel UTP (biasanya CAT5) dan connector.Paling fleksibel .Kontrol terpusat . semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya. Simpul pusat dinamakan stasium primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server.Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan .Boros kabel . namun hampir bisa dikatakan semua itu bisa diabaikan. Prinsip topologi bintang adalah merupakan kontrol terpusat.

kemudahan instalasi dan pemeliharaan serta harga yang harus dibayar. Tetapi kekurangan dari topologi ini adalah pengembangan jaringan akan menjadi susah karena setiap komputer akan saling terhubung. Keuntungan dari topologi jaringan ini antara lain : tingkat kerumitan jaringan rendah (sederhana). tidak akan mempengaruhi hubungan client yang lain. Topologi Cincin Topologi cincin atay yang sering disebut dengan ring topologi adalah topologi jaringan dimana setiap komputer yang terhubung membuat lingkaran. Keuntungan ‡ Hemat Kabel Kerugian ‡ Peka kesalahan ‡ Pengembangan jaringan lebih kaku . setiap sentral harus dihubungkan seri satu dengan yang lain dan hubungan ini akan membentuk loop tertutup. hal ini karena alasan kerumitan. Dengan demikian kemampuan melakukan switching ke berbagai arah sentral.3. Untuk membentuk jaringan cincin. Gambar ring topology Adapun kelebihan dari topologi ini adalah kabel yang digunakan bisa lebih dihemat. Yang paling banyak digunakan dalam jaringan komputer adalah jaringan bertipe bus dan pohon (tree). juga bila ada gangguan atau kerusakan pada suatu sentral maka aliran trafik dapat dilewatkan pada arah lain dalam sistem. Dalam sistem ini setiap sentral harus dirancang agar dapat berinteraksi dengan sentral yang berdekatan maupun berjauhan. Dengan artian setiap komputer yang terhubung kedalam satu jaringan saling terkoneksi ke dua komputer lainnya sehingga membentuk satu jaringan yang sama dengan bentuk cincin. Tapi hanya jaringan bertipe pohon (tree) saja yang diakui kehandalannya karena putusnya salah satu kabel pada client.

Metode token-ring (sering disebut ring saja) adalah cara menghubungkan komputer sehingga berbentuk ring (lingkaran). Bisa di lihat dari perbedaan gambar.Topologi ini merupakan kontrol terpusat. data dikirimkan kesetiap simpul dan setiap informasi yang diterima simpul diperiksa alamatnya apakah data itu untuknya atau bukan.Hemat kabel . Simpul pusat dinamakan stasiun primer atau server dan lainnya dinamakan stasiun sekunder atau client server. Setiap simpul mempunyai tingkatan yang sama Jaringan akan disebut sebagai loop. Gambar topologi token ring Didalam gambar jelas terlihat bagaimana pada token ring kable penghubung di buat menjadi lingkaran terlebih dahulu dan nantinya akan di buatkan terminal-terminal untuk masing-masing komputer dan perangkat lain.Peka kesalahan . Setelah hubungan jaringan dimulai oleh server maka setiap client server sewaktu-waktu dapat menggunakan hubungan jaringan tersebut tanpa menunggu perintah dari server. y Topologi Token Ring Topologi ini hampir sama dengan topologi ring akan tetapi pembuatannya lebih di sempurnakan. Topologi ini memanfaatkan kurva tertutup. artinya informasi dan data serta traffic disalurkan sedemikian rupa sehingga masing-masing node. Umumnya fasilitas ini memanfaatkan fiber optic sebagai sarananya (walaupun ada juga yang menggunakan twisted pair). Terdapat keuntungan dan kerugian dari tipe ini yaitu: Keuntungan: . semua link harus melewati pusat yang menyalurkan data tersebut kesemua simpul atau client yang dipilihnya.

Topologi jaringan jenis ini cocok digunakan pada sistem jaringan komputer . Hal ini dimungkinkan karena pada setiap komputer terdapat lebih dari satu NIC. Topologi Jaringan Pohon (Tree) Topologi jaringan ini disebut juga sebagai topologi jaringan bertingkat. Topologi Mesh memiliki tingkat redundancy yang tinggi 5. Tingkat kerumitan jaringan sebanding dengan meningkatnya jumlah sentral yang terpasang. Topologi ini biasanya digunakan untuk interkoneksi antar sentral dengan hirarki yang berbeda. Topologi ini secara teori memungkinkan akan tetapi tidak praktis dan biayanya cukup tinggi. Topologi Jaringan Mesh Topologi jaringan ini menerapkan hubungan antar sentral secara penuh. Dengan demikian disamping kurang ekonomis juga relatif mahal dalam pengoperasiannya.. Untuk hirarki yang lebih rendah digambarkan pada lokasi yang rendah dan semakin keatas mempunyai hirarki semakin tinggi. Topologi MESH (Gambar 5) dibangun dengan memasang banyak link pada setiap komputer. n = jumlah sentral). . Jumlah saluran harus disediakan untuk membentuk jaringan Mesh adalah jumlah sentral dikurangi 1 (n-1.Pengembangan jaringan lebih kaku 4.

Topologi Jaringan Hybrid (Campuran) Topologi Hybrid adalah jaringan yang dibentuk dari berbagai topologi dan teknologi. .6. Sebuah topologi hybrid memiliki semua karakterisitik dari topologi dasar yang terdapat dalam jaringan tersebut.