P. 1
BOT (Build, Operate and Transfer)

BOT (Build, Operate and Transfer)

|Views: 1,695|Likes:
Published by dhani2780
pemahaman tentang BOT
pemahaman tentang BOT

More info:

Categories:Types, Business/Law
Published by: dhani2780 on Sep 29, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/23/2013

pdf

text

original

Nama kelompok

: 
    
Steffan Inoe Setiawan ( B2A 606 242) Budi Surya Pradita (B2A 606 056) Tryan Budi Christanto (B2A 606 259) Surya Yudha P (B2A 606 246) Nugraha Indra (B2A 606 184) Mulia Gamaliel P (B2A 606 173)

BOT (Build, Operate and Transfer) Agreement
Perjanjian antara 2 (dua) pihak, dimana pihak yang satu menyerahkan penggunaan tanah miliknya untuk di atasnya didirikan suatu bangunan komersial oleh pihak kedua (investor), dan pihak kedua tersebut berhak mengoperasikan atau mengelola bangunan komersial untuk jangka waktu tertentu dengan memberikan fee (atau tanpa fee) kepada pemilik tanah, dan pihak kedua wajib mengembalikan tanah beserta bangunan komersial di atasnya dalam keadaan dapat dan siap dioperasionalkan kepada pemilik tanah setelah jangka waktu operasional tersebut berakhir. berakhir.

SifatSifat-sifat BOT :
Kontrak ini menjadi menarik karena?
memiliki sifat-sifat sebagai berikut : sifata. Mengurangi beban pemerintah dari segi pembiayaan. Maksudnya pembiayaan. membantu pemerintah yang harus menyediakan jaringan infrastruktur yang sangat banyak, sedangkan dana yang dimiliki pemerintah terbatas. terbatas. b. Mendorong dan memberikan kesempatan pihak swasta ikut serta dalam proyek-proyek yang umumnya dikerjakan oleh pemerintah. proyekpemerintah. c. Dilihat dari sudut pendanaan, pihak owner masih harus ikut menjamin berbagai aspek terutama bila kerjasama dilakukan dengan pihak luar negeri seperti ikut campurnya pemerintah dalam penentuan harga retribusi/sewa kepada pemakai. pemakai.

PihakPihak-pihak yang melakukan perjanjian BOT adalah: adalah:
Investor yang diberikan hak untuk mendirikan bangunan dan mengunakan atau mengusahakan bangunan tersebut selama masa BOT; BOT; Pemegang hak atas tanah yang memberikan hak kepada investor. investor.

UnsurUnsur-unsur perjanjian sistem bangun guna serah (build, operate, and transfer/BOT) atau BOT Agreement, adalah :
a. Investor (penyandang dana) (penyandang dana) b. Tanah c. Bangunan komersial d. Jangka waktu operasional e. Penyerahan (transfer) Berdasarkan unsur yang terkandung dalam perjanjian sistem bangun guna serah (build, operate, and transfer/BOT) atau BOT Agreement maka pada dasarnya ada pemisahan yang tegas antara Pemilik (yang menguasai tanah) dengan Investor (penyandang tanah) dana) dana).

Obyek dalam perjanjian sistem bangun guna serah (build, operate, and transfer/BOT) atau BOT Agreement kurang lebih :
1. Bidang usaha yang memerlukan suatu bangunan (dengan atau tanpa teknologi tertentu) yang merupakan komponen utama dalam usaha tersebut disebut sebagai bangunan komersial. komersial. 2. Bangunan komersial tersebut dapat dioperasikan dalam jangka waktu relatif lama, untuk tujuan : - Pembangunan prasarana umum, seperti jalan tol, pembangkit listrik, sistem telekomunikasi, pelabuhan peti kemas dan Sebagainya - Pemangunan properti, seperti pusat perbelanjaan, hotel, apartemen dan sebagainya. sebagainya. - Pembangunan prasarana produksi, seperti pembangunan pabrik untuk menghasilkan produk tertentu. tertentu.

Perjanjian sistem bangun guna serah (build, operate, and transfer/BOT) atau BOT Agreement terjadi dalam hal, jika :
Ada pemilik tanah atau pihak yang menguasai tanah, ingin membangun tanah, suatu bangunan komersial di atas tanahnya tetapi tidak mempunyai biaya, biaya, dan ada investor yang bersedia membiayai pembangunan tersebut. tersebut. Ada investor yang ingin membangun suatu bangunan komersial tetapi tidak mempunyai tanah yang tepat untuk berdirinya bangunan komersial tersebut, tersebut, dan ada pemilik tanah yang bersedia menyerahkan tanahnya unt tempat berdirinya bangunan komersial tersebut. tersebut. Investor membangun suatu bangunan komersial di atas tanah milik pihak lain, dan setelah pembangunan selesai investor berhak mengoperasionalkannya untuk jangka waktu tertentu. Selama jangka tertentu. waktu operasional, pihak pemilik tanah berhak atas fee tertentu. operasional, tertentu. Setelah jangka waktu operasional berakhir, investor wajib berakhir, mengembalikan tanah kepada pemiliknya beserta bangunan komersial di atasnya. atasnya.

Perjanjian BOT dibagi dlm 3 tahapan: tahapan:
Tahap pembangunan Pihak pertama menyerahkan tanahnya kpd pihak lain utk dibangun Tahap operasional Berfungsi mendapatkan penggantian biaya ats pembangunan dlm jangka waktu tertentu Dalam tahapan operasional ini dibedakan atas 2: Perjanjian BOT dengan fee Pemilik tanah dpt sejumlah fee dari pihak kedua Perjanjian BOT tanpa fee Pemilik tanah tidak dapat fee dari pihak kedua Tahap transfer Pihak kedua menyerahkan kepemilikan bangunan komersial kpd pemilik tanah. tanah.

Penghasilan Bagi Investor
Sewa dan penghasilan lain sehubungan dengan penggunaan harta;
Penghasilan sehubungan dengan hak pengusahaan bangunan seperti penghasilan dari pengoperasian hotel, pusat fasilitas olah raga, dan lain-lain; lain-

Penggantian atau imbalan yang diterima atau diperoleh dari pemegang hak atas tanah apabila masa perjanjian BOT diperpendek dari masa yang telah ditentukan. ditentukan.

Penghasilan Bagi Pemegang Hak Atas Tanah

Penghasilan yang diterima/diperoleh pemegang hak atas tanah sehubungan dengan perjanjian BOT dapat berupa:
a) Pembayaran berkala yang dilakukan oleh investor kepada pemegang hak atas tanah dalam atau selama masa BOT; b) Bagian dari uang sewa bangunan; c) Bagian keuntungan dari pengusahaan bangunan dengan nama dan dalam bentuk apapun yang diberikan oleh investor; d) Penghasilan lainnya sehubungan dengan perjanjian bangun guna serah yang diterima atau diperoleh pemegang hak atas tanah.

Unsur perikatan dalam BOT
Perjanjian Hibah bangunan komersil pada batas akhir waktu ditentukan BOT dengan fee Perjanjian sewa menyewa BOT tanpa fee Perjanjian pinjam pakai

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->