TECHNICAL MEETING PERATURAN DAN TATA TERTIB LOMBA DEBAT BAHASA INDONESIA TINGKAT SMA/SMK/SEDERAJAT SE DKI

JAKARTA DAN KOTA TANGERANG I. TATA TERTIB PESERTA LOMBA 1. Peserta wajib hadir pukul 07.30 di tempat pelaksanaan. 2. Pakaian peserta adalah seragam sekolah masing- masing. 3. Peserta harap registrasi pendaftaran untuk mengambil nomor peserta dengan menunjukkan bukti pembayaran lunas. 4. Peserta merupakan utusan hasil rekomendasi sekolah masing- masing. 5. Setiap sekolah hanya diperbolehkan untuk mengirim maksimal 5 tim yang terdiri dari maksimal 2 tim tiap lomba. 6. Peserta lomba wajib mengikuti acara pembukaan. 7. Peserta wajib membawa alat- alat tulis yang digunakan dalam lomba. 8. Selama mengikuti lomba, peserta wajib berperilaku sopan, tertib, dan tidak melakukan kegiatan yang merugikan orang lain. 9. Setiap sekolah hanya diperbolehkan mengirim maksimal 2 tim yang terdiri dari 3 orang untuk setiap tim. 10. Peserta terdiri dari 24 pendaftar pertama dalam Lomba Karya Ilmiah Remaja ini. 11. Peserta tidak diperkenankan untuk terlambat datang, jika peserta terlambat dari waktu yang telah ditentukan, maka peserta akan didiskualifikasi. TANGGAL, WAKTU, DAN TEMPAT PELAKSANAAN LOMBA Tanggal : 02- 03 Oktober 2010 Waktu : Pukul 07.30- 17.30 Tempat : SMA Negeri 1 Tangerang KETENTUAN TEKNIS LOMBA 1. Penentuan nomor tim dilakukan dengan pengundian. 2. Penentuan tim pro dan tim kontra juga dilakukan dengan pengundian/ toss coin. Pemenang berhak menentukan pilihan untuk menjadi pihak pro atau kontra. Pemenang juga berhak memilih amplop yang berisi mosi (pernyataan). 3. Debat berlangsung antara 2 tim yang saling bertolak- belakang dalam memihak mosi (pihak pro dan pihak kontra); dengan pihak pro yang mendukung mosi, serta pihak kontra yang menolak mosi. 4. Setiap tim terdiri dari 3 pembicara utama; masing- masing diawali oleh pembicara Affirmative (pro) dan diakhiri oleh pembicara Negative (kontra). 5. Debat terbagi ke dalam 2 sesi; sesi pertama yaitu sesi Debat Parlementer, dan sesi kedua adalah sesi Debat Rapidfire (Debat Kusir). A. Sesi Debat Parlementer. a. Debat diawali oleh pembicara pertama dari tim Affirmative, kemudian diteruskan oleh pembicara pertama dari tim Negative. Lalu, Dilanjutkan oleh pembicara kedua dari tim Affirmative, dan seterusnya sampai diakhiri oleh pembicara ketiga dari tim Negative. b. Setiap pembicara diharapkan berbicara dalam selang waktu 3¶00´3¶20´. Apabila pembicara berbicara dibawah waktu 3¶00´, maka pembicara dinyatakan under- time. Sedangkan apabila pembicara berbicara lebih dari waktu 3¶20´, maka pembicara dinyatakan over-

II.

III.

jangka panjang 3. Dan.). 3. Menjelaskan masyarakat. aktor.aktor yang 3. d. pemerintah. Menjelaskan point (further dari sudut pandang impilcation) mosi. POI yang disampaikan maksimum selama 15 detik. Menjelaskan 1. argumen. akan dijelaskan pada saat Technical Meeting. mosi (Seperti 4. g.). argumen. Menjelaskan efek dari tim jangka panjang affirmative. Menjelaskan argumen. 4. . afiirmative. time keeper akan mengetuk secara non. Tugas masing. time keeper akan mengetuk sebanyak sekali lagi. time. Menjelaskan tujuan 2. dsb. Kedua 1. timekeeper akan mengetuk sebanyak 2 kali. e. dan pembicara diharapkan menyelesaikan pembicaraan/pidatonya.masing pembicara*: Pembicara Tim Affirmative Tim Negatif Pertama 1. pembicara kedua 2. Menjelaskan 3. Time keeper akan memberi sinyal waktu kepada pembicara yang berbicara dengan mengetuk sekali untuk mengisyaratkan bahwa pembicara sudah berbicara selama satu menit. *Untuk lengkapnya. (further impilcation) 2. Di menit ketiga.aktor yang masyarakat. Menjelaskan Background yang sanggahan atas terjadi. Menjelaskan Definisi pertama tim mosi. f. argumen pembicara 2. Baik under. Pembicara yang tidak sedang berbicara diperbolehkan untuk menyampaikan interupsi/ Points of Information (POI) dari menit 1¶00´ sampai dengan 2¶00´. Menjelaskan point berperan di dalam dari sudut pandang mosi (Seperti aktor. Setiap pembicara dari 1 tim diharapkan membawa argumen yang berbeda. dsb. 4. Ketiga Menjelaskan sanggahan atas Menjelaskan sanggahan argumen/ sanggahan dari atas sanggahan dati pembicara kedua dari tim pembicara ketiga dari tim negative. berperan di dalam pemerintah. Menjelaskan argumen. Menjelaskan efek mosi. Menjelaskan tujuan tim (goal). Menjelaskan 1. Di menit kedua. tim. affirmative.time akan mempengaruhi penilaian. Menjelaskan sanggahan atas sanggahan atas argumen/sanggahan argumen/ pembicara pertama sanggahan dari tim negative.c.stop bila waktu berbicara melebihi waktu 3¶20´.time maupun over. Pembawaan argumen yang sama/ berulang akan berdampak pada penilaian tim.

Method. d.time atau under. Over. Peserta tidak boleh berbicara yang menjelek. Setiap pembicara diberi waktu 30 detik. b. a. IV. 3.time akan mempengaruhi penilaian. Sesi Kesimpulan. kecuali pembicara ketiga. C.masing pembicara. a. Peserta tidak boleh emosi. Kelakuan pembicara selama berdebat. Manner. f. Sistem kompetisi yang dipakai adalah sistem gugur. 7. e. Waktu yang diberikan untuk berdebat adalah selama 10 menit. 10. KRITERIA PENILAIAN 1. Peserta tidak boleh memukul. maka sesi dinyatakan selesai.jelekkan SARA tertentu. Jika terjadi pelanggaran. Keputusan juri bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Jika selama 15 detik tidak ada yang berbicara. c. tanpa adanya interupsi (POI). terdiri dari kesopanan. Kesimpulan cukup diambil oleh salah satu pembicara dari masingmasing tim. Sesi Debat Rapidfire. Matter. Argumen yang dibawa oleh masing. Hal. Jika tim tidak mempunyai sanggahan. b. 6. c. Pembicara dari tim pro diperkenankan memulai lebih dulu. HADIAH Juara I : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Tunai Juara II : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Tunai Juara III : Trophy + Piagam Penghargaan + Uang Tunai V. dan tata berbicara yang baik. 9. b. . Cara penyampaian argumen yang disampaikan oleh masing. tanggal 26 september 2010.mukul meja.hal yang tidak boleh dilakukan peserta: a. Peserta wajib datang dalam Technical Meeting LKIR pada hari Minggu. 2. peserta/ tim akan didiskualifikasi dan dinyatakan gugur. c. tim yang sebelumnya diperkenankan untuk berbicara selama 30 detik kembali selama waktu berdebat belum habis.B.masing pembicara. Setiap pembicara diberi waktu untuk berbicara selama 1¶00´ sampai 1¶20´ tanpa interupsi (POI) untuk meringkas debat atau untuk mereview apa yang telah terjadi selama perdebatan. 8. Debat berupa debat kusir. d. Peserta tidak boleh memprovokasi lawan.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful