P. 1
Makalah+Tentang+Rokok

Makalah+Tentang+Rokok

|Views: 2,780|Likes:

More info:

Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/23/2013

pdf

text

original

NIKOTIN DALAM ROKOK

Di susun oleh :

Haryono Hadi P Raga Fiandita Iman Mukhaimin Ariya Irawan Faizal Akbar Ratna Aditya N

(J3L109005) (J3L109043) (J3L109121) (J3L209164) (J3L209153) (J3L209151)

INSTITUT PERTANIAN BOGOR DIREKTORAT PROGRAM DIPLOMA PROGAM KEAHLIAN ANALISIS KIMIA 2010

Risa Prayudhi. sahabatnya. beserta pengikutnya hingga akhir zaman.Hum. Shalawat dan salam kita haturkan kepada junjungan besar Nabi Muhammad SAW beserta keluarganya. kami sebagai penulis sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari para pembaca. Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi pembaca bahwa nikotin tidak berbahaya untuk dikonsumsi tubuh. Berkat rahmat dan karunianya kami telah menyelesaikan karya tulis dengan judul Nikotin dalam Rokok . Juni 2010 Penulis NIKOTIN DALAM ROKOK i . Kami menyadari bahwa tiada gading yang tak retak. Terima kasih kami ucapkan kepada ayah.KATA PENGANTAR Puji syukur kami panjatkan atas kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karunia-Nya kepada kami. Bogor. Oleh karena itu. S. bunda. dosen pembimbing Bpk.

.......... ....................................... 1 B................................ Proses nikotin dalam tubuh ................................................................. Kesimpulan......... 9 Daftar pustaka..................... Saran................... 4 B................................ i Daftar Isi ........................................................................................................................ Latar Belakang ........................ Pengertian Nikotin ....... 4 B................. 9 B............... 10 NIKOTIN DALAM ROKOK ii ................................................................................ 5 BAB IV : Penutup A................................................................ ........................ 2 BAB II : Pemerincian masalah A............................................. Manfaat rokok . Rumusan ................................... ii BAB I : Pendahuluan A........ Bahan-bahan Kimia Yang Terkandung Pada Rokok .................. 4 BAB III : Pembahasan A...............................................................................................................DAFTAR ISI Kata Pengantar ..............................................................................

d. Tetapi adalah hak anda untuk percaya atau tidak bahwa nikotin dan zat -zat lain yang juga berasal dari alam dan berada di dalam rokok juga mempunyai kegunaan 1. Namun tidak demikian dengan para ilmuwan. Makalah ini tidak bermaksud mengajak anda untuk mula i merokok atau meneruskan kebiasaan anda mengisap asap tembakau.BAB I PENDAHULUAN 1. Rumusan : Proses masuknya zat kimia rokok kedalam tubuh a.1 LATAR BELAKANG Dewasa i i. Pengertian manfaat nikotin dalam rokok. Informasi tersebut diterima oleh masyarakat luas yang awam mengenai riset dan penelitian sebagai kebenaran mutlak yang tidak perlu diperdebatkan. Bagaimana proses nikotin didalam tubuh? NIKOTIN DALAM ROKOK 2 . Mereka mencoba menggali adakah manfaat zat -zat yang terdapat di dalam sebatang rokok untuk kesehatan manusia. i f asi negatif tentang rokok dan kebiasaan merokok diperkenalkan kepada masyarakat sudah sejak lama. yang selama ini sudah diberi stigma negatif secara luas. Sesuai dengan bidang ilmunya mereka mengadakan penelitian seputar dampak rokok dan merokok bagi kesehatan dengan berangka t dari dasar pemikiran yang netral. Sebagian besar dari dampak buruknya asap rokok dan zat-zat yang terkandung di dalamnya terhadap kesehatan tubuh manusia merupakan sumber wabah penyakit . Zat apa saja yang terkandung dalam rokok? b. Manfaat rokok. c.

