P. 1
Pengertian akal2

Pengertian akal2

|Views: 23|Likes:
Published by Dina Wahyuni

More info:

Published by: Dina Wahyuni on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/26/2010

pdf

text

original

Pengertian akal

y

Dikutip dari buku Rama K, Tri. 2000. Praktis Berbahasa Indonesia. Surabaya : Karya Agung halaman 13 Akal adalah alat untuk berpikir dan memikirkan sesuatu.

y

Berdasarkan kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Akal adalah daya pikir (untuk memahami sesuatu dsb); pikiran; ingatan jalan atau cara melakukan sesuatu; daya upaya; ikhtiar

y

Diambil dari internet http://aljawad.tripod.com/arsipbuletin/akal.htm Akal adalah Kemampuan untuk mengetahui sesuatu. Kemampuan memilah-milah antara kebaikan dan keburukan yang niscaya juga dapat digunakan untuk mengetahui hal -ihwal yang mengakibatkannya dan sarana-sarana yang dapat mencegah terjadinya masing-masing dari keduanya. Kemampuan dan keadaan dalam jiwa manusia yang mengajak kepada kebaikan dan keuntungan dan menjauhi kejelekan dan kerugian Dalam bahasa filsafat, akal merujuk kepada substansi azali yang tidak bersentuhan dengan alam material, baik secara esensial ( dzaty) maupun aktual (fi¶ly).

-

Pengertian Pikiran
y

Dikutip dari buku T.Browne, Mary. 2008. 5 Aturan Pikiran. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama halaman 1 Pikiran adalah sebuah gambaran yang diarahkan ke angkasa. Pikiran adalah getaran. Pikiran adalah gaya dan energ i. Pikiran adalah ruh. Pikiran adalah kekuatan kreatif. Ia memiliki warna, bunyi, dan kepadatan. Pikiran itu sungguh hidup. Tidak ada yang lebih dahsyat dari pikiran.

Pengertian Ilmu Pengetahuan y Dikutip dari buku Suriasumantri. Filsafat Ilmu.tripod.segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran) y Diambil dari internet http://definisi-pengertian. Pengetahuan muncul ketika seseorang menggunakan indera atau akal budinya untuk mengenali benda atau kejadian tertentu yang belum pernah dilihat atau dirasakan sebelumnya.com/arsip buletin/pikiran. Jujun S. 2006.blogspot.y Berdasarkan kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) Pikiran adalah hasil berpikir ( memi kirkan ) y Diambil dari internet http://aljawad. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia halaman 10-11 . Pengertian pengetahuan y Dikutip dari buku Tafsir. kepandaian: .html Pengetahuan adalah berbagai gejala yang ditemui dan diperoleh manusia melalui pengamatan inderawi. Mengurangi Ontologi. Ahmad. Bandung : PT Remaja Rosdakarya halaman 4 Pengetahuan adalah semua yang diketahui y Berdasarkan kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) .segala sesuatu yang diketahui.htm Pikiran adalah gagasan dan proses mental. Epistemologi. Ilmu Pengetahuan dan Metodenya .com/2009/11/pengertian -ilmu-dan-ilmupengetahuan. dan Aksiologi Peengetahuan. 1998.

. Pengertian ilmu pengetahuan Ilmu pengetahuan adalah gabungan dari beberapa ilmu yang dikumpulkan menjadi satu yang disusun secara logis sebagai buah pemikiran.Ilmu pengetahuan adalah : y Penguasaan linkungan hidup manusia.html Ilmu pengetahuan adalah suatu proses pemikiran dan an alisis yang rasional. sistematik.blogspot. serta memilah milih sesuatu yang baik untuk dirinya Pengertian pikiran Pikiran adalah sebuah gambaran kekuatan untuk memikirkan suatu hal atau gagasan. Pengertian pengetahuan Pengetahuan adalah segala sesuatu yang diketahui oleh manusia. dan konsisten. yang ditangkap melalui sistem panca inderanya.com/2009/11/pengertian -ilmu-dan-ilmupengetahuan. Kesimpulan Pengertian akal Akal adalah suatu alat kemampuan dan keadaan dalam jiwa manusia untuk berpikir dan mengetahui. Kajian tentang dunia material Metode eksperimental Berdasarkan kamus Kamus Besar Bahasa Indonesia ( KBBI ) lmu pengetahuan adalah gabungan berbagai pengetahuan yang disusun secara logis dan bersistem dengan memperhitungkan sebab dan akibat y Diambil dari internet http://definisi-pengertian. logik.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->