1.

Pentingnya Pemasaran Salah satu alasan penting belajar pemasaran adalah karena pemasaran mempengaruhi hampir semua aspek kehidupan kita sehari-hari. Beberapa kursus mungkin sangat menarik untuk anda ketika anda memutuskan untuk mengikutinya namun kemudian tidak relevan lagi dalam dunia nyata. Namun tidak demikian halnya dengan pemasaran, Anda akan menggunakannya di sepanjang hidup anda. Alasan lain belajar marketing adalah bahwa kita sebagai pelanggan membayar aktivitas pemasaran yang telah dilakukan oleh perusahaan. Pada ekonomi nyata biaya aktivitas pemasaran bisa mencapai 50% dari harga yang kita bayar untuk suatu produk. Bahkan bisa jadi lebih besar dari itu. Selain itu, kenapa kita perlu belajar pemasaran adalah kenyataan bahwa banyak sekali jenjang karir yang menarik dan menjanjikan di bidang pemasaran. Pemasaran sering menjadi jalan menuju puncak karir seseorang. Bahkan jika anda tidak mempunyai rencana berkarir di dunia bisnis, konsep dan tehnik pemasaran juga dapat digunakan untuk organisasi nirlaba. Prinsip dasar yang digunakan untuk menjual sabun dapat digunakan juga dalam "menjual" ide-ide, politikus, transportasi umum, jasa kesehatan, museum bahkan tempat perkuliahan. Satu alasan mendasar kenapa belajar pemasaran karena pemasaran mempunyai peran yang sangat besar dalam pertumbuhan dan perkembangan ekonomi. Pemasaran merangsang penelitian dan ide-ide baru yang akan menghasilkan barang dan jasa baru yang inovatif. Pemasaran juga memberikan pelanggan banyak pilihan dalam memenuhi kebutuhan mereka, dan apabila pelanggan puas dengan produk yang digunakannya, maka produsen produk tersebut akan membuka lowongan pekerjaan baru bagi masyarakat.
2. MANAJEMEN PEMASARAN Tujuan : Memahami fungsi dan aneka institusi pemasaran; mampu menggunakan berbagai perangkat analisis dan teknis mutakhir tentang konsumen dan alat pemasaran; mampu menentukan kebijaksanaan bisnis yang terkait dengan sistem pemasaran perusahaan. Cakupan : Kerangka dan proses pemasaran (tingkat korporat-unt bisnis strategik dan produk); peluang pasar; pasar sasaran; daur hidup produk; pengelolaan produk dan jasa; strategi harga; saluran distribusi; bauran strategi komunikasi dan promosi harga dan taktik pemasaran; organisasi dan implementasi kegiatan pemasaran; pengendalian pemasaran; konsep dan teknik pemasaran jasa, industri dan global.

jasa. Pertukaran: Merupakan salah satu cara mendapatkan suatu produk yang diinginkan. Produk mencakup obyek fisik. KONSEP DASAR MANAJEMEN PEMASARAN Pemasaran adalah: Suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan kebutuhan dan keinginan mereka dengan menciptakan. tempat. maka butuh makanan Keinginan: Bentuk kebutuhan manusia yang dihasilkan oleh budaya dan kepribadian individual Contoh: orang Madiun sarapan dengan nasi pecel Permintaan: Keinginan manusia yang didukung dengan daya beli. orang. Kepuasan pelanggan: Sejauh mana anggapan kinerja produk memenuhi harapan pembeli.3. Konsep Inti Pemasaran: Keterangan: Kebutuhan: Keadaan merasa tidak memiliki kepuasan dasar contoh: Manusia lapar. sehingga dapat memuaskan keinginan atau kebutuhan. Produk: Segala sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk diperhatikan. menawarkan dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain. organisasi dan gagasan Nilai bagi pelanggan: Perbedaan antara manfaat yang dinikmati pelanggan karena memiliki serta menggunakan suatu produk dan biaya untuk memiliki produk tersebut. digunakan atau dikonsumsi. dimiliki. Manajemen Pemasaran: .

Adalah analisis. transaksi dan hubungan pasar. Kita dapat membedakan antara kebutuhan. Berupaya membalik arah penurunan permintaan melalui pemasaran yang kreatif 5. Kebutuhan adalah suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Konsep Pemasaran Konsep-konsep inti pemasaran meluputi: kebutuhan. Merangsang dan menciptakan permintaan Meningkat kan permintaan Meningkatkan kepuasan konsumen dan Menjadikan permintaan inelastis Bentuk Bentuk Permintaan Permintaan & & Tugas Tugas Pemasar Pemasar 1. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya 5. 2. pemasaran dan pasar. pasar potensial & mengembangkan produk 4. . permintaan.Mempertahankan tingkat permintaan Merangkul orang-orang yang menyukai produk-produk tsb agar menghentikannya. 3. keinginan. Tugas pemasar 1. & insentif lainnya . produksi. nilai dan kepuasan. pertukaran. Menemukan cara untuk mensosialisasikan manfaat produk 3. Tugas Pemasar Tugas Pemasar Menganalisa mengapa? & program apa dapat mengubah keyakinan dan perilaku pasar 2. yang akhirnya termasuk menata olah hubungan dengan pelanggan. (spt: harga yg fleksibel. implementasi dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan. utilitas. melakukan synchromarketing. Singkat kata manajemen pemasaran adalah manajemen permintaan. perencanaan. promosi. membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pembeli untuk mencapai sasaran organisasi Manajemen pemasaran termasuk menata olah permintaan. 4. Mengukur besaran. Keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam. keinginan dan permintaan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful