P. 1
Bab. Tumbuhan Tinggi

Bab. Tumbuhan Tinggi

|Views: 1,449|Likes:
Published by zeliayoung

More info:

Published by: zeliayoung on Sep 25, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

02/28/2013

pdf

text

original

TUMBUHAN TINGGI

Tumbuhan yang tergolong tumbuhan tinggi adalah tumbuhan berbiji, karena tumbuhan tersebut memiliki akar, batang, dan daun sejati serta organ tambahan seperti bunga dan buah. Didalam buah itu terdapat biji. Tumbuhan biji disebut juga tumbuhan berbunga. Bunga itu sebagai alat reproduksi atau perkawinan atau perkembangbiakan tumbuhan biji. Tumbuhan berbiji digolongkan menjadi dua, yaitu tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae / Pinophyta) dan tumbuhan biji tertutup (Angiospermae/Magnoliophyta).

A. Tumbuhan berbiji terbuka (Gymnospermae/Pinophyta)
Gymnospermae berasal dari kata gymno berarti telanjang dan sperma berarti biji. Kelompok tumbuhan ini disebut berbiji terbuka atau telanjang, karena bijinya tidak dilindungi oleh daun buah. 1. Ciri umum tumbuhan berbiji terbuka • • • Tumbuhan biji terbuka pada umumnya berupa pohon besar dan berakar tunggang. Daunnya umumnya berupa daun jarum atau sisik, seperti pada pohon pinus dan cemara, dan ada beberapa yang berdaun lebar seperti pada melinjo (tangkil). Beberapa jenis tumbuhan Gymnospermae mempunyai alat kelamin jantan dan betina pda satu pohon, tetapi kedua alat tersebut letaknya terpisah. Pada jenis lain alat kelamin jantan dan betina tidak berada dalam satu pohon, melainkan pada pohon yang berbeda bahkan ada yang berjauhan. Jadi ada pohon jantan yang mempunyai alat kelamin jantan dan pohon betina yang hanya mempunyai alat kelamin betina.

contohnya Damar putih (Agathis alba) 5. hingga jatuh pda rujung betina. yaitu Cycadopsida. contoh pada Pinus 2. contohnya pinus (Pinus merkusii). . Gnetaceae. contohnya alah melinjo (Gnetum gnemon) 3. contohnya Cemara (Cupressus sp) 6. Cupressaceae. Keduanya mempunyai sisik yang memrupakan tempat pembentukan sel kelamin jantan dan betina. Adapun contoh dari suku terpilih adalah sbb: 1. Podocarpaceae. contohnya Podocarpus imbricatus 7. Ada dua macam rujung yaitu rujung jantan dan rujung betina. Alat perkembangbiakannya terdaapt dalam suatu bagian yang dsiebut rujung (strobilus). Tumbuhan tersebut tidak menghasilkan bunga seperti pada tumbuhan mawar atau tumbuhan kembang sepatu. Maka terjadilah proses pembuahan dan terbentuklah biji. Coniferopsida. Pinaceae. contohnya pakis haji (Cycas rumphii) 2.Gambar 1. serbuksarinya terlepas dan diterbangkan angin. Araucariaceae. Ketika rujung jantan telah matang. Tumbuhan biji terbuka serta alat perkembangbiaknnya. 4. dan Ginkgopsida. Cycadaceae. Zamiaceae. kelompok Pinaceae dan Cupressaceae merupakan kelompok tumbuhan biji terbuka yang paling banyak jenisnya dan paling besar manfaatnya bagi manusia. Klasifikasi tumbuhan biji terbuka Terdiri dari empat kelas. contohnya Zamia sp • Diantara ketujuh tersebut. Gnetopsida. Biji tersebut melekat pada sisik rujung betina.

Dikatakan tumbuhan biji tertutup. batang bercabang dan beruas. Tumbuhan biji tertutup sangat penting bagi kehidupan mansuia maupun hewan. seperti dalam pembuatan kertas. alat perkembangbiakan berupa bunga. daun bertulang dan berhelai dan organ-organ tubuh dapat dibedakan dengan jelas.000 spesies.• Banyak kayu dari tumbuhan biji terbuka ini dimanfaatkan sebagai bahan pembuat rumah serta industri. serta beberapa diambil getahnya untuk dibuatkan minyak campuran cat. Tumbuhan berbiji tertutup (Angiospermae/Magnoliophyta) • • Kelompok tumbuhan ini adalah yang paling banyak jumlahnya jenisnya dari semua tumbuhan tinggi. Ada pula yang dipakai sebagai bahan makanan dan sayuran (seperti buah dan daun melinjo). 1. meliputi lebih kurang 300. Gambar 2. B. karena bakal biji berada dalam bakal buah yang dilindungi oleh daun buah. Ciri umum tumbuhan berbiji tertutup • • • • • Tumbuhan berbiji tertutup menghasikan biji di dalam bakal buah. akar serabut dan tunggang. karena tumbuhan inilah yang menyediakan hampir semua bahan makanan yang berasal dari tumbuhan. Bunga dan bagian-bagiannya .

Ada tumbuhan yang memilki satu keeping biji dikelompokkan sebagai tumbuhan monokotil. Keping biji ini sesungguhnya daun pemula sebagai pertumbuhan awal jika biji tumbuh. seperti bagian akar. dan ada yang memilki dua keping biji yang dikelompokkan menajdi tumbuhan dikotil (tumbuhan belah). Pembuluh kayu sebelah dalam dari pembuluh tapis . daun dan bunga. Biji pada kelompok tumbuhan ini memiliki cadangan makanan yang dsiebut keeping biji (kotiledon). Klasifikasi tumbuhan biji tertutup • Ciri utama yang dipakai untuk mengelompokkan tumbuhan biji tertutup ialah sifat dan keadaan bijinya. • Berdasarkan jumlah keping biji. 4 dan 5 atau kelipatannya Berkas pengangkut batang Pembuluh kayu dan pembuluh Pembuluh kayu dan pembuluh tapis pada tapis batang letaknya tersebar pada letaknya teratur. dengan bentuk beraneka ragam. • Ciri-ciri lain untuk dapat membedakan tumbuhan monokotil dan dikotil diantarnya dapat dilihat dari bagian-bagian tubuh tumbuhan tersebut. batang. Bertulang daun atau menyirip atau menjari Bunga Umumnya bagian-bagian bunga Umumnya bagian bunga berjumlah berjumlah 3 atau kelipatannya 2. Ciri pembeda Akar Batang Daun Tumbuhan monokotil Tersusun atas akar serabut Tidak berkambium Daun berbentuk pita dan panjang Bertulang melengkung daun sejajar Tumbuhan dikotil Berupa akar tunggang Berkambium dan bercabang-cabang Daun lebar-lebar.2.

2. waru. Palmae atau arecaceae (palem-paleman): pinang. puring. daun tumbuhan dikotil . Rutaceae (jeruk): macam-macam jeruk 5. Graminae atau Poaceae (rumput-rumputan): macam-macam rumput. kacang panjang. 3. bunga kaca piring dan sebagainya. enau. Euphorbiaceae (getah-getahan): contohnya karet. kemiri dan sebagainya. turi. Musaceae (pisang-pisangan): macam-macam pisang . kelapa sawit. 6. akar serabut (d). Akar: Akar tunggang (c). 4. Papilionaceae (kacang-kacangan): macam-macam kacang seperti kacang tanah. tebu. Orchidaceae (kelompok angrek): Macam-macam jenis angrek 4. Beberapa suku dari tumbuhan dikotil dan monokotil Tumbuhan dikotil: 1. kembang sepatu. bunga Nusa endah. alang-alang dans ebagainya. terung. buncis. kacang hijau. jagung. cempedak. orok-orok dan sebagainya. 3. salak dan sebagainya. cabei. Tumbuhan Monokotil: 1. tomat. Malvaceae (Kapas-kapasan): kapas. sidaguri dan sebagainya. dadap. Solanaceae (terung-terungan): kerntang. tembakau. Rubiaceae (kelompok kopi): macam-mcam kopi. nangka. ubi kayu. 2. sagu. Struktur pertulangan daun : Daun tumbuhan monokotil (a) .(a) (b) (c) (d) Gambar 3. dan sebagainya. padi.

Pandanaceae (pandan): Macam-macam pandan 6. daunnya berbentuk pita dengan pertulangan daun sejajar.sebagai pupuk hijau jenis tanaman orok-orok dapat dimanfaatkan sebahgai pupuk hijau yang menyuburkan lahan pertanian. dua helai dikiri kananya disebut sayap dan dua helai berukuran lebih kecil dan saling melekat membentuk bagian yang disebut lunas. serai dan sebaginya. Karen adanya bakteri pngikat nitrogen jenis Rhizobium.5. Padi gandum dan jagung memrupakan bahan utama penghasil bahan pangan yang penting. bambo. Putik terletak di atas dasar bunga. dan sebagainya. • Benang sari berjumlah sepuluh dan terbagi ke dalam 2 bagian sembilan helai saling melekat membentuk satu berkas yang sehelai lagi terpisah. jagung. Suku rumput-rumputan (Graminae) • Suku rumput-rumputan termasuk kelompok tumbuhan monokotil. Disamping itu akar tumbuhan suku ini mempunyai bintil akar tempat hidup bakteri yang bersimbiosis dengan akar tanaman tersebut untuk mengikat nitrogen bebas dari udara. kunyit. Duduk aun berseling pada batang. lengkuas. • Ciri utama kelompok suku ini adalah batnagnya berongga. dan berbuku-buku. Perhiasan bunga (mahkota) terdiri dari satu lembar yang besar disebut bendera. . Selanjutnya akan dibahas beberapa suku yang mewakili tumbuhan dikotil dan monokotil Suku kacang-kacangan (papilionaceae) • Ciri utama tumbuhan yang termasuk suku kacang-kacangan diantaranya adalah bunganya tampak berbentuk kupu-kupu. Bunga ada yang berkelamin satu dan ada yang berkelamin dua letaknya di ketiak daun. • • Buah yang dihasilkan berupa buah polong yang akan terpecah bila keadaan kering. tahu dan makanan lainnya. tebu. rumput gajah. • Tumbuhan kacang-kacangan banyak dimanfaatkan sebagai mahan makanan: sebagai sumber protein nabati untuk membuat tempe. Zingiberaceae (jahe-jahean): jahe. sehingga disebut juga sebagai tumbuhan bunga kupu-kupu. seperti: padi. Suku ini meliputi jenis tumbuhan liar dan tumbuhan yang sudah dibudidayakan.

Alga d. Batang bercabang Bakal biji terdapat pada strobilus betina dan serbuk sari pada strobilus jantan. berdaun.Thallophyta b. batang bercabang. Daun angisopermae umunya lebarlebar dengan bentuk yang beraneka ragam. . Contoh soal dan pembahasan tumbuhan tinggi: 1.Angiospermae Pembahasan: Suatu tumbuhan memiliki ciri-ciri sebagai berikut: Berakar tunggang Tidak berbunga sejati Berbiji Bakal biji terdapat pada daun buah yang berupa badan-badan yang kadang-kadang masih mempunyai bentuk serupa daun. bakal biji terdapat pada strobilus betina dan serbuk sari dalam strobilus jantan. berbiji. tidak berbunga sejati. Sedangkan pada tumbuhan Angiospermae batangnya bervariasi ada yang banyak mengandung zat kayu (lignin) berupa pohon dan ada yang sedikit berupa herba atau rerumputan.Mycota c.Gymnospermae e. Jadi selalu tampak dan karena itu disebut terbuka. Perbedaan lain tampak pada bentuk batang dan daunnya. Inilah perbedaan utama antara kedua kelompok tumbuhan tersebut. Pengamatan terhadap suatu tumbuhan menunjukkan ciri-ciri berakar tunggang. Kalau Gymnospermae umumnya pohon besar dan berdaun sisik atau jarum dengan batang lurus sedikit percabangan atau berupa perdu dengan banyak percabangan. Maka tumbuhan itu dapat digolongkan ke dalam: a.Perbedaan tumbuhan biji tertutup (Angisopermae) dengan tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) Angisopermae menghasikan biji di dalam bakal buah.

