P. 1
SEJARAH TELEPON

SEJARAH TELEPON

5.0

|Views: 12,045|Likes:
Published by b09a

More info:

Published by: b09a on Sep 26, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/20/2013

pdf

text

original

SEJARAH TELEPON

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal elektrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainya. Prinsip dasar telepon Ketika gagang telepon diangkat, posisi telepon menjadi off hook. Lalu sirkuit terbagi menjadi dua jalur dimana bagian positifnya akan berfungsi sebagai Tip yang menunjukkan angka nol sedangkan pada bagian negatif akan berfungsi sebagai Ring yang menunjukkan angka -48V DC. Kedua jalur ini yang nantinya akan memproses pesan dari sender untuk sampai ke receiver. Agar dapat menghasilkan suara pada telepon, sinyal electrik ditransmisikan melalui kabel telepon yang kemudian diubah menjadi sinyal yang dapat didengar oleh telepon receiver. Untuk teknologi analog, transmisi sinyal analog yang dikirimkan dari

‡ 1878. Sirkuit ini merupakan perbaharuan dari sirkuit one-wire menjadi two-wire. ‡ 1876. telepon dengan nomor dial pertama kali digunakan. The Charles Williams Shop merupakan tempat dimana telepon pertama kali dibuat dengan pengawasan Watson. Sistem ini memberikan metode untuk mentransmisikan suara secara telegraf. sirkuit metalic pertama dipasang. ‡ 1877. perusahaan Bell mempunyai 10. Alexander Graham Bell terus memantau produktivitas perusahaan tersebut sehingga pada akhir tahun sebanyak tiga ratus telepon dapat digunakan. Perusahaan Bell juga telah mematenkan telepon electro-magnetic yang menggunakan magnet permanen. diafragma besi. Telepon akan bekerja . yang selanjutnya menjadi departemen riset dan pengembangan dari perusahaan telekomunikasi tersebut. ‡ 1880.000 telepon yang dapat digunakan.central office (CO) akan diubah menjadi transmisi digital. Angka-angka sebagai nomer telepon merupakan frekuensi tertentu yang memiliki satuan Hertz. Sejarah Telepon Perkembangan awal ‡ 1871. ‡ 1891. Penemuannya ini memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. papan pengganti secara manual ditemukan sehingga memungkinkan banyak telepon terhubung melalui sebuah saluran pertukaran. ‡ 1875. Hubungan utama yang ada dalam sirkuit akan menjadi on hook ketika dibuka. Bunyi yang muncul di telepon penerima menandakan telepon telah siap digunakan. dan dering panggilan. Perbaharuan ini membantu mengurangi gangguan yang seringkali dirasakan dengan penggunaan jalur one-wire. dibawah kepemimpinan Theodore N. perusahaan telekomunikasi The Bell mendapatkan hak paten atas penemuan Meucci yang disebut transmitters and Receivers for Electric Telegraphs. lalu akan muncul getaran. Sistem ini menggunakan getaran multiple baja untuk memberikan jeda pada sirkuit. Vail. Natonio Meucci mematenkan penemuannya yang disebut sound Telegraph. perusahaan Bell mematenkan Improvement in Telegraphy.

secara otomatis menghubungkan penelepon ke operator dengan cara menekan nomor dial berdasarkan instruksi. AT&T didirikan tahun 1885 sebagai pemilik keseluruhan subsidi dari American Bell yang bertugas mendirikan dan mengoperasikan jaringan telepon jarak jauh. ‡ 1969. ‡ 1927. Berjuta-juta saluran telepon telah digunakan masyarakat. telepon Princess pertama kali diperkenalkan ‡ 1963. ratusan telepon dipasang dengan menggunakan sistem ini. Selesai perang. AT&T memulai proyek layanan telepon lintas-atlantik di London dengan menggunakan dua jalur radio. pengguna telepon di Amerika telah mencapai 90%. dan biaya teleponnya yang mahal. Microwave radio dipasang untuk hubungan jarak jauh. Sistem ini memudahkan pengguna telepon untuk saling berhubungan lintas negara. ‡ 1983. perusahaan telekomunikasi mandiri diizinkan untuk mengemangkan sistem komunikasi yang dikembangkan untuk bisnis. AT&T menjadi laboratorium sistem telepon paling baik di dunia. Kemudian proyek ini dipindahkan menjadi lintas-pasifik pada tahun 1964. Inovasi ini sebelumnya digunakan sebagai alat bantu perang untuk membidik tembakan dan meningkatkan kualitas radar. sistem ini memungkinkan adanya hubungan telepon antar-benua. ‡ 1913. ‡ 1915. Namun proyek ini masih jauh dari ideal karena banyak terjadi gangguan dalam radio. Princess Phone Awal telepon sebagai alat komersial ‡ 1940. telepon dengan sistem wireless pertama kali digunakan. AT&T atau The American Telephone and Telegraph Company telah mandapatkan asset dan mendapatkan hak paten dari perusahaan American Bell. ‡ 1899. memiliki kapasitas yang kecil. telepon mobile pertama kali digunakan secara komersial. Judge Harold Greene dengan sukses mengungguli perusahaan Bell yang sebelumnya telah dicabut hak monopolinya. . telepon dengan tombol bersuara diluncurkan ‡ 1971. amplifirers elektric pertama kali dipraktekkan oleh AT&T. ‡ 1959.

dan customer premise equipment (CPE). Penggunaan jaringan tersebut melibatkan komponen dasar yaitu telepon. fixed wireless.‡ 1990. serat optic. network access.perkembangan PSTN sebagai sistem telepon digital telah meningkatkan kapasitas dan kalitas jaringanya sehingga memungkinkan untuk menggunakan beberapa saluran komunikasi dalam sebuah medium pertukaran. dan mobile wireless circuit. Telepon digital Public Switched Telephone Network (PSTN) dilakukan berdasarkan hubungan langsung antara sender dengan receiver yang harus menggunakan kabel tembaga. pertumbuhan komputer yang kemudian disusul dengan munculnya internet membuat pola pengiriman pesan bergeser dari percakapan menjadi pengiriman data. central office (CO). trunks and special circuit. . satellite.

Dari perkembangan ide sampai menjadi sebuah mesin elektronik bernama televisi. Berikut sejarah perkembangan televisi : 1876 ± George Carey menciptakan selenium camera.SEJARAH TELEVISI Sejarah penemuan televisi itu terdapat berbagai orang maunpun organisasi yang terlihat di dalamnya. . yang memiliki gambaran supaya seseorang dapat melihat listrik. Ide dari penggunaan scanning untuk mengirim gambar dimasukkan untuk sebenarnya penggunaan praktis pantelegraph. 1881. dibuat dengan kerja keras dari berbagai pihak.

Pada lubang yang sama di interval dalam rotasi disk akan memungkinkan cahaya untuk melewati setiap lubang dan menuju selenium sensor yang menghasilkan listrik pulses. 1929 ± Vladimir Zworykin dari Rusia menyempurnakan perkembangan tabung katoda dan kemudian menamakannya dengan kinescope. 1927 ± Sejarah dalam pengembangan televisi modern pertama ditemukan oleh Philo T Farnsworth. 1897. Mengapa demikian? hal ini disebabkan gagasannya tentang image dissector yang menjadi dasar televisi. John Logie Baird asal skotlandia menunjukkan transmisi dari gambar bayangan hitam bergerak di London. Adalah Constatin Perskyl yang menyebutkan tele(jauh) dan tampak (vision). Seorang ilmuwah asal Utah.1884. 1907. Karl Ferdinand Braun menciptakan CRT dengan layar yang dapat berpendar jika terkena sinar. Dua orang bernamaBoris Rosing dan Campbell Swinton melakukan percobaan terpisah yang menggunakan sinar katoda untuk dapat mengirim gambar. Temuannya sebenarnya hanya mengembangkan teknologi yang dimiliki CRT. Seorang mahasiswa di German bernama Paul Gottlieb Nipkow mematenkan pertama kali elektromekanik sistem pada televisi yang bekerja dengan pemindaian disk. pemintalan sebuah disk dengan sejumlah lubang sulur yang menuju pusat. Sejarah penggunaan nama televisi malah baru pertama kali ditemukanpada tahun ini. Disebut dengan teleskop elektrik dengan resolusi 18 garis. 1925. . yang jika digabung menjadi television. Dia juga yang menemukan sistem video recording untuk pertama kalinya. Amerika Serikat. 1900. Inilah awal dasar sejarah televisi layar berbasis tabung.

1956. Wah untung ada mereka ya :D 1975 ± Larry Weber seorang ilmuwan dari Universitas Illionis mulai merancang layar plasma berwarna. Perusahaan kodak menciptakan OLED (organic light emitting diode). 1995 ± Masih ingat dengan Larry Weber. NHK sebuah stasiun televisi di negara Jepang mendemonstrasikan sebuah sejarah baru yaitu teknologi HDTV. Plasma bahkan CRT. Ia menciptakan layar plasma yang lebih stabil dan cemerlang. Seseorang bernama Peter Goldmark menciptakan televisi warna dengan resolusi mencapai 343 garis. 2000 tahun ke atas. Yang tujuan sebenarnya adalah untuk menghindari iklan. Pengembanga produk LCD.. namun sejarah orang ini tidak berakhir disini saja. Pada tahun ini dia berhasil mengelesaikan proyek layar plasmanya. Dan menyusul perkembangan sejarah dari televisi digital. Walau begitu Bintang masih percaya bahwa perkembangan tekhnologi ini akan masih tetap berkembang. Wow banyak sekali kan usaha orang yang terlibat dalam sejarah televisi. Robert Adler dan Eugene Polleymenemukan remote televisi. sampai kita bisa menontonnya dirumah. 1979.1940 ± Ini adalah awal perkembangan televisi warna pertama. Pada tahun yang sama Walter Spear dan Peter Le Comber membuat LCD dari bahan thin film transfer yang ringan. . 1981.

kira-kira 1000 kilometer sebelah tenggara New York. Fessenden adalah orang yang paling banyak penemuannya di dunia.SEJARAH RADIO Reginald Aubrey Fessenden (1866-1932) adalah penemu radio (1906). maka ia pindah . dan penggerak turbo listrik untuk kapal tempur. detektor. dan di Bishop¶s University di Lennoxville. Ia bersekolah di Trinity Collage di Port Hope. Sesudah Edison. Kemudian ia jadi guru dan kepala sekolah di Whitney Institute. Ontario. Quebec. Fessenden membuat 500 penemuan. Heterodin adalah alat untuk mengubah frekuensi radio hingga frekuensi itu mudah diatur dan dapat diperkuat. Alat ini memungkinkan terciptanya radio telepon. Fessenden lahir di Bolton Timur. Disini ia mulai mengadakan eksperimen di bidang listrik dan kimia. Quebec. Alternator adalah alat untuk membangkitkan listrik dan untuk menghasilkan arus bolak-balik. insinyur. guru besar. fathometer. heterodin. Kanada. dan penemu. ahli fisika Amerika Serikat. Detektor adalah alat untuk mengubah arus bolak-balik menjadi arus searah. Edison membuat 3000 penemuan. antara lain : alternator. Karena minatnya terhadap ilmu pengetahuan terapan makin besar. pada tanggal 6 Oktober 1866 dan meninggal pada 22 Juli 1932 pada usia 65 tahun di Kepulauan Bermuda.

Massachusetts. . Ia diangkat jadi kepala bagian bidang kimia. Ia berhenti jadi guru dan melamar pekerjaan pada Laboratorium Edison di Orange. Dengan perkataan lain Marconi menemukan telegraf. Eksperimennya berhasil. Pada tahun 1890 ia pindah kerja ke Perusahaan Listrik Westinghouse. ia jadi guru besar pada Universitas Purdue dan Pitssburg. Pada Hari Natal 24 Desember 1906. Lamarannya diterima.ke New York. Tapi dua tahun kemudian pekerjaan itu ditinggalkannya karena ia ingin jadi guru lagi. Fessenden mengirimkan musik dan suara manusia tanpa kawat. Selama delapan tahun (1892-1900). Bell menemukan telepon. ia mengirimkan siaran radio yang pertama di dunia. Fessenden menemukan radio telepon. Ia mendirikan stasiun pemancar di Brant Rock. Tapi kemudian ia ingin mengadakan eksperimen lagi. New York. Maka ditinggalkannya Universitas itu. Morse mengirimkan Kode Morse dengan kawat. Marconi mengirimkan Kode Morse tanpa kawat. Itulah istilah yang dipakai pada waktu itu.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->