P. 1
MALNUTRISI

MALNUTRISI

|Views: 1,294|Likes:
Published by Viva Wicaksono

More info:

Published by: Viva Wicaksono on Sep 27, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/07/2013

pdf

text

original

MALNUTRISI

Setelah mempelajari modul ini anda diharapkan:  

 

Mampu menjelaskan pengertian malnutrisi secara umum dan pengertian malnutrisi di Indonesia Mampu menjelaskan pengertian, ciri-ciri dan penanganan kekurangan gizi Mampu menjelaskan pengertian, ciri-ciri dan penanganan kelebihan gizi Mampu menjelaskan pengertian malnutrisi mikronutrien dan pentingnya penanggulangan malnutrisi mikronutrien

Apa yang dimaksud dengan malnutrisi? .

gangguan pencernaan atau absorbsi.  Kelebihan makanan  Di Indonesia sendiri istilah malnutrisi lebih sering berarti kurang gizi .Gangguan gizi yang dapat diakibatkan oleh: Masukan nutrisi yang tidak cukup jumlah atau macamnya yang disebabkan oleh asupan makanan yang kurang.

Kekurangan gizi c. Kelebihan gizi (obesitas) . yaitu: a. yang terpenting adalah kekurangan vitamin A.Apa saja jenis-jenis malnutrisi?  Di bawah ini akan diuraikan secara singkat 3 jenis malnutrisi. Malnutrisi mikronutrien. kekurangan yodium dan kekurangan zat besi b.

zat besi dan yodium yang tidak cukup.MALNUTRISI MIKRONUTRIEN  Malnutrisi mikronutrien adalah asupan nutrien seperti vitamin A. Keadaan ini secara fisik sering tidak terdeteksi tetapi mempengaruhi kesehatan lebih dari 2 milyar orang di seluruh dunia. Anak-anak serta wanita adalah golongan yang paling rentan .

Defisiensi Vitamin A  Defisiensi vitamin A keadaan kekurangan kadar vitamin A di dalam tubuh. .

Penyebab kekurangan vitamin A  Penyebab kekurangan vitamin A terutama pada balita adalah konsumsi makan-makanan yang kurang mengandung cukup vitamin A. Sumber makanan yang kaya Vitamin A adalah sebagai berikut: · daun singkong · bayam · tomat · kangkung · daun pepaya · daun katuk · pepaya · wortel · telur · ikan · hati .

jika ia tiba-tiba berjalan dari tempat yang terang ke tempat yang gelap). dan campak).Akibat kekurangan vitamin A     Menurunnya daya tahan tubuh sehingga mudah terserang infeksi (misalnya sakit batuk. Wanita usia subur juga rentan terhadap defisiensi vitamin A . Rabun senja (anak tak dapat melihat suatu benda. diare. Rabun senja dapat berakhir dengan kebutaan.

Kapsul vitamin A dosis tinggi diberikan pada ibu yang segera setelah melahirkan.Cara mencegah dan mengatasi kekurangan vitamin A:      Setiap hari anak diberi makanan yang mengandung sumber vitamin A. . Kapsul dapat diperoleh di Posyandu setiap pada bulan February dan Agustus. sebab vitamin A larut dalam minyak santan Kapsul Vitamin A dosis tinggi diberikan pada anak setiap 6 bulan. Setiap hari anak dianjurkan makan sayuran hijau dan buahbuahan berwarna Sebaiknya sayuran ditumis atau dimasak dengan santan.

Anemia defisiensi besi (kurang darah karena kekurangan zat besi) sangat banyak dijumpai pada wanita terutama yang tinggal di pedesaan.Defisiensi besi (lihat juga materi anemia pada ibu hamil dan anemia pada anak). wanita pekerja pabrik. anak-anak.  Akibat paling sering dari defisiensi besi adalah anemia defisiensi besi.  .

Akibat anemia defisiensi besi Meningkatnya risiko kelahiran prematur  Meningkatnya risiko bayi lahir dengan berat badan lahir rendah  Meningkatnya risiko kematian ibu pada ibu hamil  Berkurang nya kemampuan kerja fisik  Berkurangnya kemampuan belajar anak  .

Bila pada Posyandu tak tersedia table tambah darah. . katuk dll). anjurkan ibu hamil untuk mengunjungi bidan desa atau puskesmas terdekat Anjurkan makan sayuran berwarna hijau (bayam.Cara mencegah dan mengatasi anemia defisiensi besi:    Jangan lupa berikan tablet tambah darah pada setiap ibu hamil (lihat cara pemberian pada materi anemia pada ibu hamil).

Keadaan ini sering disebut juga : Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY) .Defisiensi Yodium  Defisiensi yodium adalah keadaan kurangnya kadar yodium di dalam tubuh.

.Penyebab defisiensi Yodium  Penyebab GAKY adalah: Makanan dan air yang setiap hari digunakan tidak atau kurang mengandung zat yodium. khususnya keluarga yang tinggal di daerah gondok endemik. Kebiasaan keluarga yang tidak menggunakan garam beryodium dalam makanannya sehari-hari.

Anak yang kekurangan zat yodium berat dapat menjadi anak yang kerdil (kretinisme). kemungkinan dapat mengalami keguguran atau bayi mati saat dilahirkan . gangguan pendengaran sehingga penderitanya tuli.Akibat GAKY       Perkembangan kemampuan dan tingkat kecerdasan anak terhambat (IQ nya rendah) Gangguan perkembangan fisik. Pada orang dewasa sering terjadi pembesaran kelejar gondok pada leher Wanita usia subur sering sulit mempunyai anak. seperti: tinggi badan terhambat. gangguan pada syaraf gerak sehingga gerakan anak sangat lamban. Jika ibu hamil menderita GAKY.

 Untuk daerah gondok endemik. anakanak 1-5 tahun diberi kapsul yodium selama 1 tahun  Bila ada anak dengan gejala pembesaran kelenjar gondok atau kerdil segara laporkan pada petugas kesehatan di Puskesmas. .Cara mencegah GAKY  Setiap kali memasak. selalu gunakan garam beryodium di rumah tangga.

KEKURANGAN GIZI .

. titik berat badan anak pada pada KMS terletak di bawah garis merah atau kurang 60% dari berat anak yang seharusnya. Bila ditimbang. Dikenal 3 tipe KKP yaitu Marasmus.Gizi Buruk (Kekurangan Kalori Protein)   Suatu penyakit kurang gizi karena tubuh kurang memperoleh makanan berupa sumber zat tenaga (energi) dan sumber zat pembangun (protein) dalam waktu yang lama. Kwashiorkor dan Marasmus Kwashiorkor (gabungan).

Kulit tipis. kasar dan kaku.Ciri-ciri Kwashiorkor       Berat dan tinggi badan lebih rendah dibandingkan dengan berat badan baku Mungkin dijumpai bengkak yang menyeluruh sehingga menyamarkan penurunan berat badan Jaringan otot mengecil. cengeng dan rewel . serta mudah dicabut Anak apatis. lembek dan berbercak merah Rambut berwarna pirang.

 Sering rewel. penakut.Ciri-ciri Marasmus  Anak kurus kering. rambut merah dan jarang  Anak cengeng dan rewel .  Kulit keriput dan wajah seperti orang tua. cengeng.  Perut buncit.

Ciri-ciri Marasmik Kwashiorkor Gabungan dari tanda-tanda marasmus dan kwashiorkor .

maka anak tersebut menderita gizi buruk Selain dengan penimbangan. anak yang menderita gizi buruk dapat diketahui dengan melihat tandatanda khusus yang tampak pada anak yang menderita gizi buruk .Bagaimana cara mendeteksi anak dengan gizi buruk ?     Cara termudah adalah dengan menimbang berat badan anak Berat badan anak hasil penimbangan ditulis dalam KMS dengan cara membuat titik berat badan anak. yaitu titik temu garis tegak (umur anak) dengan garis datar (berat badan anak) Bila berat badan anak di bawah garis merah.

Tindak lanjut berupa pemantauan kesehatan penderita dan penyuluhan gizi terhadap keluarga . Makanan harus dihidangkan dalam bentuk yang mudah dicerna dan diserap. Penyakit-penyakit lain yang menyertai harus ditangani. tinggi kalori. Makanan diberikan secara bertahap. vitamin dan mineral. cukup cairan.Prinsip penanganan anak dengan kurang gizi:      Memberikan makanan yang mengandung banyak protein.

akan muncul suatu generasi yang tidak produktif dan tidak mampu menghadapi masa depan yang penuh dengan tantangan. atau yang sering disebut ´generasi yang hilangµ. . karena anak-anak yang menderita kekurangan gizi tidak akan mencapai tumbuh kembang yang sempurna. Dikhawatirkan bila banyak anak yang menderita kekurangan gizi yang parah dalam jangka waktu yang lama.Mengapa kekurangan gizi penting untuk diatasi?    Kekurangan gizi merupakan suatu keadaan yang sangat penting untuk diatasi dengan segera. Biasanya perkembangan otaknya juga tidak akan optimal.

Obesitas biasanya disebabkan oleh masukan energi yang melebihi kebutuhan tubuh dan biasanya disertai kurangnya aktivitas jasmani. Sering diartikan sebagai kelebihan berat badan walaupun tidak selalu bermakna sama. .KELEBIHAN GIZI/OBESITAS   Obesitas adalah penimbunan lemak yang berlebihan secara merata pada seluruh jaringan.

Hidung dan mulut relatif kecil dengan dagu yang berbentuk ganda.Ciri-ciri obesitas:     Lebih berat dan lebih tinggi dari anak seusianya. . Perut cenderung membuncit Karena malu. sering malas untuk bergaul dan bermain dengan temannya.

Memberikan diet untuk menguruskan tubuh dengan makanan berkalori rendah yang seimbang. jenis dan lama latihan yang sesuai . Memberikan motivasi kepada orangtuanya dan anak sendiri tentang perlunya menguruskan tubuh. baik dari segi fisik maupun psikis.Prinsip penanganan biasanya ditujukan:     Mengobati faktor penyebabnya. Menganjurkan agar berolahraga secara teratur dengan frekuensi.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->