P. 1
macam sholat sunnah

macam sholat sunnah

Views: 394|Likes:
Published by Yusuf Kurniawan
macam sholat sunnah
macam sholat sunnah

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Yusuf Kurniawan on Sep 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

09/28/2013

pdf

text

original

MACAM-MACAM SHOLAT SUNNAH

1. Sholat Rawatib Sholat Sunnah yang mengikuti Sholat fardlu. Bila dikerjakan sebelum Sholat fardlu disebut sunnah qabliyyah, bila dikerjakan sesudah Sholat fardlu disebut ba’diyyah. - 2 rakaat sebelum Sholat Shubuh - 2 rakaat sebelum Sholat zuhur, 2 atau 4 rakaat sesedah Sholat Zuhur - 2 rakaat atau 4 rakaat sebelum Sholat Ashar - 2 rakaat sesudah Sholat Maghrib - 2 rakaat sebelum Sholat ‘Isya - 2 rakaat sesudah Sholat ‘Isya 2. Sholat Tarawih 3. Sholat Witir 4. Sholat Ied Dikerjakan pada dua hari raya yaitu Hari Raya ‘Idul Fitri dan Hari Raya ‘Idul Qurban. Ada 2 rakaat, dan dilaksanakankan sebelum upacara khutbah ‘Ied. Pada rakaat pertama terdiri 7 kali takbir dan rakaat kedua ada 5 kali takbir. 5. Sholat Wudlu’ Sholat yang disunnahkan sesudah selesai mengerkjakan wudlu. 6. Sholat Tahiyyatul Masjid 7. Sholat Dluha Sholat sunnah yang dikerjakan paling sedikit 2 rakaat dan paling banyak 12 rakaat, adapun waktu mengerjakannya ialah mulai matahari naik agak tinggi sampai mulai masuk waktu dhuhur 8. Sholat Hajat Sholat yang dilakukan ketika mempunyai hajat. Sholat hajat dikerjakan pada siang atau malam hari untuk mengadukan atau mengajukan permintaan khusus kepada Allah SWT. 9. Sholat Tahajjud Sholat sunnah diwaktu malam yang dilakukan sesudah tidur. Setiap orang yang akan melakukan Sholat tahajjud disyaratkan untuk tidur dulu, sekalipun tidurnya sesudah Sholat maghrib sebelum Sholat ‘Isya. Dan bagi yang belum Sholat ‘Isya disyaratkan untuk melakukan Sh ‘Isya barulah melakukan Sholat Tahajjud.

10. Sholat Istikharah Sholat istikharah adalah Sholat dengan tujuan untuk mencari petunjuk yang lebih baik pada sesuatu yang akan dilakukan. Dan Sholat tersebut dilakukan dengan beberapa kali sehingga hatinya terasa mantap atas pilihannya. 11. Sholat Taubat Sholat yang dilakukan setelah melakukan dosa, baik dosa kecil maupun besar. Maksudnya adalah untuk mohon ampun kepada Allah SWT atas dosa-dosa yang dilakukan. 12. Sholat Muthlaq Sholat yang tidak dibatasi seperti waktu sesudah Sholat ‘Isya, dan tidak dibatasi dengan sebab. 13. Sholat Awwabin Sholat sunnah yang dikerjakan sesudah Sholat baidiyyah Maghrib 14. Sholat Tasbih Sholat untuk Memaha Sucikan Allah SWT.

15. Sholat Gerhana Hukum melakukan Sholat tersebut Sunnah Muakad. Waktunya melakukan Sholat gerhana adalah sampai gerhana itu sudah hilang atau normal. 16. Sholat Istisqa’ Sholat minta hujan itu disunnahkan, maka (terlebih dahulu) imam supaya memerintahkan penduduk bertaubat, bersedekah, keluar dari perbuatan aniaya, berdamai dengan musuh, dan berpuasa tiga hari. Kemudian pada hari keempat imam keluar bersama-sama mereka yang berpakaian sederhana, dalam keadaan khusyu’ serta merendahkan diri. Kemudian imam Sholat bersama-sama mereka dua rakaat sebagaimana Sholat hari raya dan berkhutbah sesudahnya.

Oleh :
 Mardiansyah R.  Muh. Haqiqi  Raditya Dwi I  Yusuf Kurniawan

(21) (23) (30) (42)

KESIMPULAN

Setelah dipelajari, kelompok kami menyimpulkan bahwa sholatsholat sunnah itu juga sangatlah penting sesudah ibadah sholat wajib. Karena sholat sunnah bisa menutupi kekurangan dari sholat wajib, untuk meningkatkan ketaqwaan kapada Allah SWT, serta hati kita bisa tentram dan damai. Dan khusus untuk Sholat tarawih bisa meningkatkan tali sillaturrahim, serta juga melengkapi ibadah-ibadah pada bulan Ramadhan. Dan Sholat witir pun juga sangat bermanfaat yaitu sebagai penutup Sholat malam dan Sholat tahiyyatul masjid kita bisa menghormati masjid dengan cara Sholat dua rakaat dan sholat sunnah sebagai ibadah tambahan untuk lebih bisa mendekatkan diri kepada Allah SWT, kita berdoa dan bisa mendapatkan rahmat dan berkah dari-Nya, sesuai dengan janji Allah kalau jita berdoa pada-Nya niscaya Allah SWT akan mengabulkannya. Dan banyak lagi hikmah dari Sholat sunnah lainnya seperti Sholat Istisqa’ yang berguna untuk meminta hujan kepada Allah, Sholat Istikharah dapat berguna untuk memilihkan pilihan yang baik lewat mimipi sesdah melaksanakan Sholat tersebut, Sholat Taubat berguna untuk meminta ampun dan mengapus dosa-dosa kecil maupun besar, Sholat Hajat berguna untuk memohn sesuatu yang khusus kepada Allah SWT. Dan banyak lagi manfaat atau hikmah dari Sholat sunnah.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->