P. 1
Mekanisme Harga Dan Distribusi Pendapatan

Mekanisme Harga Dan Distribusi Pendapatan

|Views: 1,229|Likes:
Published by Ahmad Idris

More info:

Categories:Types, School Work
Published by: Ahmad Idris on Sep 28, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

01/04/2014

pdf

text

original

TEORI EKONOMI MIKRO MEKANISME HARGA DAN DISTRIBUSI PENDAPATAN

Kelompok VI : Ahmad Idris S1-0207002 S1Novia Purwasih S1-0209051 S1Istikomah S1-0209050 S1SaefulBahri S1-0209061 S1-

Peranan Harga (Mekanisme Harga) dalam :

Pengaruhnya terhadap keputusan konsumen dlm pembelanjaan penghasilannya u/ barang-barang barangkebutuhannya. kebutuhannya. 2. Pengaruhnya terhadap keputusan produsen dlm menentukan tingkat output yg akan dihasilkan, dihasilkan, dan tingkat serta kombinasi inputinput-input u/ menghasilkan tingkat output tersebut. tersebut.
1.

Peran Mekanisme Harga  

Peranan harga dalam pemecahan masalah FOR WHOM, WHOM, yaitu bagaimana hasil-hasil produksi hasilbarang dan jasa tersebut dialokasikan antara warga masyarakat. masyarakat. Apakah mekanisme harga mempunyai peranan dalam hal ini? Kalau ada, apakah peranan ini? ada, tersebut bisa menghasilkan pola distribusi yang baik atau buruk ?.

Sumber Pendapatan
Pendapatan atau income dari seorang warga masyarakat adalah hasil penjualan dari faktor-faktor faktorproduksi yang dimilikinya kepada sektor produksi. produksi. Sektor produksi ini ³membeli´ faktor-faktor produksi tersebut untuk digunakan sebagai input proses produksi dengan harga yang berlaku di pasar faktor produksi. Harga faktor produksi di pasar faktor produksi (seperti halnya juga untuk barang-barang di pasar barang) ditentukan oleh tarik-menarik, antara penawaran dan permintaan.

Sumber Pendapatan
Secara singkat, income seorang warga masyarakat singkat, ditentukan oleh : a. Jumlah faktor-faktor produksi yang ia miliki yang bersumber pada : (i) hasil-hasil tabungannya di tahuntahun yang lalu, atau (ii) warisan/pemberian. b. Harga per unit dari masing-masing faktor produksi. Harga-harga ini ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan di pasar faktor produksi.

Distribusi Pendapatan
-

bahwa harga (dari faktor-faktor produksi) hanya faktorproduksi) merupakan satu dari dua faktor penting yang menentukan distribusi pendapatan antar warga masyarakat. masyarakat. Faktor yang lain, yaitu pola pemilikan faktor-faktor faktorproduksi yang ada, merupakan faktor penentu distribusi ada, pendapatan yang sangat penting. Harga faktor-faktor penting. faktorproduksi (tanah, barang modal, tenaga kerja dan tanah, kepengusahaan ) ditentukan oleh kekuatan penawaran dan permintaan untuk masing-masing faktor produksi. masingproduksi.

-

Penawaran dan permintaan dari masing-masing masingproduksi ditentukan oleh faktor-faktor yang berbeda faktora. Tanah (termasuk di dalamnya kekayaan-kekayaan yang (termasuk kekayaanterkandung dalam tanah, mineral, air dsb) mempunyai tanah, dsb) penawaran yang dianggap tidak akan bertambah lagi. lagi. Sedangkan permintaan (demand) akan tanah biasanya naik dari waktu ke waktu karena : - naiknya harga barang-barang pertanian, barangpertanian, - naiknya harga barang-barang lainnya (mineral, barangbarangbarang-barang industry yang menggunakan bahanbahanbahan mentah dari tanah), tanah), - bertambahnya penduduk. penduduk.

Dengan demikian harga dari tanah akan menaik dengan cepat dari waktu ke waktu

Penawaran dan permintaan dari masing-masing masingproduksi ditentukan oleh faktor-faktor yang berbeda faktorb. Modal (sumber-sumber ekonomi ciptaan manusia) (sumbermanusia) mempunyai penawaran yang lebih elastis karena dari waktu ke waktu warga masyarakat menyisihkan sebagian dari penghasilannya untuk ditabung (saving) dan kemudian sektor produksi akan menggunakan dana tabungan ini untuk pabrik-pabrik baru , membeli mesin-mesin, pabrikmesin-mesin, membangun jalan-jalan dan sebagainya (yaitu investasi). jalaninvestasi). Sedangkan permintaan akan barang-barang modal barangterutama sekali dipengaruhi oleh gerak permintaan akan barangbarang-barang jadi. Bila harga pakaian naik, maka jadi. naik, permintaan akan mesin-mesin tenun, mesin jahit dan mesintenun, mesinmesin-mesin pembuat kancing baju juga akan naik. naik.

Permintaan akan barang-barang jadi, pada gilirannya barangjadi, dipengaruhi oleh dua faktor utama : 1. Pertumbuhan penduduk (yang membutuhkan tambahan baju, baju, perumahan dan sebagainya), dan sebagainya), 2. Pertumbuhan pendapatan penduduk (yang dicerminkan oleh kenaikan pendapatan nasional atau GNP per kapita) kapita)

Penawaran dan permintaan dari masing-masing masingproduksi ditentukan oleh faktor-faktor yang berbeda faktorc. Tenaga Kerja mempunyai penawaran yang terus menerus menaik sejalan dengan pertumbuhan penduduk. Sedangkan penduduk. permintaan akan tenaga kerja tergantung pada kenaikan permintaan akan barang jadi (seperti halnya dengan permintaan akan barang-barang modal). Disamping itu barangpermintaan akan tenaga kerja dipengaruhi pula oleh kemajuan teknologi dan macam dari kemajuan teknologi ini. ini. Ada teknologi-teknologi yang justru mengurangi teknologipermintaan akan tenaga kerja,. kerja,. Pemerintah berusaha mendorong penggunaan teknologiteknologiteknologi yang padat tenaga kerja (labour intensive) dan bukan yang padat modal (capital intensive).

Dimana permintaan akan tenaga kerja tidak tumbuh secepat penawaran tenaga kerja (atau pertumbuhan penduduk) maka penduduk) ada kecenderungan bagi upah (harga faktor produksi tenaga kerja) kerja) untuk semakin menurun. menurun.

Penawaran dan permintaan dari masing-masing masingproduksi ditentukan oleh faktor-faktor yang berbeda faktord. Kepengusahaan (entrepreunership) merupakan faktor entrepreunership) produksi yang paling sulit untuk dianalisa, karena faktordianalisa, faktorfaktor yang menentukan penawaran pun permintaannya sangat beraneka ragam (dan sering faktor-faktor ini di luar faktorkemampuan ilmu ekonomi untuk menganalisa, misalnya : menganalisa, faktorfaktor-faktor sosiologis kepercayaan, faktor-faktor motivasikepercayaan, faktormotivasimotivasi lain dan sebagainya). sebagainya). Pada umumnya untuk negara-negara sedang berkembang, negaraberkembang, penawaran atau tersedianya orang-orang yang berjiawa orangentrepreuner masih sangat kecil. Inilah sebabnya kecil. penghasilan untuk pengusaha-pengusaha yang sukses juga pengusahacukup besar di negara-negara tersebut. negaratersebut.

Kesimpulan mengenai peranan mekanisme harga dalam memecahkan masalah FOR WHOM atau distribusi pendapatan dalam suatu masyarakat?
a. Peranan mekanisme harga hanya terbatas terutama pada penentuan harga faktor-faktor produksi. b. Secara kongkritnya, mekanisme harga tidak menjamin dicapainya suatu pola distribusi pendapatan yang ³adil´ (³Adil´ adalah suatu perkataan yang subyektif, yaitu tergantung pada pendapat atau penilaian seseorang; dan tidak ada ukuran yang obyektif. c. Untuk mencapai suatu pola distribusi pendapatan yang cukup bisa diterima masyarakat (yaitu yang cukup ³adil´), perlu diadakan kebijaksanaan-kebijaksanaan khusus yang bertujuan untuk itu.

Cara-cara pemerintah untuk mengurangi ketidakmerataan distribusi pendapatan
a. Pajak progresif atas kekayaan atau penghasilan. b. Penyediaan kebutuhan-kebutuhan hidup dasar. c. Penyediaan jasa-jasa yang berguna untuk umum oleh Negara. d. Memperkecil pengangguran. e. Pendidikan yang murah dan merata. f. Berbagai kebijaksanaan lain : dihilangkannya family sistem, diperbaikinya sistem penerimaan pegawaipegawai baru dan lain sebagainya)

Terima Kasih

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->