Zona Ekonomi Eksklusif adalah suatu daerah diluar dan berdampingan dengan laut teritorial./1960 tentang Perairan. Menurut Pasal 2 Undang-Undang Nomor 5 tahun 1983 tentang Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia yang dimaksud dengan Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia adalah jalur di luar dan berbatasan dengan laut wilayah Indonesia sebagaimana ditetapkan berdasarkan undang-undang yang berlaku tentang perairan Indonesia yang meliputi dasar laut. yang tunduk pada rezim hukum khusus yang ditetapkan berdasarkan hak-hak dan yuridiksi negara pantai dan hak-hak serta kebebasan-kebebasan negara lain (Pasal 55 UNCLOS 1982). Dalam konferensi itu. sehingga seluruhnya berjumlah 200 mil dihitung dari garis dasar laut negara bersangkutan. hasil laut. yang dikenal sebagai Informal Compesite Negotiating Text (ICNT). Walau bukan persetujuan resmi.1 juta km² terdiri atas perairan kepulauan seluas 2.8 juta km² dan laut dengan luas sekitar 0. Konferensi ini berhasil menyusun konsep satu paket persetujuan umum. tanah di bawahnya dan air di atasnya dengan batas terluar 200 (dua ratus) mil laut diukur dari garis pangkal laut wilayah Indonesia. wilayah perairan Indonesia meliputi kawasan seluas 3.3 juta km² Indonesia juga memiliki hak berdaulat atas berbagai sumber kekayaan alam serta berbagai kepentingan yang melekat pada ZEE seluas 2. dari sektor wisata. telah diakui prinsip wilayah laut territorial yang lebarnya 12 mil ditambah 188 mil Zona Ekonomi. Kemudian pengumuman tentang zona ekonomi eksklusif Indonesia dikeluarkan oleh pemerintah Indonesia tanggal 21 Maret 1980. Indonesia telah meratifikasi UNCLOS 1982 melalui UndangUndang Nomor 17 tahun 1985. Paham ini diperjuangkan dalam berbagai konferensi laut internasional antara lain dalam Konferensi Jenewa tahun 1977.WAWASAN NUSANTARA Indonesia dari ujung Barat sampai ujung Timur terbentang kepulauan besar dan kecil dan lebih banyak kawasan perairan merupakan salah satu kekayaan tersendiri . Berdasarkan konvensi hukum laut 1982.7 juta km² dan hak partisipasi dalam pengelolaan kekayaan alam di laut lepas di luar batas 200 mil ZEE Di Indonesia konsep tentang zona ekonomi eksklusif diawali dengan paham wawasan nusantara yang termuat dalam Deklarasi Djuanda 1957 yang kemudian dituangkan dalam UU No 4/Prp. . dalam hal ini ikan dan yang lainnya juga kekayan yang terkandung di dalamnya . Pasal 3 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1983 menyatakan bahwa apabila ZEE Indonesia tumpang tindih dengan ZEE negara-negara yang pantainya saling berhadapan atau berdampingan dengan Indonesia maka batas ZEE antara Indonesia dan negara tersebut ditetapkan dengan persetujuan antara Indonesia dengan negara tersebut. yang menyatakan bahwa Teritorriale Zee en Maritieme Kringen Ordonantie 1939 diganti dengan Wawasaan Nusantara atau Archipelago Principle. namun ICNT menjadi referensi penting dalam perundingan-perundingan selanjutnya mengenai hukum laut.

Peraturan Pemerintah Nomor 36 tahun 2002 tentang Hak dan Kewajiban Kapal Asing Dalam Melaksanakan Lintas Damai Melalui Perairan Indonesia yang menyatakan tentang hak dan kewajiban kapal asing untuk melaksanakan Hak Lintas Damai di wilayah zona ekonomi eksklusif Indonesia. karena kalo kita lihat Bali. dalam salah satu wawancara Stasiun TV swasta Indonesia yang baru baru ini mewancarai Presiden Amerika Serikat. malah ada yang mengira atau menebak kalo Indonesia itu ada di Timur Tengah??? Ada yang bilang ³ ya saya pernah denger Indonesia´ gitu doang. bukannya ga bangga dengan Indonesia bangsa yang kita cintai ini namun.Di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. 5 Tahun 1983). Peraturan Menteri Keuangan Nomor 113/PMK.04/2007 tentang Pembebasan Bea Masuk Atas Impor Hasil Laut Yang Ditangkap Dengan Sarana Penangkap Yang Telah Mendapat Izin dinyatakan bahwa impor hasil laut yang ditangkap dan diambil dengan sarana penangkap dari Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia diberikan pembebasan bea masuk. kebebasan pelayaran dan penerbangan internasional serta kebebasan pemasangan kabel dan pipa bawah laut diakui sesuai dengan prinsip-prinsip hukum laut internasional yang berlaku. dan tentang aturan keluar masuknya kapal asing sudah ada peraturannya.(Pasal 4 ayat 3 UU No. Mengelola dan melestarikan sumber daya laut sudah merupakan kewajiban kita sesuai Pasal 192 ± 237 UNCLOS membebankan kewajiban bagi setiap negara pantai untuk mengelola dan melestarikan sumber daya laut mereka. misalnya. Undang-Undang Nomor 31 tahun 2004 tentang Perikanan yang menyatakan bahwa wilayah perikanan Indonesia termasuk dalam zona ekonomi eksklusif indonesia. reporter TV juga menanyakan tentang Indonesia kepada masyarakat Amerika. Selain kekayaan laut. Peraturan Presiden RI Nomor 109 tahun 2006 tentang Penanggulangan Keadaan Darurat Tumpahan Minyak di Laut yang menyatakan bahwa prosedur penanggulangan keadaan darurat tumpahan minyak di laut termasuk di wilayah zona ekonomi eksklusif Indonesia. Adapun beberapa peraturan perundang-undangan yang memuat tentang Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia adalah Peraturan Pemerintah Nomor 15 tahun 1984 tentang Pengelolaan Sumber Daya Alam Hayati Di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. Selain melestarikan dan menjaga sektor wisata. Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor Kep. ada yang tahu banyak juga yang ga tahu. kita juga mempunyai potensi di kelautan yaitu sektor wisata kelautan. .60/MEN/2001 Tentang Penataan Penggunaan Kapal Perikanan Di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 05/MEN/2008 tentang Usaha Perikanan Tangkap. siapa sih yang ga kenal Pulau Dewata dengan berbagai pesona serta eksotiknya. Keputusan Menteri Kelautan Dan Perikanan Nomor 60/Men/2001 Tentang Penataan Penggunaan Kapal Perikanan Di Zona Ekonomi Eksklusif Indonesia. Kekayaan alam termasuk sektor wisata di Indonesia merupakan kebanggaan tersendiri. kekayaan laut juga harus kita jaga dan kita awasi bersama.

Namun kadang keasrian pantai di Indonesia tercemari dengan kurang kesadaran dari kita untuk melestarikan dan menjaga aset kita sendiri. di Kuta Bali sebagai contoh. ruang hidup. namun merupakan tugas kita juga untuk melestarikannya. d.. misalnya kurang kesadaran membuang sampah di pantai . berbangsa. Bahwa bangsa Indonesia yang terdiri dari berbagai suku dan berbicara dalam berbagai bahasa daerah serta memeluk dan meyakini berbagai agama dan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa harus merupakan satu kesatuan bangsa yang bulat dalam arti yang seluas-luasnya.Dewan maritim Indonesia . Kawasan pantai Belitung.(ya betul) kadang dari mereka lebih tau dari kita isinya wisata di Pulau Bali dan menurut mereka liburan di Bali murah (menurut mereka). B.Dalam acara yang lain dari TV swasta kita menanyakan tentang Bali kepada penduduk Amerika. tempat sampah itu sudah di pasang demikian banyaknya di pinggiran pantai. Anyer dan masih banyak lagi pantai asri di pesisir Indonesia yang saya juga baru dengar atau baru liat aja di TV. namun kebanyakan pengunjung masih seenaknya membuang sampah. dan bernegara. Pengertian Wawasan Nusantara Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia diri dan lingkungannya. Isi Wawasan Nusantara Wawasan Nusantara mencakup : 1. wadah. sektor wisata kelautan masih banyak yang ada di perairan (pantai) di pulau2 Indonesia. 2005 A.Strategi Pengelolaan Zone Ekonomi Eksklusif Indonesia. Bahwa kebulatan wilayah nasional dengan segala isi dan kekayaannya merupakan satu kesatuan wilayah. Sumber: . dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat. Tebak jawabannya««. serta mempunyai tekad dalam mencapai cita-cita bangsa. sebangsa. Lombok yang masih asri pantainya. Selain Bali. senasib sepenanggungan. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Politik. Bahwa secara psikologis. c. dan kesatuan matra seluruh bangsa serta menjadi modal dan milik bersama bangsa. bangsa Indonesia harus merasa satu. namun pengelola pantai bersama para pedagang asongan selalu proaktif mengingatkan dan mencontohi (salut untuk mereka) Dan ini bukan hanya kewajiban mereka saja sebagai petugas. Bahwa Pancasila adalah satu-satunya falsafah serta ideologi bangsa dan negara . dalam arti : a. misalnya. dan setanah air. b.

