Ilmu material atau teknik material atau ilmu bahan

- Sebuah interdisiplin ilmu teknik yang mempelajari sifat bahan dan aplikasinya terhadap berbagai bidang ilmu dan teknik. - Ilmu ini mempelajari hubungan antara sifat dan struktur bahan - Ilmu ini juga mempelajari teknik proses atau fabrikasi (pengecoran, pengerolan, pengelasan, dll), teknik analisa, kalorimetri, mikroskopi optik, elektron, dll), serta analisis biaya atau keuntungan dalam produksi material untuk industri.

mesin.‡ Bahan : Benda-benda dengan sifatnya yang khas dimanfaatkan dalam bangunan. peralatan atau produk untuk kebutuhan manusia ‡ Siklus Bahan : adalah suatu sistem yang mengaitkan sumber daya alam dengan kebutuhan manusia .

Siklus Bahan Logam Pemurnian Penambangan bahan galian Bijih logam Peleburan Pemaduan/ pencampuran Pengecoran Daur ulang Eksplorasi Bumi Pembuangan Barang setengah jadi Pembentukan Barang jadi Barang rusak Pemakaian .

plastik. Ilmu bahan dasar struktur-sifat-performans Kebutuhan masyarakat Pemrosesan ‡ Contoh aplikasi Pembuatan sepeda motor memerlukan pengetahuan dari ahli teknik dalam memilih ragam bahan sesuai dengan spesifikasinya. baja. keramik. karet untuk part-part kendaraan bermotor. Jenis material yang digunakan kompleks misalnya bahan besi. . struktur dan pemrosesan bahan dengan sifat-sifat dan pemakaiannya.‡ Ilmu dan Teknologi Bahan Meliputi pengembangan dan penerapan pengetahuan mengenai hubungan antara komposisi.

Titik didih. kelembaban . Konduktivitas listrik. berat jenis. regangan. kekerasan Lingkungan (sifat ekstrinsik) : Netral. geometri atom. keuletan. konduktivitas termal. oksidatif / korosif. ketahanan korosi Sifat Mekanik : Tegangan.Karakteristik bahan Sifat intrinsik Sifat fisika : Titik leleh. fasa Bahan Sifat kimia : struktur atom. kekuatan tarik.

Analisis Perubahan Fisika dan kimia pada bahan Pelat baja Serpihan baja reaktor Pelelehan dan Pengecoran Udara korosif karat Balok baja Perubahan Fisika ‡ Reversible ‡ Susunan kimia tetap ‡ Perubahan fasa ‡ Perubahan bentuk Perubahan kimia ‡ irreversible ‡ Susunan kimia berubah ‡ diikuti oleh perubahan fisika (bentuk/ fasa/warna) .

bila suatu logam mengalami perlakuan panas/dingin maka ketahanan terhadap goresan/tekanan akan berbeda dari kondisi awalnya . baik pembebanan statis (pembebanan yang arahnya tetap setiap saat) maupun pembebanan dinamis (pembebanan yang berubah setiap saat).bila suatu logam ditarik akan terjadi deformasi berupa pertambahan panjang dan pengurangan penampang sampai patah.Sifat Mekanik Adalah Kemampuan suatu bahan untuk menahan beban yang dikenakan kepadanya. Deformasi ini bisa elastis atau plastis . Contoh perubahan mekanik pada logam : .

Klasifikasi Bahan ‡ Berdasarkan susunan Unsur Logam metaloid non logam organik anorganik Zat tunggal (murni) Bahan Campuran senyawa Larutan (padat/cair) Koloid Suspensi .

densitas rendah. elektronik . kuat. isolator listrik & panas. keras & rapuh. tidak transparan. sangat lentur Komposit : gabungan dari u 2 jenis bahan kombinasi sifat terbaik contoh : gelas (kuat)+polimer (lentur) fiberglass Semikonduktor : perilaku listrik antara konduktor & isolator.Berdasarkan fungsi (bahan teknik) Logam/paduan logam : gabungan atom-atom logam melalui ikatan logam. dapat dibentuk Keramik : logam-oksida/nitrida/karbida melalui ikatan ionik atau kovalen. tergantung konsentrasi pengotor (skala <<<). konduktor listrik & panas. tahan suhu tinggi & lingkungan korosif Polimer : senyawa organik dengan struktur molekul sangat besar.

Zat cair dengan titik didih lebih rendah akan menguap dan terpisah lebih dulu. contoh : destilasi minyak bumi ‡ Filtrasi Memisahkan zat padat yang tersuspensi. Destilasi sederhana .Teknik Pemisahan Kimia Bahan dasar ‡ Destilasi Memisahkan campuran dua atau lebih zat cair berdasarkan perbedaan titik didih.

‡ Ekstraksi memisahkan suatu zat dari campuran berdasarkan perbedaan kelarutan dan koefisien distribusi. Emas dapat dipisahkan dari bahan tambang dengan memindahkan emas ke pelarut lain sehingga terpisah dari pengotor-pengotornya. Ekstraksi Cair-cair . Ekstraksi Padat-cair Contoh sederhana dari ekstraksi padat cair Pelarut 1 Pelarut 2 zat terlarut adalah melarutkan teh dalam air. contoh : Ekstraksi emas pada bahan tambang.

Bahan katoda adalah Cu murni. Rectifier V Anoda i Reaksi : Cu e e - Bijih Cu Konduktor Katoda Anoda Katode Cu Cu2+ + 2e H+ e e -e -e e e - Cu2+ Cu2+ Cu2+ H+ H+ Cu2+ Cu2+ Cu Cu Cu e e -eeee- Cu2+ + 2e Cu H+ Elektrolit . contoh : pemurnian tembaga (Cu) dari bijihnya. Cu pada bijih akan teroksidasi kemudian tereduksi kembali pada katoda dengan melapisi Cu murni.‡ Elektrolisis Metode ini digunakan untuk memurnikan logam dari pengotor logam lain berdasarkan perbedaan potensial reduksinya. Bijih Cu ditempatkan di anoda.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful