Pengertian dan Definisi dari Email: E-Mail adalah

Email adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur internet. E-Mail merupakan salah satu process pengiriman surat melalui internet dengan menggunakan waktu yang sangat singkat dan cepat (+- 1 Menit). Syarat melakukan pengiriman E-mail (Mengirim surat dengan internet) adalah: 1. Membuat alamat email contoh: info@g-excess.com 2. Mengetahui Username & Password dari email; ³Account dan kata sandi´. 3. Mengetahui E-mail yang di tuju. Di internet sudah banyak penyedia layanan Email gratis, seperti di www.yahoo.com, www.plasa.com, www.telkom.net, www.gmail.com. Anda bisa membuat email secara gratis di sana. Perbedaan email dengan surat biasa ( surat yang menggunakan prangko) adalah: E-Mail: a. Hanya membutuhkan waktu yang sangat singkat (+- 1 menit) b. Alamat Email (alamat email bukanlah seperti alamat rumah) c. Cukup dengan adanya jaringan internet d. Keamanan data / surat terjamin. Surat Biasa (Berperangko) a. Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko). b. Pengalamatan Rumah / Kantor c. Membutuhkan waktu lama d. Keamanan Surat kurang terjamin Perbedaan lain antara Email dengan Surat biasa adalah: Surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman.

com Contoh Popup Login Form Email: Contoh gambar dari tampilan Login Email Cpanel .g-excess.Contoh gambar dari Email (Electronic Mail) Gambar email dari Cpanel www.

Email atau electronic mail.demo -25/07/2008 Drupal. teks..Mengirim kartu elektronik dan animasi gambar (hanya dengan bantuan provider tertentu). . Jika alamat tempat tinggal kita berupa nama jalan no rumah sampai dengan kode pos dan lokasi merupakan alamat kita sebenarnya sedangkan email merupakan alamat tempat tinggal kita di internet. . merupakan alamat baru kita di internet.demo -22/07/2008 Domain gratis atau subdomain gratis? -22/07/2008 Domain dan Subdomain -19/07/2008 Aplikasi Email Server -19/07/2008 Arsip Baru : y y y y y FTP -18/07/2008 Joomla -18/07/2008 PHP -18/07/2008 ASP dan ASP. .NET -18/07/2008 Windows -18/07/2008 Arsip Lama : y y y Website gratis.com E-mail tidak hanya digunakan semata-mata untuk berkirim-kiriman surat elektronik. Format alamat email biasanya anda@domainanda.com dan google.Mengirim SMS (hanya operator tertentu) .com begitu singkat sehingga orang lain bsia dengan cepat menghafalnya. namun seiring perkembangannya ada beberapa hal yang dapat dilakukan dengan menggunakan e-mail.Mengirim file (attachment) berupa foto. dimana orang lain bisa berkirim-kirim pesan ke alamat tersebut. dan gambar. Ada beberapa provider yang menyediakn layanan email gratis seperti dua penguasa email ini yahoo. Berikut adalah informasi lainnya yang mungkin Anda butuhkan : y y y y y Instalasi PLIGG (digg clone) .Mengirim e-mail berupa tulisan. antara lain: .. gambar. eyeOS di hosting windows .com.Mengirim satu pesan kepada beberapa alamat e-mail sekaligus. suara. bahkan musik. saya@domainsaya. Wordpress.Mengirim e-mail dalam format grafik dan editing HTML. .Dan lain-lain. . Hosting gratis dan Domain gratis -18/07/2008 Website -18/07/2008 Web Hosting -18/07/2008 .

Selama menuliskan email. Bagian Satu o Tentang Pine o Tentang Dokumen Ini o Sebelum Memulai Pine o Memulai Pine 2. sebuah versi awal dari dokumen ini dibuat oleh C&C di tahun 1998 untuk Pine 4. Email dikirimkan dan sebuah salinannya disimpan dalam folder sent-mail. Jika mengirim ulang email. dapat digunakan perintah F (Forward). dan Meneruskan Email o Folder o Menyimpan Email o Menghapus Email 4. tekan <Control>X. anda dapat menekan <Control>O (Postpone) untuk menghentikan sementara (istirahat?) sehingga anda dapat meneruskannya lain waktu. Membaca. tetapi harus mengulang keseluruhan). Untuk mendukung Pine.E-mail Menggunakan Pine Pine® adalah program untuk menangani pesan-pesan elektronik yang dibuat dan ditangani oleh Computing & Communications Group di University of Washington. Membalas. Setelah mengetikkan semua pesan. Isi 1. Jika secara tidak sengaja mengetik <Control>X atau membatalkan pengiriman. Jika email tidak terkirim. Bagian Dua o Menuliskan Pesan dalam Pine 3. Berubah Pikiran.0. dan kemudian tekan y or tekan <Return>. tekan n selain y untuk meneruskan pengetikan atau melakukan perubahan. Bagian Tiga o Menampilkan Daftar. . Untuk itu akan ada konfirmasi apakah anda benar-benar membatalkan pengiriman. Bagian Empat o Menggunakan Buku Alamat o Mencetak Email o Pine Bisa Mengerjakan yang Lain o Petunjuk Menggunakan o Keluar dari Pine dan Logging Out Petunjuk Mengirimkan Email Mengirim Email. atau tekan <Control>C (Cancel) untuk membatalkan semuanya (anda tidak dapat meneruskan pekerjaan ini. biasanya akan dikembalikan.

. Setiap pesan yang datang akan masuk ke INBOX ini sampai pemakai menghapus atau memindahkannya ke folder lain.berisi pesan-pesan yang dikirimkan ke anda.. Lihat "Menyimpan Email". tanggal.> [saved-messages]: 2. Menyimpan Email Ketika menyimpan email ke folder lain. Untuk menyimpan pesan dalam folder tertentu: . Ketika akan keluar dari Pine. Di layar Message Index. atau kategori lain yang sesuai dengan kebutuhan anda. atau folder lain yang ditentukan.menyimpan salinan email pernah anda kirimkan. tetapi Pine secara otomatis akan membuatkan tiga folder. Folder sent-mail . Untuk menjaga pemakain sumber daya.Mengorganisir Email dalam Folder Email sebaiknya diorganisir dalam folder-folder yang dikelompokkan berdasarkan aspek tertentu. diberikan pilihan: apakah disimpan ke dalam folder saved-messages. Ini bermanfaat jika anda tidak ingat apakah anda pernah mengirimkan email tertentu dan ingin memastikan. Begitu email disimpan. gunakan arrow keys untuk memilih email yang akan disimpan. Pastikan. pemakai akan melihat daftar email dalam folder INBOX.> and deleted] Menyimpan Email ke dalam Folder Folder tambahan akan diperlukan untuk menyimpan email atas dasar topik tertentu. secara kontinu memeriksa folder sent-mail ini dan menghapus yang tidak perlu supaya kuota tidak penuh.. Folder saved-messages . Pada awal menggunakan Pine dan membuka layar Message Index. Atau mungkin anda perlu mengirim ulang pesan yang sama. sebaiknya dihapus. Menyimpan Email ke dalam Folder Saved-Messages Untuk menyimpan email ke dalam folder saved-messages: 1. yaitu: y y y folder INBOX . Anda dapat membuat folder sendiri.. atau di layar Message Text pada saat membaca email. responden. Akan ditanyakan apakah email akan disimpan di folder saved-messages atau di folder lainnya: SAVE to folder in <Mail. tekan S (Save). akan ditanya untuk memastikan apakah email yang ditandai (untuk dihapus) akan dihapus. Tekan <Return> untuk memilih folder default. yaitu [saved-messages]. salinan dalam INBOX secara otomatis ditandai untuk dihapus sehingga hanya ada satu salinan.yang dibuat sendiri. misalnya: berdasarkan topic.menyimpan salinan pesan yang disimpan dalam folder ini kecuali pemakai menyebutkan nama folder lainnya. Pine menyimpan email dan akan terlihat: 3. [Message # copied to "saved-messages" in <Mail.

Jika folder yang dituju belum ada. gunakan U (Undelete) untuk menghilangkan tanda penghapusan SEBELUM benar-benar menghapus dengan perintah expunge (X).. 3.. Di layar Message Index. sebuah email yang ditandai untuk dihapus tampak dengan adanya kode "D" di kolom sebelah kiri. untuk menyimpan email ke dalam folder bernama "papers" ketikkan papers dan tekan <Return>. Ingatlah.1. atau setiap kali anda mengetikkan folder yang sudah ada muncul pesan berikut: [Message # copied to "papers" in <Mail.. Akan ditanya apakah email akan disimpan ke dalam folder saved-messages atau folder yang lain: SAVE to folder in <Mail. mungkin pemakai ingin segera menghapusnya sebelum meneruskan pekerjaannya. Create? Tekan y atau <Return> untuk membuat folder baru. Ketikkan nama foldernya dan tekan <Return>. Membatalkan Penghapusan Email Jika anda berubah pikiran dan ingin membatalkan penghapusan.. Setiap saat pemakai dapat menghapus email yang sudah ditandai. bahwa pesan yang sudah dihapus (expunge) tidak dapat dikembalikan lagi. pilih mail yang ingin dihapus. Setiap kali ada beberapa email yang sudah ditandai. di layar Message Text pada saat membaca email. mail mungkin hanya ada dalam INBOX. Pilih dan buka folder yang berisi mail yang akan dihapus.> [saved-messages]: 2. Untuk itu: . Menandai email yang akan dihapus: 1. Menghapus Email Email yang sudah ditandai akan tetap berada di foldernya sampai pemakai menghapusnya dengan perintah eXpunge.> doesn't exist. atau menunggu sampai keluar dari Pine. atau tampilkan mail tersebut. maka diminta kepastian apakah folder akan dibuat: Folder "papers" in <Mail. Di layar Message Index. Ada dua langkah untuk menghapus email: menandai dan kemudian menghapus (expunge). gunakan arrow keys untuk menyorot email yang akan disimpan. Tekan D (Delete). atau. Jika anda pemula. Jika mail ada dalam folder yang lain. 2.. tekan S (Save) untuk menyimpan email.> and deleted] Menghapus Email Folder harus dibersihkan dengan secara rutin memeriksa dan menghapus mail yang tidak diperlukan. Sekali folder dibuat.. tampak tanda "DEL" di bagian kanan atas layar. Pada saat membaca mail yang ditandai untuk dihapus dalam layar Message Text. Sebagai contoh. lihat "Berpindah Folder". Di layar Message Index. karena akan lebih mudah melihat daftar yang pendek dan bersih.

Email-email tersebut akan lenyap. tidak selalu membawa manfaat. Tekan y (yes) atau tekan <Return>. email tersebut akan benar-benar lenyap.] 1. jadi hindarkan pembahasan yang tidak perlu. Jawaban email mungkin terkirim ke orang yang tidak seharusnya. Tip Email Pada saat menggunakan email. Jika menerima email yang karakteristik isinya tidak sesuai dengan pengirim. Email tidak seharusnya sebagai sarana komunikasi rahasia. Baca etiket email´. Jika tidak yakin. ingatlah tips berikut ini: y y y y y y y y Email mudah sekali diteruskan ke orang lain. Meskipun tujuannya baik. tekan X (eXpunge). tanyakan pengirim sebelum meneruskan email. memo tertulis lebih tepat daripada email. sangat bermanfaat untuk memeriksa ulang. yang mungkin mendistribusikan email ke puluhan. jadi hapus email yang tidak lagi diperlukan. Email memerlukan tempat di komputer (hard disk). ratusan atau jutaan penerima. Akan ditanya: Expunge # message(s) from "foldername"? 2. Ketika membalas pastikan membaca daftar penerima. Email bisa berisi junk mail (obrolan yang sia-sia). Integritas email tidak dapat dijamin.[Peringatan: Sekali anda meng-eXpunge. Email diartikan korespondensi informal baik untuk komunikasi antar individu maupun dengan lembaga. Tidak ada cara lagi untuk mengembalikan. Dalam hal tertentu. TUGAS : . khususnya alamat mailing lists. Dalam layar Message Index. Tidak seharusnya menggunakan email untuk tujuan resmi.

MuH Akbar Nis: 08.T O P I K M A K A L A H DISUSUN OLEH : Nama : A.03141 SMK YP PGRI 1 MAKASSAR .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful