Anatomi Kulit

Oleh : Imas Rosliyanah

Definisi
Kulit adalah lapisan jaringan yang terdapat pada bagian luar, menutupi dan melindungi permukaan tubuh, berhubungan dengan selaput lendir yang melapisi rongga dan lubang, pada permukaan kulit bermuara kelenjar keringat dan kelenjar mukosa

‡ Kulit merupakan pembungkus yang elastik yang melindungi tubuh dari pengaruh lingkungan. Kulit juga merupakan alat tubuh yang terberat dan terluas ukurunya, yaitu 15 persen dari berat tubuh dan luasnya 1 ,50-1,75m². Rata-rata tebal kulit 1 -2 mm. Paling tebal (6mm) terdapat di telapak tangan dan kaki dan yang paling tipis (0,5 mm) terdapat di penis.

Lapsan Kulit ‡ EPIDERMIS ‡ DERMIS ‡ SUBKUTIS .

01 .Gambar.

Stratum Lusidum Dalam lapisan terlihat seperti suatu pita yang bening. batas sel sudah tidak jelas. mengandung zat kreatinin 2. inti selnya sudah mati.A. tidak mempunyai inti sel. Stratum Korneum selnya sudah mati. EPIDERMIS Terdiri dari beberapa lapisan : 1. .

Lapisan Epidermis 3. Stratum Granulosum stratum ini terdiri dari sel ± sel pipih seperti kumparan. sel tersebut terdapat hanya 2-3 lapis yang sejajar dengan permukaan kulit. Dalam sitoplasma terdapat butir ± butir yang disebut keratohialin yang merupakan fase dalam pembentukan kreatinin oleh karena banyak butir startum granulosum. .

Stratum Spinosum / akantosum lapisan ini adalah lapisan yang paling tebal dan dapat mencapai 0. Disebut akantosum sebab selnya berduri.Lapisan Epidermis 4. selnya disebut spinosum karena jika kita lihat dibawah mikroskop selnya terdiri dari sel yang bentuknya banyak sudut/ poligonal fdan punya tanduk ( spina ). dan mempunyai hubungan dengan sel yang lainya. ya ng disebut intercelulair bridges.2mm terdiri dari 5-8 lapisan. .

didalamnya terdapat butir yang halus disebut butir melanin warna. bentuknya silindris dengan inti yang lonjong.Lapisan Epidermis 5. . Stratum Basal disebut basal karena selnya terletak dibagian basal. stratum germinativum menggantikan sel yang diatasnya dan merupakan sel induk.

Gambar. 02 .

DERMIS Derims merupakan lapisan kedua dari kulit. .B. batas denga epidermis dilapisi oleh membran basalis dan disebelah bawah berbatasan dengan subkutis tapi batas ini tidak jelas hanya kita ambil sebagian patokan ialah mulainya terdapat sel lemak.

Lapisan Dermis 1. Retikularis Batas antara papilaris dan retikularis adalah bagian bawahnya sampai ke subkutis . Bagian atas. Bagian Bawah. Pars Papilaris ( stratum Papilar ) 2.

Papilaris dan Retikularis ‡ Lapisan dermis yang tersusun atas beberapa serabut :  Serabut kolagen : u/ kekuatan pada kulit  Serabut elastik : u/ kelenturan pada kulit  Serabut retikulus : u/ memberikan pada alat tersebut .

03 .Gambar.

penimbunan kalori. SUBKUTIS ‡ Terdiri dari kumpulan sel ± sel lemak yang disebut penikulus adiposus.C. . dan penambahan untuk kecantikan tubuh. funsi dari penikulus adiposus sendiri adalah sebagai pegas. atau untuk mempertahankan suhu.

Pembuluh Darah Kulit ‡ Terdapat 2 anyaman pembuluh daran nadi yaitu :  anyaman pembuluh nadi kulit atas atau luar : pada anyaman ini terdapat antra starnu papilaris dan retikularis  Anyaman pembuluh nadi kulit bawah atau dalam : terdapat antara korium dan subkutis .

karna selain 1/5 drah beredar melalui pembuluh darah kulit. nyeri. . emosi.‡ Peredaran darah pada kulit tentunya sangat penting sekali untk kelangsungan drajat kesehatan dan kehidupan suatu individu. tekanan sakit. pembuluh darah kuluit juga sangat rentan terjadi atropi atau hipertropi yang dipengaruhi oleh iklim.

Gambar. 04 .

Susunan Saraf Kulit ‡ Terdapat cabang saraf spinal. . permukan terdiri dari saraf motorik dan sensorik ‡ Ujung saraf motorik berguna untuk menggerakan sel otot yang terdapat pada kulit ‡ Saraf sensorik berguna untuk menerima rangsang yang terdapat dari luar atau kulit. ‡ Epidermis adalah tempat terbanyak ujung saraf yang sangat bebas menerima rangsang sakit/nyeri.

Gambar. 05 .

PELENGKAP KULIT 1. sebelah atas dasarnya terdapat papil tempat rambut tuimbuh akar berada didal.am folikel pada ujung paling dalam dan bagian sebelahluar disebut batang rambut. . Rambut Rambut tumbuh dari folikel rambut didalam epidermis folikel rambut dibatasi oleh epidermis. pada folikel rambut terdapaty otot polos kecil sebagai penegak rambut.

pubis dan jenggot ‡ Rambut pendek dilubang hidung.Rambut ‡ Rambut panjang dikepala. liang telinga dan alis ‡ Rambut bulu lanugo diseluruh tubuh ‡ Rambut seksual dipubis dan aksila .

Kuku ‡ Kuku adalah sel epidermis kulit ± kulit yang telah berubah tertanam dalam palung kuku menurut garis lekuk pada kulit. bagian yang tidak ditutupi kulit dengan kuat terikat dalam palung kulit dan bagian yang paling atas adalah yang paling bebas . palung kuku mendapat pesarafan dari pembuluh darah yang banyak ‡ Bagian proksimal terletak dalam lipatan kulit merupakan awal kuku tumbuh.2. badan kuku.

‡ Akar kuku ( radik ) .Bagian dari kuku ‡ Ujung kuku atas ujung batas ‡ Badan kuku yang merupakan bagian yang besrar.

Kelenjar Kulit ‡ Kelenjar kulit mempunyai lobulus yang bergulung gulung dengan saluran keluar lurus merupakan jalan untuk mengeluarkan berbagai zat dari badan ( kelenjar keringat ) .

bermuara pada folikel rambut. tidak terdapat pada teapak tangan ataupun kaki . banyak terdapat pada kepala.dan muka sekitar hidung. mulut dan telinga.Kelenjar Sebase ‡ Berasal dari rambut yang bermuara pada saluran folikel rambut untuk melumasi rambut dan kulit yang saling berdekatan ‡ Bentuk seperti botol.

. dan muara kelenjar. Kelenjar terdiri dari : badan kelenjar.Dua kelenjar dalam kulit ‡ Kelenjar keringat menghasilkan kelenjar sudorivera ‡ Kelenjar tulang menghasilkan kelenjar sebasea. saluran kelenjar.

Regenerasi Kulit ‡ Kulit mempunyai regenerasi yang sangat besar ‡ Setelah kulit terluka. sel dlm dermis melawan infeksi lokal kapiler. kemuduan terbentuk jaruingan parut warna merah pada mulanya karena jumlah kapiler yang banyak. ahirnya terbentuk serabut kolagen keputihan yang terlihat melalui eptel. . jaringan ikat akan mnegalami regenerasi epitel yang tumbuh dari tepi luka yang menutupi dari jaringan ikat yang bergenerasi.

Manifestasi ketuaan kulit ‡ Lapisan kulit semakin tipis karena terdapat perubahan dalam komposisi kimia zat dasar jaringan ikat ‡ Terjadi kehilangan cairan dimana elastisitas pada serat elastis dermis dan sub kutis akibbat lipatan kulit yang ditimbulkan dengan menarik jaringan dibawahnya. lambat laun akan menghilang dan akan timbul bintik pigmentasi yang beraturan .

TRIMAKASIH .