SELAI PEPAYA

Oleh
Edo Ramadhan Budihartanto(240110070014), Mita Febriana (240110070010 ), Muhammad Rifki (240110070004)

Pepaya Pepaya (carica papaya) merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dan basah. Pepaya menyerupai palma, bunganya berwarna putih dan buahnya yang masak berwarna kuning kemerahan, rasanya seperti buah melon. Tinggi pohon pepaya dapat mencapai 8 sampai 10 meter dengan akar yang kuat. Helaian daunnya menyerupai telapak tangan manusia. Apabila daun pepaya tersebut dilipat menjadi dua bagian persis di tengah, akan nampak bahwa daun pepaya tersebut simetris. Rongga dalam pada buah pepaya berbentuk bintang apabila penampang buahnya dipoting melintang. Tanaman ini juga dibudidayakan di kebun-kebun luas karena buahnya yang segar dan bergizi. Kandungan gizi Buah pepaya juga mengandung unsur antibiotik, yang dapat digunakan untuk pengobatan tanpa ada efek sampingannya. Buah Pepaya juga mengandung unsur yang dapat membuat pencernaan makanan lebih sempurna, disamping memiliki daya yang dapat membuat air seni bereaksi asam, yang secara ilmiah disebut zat caricaksantin dan violaksantin. Kandungan carposide pada daun pepaya berkhasiat sebagai obat cacing. Disamping pada daunnya, akar dan getah pepaya juga mengandung zat papayotin, karpain, kautsyuk, karposit dan vitamin.

sehingga baik dikonsumsi oleh kalangan balita sampai lanjut usia.03 0. yang banyak terdapat dalam pepaya.30 0.04 Vitamin C (mg) Kalsium (mg) Fosfor (mg) Zat besi (mg) Serat (mg) 74. dan payudara.50 0. Anjuran diet makanan yang mengandung vitamin C dan karatenoid untuk mencegah kanker paru-paru. pepaya dikenal dapat mengatasi gangguan pencernaan. 8. Dalam pengobatan tradisional Cina.70 Protein (g) Vitamin B1 (mg) Vitamin B2 (mg) Khasiat 1. Kandungan serat di dalamnya juga halus.00 34. Pepaya masak dapat digunakan untuk penyembuhan disentri. 6. Anjuran diet makanan ini juga kemungkinan dapat melawan kanker kolon. 2. pankreas. 4. rematik. Pepaya kaya akan vitamin C dan merupakan sumber antioksidan yang baik. kandung kemih. 7. untuk membantu mencegah kanker.00 1.00 11. Yayasan Kanker Internasional pada tahun 1997 melaporkan tentang manfaat vitamin C dan karoten. Buah yang tak mengenal musim ini dapat menghilangkan cacing usus 5.10 0. 3. dan yang bermasalah dengan produksi lendir. . serta mengurangi radikal bebas yang merupakan pencetus kanker.Komposisi kimia ZAT GIZI PEPAYA ZAT GIZI PEPAYA Karbohidrat (g) Lemak (g) 12.00 0.

Proses pembuatan selai papaya .

Aduk sampai rata kemudian masak selama 1 jam. Khusus buah pala. kukus daging buahnya selama 10 menit. 4. a. Balik ke posisi semula. . kemudian diamkan selama 12 jam. Pemanasan harus diperhatikan. 4) Balik ke posisi semula. Cuci buah yang sudah tua (belum matang) lalu kupas dan buang bijinya. jangan sampai terlalu kental atau kurang kental. 3. 2. Cara Pembuatan Selai Kulit Buah : 1) Cuci kulit buah lalu rebus dalam air panas selama ± 30~45 menit. Penambahan gula tidak boleh terlalu banyak atau sedikit karena bisa merubah kekentalan selai atau kekenyalan jeli. Untuk nenas matanya dibuang tetapi hatinya tak perlu dibuang. Setelah mengental. 3) Setelah mengental. 6. 2) Tambahkan gula dan panili serta natrium benzoat. Tips Pembuatan 1.Cara Pembuatan 1. Aduk sampai rata kemudian masak selama 1 jam. masukkan segera dalam botol dan biarkan botol dalam keadaan terbalik selama 5 menit. Terlalu kental mengakibatkan sari buah banyak yang menguap sedangkan kurang kental mengakibatkan pembentukan selai atau jeli kurang sempurna. masukkan segera dalam botol dan biarkan botol dalam keadaan terbalik selama 5 menit. 2. 5. Parut daging buah dan tambahkan gula serta panili.

.

DAFTAR PUSTAKA Cara membuat selai pepaya dan nenas. Hal. Dirjen Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Kerja. . Jakarta : Butsi. Direktorat Bina Padat Karya dan Usaha Mandiri. H dan Siti Sofiah. 1983. Bogor : Balai Besar Litbang Industri Departemen Perindustrian. 1-10. Wiriano. 1984. Pembuatan Selai Pala.