P. 1
Sifat-sifat manusia

Sifat-sifat manusia

|Views: 312|Likes:
Published by ekobd

More info:

Published by: ekobd on Sep 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/20/2012

pdf

text

original

Sifat-sifat manusia berdasarkan golongan darah

GOLONGAN DARAH Di Jepang, ada penelitian ttg karakter seseorang lebih ditentukan oleh golongan darah daripada zodiak atau shio. Kenapa? Katanya, golongan darah itu ditentukan oleh protein-protein tertentu yang membangun semua sel di tubuh kita dan oleh karenanya juga menentukan psikologi kita. Benar apa tidak? SIFAT SECARA UMUM : A : terorganisir, konsisten, jiwa kerja-sama tinggi, tapi selalu cemas(krn perfeksionis) yg kadang bikin org mudah sebel, kecenderungan Politik : " Destra " B : nyantai, easy going, bebas, dan paling menikmati hidup, kecenderungan politik: "sinistra" O : berjiwa besar, supel, gak mau ngalah, alergi pada yg detil, kecenderungan politik: "centro" AB: unik, nyleneh, banyak akal, berkepribadian ganda, kecenderungan politik > tidak tercantum BERDASARKAN URUTAN : Yg paling gampang ngaret soal waktu : 1 B (krn nyantai terus) 2 O (krn flamboyan) 3 AB (krn gampang ganti program) 4 A (krn gagal dalam disiplin YG PALING SUSAH MENTOLERIR KESALAHAN ORG : 1 A (krn perfeksionis dan narsismenya terlalu besar) 2 B (krn easy going tapi juga easy judging) 3 AB (krn asal beda) 4 O (easy judging tapi juga easy pardoning YG PALING BISA DI PERCAYA : 1 A (krn konsisten dan taat hukum) 2 O (demi menjaga balance) 3 B (demi menjaga kenikmatan hidup) 4 AB (mudah ganti frame of reference) MENURUT SURVEY, GOL DARAH YG PALING DISUKAI UNT JADI TEMAN : 1 O (orangnya sportif) 2 A (selalu on time dan persis) 3 AB (kreatif) 4 B (tergantung mood) KEBALIKAN NYA TEMAN YG PALING DISEBELIN/TIDAK DISUKAI ; 1 B (egois, easy come easy go, maunya sendiri) 2 AB (double standard)

3 A (terlalu taat dan scrupulous) 4 O (sulit mengala) MENYANGKUT OTAK DAN KEMAMPUAN : Yg paling mudah kesasar/tersesat 1B 2A 3O 4 AB YG PALING BANYAK MERAIH MEDALI DI OLIMPIADE OLAH RAGA: 1 O (jago olah raga) 2 A (persis dan matematis) 3 B (tak terpengaruh pressure dari sekitar. Hampir seluruh atlet judo. renang dan gulat jepang bergoldar B) 4 AB (alergi pada setiap jenis olah raga YG PALING BANYAK JADI DIREKTUR DAN PEMIMPIN : 1 O (krn berjiwa leadership dan problem-solver) 2 A (krn berpribadi "minute" dan teliti) 3 B (krn sensitif dan mudah ambil keputusan) 4 AB (krn kreatif dan suka ambil resiko) YG JADI PM JEPANG RATA2 BERGOLDAR. 1 O (berjiwa pemimpin) MAHASISWATOKIYO UNIV PADA UMUMNYA BERGOL DARAH : 1B YG PALING GAMPANG NABUNG : 1 A (suka menghitung bunga bank) 2 O (suka melihat prospek) 3 AB (menabung krn punya proyek) 4 B (baru menabung kalau punya uang banyak) YG PALING KUAT INGATAN NYA : 1O 2 AB 3A 4B YG PALING COCOKJADI MC : 1 A (kaya planner berjalan MENYANGKUT KESEHATAN : Yg paling panjang umur : 1 O (gak gampang stress. antibody nya paling joss!) .

1 O (nafsu makan besar. makannya cepet lagi) 2 B (makannya lama. 1 A (lemah terhadap virus dan pernyakit menular) 2 AB (lemah thd hygiene) 3 O (makan apa saja enak atau nggak enak) 4 B (makan. sesuai hukum) 4 O (baru tidur kalau benar2 capek dan membutuhkan) YG PALING CEPAT TERTIDUR : 1 B (paling mudah ngantuk. terpengaruh program diet) 4 AB (Makan tergantung mood. soto. majenun/linglung) B (lemah terhadap virus influenza. nambah terus. mudah kena anoressia) YG PALING GAMPANG DIGIGIT NYAMUK : 1 O (darahnya manis) YG PALING GAMPANG FLU/DEMAM/BATUK/PILEK . 4 sehat 5 sempurna) B (suka ambil makanan yg banyak kandungan airnya spt soup. baksodsb) AB (hobby mencicipi semua masakan. paru-paru) . "aji mumpung") YG PALING CEPAT BOTAK : 1O 2B 3A 4 AB YG TIDURNYA PALING NYENYAK DAN SUSAH DIBANGUNIN : 1 B (tetap mendengkur meski ada Tsunami) 2 AB (jika lagi mood. bahkan sambil berdiripun bisa tertidur) 2 O (Kalau lagi capek dan gak ada kerjaan mudah kena ngantuk) 3 AB (tergantung kehendak) 4 A (tergantung aturan dan orario) PENYAKIT YG MUDAH MENYERANG : A (stress. sleeping is everything) 3 A (tidur harus 8 jam sehari.2 A (hidup teratur) 3 B (mudah cari kompensasi stress) 4 AB (amburadul) YG PALING GAMPANG GENDUT . dan lagi suka makanan enak) 3 A (hanya makan apa yg ada di piring. tidur nggak teratur) APA YG DIBUAT PADA ACARA MAKAN2 DI SEBUA PESTA : O (banyak ngambil protein hewani. pokoknya daging2an) A (ngambil yg berimbang.

ciri-manusia. maka perlu cari kegiatan yg menyenangkan dan bikin lega). dan sebagainya.ken. Berserulah kepada ALLAH pada waktu kesesakan. adalah kalimat yang cukup populer di mulut manusia Indonesia. apakah sifat-sifat tersebut masih hinggap disebahagian besar masyarakat Indonesia? Satu-satunya sifat yang positif dari orang Indonesia. ~ Karena Masa Depan Sungguh Ada Dan Harapanmu Tidak Akan Hilang ~ SIFAT-SIFAT MANUSIA INDONESIA Mochtar Lubis menulis sebuah buku yang berjudul “Manusia Indonesia Sebuah Pertanggung Jawaban” yang kalau tidak salah ditulis tahun 70′an. lain di muka . ALLAH akan meluputkan engkau. dan engkau akan memuliakan DIA. Berjiwa feodal. pikirannya. jalan-jalan) AB (Krn gampang capek. setelah hampir 30 tahun. merupakan sebuah ciri utama manusia Indonesia sudah sejak lama. mudah kaget) APA YG PERLU DIANJURKAN AGAR TETEP SEHAT : A (Krn terlalu perfeksionis maka nyantailah sekali-kali. maka perlu juga mengobrol santai. meditasi.id/ciri. “Bukan saya’. Meskipun salah satu tujuan revolusi kemerdekaan Indonesia ialah untuk juga membebaskan manusia Indonesia dari feodalisme.O (gangguan pencernaan dan mudah kena sakit perut) AB (kanker dan serangan jantung. Hipokritis alias munafik. Namun kalau ditelaah. main catur) O (Krn daya konsentrasi tinggi. Segan dan enggan bertanggung jawab atas perbuatannya. sekali-kali perlu serius sedikit.indonesia/: 1. menurut Mochtar Lubis adalah sifatnya yang ’artistik’. 3. tetapi feodalisme dalam bentuk-bentuk baru makin berkembang . gak usah terlalu tegang dan serius) B (Krn terlalu susah berkonsentrasi. dan demikian seterusnya. putusannya. kelakuannya.lain di belakang. Berpura-pura. Ini sifat-sifat manusia Indonesia yang ditulis oleh Mochtar Lubis dalam bukunya “Manusia Indonesia Sebuah Pertanggung Jawaban” yang saya salin dari http://www. Atasan menggeser tanggung jawab tentang suatu kegagalan pada bawahannya. karena takut akan mendapat ganjaran yang membawa bencana bagi dirinya. sejak meraka dipaksa oleh kekuatan-kekuatan dari luar untuk menyembunyikan apa yang sebenarnya dirasakannya atau dipikirkannya ataupun yang sebenarnya dikehendakinya. web. dan bawahannya menggesernya ke yang lebih bawah lagi. 2.

singkatnya segala apa yang serba mahal. Dia cenderung boros. pantai. bukan berdasar kecakapan dan bakat leadershipnya. dalam pencalonan isteri pembesar negeri dalam daftar pemilihan umum. kita membuat tujuh macam kembang di tengah simpang empat. isteri menteri otomatis jadi ketua. dalam hubunganhubungan organisasi kepegawaian (umpamanya jelas dicerminkan dalam susunan kepemimpinan organisasi-organisa si isteri pegawai-pegawai negeri dan angkatan bersenjata). patung. 5. Kita percaya pada jimat dan jampe. Masih percaya takhyul. dan untuk menghindarkan naas atau mengelakkan bala. Isteri Komandan. keramat. dengan perasaannya. keris. dan demi untuk ’survive’ bersedia mengubah keyakinannya. bangunan. Dia senang berpakaian bagus. atau yang tidak akan pernah diterimanya. Karakter kurang kuat. itu punya kekuataan gaib. maka manusia Indonesia dekat pada alam. mobil mewah. 4. manusia Indonesia percaya bahwa batu. dan sekarang juga. Dia mudah. Dia hidup lebih banyak dengan naluri. Untuk mengusir hantu kita memasang sajen dan bunga di empat sudut halaman. dia bukan “economic animal”. Dulu. Karena sifatnya yang memasang roh. hanya memakai barang buatan luar negeri. dan semua ini mengembangkan daya artistik yang besar dalam dirinya yang dituangkan dalam segala rupa ciptaan artistik dan kerajinan yang sangat indah-indah. masih ada yang demikian. . karang. danau. Makanya kita dapat melihat gejala pelacuran intelektuil amat mudah terjadi dengan manusia Indonesia. dan manusia harus mengatur hubungan khusus dengan ini semua. variasinyam warna-warninya. dengan perasan-perasaan sensuilnya. Artistik. 7. sungai. pedang. apalagi jika dipaksa. 6. Kita mengarang mantera. Kepercayaan serupa ini membawa manusia Indonesia jadi tukang bikin lambang. Dengan jimat dan mantera kita merasa yakin telah berbuat yang tegas untuk menjamin keselamatan dan kebahagiaan atau kesehatan kita. Hari ini ciri manusia Indonesia menjelma dalam membangun rumah mewah. Tidak hemat. tuah dan kekuasaan pada segala benda alam di sekelilingnya.dalam diri dan masyarakat manusia Indonesia. jiwa. atau pengetahuan dan pengalamannya atau perhatian dan pengabdiannya. Manusia Indonesia kurang dapat mempertahankan atau memperjuangkan keyakinannya. gunung. pohon. berpesta-pesta. dan serbaneka macamnya. memakai perhiasan. sukma. pisau. Sikap-sikap feodalisme ini dapat kita lihat dalam tatacara upacara resmi kenegaraan. atau yang akan diterimanya. pesta besar. Watak yang lemah. Malahan manusia Indonesia pandai mengeluarkan terlebih dahulu penghasilan yang belum diterimanya. main golf.

atau dengan mudah mendapat gelar sarjana sampai memalsukan atau membeli gelar sarjana. ke tiga. Setiap hari kedua penjaga ini selalu berkelahi dalam hati manusia. dan dari kedudukan berpangkat cepat bisa menjadi kaya. kalau dia jujur dan pintar biasanya tidak pro pemerintah Dua Sisi Sifat Manusia Posted on October 28th. manusia Indonesia itu cuma ada tiga macam: Pertama. Manusia Indonesia juga manusia tukang tiru. 9. bahwa dalam diri manusia ada dua “Penjaga”. Gejalanya hari ini adalah cara-cara banyak orang ingin segera menjadi “miliuner seketika”. Penjaga putih dan Penjaga hitam. Manusia Indonesia kini tukang menggerutu tetapi menggerutunya tidak berani secara terbuka. Penjaga hitam selalu berpikiran negatif. Kepribadian kita sudah terlalu lemah. seperti orang Amerika membuat instant tea. 10. mudah marah dan selalu punya prasangka buruk. tdk tenang dan selalu punya prasangka buruk terhadap orang lain.8. Kalau sudah berkuasa mudah mabuk berkuasa. jadi hipi cengeng jika sedang musim hipi. Lebih suka tidak bekerja keras. Sedang Penjaga putih selalu berpikiran positif. Kalau kaya lalu mabuk harta. ke dua. Kita tiru kulit-kulit luar yang memesonakan kita. hanya jika dia dalam rumahnya. atau antara kawan-kawannya yang sepaham atau sama perasaan dengan dia. Cepat cemburu dan dengki terhadap orang lain yang dilihatnya lebih dari dia. 12. 11. Banyak nyang jadi koboi cengeng jika koboi-koboian lagi mode. . baik hati. kalau dia jujur dan pro pemerintah biasanya tidak pintar. kecuali kalau terpaksa. Manusia Indonesia juga dapat dikatakan manusia sok. dan suka hidup damai. jadi rakus. gampang marah. supaya segera dapat pangkat. kalau dia pintar dan pro pemerintah biasanya tidak jujur. 2005 in Cetivasi Dua Sisi Sifat Manusia Seorang anak bertanya kepada ayahnya mengapa dia mudah sekali tersinggung. Dia ingin tahu cara mengubah perangainya… Sang ayah berkata.

pertanyaannya Dimanakah lingkungan yang paling sering dijumpai? Tentunya rumah. Janganlah kita memberi makan kepada “penjaga hitam” yang ada dalam diri kita. prilaku akan membentuk sifat. Anak tersebut mengangguk-angguk mendengarkan nasehat ayahnya. Tetapi ini adalah cara yang cukup . membimbing kita kepada hal-hal yang baik. sedangkan Sifat bawaan (sikap) ini lebih banyak dipengaruhi oleh lingkungannya. Nah.. Memang nasib manusia berada dan ditentukan oleh Tuhan. Sifat yang diturunkan adalah hanya sifat biologisnya saja. buanglah jauh-jauh rasa iri hati. makanya terkadang kita melihat anak memiliki sikap/perilaku yang sama dengan bapaknya atau ibunya. benci dan pikiran negatif lainnya yang bisa merugikan kita. Sebelum meninggal. penjaga putih akan menyuruh kamu belajar dengan tekun tetapi sebaliknya penjaga hitam akan menyuruh kamu untuk menyontek teman sebelah kamu. maka akan membuahkan hasil yang baik. Mengapa pikiran itu begitu besar pengaruhnya?. dendam. tidak mungkin kita menuai duri”. kata sang ayah. Sebuah contoh.. Ternyata pikiran-pikiran yg kita masukkan dalam diri kita akan mempengaruhi perilaku kita sehari-hari. Yang menang adalah yg setiap hari kau beri makan. sifat akan membentuk kebiasaan dan kebiasaanlah yang akan menentukan nasib kita”. ya. Karena percayalah bahwa setiap langkah yang kita ambil atas ijin-NYA. Ingatlah bahwa : “Jika kita menanam anggur.... ucaplah syukur dan mohon kepada Tuhan agar “Dia” selalu memberikan jalan terang bagi kita. Setiap pagi setelah bangun tidur dan sebelum memulai aktifitas.. karena faktur tadi. maka tidak akan jauh berbeda sikap yang dimiliki anggota keluarga BANYAK cara untuk menilai karakter asli seseorang.Lalu siapakah yang menang? tanya si anak. Lingkungan yang paling sering dijumpainya adalah Keluarga. almarhum ayah saya pernah berkata : “Diri kita adalah apa yang kita pikirkan.. saat ujian tiba. tetapi manusia juga mempunyai pilihan untuk menentukan nasibnya sebelum hal itu terjadi.. Karena Tuhan tidak akan merubah nasib umat-Nya kalau manusia itu sendiri tidak mau merubahnya. Kita akan menjadi seperti apa yang kita pikirkan tentang diri kita. Jadi mulai saat ini masukkanlah pikiran-pikiran positif yang bermanfaat dalam diri kita. 0 Sifat-sifat bawaan manusia apakah bisa dirubah ? Sifat pada manusia itu ada yang diturunkan dan ada yang tidak.

tipe ini sangat ekspresif terhadap tekanan. artinya tipe orang ini awalnya dia bisa mengatasi tekanan yang datang. seperti halnya busa/gabus yang lentur. bisa menyesuaikan dirinya terhadap tekanan dan cepat kembali ke bentuk semula. hingga akhirnya ada yang masuk kedalam keputusasaan.sederhana untuk mengenali 4 tipe seseorang dalam menghadapi berbagai macam tekanan. tidak seterusnya dia harus bergantung dengan orang lain. tapi tipe ini ada kelebihannya setidaknya dia bisa bertahan di fase awal sebelum dia menyerah. bahkan tekanan yang didapatinya membuat dia lebih kreatif dan ekpresif untuk menghadapi semua tekanan dan kesulitan. Secara sederhana ada 4 tipe orang dalam menghadapi berbagai macam tekanan tersebut: 1. sering kali tipe ini mengalami stres dan bisa masuk ke dalam depresi hingga mendatangkan rasa putus asa. Sebab tekananlah yang sesungguhnya sangat membentuk watak dan karakter. Tipe bola bekel atau bola pingpong. pada awalnya seperti kuat menerima tekanan. seperti bola bekel/pingpong ini. sebenarnya tipe orang ini bisa dibantu untuk meningkatkan ketahanan mentalnya. dengan sedikit bimbingan dan dorongan untuk terus maju dan pantang menyerah dalam menghadapi tekanan dengan membangkitkan jiwa menantang. tapi bila tekanan itu terus menderunya lama lama ketahanan mentalnya berkurang. bila kita dampingi terus tipe orang ini bisa berkembang menjadi lebih baik dan terus menjadi lebih baik. bila tipe orang ini mau berusaha dengan keras pasti dia bisa merubah watak dan karakternya ke arah menjadi lebih baik. Tipe lempeng logam. tipe orang ini cukup baik dalam menerima tekanan. sedikit mengalami tekanan saja sudah patah arang. tapi kalau tekanan itu diterimanya terus menerus maka lempeng logam ini akhirnya akan bengkok juga. dia selalu mencari jalan keluar dalam setiap tekanan. Tipe cangkang telur. tipe orang ini. tapi kita bantu agar orang ini bisa menumbuhkan ketahanan mentalnya dengan menumbuhkan kepercayaan dirinya dari dalam. seperti lempeng logam ini. biasanya orang dengan tipe ini bisa meraih kesuksesan di bidang yang digelutinya. sebenarnya orang tipe ini bisa diperbaiki watak dan karakternya selama dia memiliki orang-orang terdekatnya yang selalu mendukung dan membantu semua kesulitannya. 4. orang dengan tipe ini sangat rapuh. 2. bila kesadaran dalam dirinya merasa tertantang untuk menghadapi semua kesulitan dan tekanan itu. artinya dari kesadarannya sendiri. tipe orang ini sangat ideal dari pada semua tipe di atas. 3. . dan umumnya tipe ini bisa bertahan dan lebih baik dalam mengatasi semua tekanan dan kesulitan. artinya tipe orang ini tidak gampang menyerah. lama-lama dia menyerah. Tipe busa/gabus (sponge). bila dibanting/ditekan makin terpantul ke sana kemari. sekaligus menentukan bagaimana orang bereaksi dengan kondisi ini dikemudian hari. tipe orang ini sangat fleksibel dalam menghadapi tekanan.

tidak acuh. optimistik. Hipocrates menggolongkan manusia dalam empat jenis karakter. Dia bertindak atas dasar . yaitu : 1. bersemangat. produktif dipadu dengan kegemaran untuk berpenampilan megah. tapi tidak mau diganggu dengan pelaksanaannya sehingga lebih suka menyuruh orang lain untuk menjalankannya. Kelemahannya ialah ia selalu berpikir negatif. dan sibuk berpikir. tapi berkat Hipocrates (460-370 SM) ~ dikenal juga sebagai Bapak ilmu pengobatan~ yang meneliti temperamen manusia. efisien. tegas. 2. tidak dapat diandalkan dan cenderung egois. dan buatlah kesadaran yg timbul dari dalam diri ini menjadi kekuatan untuk merubah grade menjadi lebih baik. termasuk yang manakah Anda? Tidak perlu risau jika Anda bukan tipe ideal seperti tipe bola bekel. licik. Dia penuh dengan ide-ide. Segala sesuatu yang dihadapi dianggap sangat penting hingga dilebih-lebihkan tapi selalu pula dapat dilupakan begitu saja. Itu bukan hanya pepatah semata. Sanguin : Pembicara Orang sanguin sangat gampang dikenali. tapi juga tidak gampang kena pengaruh. Hal itu bisa saja jadi kenyataan. yang membuatnya khawatir. Kemauannya yang keras. Kuncinya adalah harus sadar dulu akan kondisi Anda. Flegmatik : Penonton Orangnya tenang. akan menjadikan dia sangat dibenci. tidak bisa tenang/gelisah. lembut. Mungkin bukan membaca pikiran. Melankolik : Pelaksana Segala sesuatu amat penting bagi dia. idealis. cermat. dan amat perfeksionis. bisa sangat tidak berperasaan ( sarkastis) terhadap orang dekatnya sekalipun. Justru karena itu dia melihat sisi seni sesuatu. Inilah salah satu kejelekan mereka disamping tidak disiplin. 4. Tapi karena dia juga senang menguasai seseorang. suka formalitas dan kebanggan diri menjadikannya seseorang yang berbakat pemimpin. Dia adalah pusat perhatian. Dalam kehidupan sehari-hari seringkali kita diperhadapkan dalam suatu lingkungan pergaulan kehidupan sosial dimana kita berharap dapat membaca pikiran orang yang dihadapi. ramah. tiap-tiap kekurangan bisa diperbaiki gradasinya. suka bergaul/ luwes dan suka berbicara.Dari keempat tipe yang sudah dipaparkan. kita setidaknya dapat mempelajari kepribadian lawan bicara. Perasaannya adalah hal yang paling utama. Orang-orang akan menyangka dia tidak berminat atau tidak tertarik disebabkan oleh lamanya dia mengambil tindakan atas sesuatu. kurang bergairah. Dia selalu riang. berprasangka buruk. (OL-08) ang mengatakan “lebih mudah mencari 1000 musuh daripada mendapatkan seorang teman”. 3. Kolerik : Pemimpin Seorang kolerik amat suka memerintah.

seseorang mungkin memiliki suatu jenis kepribadian utama yang dipengaruhi oleh kepribadian lain. namun kali ini kita akan mencoba mengupas karakter seseorang menurut bulan kelahirannya. tapi lemah terhadap dingin * Romantis. kecuali pada saat tegang atau 'tersulut' * Cenderung menutup diri * Sangat perhatian kepada hal kecil * Cenderung tidak mudah sakit. Dari keempat temperamen diatas. tapi susah mengungkapkan cinta * Menyukai anak * Orang rumahan * Setia * Butuh meningkatkan kemampuan sosial * Mudah cemburu FEBRUARI * Pemikirannya abstrak * Menyukai realitas dan abstrak * Cerdas dan pandai * Perwatakan berubah-ubah * Temperamental * Pendiam. ada yang baik hati ada yang jahat. dan sederhana * Rendah diri . tidak tegas.keyakinannya bukan atas dorongan naluri. kikir adalah kelemahannya. pemalu. ada yang rajin ada yang malas. rapi dan terorganisir * Sensitif dan memiliki pemikiran yang dalam * Tahu cara membahagiakan orang lain * Pendiam. Tiap manusia memiliki karakter yang berbeda-beda. So. JANUARY * Ambisius dan serius * Suka mengajar dan diajar * Selalu mencari cacat dan kelemahan orang lain. yang manakah kamu? Yang mana pula kepribadian temanmu? Cocokkan saja ciri-cirinya dan kamu akan siap menyesuaikan diri dengan orang lain. Pada artikel sebelumnya telah dibahas karakter seseorang berdasar tanggal lahirnya. penakut. Suka melindungi diri. * Suka mengkritik * Pekerja keras dan produktif * Pandai. ada yang terbuka namun tak sedikit yang misterius.

* Sangat suka berteman. tapi jarang memperlihatkannya * Sangat berani.* Setia dan jujur * Bertekad kuat dalam mencapaui tujuan * Mencintai kebebasan * Memberontak jika dihambat * Menyukai agresifitas * Terlalu sensitif dan mudah sakit hati * Gampang marah * Tidak menyukai hal-hal yang kurang perlu. tapi keras kepala * Ambisius * Ingin mewujudkan impian dan harapan .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->