P. 1
3. Sasaran Mutu RMK Gunting (v)

3. Sasaran Mutu RMK Gunting (v)

|Views: 655|Likes:
Published by AldyFahriza

More info:

Published by: AldyFahriza on Sep 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/28/2013

pdf

text

original

RENCANA MUTU KONTRAK

Pekerjaan SID Prasarana Pengendali Daya Rusak Air Kali Gunting di Kabupaten Jombang

BAB III SASARAN MUTU
Sasaran mutu adalah standard kerja yang diinginkan/diharapkan dari pelaksanaan pekerjaan, seperti yang telah dituangkan dalam kontrak pekerjaan dan kerangka acuan kerja (KAK). Sasaran mutu atau kualitas hasil dari pekerjaan “SID Prasarana Pengendali Daya Rusak Air Kali Gunting di Kabupaten Jombang” harus sesuai dengan persyaratan yang ada dalam kontrak dan dituangkan dalam laporan RMK ini. Sasaran mutu secara garis besar dapat diuraikan menjadi 4 bagian sebagai berikut : 2. 3. 4. 1. Mutu Kualifikasi Personil Pelaksana Mutu Peralatan Yang Digunakan Mutu Pelaksanaan Pekerjaan Mutu Produk Pekerjaan Dari keempat bagian ini akan diuraikan lagi menurut item-item yang sesuai dengan persyaratan yang tertuang dalam kontrak pekerjaan dan kerangka acuan kerja (KAK). 3.1. MUTU KUALIFIKASI PERSONIL PELAKSANA Tenaga ahli yang terlibat dalam kegiatan ini terdiri dari personil yang mempunyai kemampuan dengan bidang terkait, dengan uraian sebagai berikut : 3.1.1. Tenaga Ahli : Tenaga Ahli yang diperlukan untuk menangani pekerjaan ini adalah sebagai berikut : 1. Ketua Tim (Team Leader) Seorang Sarjana Teknik Sipil atau Sarjana Teknik Pengairan minimal S1 dengan pengalaman minimal 7 (tujuh) tahun, pengalaman dalam pelaksanaan pekerjaan dibidang Sumber Daya Air subbidang persungaian. Mempuyai Sertifikat Keahlian (SKA) Perencana di bidang Sumberdaya Air yang diterbitkan oleh Asosiasi Profesi yang telah terakreditasi oleh Lembaga yang berwenang. 2. Tenaga Ahli Persungaian Seorang Sarjana Teknik Sipil atau Sarjana Teknik Pengairan (S1) dengan pengalaman minimal 5 (lima) tahun mempunyai pengalaman dalam perencanaan bangunan air, pengaturan dan pengelolaan sungai. Mempuyai Sertifikat Keahlian (SKA) Perencana di bidang Sumberdaya Air yang diterbitkan oleh Asosiasi Profesi yang telah terakreditasi oleh Lembaga yang berwenang. 3. Tenaga Ahli Mekanika Tanah Seorang Sarjana Teknik Sipil atau Teknik Geologi (S1) dengan pengalaman minimal 5 (lima) tahun, mempunyai pengalaman pada bidang Mekanika Tanah pada pekerjaan bangunan air khususnya bidang persungaian. Mempuyai Sertifikat Keahlian (SKA) Perencana di bidang Sumberdaya Air yang diterbitkan oleh Asosiasi Profesi yang telah terakreditasi oleh Lembaga yang berwenang.

EDISI KE - 1

Dibuat oleh : (Ir. A. Effendie Ganie) Team Leader

Paraf

Diperiksa : (..........................................) Direksi Pekerjaan

Paraf

Halaman III - 1

.. Pesuruh Kantor (1 Orang ..2.RENCANA MUTU KONTRAK Pekerjaan SID Prasarana Pengendali Daya Rusak Air Kali Gunting di Kabupaten Jombang 4.. 5....1 Dibuat oleh : (Ir.... Tenaga Ahli Hidrologi Seorang Sarjana Teknik Sipil atau Teknik Pengairan (S1) dengan pengalaman minimal 5 (lima) tahun.. Juru Ukur (1 Orang .. mempunyai pengalaman dalam pekerjaan hidrologi pada bidang persungaian.. Juru Bor (1 Orang . Tenaga Ahli Cost Estimator Seorang Sarjana Teknik Sipil atau Teknik Pengairan (S1) dengan pengalaman minimal 5 (lima) tahun. Mempuyai Sertifikat Keahlian (SKA) Perencana di bidang Sumberdaya Air yang diterbitkan oleh Asosiasi Profesi yang telah terakreditasi oleh Lembaga yang berwenang.. Mempuyai Sertifikat Keahlian (SKA) di bidang Geodesi yang diterbitkan oleh Asosiasi Profesi yang telah terakreditasi oleh Lembaga yang berwenang. Operator AutoCAD/ Draftman (1 Orang . 6.1.6 Bulan) Operator AutoCAD/ Draftman minimal seorang lulusan STM/ SMA yang berpengalaman melaksanakan penggambaran perencanaan di bidang keairan dengan menggunakan aplikasi program AutoCAD sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun..3 Bulan) Juru Ukur minimal seorang lulusan STM yang berpengalaman melaksanakan survey topografi untuk perencanaan pengembangan sumber daya air (teknik pengairan) sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.. EDISI KE .... Tenaga Administrasi (1 Orang . 2. Tenaga Ahli Hidrolika Seorang Sarjana Teknik Sipil atau Teknik Pengairan (S1) dengan pengalaman minimal 5 (lima) tahun dalam pekerjaan hidrolika untuk perencanaan bangunan air atau bangunan persungaian. adalah sebagai berikut : 1..... Mempuyai Sertifikat Keahlian (SKA) Perencana di bidang Sumberdaya Air yang diterbitkan oleh Asosiasi Profesi yang telah terakreditasi oleh Lembaga yang berwenang. Mempuyai Sertifikat Keahlian (SKA) Perencana di bidang Sumberdaya Air yang diterbitkan oleh Asosiasi Profesi yang telah terakreditasi oleh Lembaga yang berwenang. mempunyai pengalaman dalam pekerjaan pengukuran disegala dibidang persungaian.. Effendie Ganie) Team Leader Paraf Diperiksa : (.. A. 7.. Staf Sub Profesional : Staf Sub Profesional yang akan dilibatkan dalam pelaksanaan pekerjaan ini.... 4.. Tenaga Ahli Geodesi Seorang Sarjana Geodesi/Sipil (S1) dengan pengalaman minimal 5 (lima) tahun. mempunyai pengalaman dalam bidang analisa biaya proyek pada pekerjaan Persungaian....) Direksi Pekerjaan Paraf Halaman III . 5.......6 Bulan) Pesuruh Kantor minimal seorang lulusan SMP yang sudah cukup umur untuk dipekerjakan. 3.3 Bulan) Juru Bor minimal seorang lulusan STM yang berpengalaman melaksanakan pemboran geoteknik untuk perencanaan pengembangan sumber daya air (teknik pengairan) sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun.2 .. 3.6 Bulan) Tenaga Administrasi minimal seorang lulusan SMA/ SMEA yang berpengalaman melaksanakan administrasi dan keuangan proyek sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun..

− Menetapkan lokasi akhir... 3. Handphone.. peta topografi.... Telepon. 100 m tebing normal dan 200 m daerah tidak ada permukiman. data hidrologi.. data lain seperti data tata ruang yang menjadi sasaran studi ini... Peralatan yang digunakan terdiri dari : 1..50 m...3 .... dengan jarak 50 m dari As sungai dengan interval kontur 0. − Pengumpulan data awal dari studi terdahulu (bila ada) antara lain berupa data curah hujan. 2... peta geologi.RENCANA MUTU KONTRAK Pekerjaan SID Prasarana Pengendali Daya Rusak Air Kali Gunting di Kabupaten Jombang 6.) Direksi Pekerjaan Paraf Halaman III . dll.. data debit sungai.. menelaah permasalahan yang terjadi pada kali Ngasinan serta membuat Jadual Rencana Kerja secara detil. − Pengukuran cross section dan long section sepanjang sungai yang akan dinormalisasi dengan jarak interval 50 m pada sungai tebing kritis. Sondir.000 pada daerah sepanjang sungai yang di SID. dimensi dan volume lokasi bahan bangunan untuk pekerjaan bangunan utama beserta fasilitasnya. Palu Geologi.3 Bulan) Tenaga Lokal Soil Investigasi adalah orang setempat minimal lulusan SMP yang sudah cukup umur untuk dipekerjakan. − Pemetaan daerah genangan. Kendaraan roda 4 dan kendaraan roda 2 (masing-masing 1 unit) 3. Tahap Awal dan Studi Pendahuluan Pekerjaan awal yaitu pekerjaan persiapan meliputi : − Mobilisasi Personil. − Penggambaran cross section sungai dan profil memanjang sungai yang diukur ....3 Bulan) Tenaga Lokal Pengukuran adalah orang setempat minimal lulusan SMP yang sudah cukup umur untuk dipekerjakan. EDISI KE . GPS.2. Effendie Ganie) Team Leader Paraf Diperiksa : (... Tahap Survey Lapangan 1. MUTU PERALATAN YANG DIGUNAKAN Peralatan yang digunakan dalam pekerjaan ini harus sesuai dengan standar peralatan yang terdapat dalam Kerangka Acuan Kerja. Bor mesin.3... B.. Material kantor. Theodilite. Pekerjaan Pengukuran : − Pelaksanaan pembuatan peta Topografi skala 1: 2. dll. Material gambar.. MUTU PELAKSANAAN PEKERJAAN Adapun tahapan pelaksanaan pekerjaan secara umum dapat dibagi menjadi 4 tahapan sebagai berikut : A.. Faximile. Kompas Geologi.. printer. 3.... data klimatologi. Pencarian data dapat diperoleh dari Balai Besar Wilayah Sungai Brantas atau di tempat lain yang berkaitan dengan studi ini. 7. − Memasang Patok BM 4 (empat) buah.. Komputer. 2..1 Dibuat oleh : (Ir. Tenaga Lokal Soil Investigasi (4 Orang .... Tenaga Lokal Pengukuran (4 Orang ... Peralatan Kantor Peralatan Lapangan Peralatan Transportasi : : : Sewa Kantor. Peralatan dan Bahan − Inventarisasi. A. Waterpass.. Pekerjaan Investigasi Mekanika Tanah terdiri dari : − Investigasi lokasi Borrow area untuk bahan timbunan dan bahan bangunan untuk perkuatan tebing.

.. Pekerjaan Hidrolika sungai mencakup kegiatan-kegiatan sebagai berikut : − Analisa kondisi aliran banjir sungai sebelum diadakan pekerjaan Normalisasi. − Particle size analysis... − Penetapan koefisien aliran berdasarkan perkiraan kondisi daerah pengaliran sungai yang ada. sebagai dasar untuk pelaksanaan pekerjaan selanjutnya... 3... − Penetapan initial water level untuk perhitungan hidrolika banjir • Pekerjaan Hidrolika Sungai.. − Segala hal tersebut diatas harus di asistensikan kepada Direksi dan diadakan diskusi bersama di Kantor Balai Besar Wilayah Sungai Brantas untuk mendapat persetujuan dari Direksi.. − Penetapan kondisi aliran sub-kritis..1 Dibuat oleh : (Ir.. Kritis dan Super kritis pada profil memanjang sungai. − Perhitungan debit banjir rencana periode ulang 25 tahunan (Q 25 Thn )..... Perencanaan Teknik Sungai Perencanaan Teknik Sungai mencakup kegiatan-kegiatan sebagai berikut : EDISI KE .. − Analisa Hidrologi.. 2. Tahap Analisa Data dan Perhitungan Desain 1. pada kondisi sungai sebelum diadakan pekerjaan Normalisasi. − Penentuan batas daerah genangan banjir ..4 . A.. − Atterberg limit... − Pemadatan standard..RENCANA MUTU KONTRAK Pekerjaan SID Prasarana Pengendali Daya Rusak Air Kali Gunting di Kabupaten Jombang − Test pit untuk bahan timbunan sebanyak 2 (dua) buah. C.... − SPT 5 (lima) buah.. − Perhitungan hidrolika sungai untuk melewatkan banjir periode ulang 25 tahunan. − Triaxial CU − Permeabilitas ( compacted soil ). Perencanaan Pendahuluan − Dengan mempergunakan peta Topografi skala 1 : 25... batas daerah genangan banjir. − Untuk program rencana pelaksanaan survey dan investigasi langkah-langkah detail pelaksanaannya akan di laksanakan pada lokasi rencana bangunan yang telah ditentukan.. Effendie Ganie) Team Leader Paraf Diperiksa : (.. − Perhitungan hidrolika sungai untuk melewatkan banjir periode ulang 25 tahunan. dan bangunan penunjangnya . Pekerjaan Perencanaan • Pekerjaan Hidrologi Pekerjaan Hidrologi meliputi : − Pekerjaan estimasi volume tampungan genangan retarding basin... − Moisture content... pada kondisi sungai sesudah diadakan pekerjaan Normalisasi . − Laboratorium mekanika tanah test sebanyak 2 (dua) unit yang terdiri dari antara lain : − Specific gravity.000 dan peta geologi regional yang dikeluarkan oleh Direktorat Geologi Bandung. lokasi ditentukan sesuai dengan kondisi lapangan... − Perhitungan hujan rencana periode ulang 25 tahunan ( Q 25 Thn ). − Informasi yang perlu ditampilkan antara lain adalah lokasi dari bangunan penanggulangan banjir termasuk batas daerah pengaliran sungai. hasil pembahasan pada diskusi tersebut agar dituangkan didalam Laporan pendahuluan (Inception Report).) Direksi Pekerjaan Paraf Halaman III .. dibuat rencana tata letak bangunan penanggulangan banjir beserta sarana bangunan penunjang sesuai dengan peruntukannya....

Dalam presentasi laporan pendahuluan konsultan harus membuat laporan ringkasannya untuk dibagikan ke peserta presentasi yang jumlahnya ditentukan kemudian oleh Direksi pekerjaan.... − Gambar-gambar harus dibuat sesuai dengan standard Penggambaran Bagian BI01 dan BI-02 yang dikeluarkan oleh Dirjen Sumber Daya Air... Laporan diserahkan selambat-lambatnya 14 (empat belas hari) setelah diterbitkannya SPMK... Laporan Bulanan Laporan Bulanan ini dibuat rangkap 5 (lima) buku. − Perencanaan bangunan secara mendetail untuk bangunan pengendali banjir dan bangunan sarana fasilitasnya disertai perhitungan stabilitas.. tempat dan waktu akan ditentukan oleh Direksi Pekerjaan. − Merencanakan sistem pompa untuk dewatering pada daerah genangan belakang tanggul apabila diperlukan.. jadual dan prosedur pelaksanaan pekerjaan.... MUTU PRODUK PEKERJAAN Merupakan perwujudan hasil studi yang disusun secara sistematis dengan petunjuk dan arahan dari Direksi Pekerjaan.5 . − Hasil-hasil dari evaluasi pengukuran dan penyelidikan detail harus diserahkan kepada Direksi ....... − Pembuatan gambar-gambar perencanaan detail. berisi diantaranya : Struktur organisasi pelaksanaan. a) b) c) c.. − Penentuan dimensi dan posisi tanggul yang aman dan ekonomis ..1 Dibuat oleh : (Ir. − Penyesuaian tata letak dan tipe bangunan saluran pembawa yang masuk ke sungai Kali Gunting. − Pembuatan potongan memanjang dan melintang bangunan utama dan prasarana untuk penanggulangan banjir. Gunting. sebanyak 10 (sepuluh) buku.. D. EDISI KE . − Pembuatan laporan perencanaan. prosedur instruksi kerja berikut pengawasan mutu kerja. Tahap Perhitungan Biaya dan Pelaporan − Perhitungan rincian volume pekerjaan (work quantities) − Perhitungan Rencana Anggaran Biaya (RAB).RENCANA MUTU KONTRAK Pekerjaan SID Prasarana Pengendali Daya Rusak Air Kali Gunting di Kabupaten Jombang − Perencanaan standard desain normalisasi penampang sungai untuk melewatkan banjir periode ulang 25 tahunan.. 3. Effendie Ganie) Team Leader Paraf Diperiksa : (. organisasi pengguna dan penyedia jasa. − Penentuan dengan tepat lokasi dan elevasi bangunan utama perkuatan tebing dan bangunan sarana fasilitasnya... jadual serta spesifikasi pelaksanaan konstruksi beserta tender dokumennya.. lengkap dengan Analisa Harga Satuan Pekerjaan (HSP) − Pembuatan metoda.. Laporan Pendahuluan Laporan pendahuluan diserahkan pada akhir bulan (kalender) pertama. A. jadual pelaksanaan pekerjaan Metodologi pelaksanaan pekerjaan Hasil Investarisasi dan data yang diperoleh Laporan Pendahuluan harus dipresentasikan kepada pihak Satuan Kerja PPSA Brantas.... − Pembuatan pedoman Operasi dan Pemeliharaan Sungai K.. Jenis produk pekerjaan / laporan yang akan diserahkan kepada pemberi pekerjaan meliputi : a. masing-masing laporan dibuat dalam rangkap 10....4.) Direksi Pekerjaan Paraf Halaman III ...... diserahkan awal bulan berikutnya dan berisi diantaranya : b.. Laporan Rencana Mutu Kontrak (RMK) Laporan rencana Mutu kontrak berisi : Informasi kontrak...

.RENCANA MUTU KONTRAK Pekerjaan SID Prasarana Pengendali Daya Rusak Air Kali Gunting di Kabupaten Jombang a).. c)... Kesimpulan dan saran Laporan Akhir Sementara harus dipresentasikan sebelum masa kontrak pekerjaan ini berakhir kepada pihak yang akan ditentukan oleh Direksi pekerjaan dan konsultan harus membuat ringkasanya untuk bahan presentasi.. b).. Masing-masing bentuk laporan perencanaan dan gambar selain dicetak. Laporan Akhir Laporan Akhir dibuat 10 (sepuluh) buku dan difile berbentuk external hardisk digabung dengan laporan lainnya yang diberi nama file tersendiri..... Laporan Akhir Sementara Laporan Akhir Sementara dibuat rangkap 10 (sepuluh) buku berisi antara lain sebagai berikut : a). Effendie Ganie) Team Leader Paraf Diperiksa : (. b).. Foto-foto tersebut dimasukkan dalam album termasuk foto-foto dalam laporan bulanan dan diserahkan Direksi sebanyak 2 set dalam 2 album. Hasil semua kajian.1 Dibuat oleh : (Ir.. juga difile dalam bentuk external hardisk digabung dengan laporan lainnya yang diberi nama file tersendiri dan diserahkan ke proyek.... Program yang akan dilaksanakan pada bulan berikutnya dengan jelas.. c). Laporan Analisis Hidrologi Laporan Perhitungan Hidrolika Laporan penyelidikan Geologi Teknik dan Mekanika Tanah. Laporan kemajuan pekerjaan bulan tersebut secara rinci.6 . f).. diserahkan bersamaan dengan penyerahan Laporan Akhir... EDISI KE . berikut gambar-gambar Laporan Perkiraan Biaya Pekerjaan (BOQ) lengkap dengan analisa Harga Satuan Pekerjaan (HSP) dan Spesifikasi Teknik. Foto yang dimaksud adalah lokasi daerah studi...... termasuk Mobilisasi dan Demobilisasi Tenaga Ahli.. gambar c). dilengkapi dengan fotofoto kegiatan dalam bulan tersebut... h.. kondisi sungai yang kritis dan lokasi yang dianggap penting dan diperlukan... Laporan Executif Summary Laporan Executif Summary dibuat dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris rangkap 10 (sepuluh) dan difile berbentuk external hardisk digabung dengan Laporan lainnya... g. a)... e). Permasalahan dan Pemecahan yang timbul selama pekerjaan berlangsung dalam satu bulan. b). Laporan Perhitungan / Desain. Seluruh master laporan pekerjaan ini disimpan dengan baik oleh pihak konsultan dan apabila Satuan Kerja Balai Besar Wilayah Sungai Brantas... Tabel. PPK Perencanaan dan Program membutuhkan untuk dicopi lagi konsultan harus segera menyerahkan sementara untuk dicopi. f. Semua laporan harus dijilid dengan rapi agar gambar-gambar terjaga dari kerusakan.. d). A. Buku laporan hasil perencanaan antara lain : Laporan hasil pengukuran. Laporan Bulanan harus dibahas antara Team Leader dengan Direksi Pekerjaan.. d. Laporan lain-lain Laporan lain-lain yaitu foto-foto yang dicetak berikut negative film yang dibuat oleh konsultan sebagai informasi tambahan yang diperlukan untuk memperjelas hasil pelaksanaan pekerjaan konsultan termasuk sofware yang diperlukan.. e. Laporan Hasil Perencanaan Laporan perencanaan yaitu buku laporan survey dan hasil perencanaan/analisis masingmasing dicetak 10 (sepuluh) kali ukuran kertas A4 dan gambar-gambar masing-masing dicetak 10 (sepuluh) kali ukuran A3 dan 8 (delapan) kali ukuran A1...) Direksi Pekerjaan Paraf Halaman III . diserahkan bersamaan dengan penyerahan laporan akhir yang telah dibahas/dipresentasikan dan telah mendapat persetujuan Direksi pekerjaan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->