Hanya didapat pistillum saja c.Tumbuhan tersebut dapat digolongkan ke dalam tumbuhan biji terbuka (Gymnospermae) JAWABAN : D. Bagian fertile pada bunga adalah stamen (Benang sari) dan Pistillum (Putik). Bakal biji tidak terlihat. Jawaban: A Sumber: UMPTN 1996 . dan bunga hermaprodit adalah apabila pada satu bunga a. yaitu: (1) Terjadi pembuahan ganda (2) Berkeping biji (3) Bakal biji terbungkus daun buah (4) Daun kaku dan sempit Pembahasan: Ciri-ciri tumbuhan berbiji tertutup (angiospermae). Berkeping biji (Mempunyai kotiledon) 3. JAWABAN : C Sumber: USM ITB 1975 3. satu organisme. Bentuk daun pipih lebar dengan susunan tulang daun beraneka ragam. adalah : 1. karena terlindung dalam daun buah atau putik 4. Terjadi pembuahan ganda 5. Tidak didapat stamen dan pistillum Pembahasan: Hermaprodit berarti alat jantan dan alat betina terdapat pada satu bunga. Hal berikut merupakan ciri-ciri tumbuhan yang tergolong tumbuhan biji tertutup. Telah memiliki bunga yang sesungguhnya 2. Didapat stamen dan Pistillum d. Hanya didapat stamen saja b. Gymnospermae Sumber: UMPTN 1994 2.

Jawaban : C Sumber: UMPTN 1989 . Tumbuhan tusam (Pinus merkusii) menghasilkan strobilus betina dan strobilus jantan. SEBAB Tumbuhan tusam tergolong tumbuhan berumah dua Tumbuhan tusam (Pinus merkusii) merupakan tumbuhan berumah satu.4. oleh karena itu menghasilkan sendiri strobilus betina dan strobilus jantan.

kecuali: a. Susunan anatomi batangnya .3. dan kacang panjang bersama-sama adalah A. kacang hijau. Kacang-kacangan tersebut berada dalam satu famili yang sama yaitu papilionaceae JAWABAN : B 4. ordo D. JAWABAN : C 5. genus B. division Pembahasan: Tingkat takson terendahnya adalah pada tingkat famili. Tingkat takson terendah yang diduduki oleh tanaman kacang tanah. classis E. yaitu bunga jantan yang terletak di ujung batangnya dan bunga betina yang terletak di ketiak daunnya. Monokotil dapat dibedakan dari dikotil berdasarkan cirri-ciri khas yang terdapat pada semua struktur dibawah ini. Tumbuhan jagung menghasilkan dua macam bunga yaitu bunga jantan dan bunga betina SEBAB Tumbuhan jagung tergolong tumbuhan berumah dua Pembahasan: Tumbuhan jagung memiliki dua jenis bunga yang berpisah. familia C. Tumbuhan berumah dua adalah tumbuhan yang bunga jantan dan betinanya dalam tumbuhan yang berbeda. Susunan akarnya b.

inti lembaga c. Bangun dasar daunnya Berdasarkan teori kormofita berbiji. Tumbuhan berikut ini yang membentuk biji di dalam konus ialah: a.inti kandung lembaga primer 2. cemara.c. sporogonium d. Daun buah dan daun penghasil serbuk sari umumnya terpisah pda tumbuhan biji terbuka. inti sinergid d. a. Morfologi bunganya d. dan lain-lain JAWABAN: A LATIHAN SOAL : Bagian I : Pilihlah satu jawaban yang paling tepat dengan cara menyilang (X) huruf yang sesuai pada lembar jawaban. Agathis alba b. inti antipoda e. Pinus merkusii d. maka jawabannya adalah sifat haploid sel kelaminnya. strobilus e. Angiopteris evecta Pembahasan: Gymnospermae adalah tanaman berbiji terbuka. Klasifikasinya termasuk kedalam SubKingdom Embryophyta seperti halnya pinus. Tanaman ini mempunyai conus. Acacia auriculiformis c. seta b. a. Pada tumbuhan angisopermae terjadi pembuahan ganda dengan adanya celah antara inti generatif dengan sel telur dan inti generatif dengan…. 1. Masing-masing berkumpul pda bagian yang berbentuk kerucut yang disebut….inti kandung lembag sekunder b. sorus . JAWABAN: D 6. sporangium c. Sifat haploid sel kelaminnya e.

tidak teratur dan tersebar h. kelopak dan mahkota b. dikotil dan monokotil b. di tengah batang 8. Berdasarkan letak bakal biji. benang sari. angiospermae dan dikotil d. teratur dalam lingkaran f. dan mahkota c. bentuk pertulangan daun c. Berkas pembuluh kayu dan pembuluh tapis pada batang tumbuhan monokotil letakanya… e. a. kelopak dan dasar bunga d. ukurandan warna bunga d. serbuk sari dan kelopak 6.3.4. kecuali…… a. putik. di tepi batang i. benang sari. monokotil dan angisopermae c. angiospermae dan gymnospermae . benang sari. dan kelopak e. tumbuhan biji diklasifikasikan menjadi: a. Bagian-bagian bunga pada tumbuhan dikotil jumlahnya adalah… a. putik. struktur organ vegetatif e. 2. morfologi bunga 4. teratur dalam segitiga g. Klasifiksi tumbuhan biji terutama berdarkan pada…. 2. 2 dan kelipatannya e. penyebaran geografis c. Bunga lengkap pada tumbuhan biji tertutup tersusun atas… a. benang sari. putik. 3 dan kelipatannya d. putik. putik. sifat haploid sel kelamin b. berjumlah ganjil 7. struktur alat reproduksinya b. susunan anatomi batangnya e. 4 dan 5 saja b.5 dan kelipatannya c. benang sari. Tumbuhan monokotil dapat dibedakan dari tumbuhan dikotil berdasarkan cirri-ciri khas yang terdapat pda semua struktur di bawah ini. susunan akarnya d. daur hidupnya 5.

cabe. rambutan Bagian II: Pilihan ganda majemuk a. damar dan cemara tergolong dalam tumbuhan berbiji terbuka SEBAB keadaan biji pada tumbuhan pinus. Pinus. alasan benar ada hubungan b. tomat. kentang. Jike keduanya salah 1. Kelompok tumbuhan manakah yang termasuk suku terung-terungan ? a. Jika 1 dan 3 benar c. jambu. tomat dan cabe c. Tumbuhan monokotil memilki perakaran serabut dan batang yang tidak berkambium SEBAB tumbuhan monokotil batangnya beronggga dan berbuku-buku. tembakau. Jika pernyataan salah. terung e. kecubung. cabe. alasan benar e. cabe. Jika pernyataan benar. kentang. Jika 1. dikotil dan gymnospermae 9. angisopermae. mangga.e. 2. Jika pernyataan benar. terung. tomat.2 dan 3 benar b. Jika 4 saja benar e. mangga d. damar dan cemara dilindungi oleh daun buah. Jika semua benar Bagian III: Sebab akibat a. alsaan salah d. Jika pernyataan benar alasan benar tak ada hubungan c. terung dan tomat b. tomat. Bagian IV: Esai . Jika 2 dan 4 benar d.

Jelaskan perbedaan utama antara tumbuhan berbiji terbuka dan tumbuhan biji tertutupbaik dari segi morfologi maupun reproduksinya ? 2.1. Jelaskan dengan matriks (tabel) perbedaan tumbuhan monokotil dan dikotil ? 3. Sebutkan beberapa manfaat tumbuhan biji tertutup bagi kehidupan manusia ! .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->