P. 1
Diagram Batang

Diagram Batang

|Views: 11,452|Likes:
Published by dadangaryanda

More info:

Published by: dadangaryanda on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

03/30/2013

pdf

text

original

Tugas STATISTIKA

OLEH : DADANG ARYANDA D62109284

PROGRAM STUDI TEKNIK PERTAMBANGAN UNIVERSITAS HASANUDDIN

MAKASSAR 2010

Contoh Kalau hanya diperhatikan jumlah murid. seperti dapat dilihat dalam Gambar . maka sumbu datar dipakai untuk menyatakan atribut dan waktu. Kalau diagram dibuat tegak. Nilai data diagram pada sumbu tegak. Sumbu datar dibagi menjadi beberapa skala bagian yang sama. diagramnya merupakan diagram batang tunggal. Data tahunan pun dapat pula disajikan dalam diagram ini asalkan tahunnya tidak terlalu banyak.Diagram Batang Data yang variabelnya berbentuk kategori sangat tepat disajikan dalam diagram batang. Untuk menggambar diagram batang diperlukan sumbu datar dan sumbu tegak yang berpotongan tegak lurus. demikian pula sumbu tegaknya. tanpa perincian jenis kelamin. Skala pada sumbu tegak dengan skala pada sumbu datar tidak perlu sama.

penjualan suatu barang tiap bulan. Sumbu mendatar menyatakan waktu sedangkan sumbu tegak menyatakan besaran data tiap waktu. Bentuk yang tegak adalah seperti berikut ini. Pada diagram garis juga digunakan sumbu mendatar dan sumbu tegak. Misal produksi minyak tiap tahun.Jika jenis kelamin juga diperhatikan dan digambarkan diagramnya. keadaan temperatur tiap jam. maka dibuat diagram garis. dan sebagainya. DIAGRAM GARIS Untuk menggambarkan keadaan yang serba menerus atau berkesinambungan. maka didapat diagram batang dua komponen. Contoh .

18% untuk pos B. 10% untuk pos E.Data tersebut jika dinyatakan dengan diagram garis adalah sebagai berikut DIAGRAM LINGKARAN Untuk menggambar diagram lingkaran diperlukan sebuah lingkaran yang dibagi menjadi beberapa sektor. . Tiap sektor melukiskan proporsi suatu kategori data yang dinyatakan dalam persen Contoh Pembagian keperluan dana untuk masing-masing bagian (pos) suatu kantor adalah: 28% untuk pos A. gambarnya adalah seperti berikut ini. 14% untuk pos C. dan 8% untuk pos F. 22% untuk pos D.

HISTOGRAM Untuk menyajikan data yang telah disusun dalam daftar distribusi frekuensi menjadi diagram. seperti biasa dipakai sumbu mendatar untuk menyatakan kelas interval. atau 70 siswa. disimbolkan dengan kepala orang. Yang dituliskan pada sumbu datar adalah batas batas kelas interval. Misal menggambarkan sebanyak 35 siswa. Misal kalau tentang penduduk. Kalau tentang hasil perkebunan kelapa gambarnya kelapa. dan sumbu tegak untuk menyatakan frekuensi baik absolute maupun relatif. dari SMK I sampai SMK IV. Contoh Berikut ini adalah jumlah siswa masing-masing SMK. Setiap satuan jumlah tertentu dibuat sebuah simbol sesuai dengan macam datanya. Hal yang menyulitkan adalah jika ada bagian simbol yang tidak penuh. Untuk satuan jumlah 100 siswa dinyatakan dengan 1 gambar kepala.DIAGRAM GAMBAR Diagram gambar sering dipakai untuk mendapatkan gambaran kasar suatu hal. maka gambarnya adalah orang atau gambar kepala orang. Bentuk diagramnya seperti diagram batang hanya di sini sisi-sisi batang berdekatan harus berimpitan .

.Diagram seperti di atas dinamakan histogram.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->