A.

Pengertian MDGs

Millenium Development Goals (disingkat MDGs) dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai Tujuan Pembangunan Milenium (TPM). Tujuan Pembangunan Milenium merupakan paradigma pembangunan global yang disepakati secara internasional oleh 189 negara anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Milenium PBB bulan September 2000 silam. Majelis Umum PBB kemudian melegalkannya ke dalam Resolusi Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa Nomor 55/2 tanggal 18 September 2000 Tentang Deklarasi Milenium Perserikatan Bangsa-Bangsa (A/RES/55/2. United Nations Millennium Declaration). Lahirnya Deklarasi Milenium merupakan buah perjuangan panjang negara-negara berkembang dan sebagian negara maju. Deklarasi ini menghimpun komitmen para pemimpin dunia, yang belum pernah terjadi sebelumnya, untuk menangani isu perdamaian, keamanan, pembangunan, hak asasi, dan kebebasan fundamental dalam satu paket. Negara-negara anggota PBB kemudian mengadopsi MDGs. Setiap tujuan memiliki satu atau beberapa target berikut indikatornya. MDGs menempatkan pembangunan manusia sebagai fokus utama pembangunan serta memiliki tenggat waktu dan kemajuan yang terukur. MDGs didasarkan atas konsensus dan kemitraan global, sambil menekankan tanggung jawab negara berkembang untuk melaksanakan pekerjaan rumah mereka, sedangkan negara maju berkewajiban mendukung upaya tersebut.

B. Tujuan dan Target MDGs Dalam Millenium Development Goals (MDGs) nterdapat delapan (8) tujuan utama yang perlu ditindak lanjuti oleh negara-negara yang mengikuti KTT ini pada tahun 2000, antara lain mencangkup: 1) Pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim Target: - Menanggulangi kemiskinan dan kelaparan, dengan mengurangi setengah jumlah penduduk yang berpendapatan kurang dari US$ 1 per hari.

2) Pemerataan Pendidikan Dasar Target : .Pemenuhan pendidikan dasar untuk semua baik . 5) Meningkatkan kesehatan ibu Target : mengurangi rasio kematian ibu menjadi tiga per empatnya. dan penyakit menular lainnya Target : menghentikan serta menurunkan penyebaran HIV/AIDS. Target: . malaria.Menurunkan angka kematian anak usia di bawah 5 tahun.Mengurangi setengah jumlah penduduk yang menderita kelaparan. dengan sasaran menjadi dua per tiganya. malaria dan penyakit menular lainnya. 7) Memberikan jaminan akan kelestarian lingkungan hidup Target : memadukan prinsip prinsip pembangunan berkelanjutan ke dalam program dan kebijakan masing-masing negara menurunkan hilangnya sumber daya alam.menghilangkan perbedaan gender baik pada tingkat sekolah dasar maupun sekolah lanjutan tingkat pertama pada tahun 2005 dan tahun 2015 untuk semua tingkat. 4) Mengurangi tingkat kematian anak Target : . 3) Mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. 6) Memerangi HIV/AIDS. Hal tersebut disertai dengan upaya agar anak-anak tetap mengikuti pendidikan di sekolah dengan kualitas pendidikan yang baik. dengan menjamin semua anak dapat menyelesaikan sekolah dasar.. mengurangi hingga setengah penduduk yg selama ini tidak dapat mengakses air bersih secara berkelanjutan .

dan kebutuhan khusus dari negara-negara terpencil dan kepulauan-kepulauan kecil.- perbaikan tempat tinggal secara signifikan terhadap sekurang-kurangnya 100 juta tempat tinggal kumuh (slum dwellers) hingga 2020. - Secara komprehensif mengusahakan persetujuan mengenai masalah utang negara-negara berkembang. dapat diterka dan tidak ada diskriminasi. 8) Mengembangkan kemitraan global dalam pembangunan Target : - Mengembangkan lebih jauh lagi perdagangan terbuka dan sistem keuangan yang berdasarkan aturan. - Membantu kebutuhan-kebutuhan khusus negara-negara kurang berkembang. terutama teknologi informasi dan komunikasi. - Mengembangkan usaha produktif yang layak dijalankan untuk kaum muda Dalam kerja sama dengan pihak "pharmaceutical". pembatalan hutang bilateral resmi. membangun adanya penyerapan keuntungan dari teknologi-teknologi baru. dan menambah bantuan pembangunan resmi untuk negara yang berkomitmen untuk mengurangi kemiskinan. Termasuk komitmen terhadap pemerintahan yang baik. pembangungan dan pengurangan tingkat kemiskinan secara nasional dan internasional. Ini termasuk pembebasan-tarif dan -kuota untuk ekspor mereka. - Menghadapi secara komprehensif dengan negara berkembang dengan masalah hutang melalui pertimbangan nasional dan internasional untuk membuat hutang lebih dapat ditanggung dalam jangka panjang. meningkatkan pembebasan hutang untuk negara miskin yang berhutang besar. menyediakan akses obat penting yang terjangkau dalam negara berkembang - Dalam kerjasama dengan pihak swasta. .

