P. 1
RENCANA PROSES

RENCANA PROSES

|Views: 179|Likes:
Published by zzaara24

More info:

Published by: zzaara24 on Sep 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as XLS, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

10/02/2014

pdf

text

original

Nama : Nomor part : Nama Part : Bumper minibus Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke

:

File Gambar : Material : Balok kayu Ukuran Bahan Baku : Panjang : 200 mm Lebar : 2.5 mm Tinggi : 50 mm Setup No Setup Alat Bantu No Sketsa

Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang

: : : :

No.

Uraian Operasi

Stasiun kerja

Tools

1

Mengukur dan membuat pola bumper minibus pada bahan baku dengan menggunakan alat bantu berupa penggaris dan pensil untuk memberi tanda. Ukuran bumper depan minibus berukuran 200x2.5x250 mm. lalu memberi pola untuk bagian lampu kabut. dengan diameter lampu kabut 20 mm dan tebal 1.5 mm. lalu di beri tanda yang akan di gunakan sebagai tempat menempatkan pin penahan. 2 pin digunakan pada bagian tengah yang diletakkan pada bagian belakang agar bumper dapat menyatu dengan badan minibus. lalu lampu kabut diberi lem agar dapat menempel dengan bumper minibus.

Meja Kerja

penggaris dan pensil (alat tulis)

Melakukan pemotongan bahan baku yang telah diberi gambar pola dengan menggunakan circular 2 saw untuk bagian yang memiliki bagian yang besar sedangkan bagian yang kecil menggunakan jigsaw.

circular saw jigsaw

Fixture

Mata Gergaji

membuat lubang dengan melakukan pengeboran pada bagian-bagian yang telah diberi tanda pada 3 bagian sebelumnya dengan menggunakan mata bor ukuran 5 mm. menghaluskan bagian-bagian permukaan yang memiliki bagian yang masih kasar dan membersihkan sisa-sisa hasil pemotongan Melakukan Pengecatan pada seluruh bagianbagiannya.

Mesin Bor

Jig

Mata Bor

4

Belt & Disc sander

Amplas

5

Meja Kerja

Alat Penyemprot

Nama : Nomor part : Nama Part : Kaca Spion Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke :

File Gambar : Material : Balok kayu Ukuran Bahan Baku : Panjang : 30 mm Lebar : 5 mm Tinggi : 12 mm Setup No Setup Alat Bantu No Sketsa

Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang

: : : :

No.

Uraian Operasi

Stasiun kerja

Tools

1.

Mengukur dan membuat pola kaca spion pada bahan baku dengan menggunakan alat bantu berupa penggaris dan pensil untuk memberi tanda. Membuat pola persegi dengan ukuran 30x5x12 mm. lalu pada bagian samping kaca spion ditambahkan kayu sebagai tempat untuk menyatukan kaca spion dengan badan minibus. lalu di beri tanda yang akan di gunakan sebagai tempat menempatkan pin penahan.

Meja Ukur

Penggaris dan Pensil (alat tulis)

2

Melakukan pemotongan pada pola tersebut dengan menggunakan circular saw.

Circular saw

Fixture

Mata Gergaji

3

Memberikan tanda untuk tempat pin. 1 pin digunakan pada bagian tengah yang diletakkan pada bagian belakang agar kaca spion dapat menyatu dengan badan minibus. Membuat lubang dengan melakukan pengeboran pada bagian-bagian yang telah diberi tanda. Melakukan penghalusan pada semua bagian yang memiliki bagian sisa-sisa pengeboran dan pemotongan agar semua bagiannya halus. Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya.

Meja Ukur

Penggaris dan Pensil (alat tulis)

4

Mesin Bor

Jig

Mata bor

5

Belt dan Disc Sander

Amplas

6

Meja Kerja

Alat Penyemprot

Nama : Nomor part : Nama Part : Roda Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : No. 1 Membuat pola silinder dengan ukuran diameter 58 mm dan dengan ketebalan 16 mm. lalu pada bagian samping roda di beri tanda yang akan di gunakan sebagai tempat menempelkan as roda. Uraian Operasi File Gambar : Material : Silinder Kayu Ukuran Bahan Baku : Diameter : 58 mm Lebar : 16 mm Tinggi :Stasiun kerja Setup Alat Bantu Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : No Setup No Sketsa Tools Mengukur dan membuat pola roda minibus pada bahan baku dengan menggunakan alat bantu berupa jangka dan pensil untuk memberi tanda. Meja Ukur Jangka dan Pensil (alat tulis) .

