P. 1
Dampak Negatif Teknologi Pengkloningan Terhadap Manusia

Dampak Negatif Teknologi Pengkloningan Terhadap Manusia

|Views: 253|Likes:
Published by casillasnizar

More info:

Published by: casillasnizar on Sep 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

08/20/2013

pdf

text

original

DAMPAK NEGATIF TEKNOLOGI PENGKLONINGAN TERHADAP MANUSIA

TUGAS INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER

Disusun untuk memenuhi Tugas Mata Kuliah Interaksi Manusia dan Komputer

Oleh : Supiyah Gerhanawati Fernando_Siregar Jekson_Simatupang Sariadik_Sitanggang 04 04 0620322 04 04

PROGRAM STUDI S1 JURUSAN KOMPUTERISASI AKUNTANSI STMIK PUTRA BATAM 2007

2. negarawan bahkan kalangan rohaniawan. mulai dari individu. Jamur. Genetika. dimana ada pertentangan antar berbagai kalangan. Bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa. perkembangan Bioteknologi tidak hanya didasari pada Biologi semata. Demikianpun dalam bidang Bioteknologi (Rekayasa Genetika) selalu ada yang mendukung dan ada yang menentang. Dengan kata lain. seperti Biokimia. apakah segi positifnya atau negatifnya. Alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Apakah segi positifnya yang dikembangkan atau negatifnya ? Dalam perkembangannya mana yang lebih dominan. Direktur Ilmu Pengetahuan Clonaid. diklaim sebagai Bayi Kloning pertama di dunia yang berhasil dilahirkan. Pendahuluan “Eve adalah Nama bayi perempuan yang lahir dengan berat 3. Masalah utama bukan lagi pada teknologinya tetapi pada penerimaan masyarakat terhadap hasil-hasil rekayasa genetika. yang berpusat di AS. Tinggal tergantung pada kita manusia. Dewasa ini. 26 Desember 2002 di tempat yang sangat dirahasiakan. Hal ini diungkap oleh Brigitte Boisselier. Kloning. Rekayasa genetika yang meliputi Teknologi Rekombinan. politikus. kelompok. Kimia.1. Pengertian Bioteknologi Bioteknologi adalah Cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (Bakteri. Virus dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (Enzim. Sebagai contoh : . Mikrobiologi. Biologi Molekular.” Berabad-abad lamanya mulai zaman prasejarah sampai sekarang ini setiap penemuan baru sebagai hasil teknologi dan ilmu pengetahuan selalu menghasilkan pertentangan mengenai Dampak positif dan Negatifnya. tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain. Komputer. Transgenik sampai saat ini juga masih menjadi masalah. kita semua manusia penghuni planet bumi ini sampai ke anak cucu yang menentukan dan merasakannya. Eve lahir melalui operasi sesar Kamis.500 gram. Matematika dan lain sebagainya.

dan penguraian zat-zat yang bersifat toksik (racun) di sungai atau laut dengan menggunakan bakteri jenis baru. Bioteknologi berkembang sangat pesat. Sejarah pengKloningan Bioteknologi adalah ilmu tua yang menjadi muda berkat sebuah revolusi ilmu pengetahuan. Ragi itu merubah gula dalam cairan anggur menjadi alkohol. - Penerapan Bioteknologi di masa ini juga dapat dijumpai pada pelestarian Lingkungan Hidup dari Polusi. Sebagai contoh. pada penguraian Minyak Bumi yang tertumpah ke laut oleh bakteri. Bioteknologi Tradisional dimulai sejak 8000 tahun yang lalu pada saat bangsa Mesir kuno menggunakan sejenis mikroba yeast Saccharomyces atau ragi untuk pembuatan roti dan minuman anggur. serta Pemuliaan dan Reproduksi hewan. 3. terutama di negara negara maju. - ataupun penyakit lain yang mengakibatkan kehilangan atau kerusakan pada jaringan tubuh dapat sembuh seperti sediakala. Manfaat yang dapat diperoleh dari Bioteknologi ini adalah : - Memperoleh penyembuhan penyakit-penyakit genetik maupun kronis yang belum Di bidang Pengembangan Sel Induk juga memungkinkan para penderita Stroke dapat disembuhkan. Pengembangbiakan Sel Induk. serta juga lebih tahan terhadap hama maupun tekanan lingkungan. seperti Kanker ataupun AIDS. kultur jaringan dan rekombinan DNA. Di bidang Pangan dengan menggunakan Teknologi Rekayasa Genetika.- Bidang Teknologi pangan adalah pembuatan Bir. Dalam . Kultur jaringan rekombinan DNA. dapat menghasilkan tanaman dengan sifat dan produk unggul karena mengandung zat Gizi yang lebih jika dibandingkan tanaman biasa. Kemajuan ini ditandai dengan ditemukannya berbagai macam teknologi semisal Rekayasa Genetika. - penemuan Vaksin. Antibiotik dan Insulin walaupun masih dalam jumlah yang terbatas akibat proses Biorekator Fermentasi yang tidak sempurna. Kloning dan lain-lain. Pada masa ini. maupun Keju yang sudah Pemuliaan Tanaman untuk menghasilkan Varietas varietas baru di bidang Bidang Medis penerapan Bioteknologi di masa lalu dibuktikan antara lain dengan dikenal sejak abad ke-19 Pertanian. Roti.

Proses pengKloningan Pengertian Kloning yaitu : Gen yang direkombinasi dan di kembangkan. Sifat-sifat organisme yang dapat diwariskan diatur oleh suatu faktor yang disebut Gen. Suatu penelitian yang merupakan revolusi dalam Biologi modern adalah setelah munculnya metode teknologi DNA rekombinasi atau rekayasa genetika yang inti prosesnya adalah Kloning gen yaitu suatu prosedur untuk memperoleh replika yang dapat sama dari sel atau organisme tunggal. Tetapi karena materi DNA berukuran sangat kecil. Istilah DNA rekombinan mungkin sudah pernah didengar tapi samar-samar maknanya. Semua ini adalah penggunaan mikroba atau mikroorganisme pada tingkat sel untuk tujuan pangan. menganalisis posisi gen pada kromosom. membuat roti jadi empuk sehingga enak dimakan. hal ini tidak dapat dibuktikan dengan melihat langsung karena jumlahnya juga sangat sedikit. Kode-kode genetik serta Proses transkripsi dan translasi dapat dijabarkan. 4.adonan roti. yaitu suatu partikel yang berada di suatu di dalam sel tepatnya di dalam kromosom. . Kira-kira satu abat yang lalu Gregor Mandel telah merumuskan aturan-aturan untuk menerangkan pewarisan sifat-sifat biologis. gelembung gas yang dihasilkan dalam proses fermentasi. Lebih dekat kepada kita. bahwa diketahuinya DNA sebagai Material genetik beserta Strukturnya. Hasil penelitian telah berkembang baik. Ilmuwan dari Universitas Kalifornia di San Fransisco (UCSF) bernama Herbert Boyer berhasil mengembangkan teknologi canggih untuk dapat memotong rantai DNA lalu menyambungnya lagi. Gen menjadi dasar dalam pengembangan penelitian genetika meliputi pemetaan gen. Kloning berasal dari kata “Clone” yang diturunkan dari bahasa Yunani “klon” yang artinya Potongan yang digunakan untuk memperbanyak tanaman. nenek moyang bangsa Indonesia telah menggunakan kapang yang lain yaitu Rhizopus untuk membuat tempe dari kedelai. Sehingga ilmu tua Bioteknologi adalah penggunaan jasad renik atau makhluk hidup secara umum pada tingkat sel atau disebut seluler Bioteknologi modern lahir pada tahun 1970-an dengan munculnya Teknologi DNA Rekombinan.

Kata ini digunakan dalam dua pengertian sbb: Untuk mengakses dan mendownload tugas kuliah ini selengkapnya anda harus berstatus Paid Member .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->