SD - 1

SIMETRI LIPAT dan SIMETRI PUTAR

• Simetri Lipat dan Simetri Putar

1. Simetri Lipat Simetri lipat adalah jumlah lipatan yang membuat suatu bangun datar menjadi dua bagian yang sama besar.

a. Simeti lipat pada Bujur Sangkar Bujur sangkar mempunyai 4 simetri lipat : D C

A

B

- simetri lipat pertama A bertemu dengan D dan B bertemu dengan C AD BC

- simetri lipat kedua CD A bertemu dengan B dan C bertemu dengan D

AB

WWW.BELAJAR-MATEMATIKA.COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya

simetri lipat pertama A betemu dengan D dan B bertemu dengan C AD BC WWW. simetri lipat pada persegi panjang D C A B Persegi panjang mempunyai 2 simetri lipat .A bertemu dengan C .B bertemu dengan D .COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya .simetri lipat keempat C .BELAJAR-MATEMATIKA.BD adalah sumbu simetri yang membagi bangunan menjadi dua bagian yang sama besar AC B .simetri lipat ketiga D .AC adalah sumbu simetri yang membagi bangunan menjadi dua bagian yang sama besar A BD b.SD .2 .

3 . simetri lipat pada segitiga sama kaki C Segitiga sama kaki mempunyai 1 simetri lipat A bertemu dengan B.COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya . dimana C sebagai sumbu simetri A B d.simetri lipat kedua A sebagai sumbu simetri maka B bertemu dengan C .simetri lipat pertama C sebagai sumbu simetri maka A bertemu dengan B . simetri lipat pada segitiga sama sisi C Segitiga sama sisi mempunyai 3 simetri lipat A B .simetri lipat kedua DC A bertemu dengan B dan D bertemu dengan C AB c.SD .simetri lipat ketiga B sebagai sumbu simetri maka A bertemu dengan C WWW.BELAJAR-MATEMATIKA.

Trapesium sembarang Simetri lipat trapesium sembarang dan siku-siku adalah 0 f.simetri lipat pertama B bertemu dengan D dengan AC sebagai sumbu simetri .Trapesium sama kaki D C Trapesium sama kaki mempunyai 1 simetri lipat yaitu : A bertemu dengan B dan D bertemu dengan C A DC B AB . simetri lipat pada Trapesium .BELAJAR-MATEMATIKA. simetri lipat pada Jajaran Genjang Simetri lipat pada jajaran genjang adalah 0 g.SD . simetri lipat pada Belah ketupat A Simetri lipat mempunyai 2 simetri lipat: D B .COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya .4 e.simetri lipat kedua A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri C WWW.

COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya .5 h. simetri lipat pada Lingkaran Lingkaran mempunyai simetri lipat yang jumlahnya tak terhingga.BELAJAR-MATEMATIKA.simetri lipat pertama B bertemu dengan D dengan AC sebagai sumbu simetri .SD . Karena lingkaran bisa dibagi dua dengan jumlah tak terhingga dengan banyak (tak terhingga) sumbu simetri WWW. simetri lipat pada Layang-layang B Layang-layang mempunyai 1 simetri lipat A C A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri D i.simetri lipat kedua A bertemu dengan C dengan BD sebagai sumbu simetri j. simetri lipat pada Elips Oval A Elips Oval mempunyai 2 simetri lipat D C B .

Simetri Putar Simetri putar adalah putaran pada suatu bangun datar samapai dengan satu kali putaran penuh pada pusat simetri sehingga kembali pada bingkainya seperti semula a.C C.B A. Simetri Putar pada Segitiga sama sisi C Segitiga sama sisi mempunyai 3 simetri putar Putaran pertama: A C . B B.6 2. B C . B A .C A.SD .D B. C B Putaran kedua : A B . B D . C C A B WWW. D A Putaran keempat : A A . C ke B dan B ke A) Putaran kedua : A C . D D ( Posisi semula) b. C D.COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya .B D. D ke C. Putaran pertama: A Putaran kedua : A C. Simetri Putar pada Bujur Sangkar D C A B Bujur sangkar mempunyai 4 simetri putar Putaran pertama : A D C B (A ke D.D B D c. B B .BELAJAR-MATEMATIKA. D B Putaran ketiga : A B . C A Putaran ketiga : A A . C A . B C. C C . Simetri Putar pada Persegi panjang D C A B Persegi panjang mempunyai 2 simetri putar.

belah ketupat dan segitiga sama kaki.7 d.SD .COM Diperbolehkan memperbanyak dengan mencantumkan sumbernya . trapesium mempunyai 2 simetri putar Mempunyai 2 simetri putar Mempunyai 1 simetri putar Mempunyai 1 simetri putar WWW. Simetri putar jajaran genjang. Simetri Putar pada Ligkaran Mempunyai tak terhingga simetri putar f. Simetri Putar pada Elips Oval Mempunyai 2 simetri putar e.BELAJAR-MATEMATIKA.