Pengeboran dilakukan untuk menempatkan 3 as roda yang akan berguna untuk menempelkan roda. Mesin Bor Jig Mata Bor 5 Melakukan proses penghalusan agar benda yang dihasilkan bagus dan membersihkan sisa-sisa hasil Belt dan Disc Sander proses pengeboran dan pemotongan. Meja Ukur Penggaris dan Pensil (alat tulis) 4 Melakukan proses pengeboran bahan baku sesuai dengan pola yang telah di bentuk sebelumnya. Circular saw Fixture Mata Gergaji Memberikan tanda tempat untunk melakukan pengeboran dari bahan yang telah selesai di potong. Meja Kerja Amplas 6 Alat Penyemprot .2 Melakukan pemotongan bahan baku yang telah diberi gambar pola dengan menggunakan circular saw sesuai dengan pola yang telah di bentuk sebelumnya. Dengan menggunakan mata bor ukuran 5 mm. Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya.

Uraian Operasi File Gambar : Material : Balok Kayu Ukuran Bahan Baku : Panjang : 100 mm Lebar :Tinggi : 140 mm Stasiun kerja Setup No Setup Alat Bantu No Sketsa Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : Tools .Nama : Nomor part : Nama Part : Pintu Depan Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : No.

Pengeboran dilakukan untuk menempatkan pin yang digunakan untuk menempelkan pintu pada badan minibus. Meja Ukur penggaris dan pensil (alat tulis) 2 melakukan pemotongan sesuai dengan pola yang sudah di bentuk dalam proses sebelumnya. pada bagian tengah. Melakukan proses pengeboran bahan baku sesuai dengan pola yang telah di bentuk sebelumnya. Melakukan proses penghalusan yang berguna untuk membersihkan sisa-sisa hasil pemotongan dan pengeboran serta menghaluskan permukaannya.1 Mengukur dan membentuk pola pintu depan pada bahan baku dengan menggunakan penggaris dan memberi tanda dengan menggunakan pensil. lalu buat pola untuk lubang jendela dengan ukuran 75x55 mm. Meja Ukur penggaris dan pensil (alat tulis) 4 Mesin bor Jig Mata Bor 5 Belt dan Disc Sender Amplas 6 Meja Kerja Alat Penyemprot . Membuat pola untuk digunakan sebagai pintu depan dengan bentuk persegi. dengan ukuran 140x100 mm. Circular saw Fixture Mata Gergaji Memberikan tanda tempat untunk melakukan pengeboran dari bahan yang telah selesai di 3 potong. Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya.

Nama : Nomor part : Nama Part : Pintu Tengah File Gambar : Material : Balok kayu Ukuran Bahan Baku : Satuan : Waktu Setup : Waktu Proses : .

lalu buat pola untuk lubang jendela dengan ukuran 75x55 mm. Membuat pola untuk digunakan sebagai pintu depan dengan bentuk persegi. Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) 4 Melakukan proses pengeboran bahan baku sesuai dengan pola yang telah di bentuk sebelumnya. Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) 2 melakukan pemotongan sesuai dengan pola yang sudah di bentuk dalam proses sebelumnya.Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : No. Mesin Bor Jig Mata Bor . Circular saw Fixture Mata Bor Memberikan tanda tempat untunk melakukan pengeboran dari bahan yang telah selesai di 3 potong. pada bagian tengah. Pengeboran dilakukan untuk menempatkan pin yang digunakan untuk menempelkan pintu pada badan minibus. dengan ukuran 140x100 mm. Uraian Operasi Panjang Lebar Tinggi Stasiun kerja : 100 mm :: 140 mm Setup Alat Bantu Panjang : No Setup No Sketsa Tools 1 Mengukur dan membentuk pola pintu depan pada bahan baku dengan menggunakan penggaris dan memberi tanda dengan menggunakan pensil.

Belt dan Disc sander Amplas 6 Meja Kerja Alat Penyemprot Nama : Nomor part : Nama Part : Lampu depan Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : No. Uraian Operasi File Gambar : Material : Balok Kayu Ukuran Bahan Baku : Panjang : 40 mm Lebar : 2. membuatlah lubang pada pola yang telah di tandai pada proses pertama. 2 3 Potonglah pola yang telah dibuat sebelumnya. lalu pada bagian tengahnya 1 di beri pola untuk dilubangi sebagai penempatan pin.5 Melakukan proses penghalusan yang berguna untuk membersihkan sisa-sisa hasil pemotongan dan pengeboran serta menghaluskan permukaannya. Meja Kerja Penggaris dan pensil (alat tulis) Bandsaw Mesin Bor jixture Jig Mata Gergaji Mata Bor . Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya.5x25 mm.5 Tinggi : 25 Stasiun kerja No Setup Setup Alat Bantu No Sketsa Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : Tools Mengukur dan pembentukan pola persegi dengan ukuran 40x2.

Uraian Operasi Stasiun kerja Tools .4 5 Menghaluskan permukaan kayu tersebut agar halus Belt dan Disc Sander dan merata. Meja Kerja Amplas Alat Penyemprot Nama : Nomor part : Nama Part :: Setir ma part Knalpot Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : File Gambar : Material : Silinder Kayu Ukuran Bahan Baku : Diameter : 12. Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya.5 mm Lebar : 33 mm Tinggi : Setup No Setup Alat Bantu No Sketsa Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : No.

Membuat pola silinder dengan ukuran diameter 12. Mesin Bor Jig Mata Bor 5 Belt & Disc Sander Amplas . lalu pada bagian samping knalpot di beri tanda yang akan di gunakan sebagai tempat menempelkan knalpot. Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) 4 Melakukan proses pengeboran bahan baku sesuai dengan pola yang telah di bentuk sebelumnya. Melakukan penghalusan pada bagian yang telah di proses.1 Mengukur dan membuat pola knalpot minibus pada bahan baku dengan menggunakan alat bantu berupa jangka dan pensil untuk memberi tanda. Pengeboran dilakukan untuk menempatkan 3 pin yang akan berguna untuk menempelkan knalpot pada badan minibus. Dengan menggunakan mata bor ukuran 5 mm. Meja Ukur Jangka dan pensil (alat tulis) 2 Melakukan pemotongan bahan baku yang telah diberi gambar pola dengan menggunakan circular saw sesuai dengan pola yang telah di bentuk sebelumnya. Bandsaw Fixture Mata Gergaji Memberikan tanda tempat untunk melakukan pengeboran dari bahan yang telah selesai di potong. Yang berguna untuk membersihkan sisasisa hasil proses.5 mm dan dengan panjang 33 mm.

6 Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya.5x20 mm. Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya. lalu pada bagian tengahnya 1 di beri pola untuk dilubangi sebagai penempatan pin. Melakukan pengeboran pada bagian yang telah ditandai pada proses pertama.5 Tinggi : 20 Setup No Setup Alat Bantu No Sketsa Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : No. Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) Bandsaw Mesin Bor Fixture Jig Mata Gergaji Mata Bor 4 5 Belt & Disc sander Meja Kerja Amplas Alat Penyemprot . Uraian Operasi Stasiun kerja Tools Mengukur dan pembentukan pola persegi dengan ukuran 45x2. 2 3 Memotong bagian yang telah ditandai pada proses sebelumnya. Meja Kerja Alat Penyemprot Nama : Nomor part : Nama Part :: Spion Belakang ma part Lampu Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : File Gambar : Material : Balok Kayu Ukuran Bahan Baku : Panjang : 45 Lebar : 2. Melakukan penghalusan pada permukaannya dan membersihkan sisa-sisa hasil proses sebelumnya.

menempelkan handle pada pintu dengan menggunakan lem khusus. Melakukan pemotongan pada pola yang telah dibentuk pada proses sebelumnya. Melakukan penghalusan pada permukaan dan sisasisa hasil proses.5x6 mm.5 mm Tinggi : 6 mm Setup No Setup Alat Bantu No Sketsa Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : No.Nama : Nomor part : Nama Part : Handle Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : File Gambar : Material : Balok Kayu Ukuran Bahan Baku : Panjang : 16 mm Lebar : 2. Stasiun kerja Tools Penggaris dan Pensil (alat Tulis) 1 Meja Ukur 2 3 4 5 Bandsaw Fixture Mata Gergaji Lem Belt & Disc Sander Meja Kerja Amplas Alat Penyemprot . Lalu tandai balok kayu tersebut dengan ukuran 16x2. Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya. Uraian Operasi mengambil bahan baku yang berbentuk balok kayu untuk di buat handle.

Nama : Nomor part : Nama Part : Badan minibus File Gambar : Material : Balok Kayu Ukuran Bahan Baku : Satuan : Waktu Setup : Waktu Proses : .

Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya.Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : Panjang Lebar Tinggi : 370 mm : 183 mm : 163 mm Setup No Setup Alat Bantu No Sketsa Panjang : No. Stasiun kerja Tools 1 Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) 2 Circular Saw Fixture Mata Gergaji Memberikan tanda tempat untunk melakukan pengeboran dari bahan yang telah selesai di potong. Pengeboran dilakukan untuk menempatkan 3 pin yang akan berguna untuk menempelkan bagian part-part dari badan minibus. Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) 4 5 6 Mesin Bor Belt & Disc Sander Meja Kerja Jig Mata Bor Amplas Alat Penyemprot . Uraian Operasi Gunakan bahan baku kayu. lalu buatlah pola pada kayu tersebut dengan menggunakan penggaris dan pensil untuk membuat pola badan minibus dengan ukuran 370x183x163 mm. Melakukan proses pemotongan pola yang telah dibuat pada proses sebelumnya. Dengan menggunakan mata bor 5 mm. Lakukan proses pengeboran pada pola-pola yang telah di tandai. Haluskan Bagian permukaan tersebut dan membersihkan hasil proses sebelumnya.

File Gambar : Material : Balok Kayu Ukuran Bahan Baku : Panjang : 88 mm Lebar : 42 mm Tinggi : 16 mm Stasiun kerja Setup Alat Bantu Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : No Setup No Sketsa Tools 1 Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) . lalu buatlah pola pada kayu tersebut sesuai dengan bentuk lantai gerbong tengah dengan ukuran 88x42x16 mm. Uraian Operasi Menggunakan bahan baku balok kayu.Nama : Nomor part : Nama Part : Lantai gerbong tengah Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : No.

Pada bagian depan dan 3 belakang carilah bagian tengahnya lalu buatlah pola dengan ukuran 1 mm untuk penempatan female connector dan male connector.2 Memotong bagian yang telah ditandai pada proses sebelumnya sesuai dengan polanya. Mesin Bor Jig Mata Bor 5 Jig Saw Fixture Mata Gergaji 6 Belt & Disc Sander Amplas 7 Meja Kerja Alat Penyemprot . Menghaluskan setiap bagian permukaan yang masih tidak rata dan juga membersihkan hasil proses sebelumnya. Circular Saw Fixture Mata Gergaji Mengemal ukuran pola untuk menyesuaikan penempatan pin yang terletak pada bagian samping dan pada bagian atas. Lakukan proses pemotongan pada bagian depan untuk menempatkan female connector. Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya. Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) 4 Membuat lubang dengan cara mengebor pada polapola yang telah di tandai sebelumnya dengan mata bor ukuran 7mm.

.

Uraian Operasi Membuat pola pada balok kayu dengan ukuran 20x20x20 mm. File Gambar : Material : Balok Kayu Ukuran Bahan Baku : Panjang : 20 mm Lebar : 20 mm Tinggi : 20 mm Stasiun kerja Setup Alat Bantu Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : No Setup No Sketsa Tools 1 Meja Ukur Penggaris dan pensil (alat tulis) 2 Circular Saw Fixture Mata gergaji . dan selanjutnya pada bagian tengahnya di beri tanda agar memudahkan dalam proses pengeboran. Melakukan proses pemotongan pada pola yang telah dibuat.Nama : Nomor part : Nama Part : Baju Bawah Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : No.

dengan ukuran mata bor 7.5 mm. Melakukan Pengecatan pada seluruh bagiannya. Menghaluskan setiap bagian permukaan yang masih tidak rata dan juga membersihkan hasil proses sebelumnya. Mesin Bor Jig Mata Bor 4 Belt & Disc Sander Amplas 5 Meja Kerja Alat Penyemprot Nama : Nomor part : Nama Part : Pin Muatan Dibuat Oleh : Tanggal : Halaman ke : File Gambar : Material : Silinder Kayu Ukuran Bahan Baku : Diameter : 6 mm Lebar :Tinggi : 9 mm Satuan Waktu Setup Waktu Proses Panjang : : : : .3 Melakukan proses pengeboran pada bagian tengah yang telah diberi tanda hingga kesisi seberang.

Melakukan penghalusan dan pengecilan diameter silinder. Melakukan pengecatan pada pin muatan Meja Ukur Citcular saw Belt & Disc Sander Meja Kerja Fixture Penggaris dan pensil (alat tulis) Mata gergaji Amplas Alat penyemprot .No. Uraian Operasi Stasiun kerja Setup No Setup Alat Bantu No Sketsa Tools 1 2 3 4 Ambillah silinder kayu lalu buatlah pola dengan ukuran diameter 6 mm dan tinggi 9 mm. Melakukan pemotongan pada pola yang telah di bentuk.

n : Setup : Proses : ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

.

n : Setup : Proses : ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

.

n : Setup : Proses : ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

.

Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

.

n : Setup : Proses : .

ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

n : Setup : Proses : ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

.

Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

n : Setup : Proses : ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

n : Setup : Proses : .

ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

n : Setup : Proses : ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

.

.

n : Setup : Proses : ng : Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

.

Waktu Setup Waktu Proses Waktu Total .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->