P. 1
Laporan Praktikum Ayyu Kecambah

Laporan Praktikum Ayyu Kecambah

|Views: 2,541|Likes:

More info:

Published by: Nina Piliang Darmayanti on Sep 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

05/23/2013

pdf

text

original

LAPORAN PRAKTIKUM

PENGARUH CAHAYA TERHADAP PERTUMBUHAN
O

L

E

H

SISCA AYYU LESTARI XII IPA 1

Pembimbing Dra. YANTI NOVERA M.Si

MAN/MAKN KOTO BARU PADANG PANJANG TA 2010/2011

Semoga proposal yang kami buat ini bisa bermanfaat bagi pembaca dan lebih memahami pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan. meskipun masih jauh dari kesempurnaan. Semoga kami selaku pengikut setianya dapat menegakkan nilai-nilai sunnah secara integral didalam kehidupan pribadi dan sosial. Salawat dan salam semoga tetap dilimpahkan kepada Rasulullah SAW.KATA PENGANTAR Puji syukur kami ucapkan kehadiran Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan proposal ini dengan baik.Yanti Novera M. Koto Baru. 25 Agustus 2010 Penulis .si yang telah membantu untuk menyelesaikan Hasil Laporan Praktikum.Dalam bahasan kali ini kami membuat laporan yang berjudul Pengaruh Cahaya Terhadap Pertumbuhan. Dan saya berterima kasih kepada ibu Dra.

5 Pembahasan Penutup Kesimpulan Saran DAFTAR PUSTAKA .2 Langkah Kerja 3.1 Alat dan Bahan 3.3 Pengumpulan dan Analisis Data 3.1 Latar Belakang 1.3 Manfaat 1.DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I PENDAHULUAN 1.2 Tujuan 1.4 Hipotesis BAB II BAB III TINJAUAN PUSTAKA METODE PENELITIAN 3.4 Hasil Pengamatan 3.

a. 1. jumlah Biji Kacang Hijau : Pertumbuhan kecambah yang dapat diukur dari tinggi tanaman sesuai dengan pertumbuhanya. Botol air minum bekas terdiri dari 4 buah.2 TUJUAN Apakah cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan Bagaimana pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau .Variabel Bebas : Cahaya Matahari 1.(dalam kardus).Variabel control b.1 LATAR BELAKANG Tumbuhan sangat membutuhkan cahaya. Kedalam masing-masing botol tersebut diisikan kecambah biji kacang hijau.Umumnya.banyaknya cahaya yang di butuhkan tumbuhan tidak selalu sama pada setiap tumbuhan.1.1.Variabel Terkait : Banyak tanah. yaitu tumbuhan.cahaya menghambat pertumbuhan meninggi karna cahaya dapat mengurai hormon auksin (hormon pertumbuhan). Dalam kehidupan sehari-hari cahaya sangat diperlukan untuk menyeimbangkan siklus energi. Kelangsungan hidup makhluk hidup.Telah kita ketahui bahwa cahaya merupakan sumber energi bagi satu-satunya produsen dalam siklus energi.2 Variabel Penelitian Kecambah kacang hijau ditanam didalam botol air mineral bekas dan masing-masing botol air mineral diisi dengan tanah.BAB I PENDAHULUAN 1. c.1 Masalah dan rumusan masalah Apakah Pertumbuhan kacang hijau dipengaruhi oleh cahaya Pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan kacang hijau 1.dan 2 botol mineral diletakkkan di tempat yang terkena cahaya dan 2 botol lainnya diletakkan ditempat yang tidak terkena cahaya.

tanaman di tempat yang gelap dapat tumbuh cepat karna di sana terdapat hormon auksin yaitu sebagai pengurai pertumbuhan. 1. 2.3 MANFAAT 1.1.4 HIPOTESIS Menurut buku biology SMA XII karangan Pratiwi. . Dapat menerapkan kesimpulan yang didapat dari penelitian dalam kehidupan sehari-hari. Dapat mengetahui pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Namun disisi lain cahaya juga dapat memperlambat pertumbuhan dikarenakan dapat mengurangi zat tumbuh atau auksin. yaitu ditempat gelap dan tempat terang. Kecuali di daerah tropis. dan dapat juga berpengaruh terhadap pertumbuhan ukuran daun dan batang. Cahaya juga mempengaruhi perkembangan pucuk ketika sebuah biji muncul menembus kepermukaan tanah. Tumbuhan berdasarkan faktor panjang pendeknya pencahayaan dapat dibedakan atas 1. . Dibelahan bumi utara. Tumbuhan hari panjang. 3. Panjang hari saat terdapat cahaya matahari mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan. Sedangkan tumbuhan yang berada ditemapt yang gelap akan tetap mengalami pertumbuhan tinggi akan tetapi berwarna pucat dan batangnya tidak kokoh. serta tumbuhan dan perkembangan batang. Tumbuhan hari netral. semua wilayah di bumi setiap tahun mengalami perubahan waktu pencahayaan (fotoperiodik).batang kokoh dan berwarna hijau. sehingga pertumbuhan tinggi terhambat. periode siang secara perlahan semakin panjang hingga akhir juni dan secara perlahan pula panjang siang memendek hingga desember. pembungaan. merupakan tumbuhan yang berbunga ketika periode gelap lebih pendek dibandingakn periode kritis pembungaan. Kemampuan suatu makhluk hidup untuk merespon perubahan fotoperiodik disebut dengan fotoperidiosme. Respon fotoperiodik pada tumbuhan meliputi saat dormansi.hal ini disebut dengan etiolasi. perkecambahan. merupakan yang tumbuhan yang berbunga tanpa dipengaruhi oleh panjang hari. terutama berperan dalam proses berlangsung fotosintesis. merupakan tumbuhan berbunga ketika periode gelap lebih panjang dibandingkan periode kritis pembungaan (sekitar 12 jam). Hal ini dapat dibuktikan dengan menanam atau menempatkan 2 kecambah pada tempat yang berbeda. Ditempat yang terang tumbuhan akan tumbuh tinggi. 2. Tumbuhan hari pendek.Bab II TINJAUAN PUSTAKA Cahaya mutlak dibutuhkan oleh semua tumbuh tumbuhan hijau. Cahaya merupakan faktor pengendalian dan perkembangan tumbuhan.

Kardus 6. Lakukan pengamatan setiap 2 hari sekali untuk mengukur tinggi tumbuhan dan menghitung selama 10 hari 7. Air 4. .I.Bab III METODE PENELITIAN 3. Biji kacang hijau 3. Setelah masing-masing biji ditanam dengan baik. pot 3 dan 4 diletakkan di dalam kardus tertutup sehingga tidak ada cahaya yang masuk.2. Tanah 5. Masukkan tanah kedalam gelas bekas air mineral kemudian disiram secukupnya 2. tinggalkan salah satu tanaman yang paling bagus pertumbuhannya 6. Ditanam sebanyak 30 biji kacang hijau. 2 buah pot ( 1 dan 2 ) diletakkan ditempat yang terbuka 4. masukkan kedalam tabel pengamatan 3. Biarkan sampai biji berkecambah 5.3 Pengumpulan Data dan Analisis Data Pengumpulan data dilakukan dengan mengukur tinggi tanaman dan menghitung jumlah daun setiap 2 hari sekali selama 10 hari. Gelas bekas air mineral 4 buah 2. ALAT DAN BAHAN 1. masukkan kedalam 4 pot 3. LANGKAH KERJA 1. Analisis data dengan :Microsoft Excel. Mistar / pengukur 3.

0 21.0 Pot 4 6.0 19.6 5.Hal ini dapat di lihat dari tabel pengamatan di bawah ini: Tabel 3.3 19.1 Hasil Pengamatan terhadap pertumbahan jumlah daun dan tinggi tanaman kacang hijau Jumlah daun Hari 2 4 6 8 10 1&2 1 2 2 2 2 3&4 2 2 2 2 2 Pot 1 1. Grafik 3.1 Keterangan Series : hari .7 9.0 Kualitas Pot yang terkena matahari (1 dan 2) akan terlihat lebih segar walaupun tumbuhnya lambat.3.5 25.5 22.7 15.sedangkan pot di tempat gelap (3 dan 4)daunya terlihat layu dan melengkung tapi pertumbuhanya sangat cepat.0 11 17.9 10.7 5.4 9.3 Pot 3 5.0 24.9 17.0 Tinggi Pot 2 1.5 14.4 HASIL PENGAMATAN TERHADAP KECAMBAH Dari pengamatan selama 10 hari terhadap pertumbuhan kacang hijau dapat di simpulkan bahwa cahaya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan.

3.Sedangkan di tempat yang gelap tanaman akan layu dan daun menjadi pucat tapi pertumbuhanya cepat dan tanaman agak melengkung. Dibuktikan dengan penelitian pertumbuhan kecambah di tempat terang dan gelap.Jika tumbuhan di tempat yang terang tanaman akan menjadi segar dan pertumbuhannya lambat.5 Pembahasan Dari percobaan yang kita lakukan dapat kita ketahui bahwa cahaya sangt di butuhkan dalam pertumbuhan kecambah.Ini membuktikan kalau cahaya berpengaruh terhadap pertumbuhan .

BAB IV PENUTUP 5. 1 Kesimpulan Dari hasil penelitian di atas ini membuktikan bahwa cahaya sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan. Agar lebih teliti dalam mengukur panjang tanaman yang sudah tumbuh. 2. 5.hal ini di sebabkan cahaya dapat mengurai hormon auksin. .2 Saran Berdasarkan kesimpulan dari hasil penelitian ini maka dapat kami sarankan sebagai berikut: 1. Dapat berhati-hati dalam pemberian air dalam penyiraman tanaman.

Jakarta : Erlangga Priadi.google. Jakarta : Yudistira .2006.com Pratiwi.Arif.Da.biologi 3.DAFTAR PUSTAKA WWW.2006.biologi :biologi untuk SMA kelas XII.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->