Tujuan Menggambarkan tentang dampak positif maupun dampak negatif dari nikotin dalam rokok yang selama ini terkesan ditutup-tutupi kebenarannya. NIKOTIN DALAM ROKOK 3 . Masyarakat memandang bahwa nikotin adalah suatu zat yang ber bahaya bagi kesehatan tubuh.2.

meningkatkan produksi lendir atau dahak di paru-paru.  Cadmium : Campuran logam yang terdapat pada tembakau. Zat kimia ini adalah zat yang digunakan untuk membersihkan toilet  Arsenik : Digunakan sebagai pestisida tanaman tembakau. semua zat berbahaya yang terkandung dalam rokok dapat bermanfaat pada dosis yang tepat . dan dapat menyebabkan kanker paru -paru.dan menghalangi transportasi oksigen dalam tubuh. yang dapat mengurangi j umlah oksigen yang dapat diikat darah. merusak jaringan otak. Gas tak berwarna ini biasanya digunakan untuk mengawetkan mayat. kanker paru -paru.  Ammonia : Digunakan untuk meningkatkan tingkat absorpsi nikotin. menyebabkan kerusakan pada sel paru -paru.  Karbon monoksida.BAB II PEMERINCIAN MASALAH 2. Jika batereimu lemah. diantaranya:  Nikotin. Namun. NIKOTIN DALAM ROKOK 4 . Arsenik juga digunakan untuk membunuh tikus.  Zat iritan. gunakan Cadmium untuk me -recharge-nya. sebenarnya kita telah menghirup banyak sekali zat yang dapat merusak tubuh kita.  Formaldehyde : Terdapat pada asap rokok.1 BAHAN KIMIA YANG TERKANDUNG DALAM ROKOK Ketika menghisap sebatang rokok. dapat mengakibatkan batuk. Zat kimia ini terus menempel pada tembakau yang sudah menjadi rokok. menyebabkan kecanduan. dapat memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. dan iritasi pada paru-paru. Adapun contoh bahan kimia yang terkandung dalam rokok. dan darah mudah menggumpal.  Tar.  Zat kersinogen.

 Turpentine : Digunakan pada rokok menthol. NIKOTIN DALAM ROKOK 5 . Aseton : Diproduksi dari hasil pembakaran rokok. nikotin diproduksi di akar pohon tembakau dan diangkut serta disimpan dalam daun dan berfungsi sebagai µdefence agent¶. Nicotiana Tabacum. 2. Dapat menambah kecepatan pengiriman nikotin untuk menghancurkan otak. tergolong racun kuat.  Propylene Glycol : Digunakan pada rokok agar tetap kering.  Benzene : Dihasilkan dari pembakaran rokok. Didalam tanaman tembakau. Walaupun tidak tergolong dynamic agent tetapi nikotin dalam proses pertumbuhan tanaman tembakau mempunyai sifat mobilitas sesuai kelembaban tanah dan lingkungan sekitarnya. namun pada karya tulis ini mengkhususkan pembahasan mengenai nikotin yang merupakan bahan kimia terbesar yang terkandung didalam rokok. ingat tentang dosis ajaran Paracelsus. Digunakan juga untuk melukis dan mempernis kayu. Digunakan untuk membersihkan toilet juga.  Butane : Diproduksi dari korek api.2 PENGERTIAN NIKOTIN Nikotin adalah senyawa alkaloid dalam daun tembakau. Bisa ditemukan juga pada pestisida dan gasoline Begitu banyak bahan kimia yang terkandung dalam rokok.

tak ada subculture of violence. dalam Media Model. Nikotin . maupun hubungan dengan prostitusi seperti NIKOTIN DALAM ROKOK 4 . dalam darah ± orang berat badan 70 kg (+/ 5kg darah) ± akan terdapat 40 ppb (part per billion) nikotin. dan sesudah 30 menit lagi tinggal 10 ppb dan seterusnya. nikotin mudah dan cepat diekskresikan oleh tubuh. Pada dosis rendah dan waktu singkat mampu menstimulir organ tertentu dan berbeda terhadap organ lain. Dan senyawa -senyawa lain sedang dikembangkan guna mengatasi alzheimer tetapi harus bebas efek samping. Dal am kurun waktu 2 sampai 3 jam nikotin sudah bersih per edarannya dalam tubuh. subcomelin. Berbagai senyawa xanomelin. Perilaku nikotin dalam tubuh memang penuh dengan paradok sikal. Dan bagi perokok nampaknya membant u berkonsentrasi dan mengatasi situasi stress. Misalkan.B B III PE B 3. tidak ada drug abuse. sehabis merokok satu batang SKM ( 10 mg Nikotin dalam batang rokok). crime. half -life time. membantu proses belajar dan pembelajaran atau kemungkinan melalui pelepasan norepinephrine dalam otak. climb a mounting atau stone seperti opium. Tidak ada bukti euphoria. bukan tergolong physical dependence tetapi psychological dependence. lingkungan cairan ekstraseluler dengan p asam.1 PROSES NIKOTIN DALAM TUBUH Dalam tubuh manusia. milamelin dan bahkan senyawa-senyawa nicotinic dan muscarinic lainpun masih belum menunjukkan bebas efek samping. Misalkan. Tidak ada dampak fly . sesudah 30 menit tinggal 20 ppb. namun masih mempunyai kelemahan efek sampingnya. Dalam masyarakat. nikotin 20 ± 40 menit. Waktu paruh. Walupun nikotin bisa membantu meredakan penyakit alzheimer. Perokok masih under control secara individual.

Nikotin bersama air dan tar asap rokok yang te rgabung dalam fasa partikulat yang oleh tubuh dimetabolisir da lam liver. diafragma dan limpa. Kami bukan seorang dokter atau peneliti bidang kesehatan. guru waktu mengajar dan sebagainya. gedung-gedung pertemuan dan sebagainya. Manfaat dengan merokok Berikut beberapa riset yang menguak manfaat rokok bagi kesehatan manusia. Kalau kita lihat posisi nikotin dari sifat adiktivitasnya sangat jauh dari posisi obat -obat lain seperti opium. ganja. Adapun manfaat rokok diantaranya: NIKOTIN DALAM ROKOK 5 . usus kecil. jadi pembahasan ilmiah tentang isi karya tulis ini bisa diperdebatkan oleh para pakar sendiri. bis kota. b) Tidak merokok waktu sedang melaksanakan tugas. Organ yang tidak me-metabolisir nikotin termasuk otak. air liur dan yang paling penting lewat urine. D an tidak dapat digolongkan sebagai bagian dari nafza. sex dan film.dampak hard drug. Keadaan sebegitu jeleknya image rokok dalam pikiran banyak kalangan.(fa) a) Tidak merokok di tempat-tempat umum. Tingkat adiktivitas nikotin tidak jauh berbeda dari kafein. c) Tidak merokok dekat anak-anak atau bayi. baik dari aspek legal maupun sosial ekonomi. rokok itu sendiri juga memiliki banyak manfaat. Nikotin diekskresikan lewat kringat. lambung. cocain. seperti gedung bioskop. dan sebagian oleh ginjal. paru. mi salnya dokter waktu memeriksa pasien. hallucinogen dan alcohol. Mode of entry nikotin tentunya lewat asap rokok.

1. Karbon monoksida merupakan produk sampingan dari asap tembakau. Secara khusus. Penelitian lain menyebutkan karbon monoksida dapat mengurangi serangan jantung dan stroke. Masih banyak penelitian yang lainnya mengenai kebiasaan merokok yang berguna melawan Parkinson. Sebuah laporan menunjukkan tingkat sa ngat NIKOTIN DALAM ROKOK 6 . 2. Sebuah penelitian terbaru menambah kuat bukti sebelumnya yang melaporkan bahwa merokok dapat melindungi manusia dari penyakit Parkinson. Tim peneliti yang dipimpin oleh Dr Tanner terus melihat perbedaan yang signifikan ketika dosis dihitung sampai 10 atau 20 tahun sebelum diagnosis. penelitian baru tersebut menunjukkan hubungan temporal antara kebiasaan merokok dan berkurangnya risiko penyakit Parkinson. Artinya. Perokok lebih kuat dan cepat sembuh dari serangan jantung dan stroke Penelitian besar menunjukkan manfaat lain merokok. yakni manfaat terhadap restenosis atau penyempitan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah menjadi terbatas. seperti pembuluh darah ke jantung (cardiovaskular disease) atau ke otak (stroke) Perokok memiliki kesempatan yang lebih baik untuk bertahan hidup dan penyembuhan yang lebih cepat. Studi lain mengenai pengaruh positif merokok terhadap Parkinson Desease (PD) adalah sebuah penelitian terhadap 113 pasangan kembar lakilaki. Mereka menyimpulkan bahwa temuan ini menyangkal p ernyataan bahwa orang yang merokok cenderung memiliki PD. Merokok Mengurangi Resiko Parkinson Banyak bukti yang menunjukkan bahwa merokok melawan penyakit Parkinson. efek perlindungan terhadap Parkinson berkurang setelah perokok menghentikan kebiasaan merokoknya.

5. Baru-baru ini oksida nitrat telah ditingkatkan statusnya dari polutan udara biasa menjadi penghubung fisiologis terpenting kedua secara internal. Oleh karena itu. Para peneliti memfokuskan pada kemiripan yang dekat antara k arbon monoksida dengan oksida nitrat yang menjaga pembuluh darah tetap melebar dan mencegah penumpukan sel darah putih. Karbon monoksida menghambat pembekuan darah. sehingga melarutkan gumpalan berbahaya di pembuluh arteri. dibandingkan dengan anak -anak dari para ibu yang tidak pernah merokok. 4. 3. Anak-anak dari ayah yang merokok sedikitnya 15 batang rokok sehari memiliki kecenderungan yang sama. Merokok mencegah asma dan penyakit karena alergi l ainnya Sebuah studi dari dua generasi penduduk Swedia menunjukkan dalam analisis multi variasi. asma alergi. eksim atopik dan alergi makanan. Merokok mengurangi resiko penyakit susut gusi yang parah Dulu disebutkan bahwa tembakau adalah akar semua permasalahan penyakit gigi dan mulut. Nikotin membunuh kuman penyebab tub erculosis (TBC) NIKOTIN DALAM ROKOK 7 . beberapa anak dari para ibu yang merokok sedikitnya 15 batang sehari cenderung memiliki peluang yang lebih rendah untuk menderita alergi rhino-conjunctivitis. Padahal sebuah studi menunjukkan bahwa sebenarnya perokok berisiko lebih rendah terhadap penyakit gusi.rendah dari karbon monoksida dapat membantu para korban serangan jantung dan stroke. tidak akan mengherankan kalau karbon monoksida secara paradoks dapat menyelamatkan paru -paru dari cedera akibat penyumbatan pembuluh darah ke jantung (cardiovascular blockage).

seorang profesor mikrobiologi dan biologi molekuler di UCF.Suatu hari Nikotin mungkin menjadi alternatif yang mengejutkan sebagai obat TBC yang susah diobati. Senyawa ini menghentikan pertumbuhan kuman TBC dalam sebuah tes laboratorium. kata seorang peneliti dari University of Central Florida (UCF). Kebanyakan ilmuwan setuju bahwa nikotin adalah zat yang menyebabkan orang menjadi kecanduan rokok. kata Saleh Naser. NIKOTIN DALAM ROKOK 8 . bahkan bila digunakan dalam jumlah kecil saja.

kita harus pandai -pandai menjaga kesehatan. dan lain -lain. SARAN Saran kami bagi anda yang belum pernah merokok. Biasakanlah untuk hidup sehat. NIKOTIN DALAM ROKOK 9 . Kami berharap. karena hidup sehat merupakan awal dari sebuah keberhasilan.BAB IV PENUTUP A. sebaiknya anda jangan mencoba-coba merokok karena dapat membahayakan hidup kita. Selain itu nikotin dalam tubuh dapat mencegah penyakit TBC. Demikianlah karya tulis yang sederhana ini. dan menambah nafsu belajar.Namun bila masih dalam jumlah yang kecil m aka hasil yang didapat bukanlah merugikan tubuh melainkan menguntungkan bagi tubuh diantaranya rokok dapat mengurangi resiko parkinson. KESIMPULAN Rokok dan nikotin yang terkandung dalam rokok memang merupakan suatu zat yang dapat merusak tubuh bila itu dalam konsentrasi yang berjumlah besar. Terlebih lagi di zaman yang sudah tidak sehat ini. memberikan rasa senang. karya tulis ini dapat bermanfaat bagi para pembacanya sehingga dapat mengetahui bahwa rokok tidak semata hanya membahayakan pada manusia tapi rokok juga dapat memberikan manfaat yang begitu banyak. B. rokok dapat mempercepat penyembuhan penyakit stroke dan jantung.

google.DAFTAR PUSTAKA Anonim. 23 Oktober 2008.kompas.org / zat kimia dalam rokok). www.wikipedia. www.com (http:// www.google. 5 Maret 2009. 2007. Anonim.org/ pengertian nikotin). 2008. www.google.chem-is-try. 2009.com (http://www. Wikimu. 28 September 2007. NIKOTIN DALAM ROKOK 9 .com (http://www.com/ artikel manfaat dari rokok).

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->