ac.id 14 Agustus 2010 Pukul 21. tujuan dan target MDGs menjadi pedoman dalam menyususn perencanaan pembangunan baik untuk jangka panjang maupun dalam jangka menengah. oleh karena itu sebagai bentuk komitmen Indonesia. RPJP Nasional adalah dokumen perencanaan pembangunan untuk periode 20 tahun yang memuat visi.. Perencanaan Pembangunan Nasional merupakan perencanaaan pembangunan yang disusun secara terpadu oleh kementerian atau lembaga sesuai dengan kewenangannya. Kaitan antara RPJP/ RPJM dengan MDGs MDGs menjadi acuan bagi setiap negara berkembang untuk mencapai kesetaraan pembangunan . Pembangunan Daerah yang mengacu pada rencana pembangunan jangka panjang nasional. misi dan program pembangunan yang penyusunannya berpedoman pada RPJP. Pemerintah Indonesia sebagai bagian dari komunitas global telah menyepakati target pencapaian MDGs.20 . MDGs telah menjadi salah satu bahan masukan penting dalam penyusunan Dokumen Perencanaan Pembangunan Nasional. pemerintah berupaya dalam setiap program-program pembangunan yang dibuatnya beracuan kepada tujuan-tujuan MDGs Pencapaian pembangunan manusia yang berhubungan dengan tujuan MDGs telah menjadi latar belakang dalam setiap pengambilan keputusan . Secara umum. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya.Perencanaan Pembangunan Nasional terdiri dari1 : y y y Rencana Pembangunan Jangka Panjang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Rencana Pembangunan Tahunan Rencana pembangunan jangka panjang (RPJP) disusun oleh pemerintah pusat/ daerah yang selanjutnya disebut sebagai RPJP Nasional/Daerah. misi dan arah pembangunan nasional.ub. MDGs telah menjadi salah satu bahan masukan penting dalam penyusunan dokumen perencanaan Pembangunan Nasional.sedangkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) merupakan penjabaran dari visi.C.saifulrachman. 1 www.

Tabel Arah Pembangunan Jangka Panjang Indonesia dan Tujuan MDGs No. malaria. beretika. bermoral. berbudaya. dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila 2 Tujuan MDGs Pengentasan kemiskinan dan kelaparan yang ekstrim Mewujudkan bangsa yang berdaya-saing Pemerataan pendidikan dasar 3 Mewujudkan masyarakat demokratis berlandaskan hukum Mendukung adanya persaman jender dan pemberdayaan perempuan 4 Mewujudkan Indonesia aman. dan bersatu Mengurangi tingkat kematian anak 5 Mewujudkan pemerataan pembangunan dan berkeadilan Meningkatkan kesehatan ibu 6 Mewujudkan Indonesia asri dan lestari Memerangi HIV/AIDS. dan penyakit menular lainnya Mewujudkan Indonesia menjadi negara 7 kepulauan yang mandiri. maju. kuat. damai. Arah Pembangunan Jangka Panjang 1 Mewujudkan masyarakat berakhlak mulia. dan berbasiskan kepentingan nasional Memberikan jaminan akan kelestarian lingkungan hidup 8 Mewujudkan Indonesia berperan penting dalam pergaulan dunia internasional Mengembangkan kemitraan global dalam pembangunan .

MDGs perlu diintergrasikan kedalam rencana Pembangunan Nasional.diharapkan upaya pencapaian tujuan-tujuan tersebut dapat lebih fokus dan menjadi sasaran pembangunan nasional.00 WIB .tujuan-tujuan MDGs telah menjadi tujuan Pembangunan Nasional .misi dan arah pembangunan Nasional Indonesia. tetapi kegiatan-kegiatan pokok pada setiap program pembangunan nasional yang tersebar diberbagai sektor secara tidak langsung menjadi bagian dari upaya untuk mencapai MDGs. 18 Agustus 2010 Pukul 21.Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) merupakan gambaran awal bagaimana visi.bappenas.Pada dasarnya.bahkan untuk beberapa sektor mempunyai tujuan yang lebih ambisius dari MDGs antara lain seperti target penurunan angka kemiskinan. Dengan adanya MDGs .secara garis besar telah mencangkup tujuan-tujuan MDGs .walaupun kurang spesifik dan masih bersifat eksplisit serta mempunyai target dan indikator yang sama persis seperti MDGs.Program-Program yang dibuat dalam rangka mencapai visi.hanya saja belum memiliki target dan indikator yang jelas dan terperinci. Sebagai komitmen bersama di tingkat Internasional yang sekaligus dianggap penting di tingkat nasional. Sedangkan RPJPM sebagai indikator bagaimana pencapaian program-program tersebut.penurunan proporsi anak dibawah lima tahun (balita) kurang gizi dan peningkatan angka partisipasi sekolah tingkat pendidikan dasar2.misi dan arah pembangunan nasional dibuat dengan berdasarkan pada pada tujuan-tujuan MDGs.sebelum MDGs dideklarasikan.org. D. pemerintah berupaya untuk mencapai kesetaraan pembangunan terutama pembangunan manusia. Dalam Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) menyebutkan mengenai permasalahan dan tantangan global 2004-2009 yang harus dihadapi. Dalam Gambaran awal ini. Pajak sebagai Instrumen Mencapai MDGs 2 www.

E. Issue Pembangunan Berkelanjutan .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful