P. 1
APAKAH ITU BIOLOGI

APAKAH ITU BIOLOGI

|Views: 1,393|Likes:
Published by anon_905569

More info:

Published by: anon_905569 on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2013

pdf

text

original

APAKAH ITU BIOLOGI?

Biologi adalah cabang ilmu yang mempelajari kehidupan dan segala proses yang terjadi di dalam kehidupan. Biologi sendiri asal katanya berasal dari bahsa Belanda yaitu Biologie, yang juga diambil dari bahasa Yunani yaitu , bios ("hidup") dan ,logos ("lambang", "ilmu"). Dahulu Biologi disebut juga dengan ilmu hayat. Biologi adalah sebuah ilmu yang universal, objek kajiannya sangat luas. Tentu kita pernah mendengar tentang Taksonomi, Anatomi, Evolusi, Genetika, dan Zoologi, itu semua termasuk dalam objek kajian ilmu biologi. Sejarah biologi sangat panjang, dimulai pada era prasejarah dimana manusia-manusia awal yang merupakan pemburu mempelajari organ-organ tubuh mahluk hidup yang mereka buru. Merka juga mulai mengetahui beberapa obat-obatan alami seperti daun Catmint yang dipercaya dapat menyembuhkan flu. Biologi berkembang pesat pada masa keemasan Yunani Kuno, yaitu pada masa kehidupan seorang Guru dari segala ilmuan, yaitu Aristoteles. Aristoteles memperkenalkan filosofi alam yang merupakan cabang filosofi yang mempelajari fenomena kehidupan. Aristoteles melakukan penelitian sejarah alam di pulau Lesbos. Hasil penelitiannya, termasuk Sejarah Hewan, Generasi Hewan, dan Bagian Hewan, berisi beberapa observasi dan interpretasi, dan juga terdapat mitos dan kesalahan. Bagian yang penting adalah mengenai kehidupan laut. Ia memisahkan mamalia laut dari ikan, dan mengetahui bahwa hiu dan pari adalah bagian dari grup yang ia sebut Selach (selachians). Ilmu biologi modern lahir setelah penemuan mikroskop, yang membuka mata dunia terhadap keberadaan unit kehidupan terkecil yang diberi nama sel oleh Robert Hooke. Ilmu biologi terus berkembang sampai sekarang, bahkan ada sebuah cabang ilmu biologi yang dinamakan ASTROBIOLOGI yang mempelajari kehidupan di planet lain. MENGAPA KITA HARUS MEMPELAJARI BIOLOGI? Mengapa kita harus mempelajari biologi? Jawabannya simple saja: 1. Biologi membuka mata kita terhadap dunia kehidupan yang ada di seluruh muka bumi ini sehingga kita lebih mengagumi ciptaan tuhan. 2. Biologi adalah ilmu yang menawarkan kita untuk mempelajari diri sendiri, sehingga ilmu ini tidak terasa asing bagi kita. 3. Biologi sangat berpengaruh kepada perkembangan peradaban manusia, berkat biologi kita mampu mengenali penyakit dan menanggulanginya serta memanfaatkan berbagai jenis mahluk hidup. 4. Biologi memperlihatkan bagaimana mahluk hidup dapat dihubungkan satu sama lain dalam taksonomi. Itu berarti setiap mahluk hidup adalah saudara karena memiliki keterkaitan, hal ini membuat kita dapat menghargai satu sama lain.

Makanya setiap pelajaran biologi itu jangan tidur! Dengarkan penjelasan guru baik -baik, sehingga kita bisa mendapatkan manfaatnya!

OLIMPIADE SAINS NASIONAL

Olimpiade Sains Nasional adalah ajang berkompetisi dalam bidang sains bagi para
siswa pada jenjang SD, SMP, dan SMA di Indonesia. Siswa yang mengikuti Olimpiade Sains Nasional adalah siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan propinsi dan karenanya adalah siswa-siswa terbaik dari propinsinya masing-masing. Pelaksanaan Olimpiade Sains Nasional ini didasarkan pada kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade Fisika Internasional (IPhO - International Physics Olympiad) yang diselenggarakan di Bali pada tahun 2002. Olimpiade Sains Nasional diadakan setiap tahun di kota yang berbeda-beda. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari rangkaian seleksi untuk mendapatkan siswa-siswi terbaik dari seluruh Indonesia yang akan dibimbing lebih lanjut oleh tim bidang kompetisi masing-masing dan akan diikutsertakan pada olimpiade-olimpiade tingkat internasional.

KANG IBING 1.Banyak-banyak deh mengkonsumsi karbohidrat kompleks Karbohidrat kompleks itu lebih lambat dipecah jadi gula darah, dengan kita mengkonsumsi karbohdirat kompleks, gula darah tidak mengalami kenaikan tinggi sehingga kondisinya stabil dan dapat membantu proses metabolisme tubuh. Karbohidrat kompleks itu contohnya Ubi, jagung, oatmeal, dan roti. 2.Bagi yang gak suka makan sayur-sayuran, hati-hati deh Puasa bagi tubuh adalah program detoksifikasi, artinya pembuangan racun dan ampas ampas tak berguna. Nah serat pada sayuran fungsinya adalah sebagai alat pembersih bagi usus besar untuk melenyapkan segala ampas-ampas tak berguna. Kebayangkan kalau kita malas makan sayur? 3.Kurangin makan gorengan Mungkin ini nih yang bikin kita sering lemas dan ngantuk waktu puasa, bukaannya pakai gorengan! Gorengan itu memmbuat sel darah kita menggumal sehingga suplay oksigen itu berkurang.

4.Berbukalah dengan yang manis Sewaktu berbuka puasa sebaiknya kita terlebih dahulu makan makanan yang manis, tapi gak sembarang manis. Idealnya adalah manis yang alami seperti kurma, gula stevia, madu, dan buah segar. 5.Tetap semangat selama puasa Pada intinya agar kita bugar selama puasa, kita harus semangat. Kalau kita sudah ngikutin keempat tips diatas tapi tetap saja lemas, berarti itu adalah perintah setan melalui otak kita kepada tubuh agar kita malas! Jadi kita harus tetap semangat agar kita bisa merasakan manfaat puasa yang sesungguhnya.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->