P. 1
Definisi Penyuluhan Pertanian

Definisi Penyuluhan Pertanian

|Views: 1,081|Likes:
Published by jonni_88888

More info:

Published by: jonni_88888 on Sep 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

12/03/2012

pdf

text

original

Definisi Penyuluhan Pertanian

Adalah proses pembelajaran bagi petani dan keluarganya serta pelaku usaha pertanian lainnya agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses pasar,tehnologi,permodalan dan sumber daya lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan produktifitas,efesiensi usaha,pendapatan dan kesejahteraannya. Buku pedoman pelaksanaan dan petunjuk teknis posluhtan BPPK KP Kab.Maros.

Adalah upaya pemerdayaan petani beserta keluarganya dan pelaku usaha pertanian lainnya untuk menyumbangkan pengetahuan,keterampilan dan sikap agar mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya untuk bekerjasama yang saling menguntungkan produktifitas,efesiensi usaha,pendapatan dan kesejahteraan. Sumber : Peraturan Bupati Maros No 13/XI/2005 BAB I Pasal I tentanbg pedoman umum penyelenggaraan penyuluhan pertanian dan kehutanan di kabupaten Maros. Sistem pendidikan nonformal Bidang Pertanian yang diperuntukan bagi Petani nelayan, dan keluarganya agar dinamika dan kemampuan dalam memperbaiki kehidupan dan penghidupan dengan kekuasaan sendiri dapat berkembang serta kesejahteraan dan fastisitasi dalam pembergunaan pertanian meningkat Sumber : Kampus Pertanian Penerbit : Peneber Swadaya. Yaitu merupakan keterlibatan seseorang untuk melakukan komunikasi,informasi di bidang pertanian yang secara sadar dengan tujuan membantu petani dan nelayan memberikan pendapat sehingga bisa membuat keputusan sendiri.

Perbedaan antara konsep andragogi dan pedagogi adalah bahwa konsep andragogi berkaitan dengan proses pencarian dan penemuan ilmu pengetahuan yang dibutuhkan manusia untuk hidup.Van Der Ban & HS. Contoh yang sederhana adalah pemberian gula pada cairan teh tawar. Perbedaan konsentrasi yang ada pada dua larutan disebut gradien konsentrasi. Sumber : UURepublik Indonesia No. sedangkan konsep pedagogi berkaitan dengan proses mewariskan kebudayaan yang dimiliki generasi yang lalu kepada generasi sekarang. Lambat laun cairan menjadi manis. Pendidikan orang dewasa berbeda dengan konsep pendidikan untuk anak-anak.tehnologi. Difusi akan terus terjadi hingga seluruh partikel tersebar luas secara merata atau mencapai keadaan kesetimbangan dimana perpindahan molekul tetap terjadi walaupun tidak ada perbedaan konsentrasi. yang sering disebut dengan istilah pedagogi.W. DIFUSI adalah peristiwa mengalirnya/berpindahnya suatu zat dalam pelarut dari bagian berkonsentrasi tinggi ke bagian yang berkonsentrasi rendah.Buku Peny. Pertanian Karangan A.perikanan dan kehutanan Pengertian Pendidikan Orang Dewasa Pendidikan Orang Dewasa atau Andragogi adalah ilmu tentang memimpin atau membimbing orang dewasa atau ilmu mengajar orang dewasa.permodalan dan sumber daya lainnya. Contoh lain adalah uap air . Adalah proses pembelajaran bagi pelaku utama serta usaha agar mereka mau dan mampu menolong dan mengorganisasikan dirinya dalam mengakses informasi pasar.pendapatan.Hawkinspirarlit karnisius.efesiensi usaha. serta meningkatkan kesadaran dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup.dan kesejahteraannya. 16 Tahun 2006 Pasal I BAB I tentang system penyuluhan pertanian. upaya untuk meningkatkan produktifitas.

3. 4. Semakin tebal membran. Sedangkan invensi adalah penemuan yang benar-benar baru . Ketebalan membran. Definisi Inovasi Inovasi adalah memperkenalkan ide baru. semakin lambat kecepatan difusi. semakin cepat kecepatan difusinya. Semakin tinggi suhu. pelayanan baru dan caracara baru yang lebih bermanfaat. Landasan Teori 1. Semakin besar jarak antara dua konsentrasi. (1996) mendefinisikan inovasi yang hubungannya dengan kreativitas adalah: Inovasi atau innovation berasal dari kata to innovate yang mempunyai arti membuat perubahan atau memperkenalkan sesuatu yang baru. Jarak. Amabile et al. Maka. barang baru. tetapi belum diketahui. namun berbeda maknanya dengan penemuan dalam arti discovery atau invention (invensi). Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kecepatan difusi. 5. semakin cepat pula kecepatan difusinya. Inovasi kadang pula diartikan sebagai penemuan.Difusi yang paling sering terjadi adalah difusi molekuler. 2. semakin cepat partikel itu akan bergerak. semakin lambat kecepatan difusinya. Ukuran partikel. Luas suatu area. partikel mendapatkan energi untuk bergerak dengan lebih cepat.dari cerek yang berdifusi dalam udara. Semakin kecil ukuran partikel. yaitu:[1] 1. Semakin besar luas area. Suhu. Discovery mempunyai makna penemuan sesuatu yang sebenarnya sesuatu itu telah ada sebelumnya. sehinggak kecepatan difusi semakin tinggi. Difusi ini terjadi jika terbentuk perpindahan dari sebuah lapisan (layer) molekul yang diam dari solid atau fluida.

Anna Poejiadi (2001) memberikan penjelasan: Secara harfiah to discover berarti membuka tutup. Kesalahan besar yang ia lakukan adalah bahwa ia yakin semua planet (termasuk bumi dan bulan) mengelilingi matahari dalam bentuk lingkaran. Dalam inovasi tercakup discovery dan invensi. Akan tetapi.sebagai hasil kegiatan manusia. Dr. dan pengembangan bola lampu pijar. Data pengamatan kemudian membuat Johanes Kepler akhirnya mampu merumuskan hukum-hukum gerak planet yang tepat. bahwa planet-planet lain juga berputar mengelilingi matahari. Inovasi diartikan penemuan dimaknai sebagai sesuatu yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang baik berupa discovery maupun invensi untuk mencapai tujuan atau untuk memecahkan masalah tertentu. Penemuan ketiga tokoh tersebut merupakan ”discovery”. Artinya sebelum dibuka tutupnya. Penemuan ini menggugah Tycho Brahe melakukan pengamatan lebih teliti terhadap gerakan planet. yang lebih penting dari sifatnya yang baru adalah sifat kualitatif yang berbeda dari sebelumnya. Nicolaus Copernicus memerlukan waktu bertahun-tahun guna melakukan pengamatan dan perhitungan untuk menyatakan bahwa bumi berputar pada porosnya. Prof. meskipun mungkin bukan baru lagi bagi orang lain. Contoh invention adalah penemuan Thomas Alva Edison (1847-1931). Kata kunci lainnya dalam pengertian inovasi adalah baru. Santoso S. bahwa bulan berputar mengelilingi matahari dan bumi. sesuatu yang ada di dalamnya belum diketahui orang. diterima atau dilaksanakan oleh si penerima pembaharuan. Sedangkan invent yang dalam kamus didefinisikan sebagai menciptakan sesuatu yang baru yang tidak pernah ada sebelumnya. Hamijoyo dalam Cece Wijaya dkk (1992 : 6) menjabarkan bahwa kata baru diartikan sebagai apa saja yang belum dipahami. mesin piringan hitam. penyempurnaan mesin telegram yang secara otomatis mencetak huruf mesin. Kualitatif berarti bahwa inovasi itu memungkinkan . yaitu penemuan perekam suara elektronik. Sebagai contoh perubahan pandangan dari geosentrisme menjjadi heliosentrisme dalam astronomi.

. dimana saja. Inovasi positif didefinisikan sebagai proses membuat perubahan terhadap sesuatu yang telah mapan dengan memperkenalkan sesuatu yang baru yang memberikan nilai tambah bagi pelanggan. kita semuanya akan tetap tinggal di guagua. teknologi. pendidikan. Inovasi negatif menyebabkan pelanggan enggan untuk memakai produk tersebut karena tidak memiliki nilai tambah. Inovasi dapat menjadi positif atau negatif. Kita berada di tengah-tengah samudera hasil inovasi. kapan saja. dsb. sosial. merusak cita rasa dan kepercayaan pelanggan hilang. ekonomi.adanya reorganisasi atau pengaturan kembali dalam bidang yang mendapat inovasi. Ada inovasi: pengetahuan. Inovasi itu tidak harus mahal. tanpa busana. Inovasi itu dapat dilakukan oleh siapa saja. Inovasi dapat dikelompokkan pula atas inovasi besar dan inovasi kecil-kecil namun sangat banyak. ICT. Kalau leluhur kita tidak inovatif. dalam kegelapan.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->