b. yang hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh bangsa. c.yang melandasi. b. Bahwa ancaman terhadap satu pulau atau satu daerah pada hakekatnya merupakan ancaman terhadap seluruh bangsa dan negara. Bahwa kekayaan wilayah Nusantara baik potensial maupun efektif adalah modal dan milik bersama bangsa. merata dan seimbang. Bahwa kehidupan politik di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan politik yang diselenggarakan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. 3. perdamaian abadi. serta adanya keselarasan kehidupan yang sesuai dengan tingkat kemajuan bangsa. Bahwa tiap-tiap warga negara mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam rangka pembelaan negara dan bangsa. Ajaran Dasar Wawasan Nusantara Ajaran Dasar Wawasan Nusantara . perikehidupan bangsa harus merupakan kehidupan bangsa yang serasi dengan terdapatnya tingkat kemajuan masyarakat yang sama. membimbing. Bahwa masyarakat Indonesia adalah satu. dalam arti : a. Tingkat perkembangan ekonomi harus serasi dan seimbang di seluruh daerah. dalam arti : a. e. g. dalam arti : a. dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. f. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Pertahanan Keamanan. 2. Bahwa budaya Indonesia pada hakikatnya adalah satu. b. dan keadilan sosial melalui politik luar negeri bebas aktif serta diabdikan pada kepentingan nasional. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai Satu Kesatuan Sosial dan Budaya. dan bahwa keperluan hidup sehari-hari harus tersedia merata di seluruh wilayah tanah air. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu Kesatuan Ekonomi. Kehidupan perekonomian di seluruh wilayah Nusantara merupakan satu kesatuan ekonomi yang diselenggarakan sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan dan ditujukan bagi sebesar-besar kemakmuran rakyat. 4. Bahwa bangsa Indonesia yang hidup berdampingan dengan bangsa lain ikut menciptakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan. tanpa meninggalkan ciri khas yang dimiliki oleh daerah dalam pengembangan kehidupan ekonominya. dengan tidak menolak nilai ± nilai budaya lain yang tidak bertentangan dengan nilai budaya bangsa. Bahwa seluruh Kepulauan Nusantara merupakan satu kesatuan sistem hukum dalam arti bahwa hanya ada satu hukum nasional yang mengabdi kepada kepentingan nasional. sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya bangsa yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya.

Wawasan nusantara pada hakikatnya merupakan pancaran falsafah pancasila yang diterapkan dalam kondisi nyata Indonesia. segala paham golongan.1. baik pada aspek politik. Wawasan nusantara sebagai wawasan nasional Indonesia Indonesia sebagai Negara majemuk. dan bernegara. 2. Perpaduan nilai-nilai tersebut mampu mewadahi kebhinekaan seluruh aspirasi bangsan Indonesia. . Pengertian yang digunakan sebagai acuan pokok ajaran dasar wawasan nusantara adalah Wawasan nusantara sebagai geopolitika Indonesia. kelompok. kebersamaan dan kearifan dalam membina kehidupan nasional. pancasila mencerminkan nilai keseimbangan. selalu mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. cita-cita dan tujuan nasional. serta kondisi sosial budaya dan pengalaman sejarah yang menumbuhkan kesadaran tentang kebhinekaannya yaitu dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Didalam penyelenggarakan tersebut. persatuan dan kesatuan. Landasan Konstitusional: UUD 1945 UUD 1945 merupakan konstitusi dasar yang menjadi pedoman pokok dalam kehidupan bermasyarakat. Kepentingan Negara lebih diutamakan diatas kepentingan golongan. Gagasan untuk menjamin persatuan dan kesatuan dalam kebhinekaan tersebut merupakan cara pandang bangsa Indonesia tentang diri dan lingkungannya. sosbud maupun hankamnya. Bangsa Indonesia bersepakat bahwa Indonesia adalah Negara kesatuan yang berbentuk republic dan berkedaulatan rakyat. keserasian. dan perseorangan menghendaki persatuan dan kesatuan bangsa dalam segala aspek kehidupan nasional. Pancasila sebagai falsafah bangsa Indonesia telah dijadikan landasan idiil dan dasar Negara sesuai dengan yang tercantum pada pembukaan UUD 1945. membina dan membangun atau menyelenggarakan kehidupan nasionalnya. bangsa Indonesia menghadapi lingkungan yang terus berubah dan merasa perlu memiliki cara pandang atau wawasan nusantara yang akan menghindarinya dari bahaya penyesatan dan penyimpangan. berbangsa. Yaitu cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan lingkungannya yang serba beragam dan bernilai strategis dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan wilayah dan tetap menghargai serta menghormati kebhinekaan dalam setiap aspek kehidupan nasional untuk mencapai tujuan nasional. Karena itu. kelompok dan perseorangan dalam segala aspek perwujudannya. Landasan Idiil: Pancasila Pada hakikatnya. keselarasan. 3. Setelah menegara dalam menyelenggarakan kehidupan nasionalnya. kekeluargaan. ekonomi. Untuk itu pembinaan dan penyelenggaraan tata kehidupan bangsa dan Negara Indonesia disusuan atas dasar hubungan timbale balik antara falsafah. yang dikenal dengan Wawasan kebangsaan atau wawasan nasioanl Indonesia (Wawasan Nusantara).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful