P. 1
Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kecerdasan

Hubungan Antara Status Gizi Dengan Kecerdasan

|Views: 277|Likes:

More info:

Published by: Pebri Emilda Nurriska on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/11/2014

pdf

text

original

HUBUNGAN ANTARA STATUS GIZI DENGAN KECERDASAN ANAK

Posted on April 22, 2009 by ayurai

1.1 Latar Belakang Gizi merupakan salah satu faktor yang penting yang menentukan tingkat kesehatan dan kesejahteraan manusia. Kadang gizi dikatakan baik bila terdapat keseimbangan dan keserasian antara perkembangan fisik dan perkembangan mental. Namun demikian, perlu diketahui bahwa keadaan gizi seseorang dalam suatu masa bukan saja ditentukan konsumsi zat gizi pada masa lampau, bahkan jauh sebelum masa itu. Ini berarti konsumsi gizi masa kanak-kanak memberi andil terhadap status gizi masa dewasa (Agus Krisno;175,2002).

Bersama-sama sumsum tulang belakang . Dengan kata lain status gizi adalah eksresi dari keadaan keseimbangan antara pemasukan dan pengeluaran zat-zat gizi dalam tubuh yang digunakan untuk mempertahankan kehidupan. laju kecepatan tumbuh kembang otak tersebut dapat mengalami gangguan.18. yaitu kelompok masyarakat yang paling mudah menderita kelainan gizi. dibanding dengan organ lainnya.Status gizi yaitu keadaan tubuh yang diakibatkan konsumsi. Otak. Selain hal di atas makanan empat sehat lima sempurna juga dibutuhkan. Ditinjau dari sudut masalah kesehatan dan gizi. dan terdiri dari sekitar 50 miliar sel. omega 3 dan zat besi. Namun. otak membentuk sistem syaraf pusat. termasuk golongan masyarakat yang disebut kelompok rentan gizi. maka anak usia tiga sampai enam tahun. pertumbuhan serta menghasilkan energi( Supariasa. . Salah satu faktor yang dapat mengganggu adalah status gizi ibu yang mengandung dan menyusui. Otak manusia merupakan organ yang paling rumit dan paling istimewa.2002). dan memerlukan zat-zat gizi dalam jumlah yang relatif besar (Santoso .24.1999). Perkembangan susunan saraf tersebut secara normal berlangsung sejak usia kandungan 25 hari hingga saat lahir.1985). secara sturuktur merupakan kumpulan dari jaringan syaraf.32000). serta status gizi anaknya sendiri( Soendjojo. penyerapan dan penggunaan makanan yang memenuhi kebutuhan gizi (Suhardjo. Pertumbuhan yang relatif pesat misalnya adalah pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasaan. sedangkan pada saat ini mereka sedang mengalami proses pertumbuhan relatif pesat. Adapun makanan yang paling penting untuk otak ialah protein.

selengkapnya y y y Share this: Digg DIarsipkan di bawah: asuhan kebidanan Sumber : http://ayurai. dan kemampuan menyesuaikan diri dengan situasi secara cepat dan efektif.com/2009/04/22/hubungan-antara-status-gizi-dengan-kecerdasananak/ .Kecerdasan anak sangat ditentukan bagaimana perkembangan dan pertumbuhan otak saat dalam kandungan dan setelah kelahiran. Kekurangan gizi akan menyebabkan beberapa efek serius seperti kegagalan pertumbuhan fisik. Kecerdasan erat hubungannya dengan kemampuan berpikir. berada di cerebrum. pusat pemikiran dan kecerdasan berada.htm. Gizi yang cukup dan memenuhi kebutuhan merupakan determinan utama dalam pertumbuhan dan perkembangan otak dari sejak dalam kandungan sampai fase tersebut selesai. menurunkan perkembangan kecerdasan.or.2003).id/berita. Kecerdasan adalah kemampuan seseorang untuk menggabungakan informasi yang didapat. kekurangan gairah belajar. Anak yang cerdas adalah anak yang tanggap.ikmi. cepat paham.wordpress. menurunnya produktivitas dan menurunkan daya tahan tubuh terhadap penyakit yang mengakibatkan kematian(www. Disinilah. mampu melakukan kegiatan-kegiatan tertentu dan dapat mennyelesaikan masalah yang dihadapi sesuai usia. Bagian otak yang bertanggungjawab terhadap kecerdasan dan intelektual.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->