KIMIA UNSUR

Karbon IV A / 2
Karbon merupakan salah satu unsur yang digunakan secara luas karena mampu membentuk berbagai macam senyawa. Selain itu, unsur karbon mampu berikatan dengan dirinya sendiri membentuk rantai karbon dalam bentuk ikatan tunggal rangkap, maupun rangkap 3. Karbon mempunyai banyak alotrop, grafit, merupakan bentuk yang paling lunak. Sedangkan intan merupakan bentuk yang paling keras dari karbon. Grafit salah satu zat non logam yang mampu menghantarkan panas dengan baik. Sifat fisis : Nomer atom Konfigurasi electron Massa atom relative Jari-jari atom Titik didih Titik lebur Elektronegatifitas Potensial Standar Energi ionisasi :6 : [He] 2s2 2p2 : 12,011 : 0,91 A : 5100 K : 3773 K : 2,55 :± : ke-1 :1086,5 kJ/mol Ke-2 :2352,6 kJ/mol Ke-3 :4620,5 kJ/mol : 2,26 g/cc @300K ::-

-

Densitas Penemu Tahun ditemukan

Sifat kimia : Karbon sangat tak reaktif pada suhu biasa. apabila karbon bereaksi, tidak ada kecenderungan dari atom-atom karbon untuk kehilangan elektron-elektron terluar dan membentuk kation sederhana seperti C4+. Ion ini akan mempunyai rapatan-rapatan muatan begitu tinggi sehingga eksistensinya tidaklah mungkin. Kegunaan: Untuk membuat pensil Untuk perhiasan Sebagai pemotong kaca

jika dicampur dengan sedikit unsur lain.7%) dan isotop 30 (3. melalui reaksi: Silikon murni berstruktur seperti Intan ( tetrahedral) sehingga sangat keras dan tidak menghantarkan listrik. silikon bersifat semikonduktor (sedikit menghantarkan listrik).0855 : 01. Itulah .- Bahan pembuat plastic Sebagai pewarna Silikon IV A /3 Merupakan unsur elektro positif yang paling banyak dijumpai.46 A : 2628 K : 1683 K : 1. silikon dikulit bumi terdapat dalam berbagai bentuk silikat. Isotop alaminya terdiri atas isotop 28 (92. seperti kalkulator dan Komputer.3 kJ/mol : 2. Unsur ini dapat dibuat dari silikon dioksida (SiO2) yang terdapat dalam pasir.5 kJ/mol ke-3 : 3228. yaitu senyawa silikon dengan oksigen.1%) Sifat fisis : Nomer atom Konfigurasi electron Massa atom relative Jari-jari atom Titik didih Titik lebur Elektronegatifitas Potensial Standar Energi ionisasi : 14 : [Ne] 3s2 3p2 : 28. Memiliki sifat kimia seperti logam lain. Berzelius : 1824 - Densitas Penemu Tahun ditemukan Sifat Kimia: SilikSilikon murni berwujud padat seperti logam dengan titik lebur 14100C. elektronik. seperti alumunium (Al) atau boron (B).2%) isotop 29 (4.9 :± : ke-1 : 786. yang diperlukan dalam berbagai peralatan.33 g/cc @300K : Jons J.3 kJ/mol ke-2 : 1576. Ditemukan pada banyak senyawa dioksida dan berbagai macam silicate yang ada di alam.

magnesium dan tembaga. keras. meskipun nitrogen stabil sebagai unsure tunggal. pasir. seperti: Batuan dan mineral yang mengandung silikon. Sebuah contoh dari zat padat demikian. Ammonium nitrat banyak digunakan sebagai bahan peladak pada tambang karena murah dan mudah diproduksi di lokasi penambangan. Untuk itu dibutuhkan silikon yang kemurniannya sangat tinggi dan dapat dihasilkan dengan reaksi: Jari-jari silikon lebih besar dari karbon. . dan dengan halogen membentuk halide. Untuk membuat enamel Untuk membuat IC Pembuatan Silikon : Silikon dapat dibuat dari reduksi SiO2 murni dengan serbuk aluminium pada suhu tinggi. hanya ikatan tunggal ( ).sebabnya silikon merupakan zat yang sangat penting dalam dunia modern. Karena itu silikon tidak reaktif pada suhu kamar dan tidak bereaksi dengan asam. yang terdapat dialam dalam bentuk kuarsa. sehingga tidak dapat membentuk ikatan (rangkap dua atau tiga) sesamanya. namun beberapa senyawanya justru sangat reaktif. aqata (akik). Pada suhu tinggi. yang setiap keping darinya merupakan suatu kisi yang kontinu terdiri dari atom-atom yang terikat erat. dan seterusnya. Nitrogen V A / 2 Merupakan unsur yang banyak terdapat di udara . dengan reaksi seperti berikut. adalah silikon dioksida. umumnya merupakan zat padat yang mempunyai titik tinggi. silikon dapat bereaksi dengan hidrogen membentuk hidrida. tetapi dapat bereaksi dengan basa kuat seperti NaOH. Kegunaan: Dipakai dalam pembuatan kaca Terutama dipakai dalam pembuatan semi konduktor Digunakan untuk membuat aloi bersama aluminium.

hanya tumbuh-tumbuhan dari keluarga leguminosa yang mengambil nitrogen dari udara. kemudian didinginkan dengan pendingin. komponen yang paling mudah menguap. Udara dingin mengembang melalui celah dan hasilnya adalah udara yang suhunya lebih dingin. Senyawaan nitrogen di alam.3 kJ/mol Ke-2 :2856 kJ/mol Ke-3 :45781 kJ/mol : 1.04 :± : ke-1 :1402. antara lain seperti berikut.2506 g/cc @300K : D. Rutherford : 1772 - Densitas Penemu Tahun ditemukan Kegunaan: Digunakan sebagai dasar industry seperti industry ammonia Dalam wujud cair. Tumbuh-tumbuhan. Pembuatan Nitrogen : Nitrogen dibuat dengan penyulingan bertingkat udara cair. amonia. dan berbagai senyawa organik. keluar sebagai gas. Selanjutnya udara cair disaring untuk memisahkan unsur CO2 dan hidrokarbon. gas argon keluar dan oksigen cair sedang komponen yang paling sulit menguap terkumpul di dasar kolom. Udara bersih dimasukkan ke dalam kompresor.75 A : 77. Zat telur (protein). dan pada pertengahan kolom.5 K : 63.kelimpahan Nitrogen : Nitrogen dalam keadaan bebas sebagai N2.00674 : 0. obat-obatan dan bahan peledak Garam nitrat dapat digunakan sebagai pupuk.29 K : 3. kembang api dan bahan peledak. . Sifat Fisis : Nomer atom Konfigurasi electron Massa atom relative Jari-jari atom Titik didih Titik lebur Elektronegatifitas Potensial Standar Energi ionisasi :7 : [He] 2s2 2p3 : 14. Nitrogen di udara terdapat kurang lebih 80% dari volume udara. kemudian didistilasi dengan cara udara cair memasuki bagian puncak kolom di mana nitrogen. cukup untuk menyebabkan mencair. digunakan sebagai pelindung berbagai macam bahan karena sulit teroksidasi Asam nitrat digunakan dalam pembuatan zat warna.

antara lain seperti berikut ini.429 g/l @273 K & 1 atm : Joseph Priestley. .9 kJ/mol Ke-2 : 3388.Oksigen VI A/ 2 Terdapat di udara bebas dan selalu diperbaharui oleh tumbuhan. Selain itu juga melindungi bumi dari radiasi sinar ultra violet yang dapat merusak kehidupan H2O2 dapat digunakan sebagai pemutih pakaian dan oksidator Pembuatan dan identifikasi gas oksigen Oksigen dapat dibuat dengan beberapa cara.5 kJ/mol : 1.65 A : 90.5 K : 3. Atom oksigen yang terurai bereaksi dengan molekul oksigen sehingga terbentuk ozon.33 K : 50. Ozon terbentuk karena molekul oksigen terurai akibat penyinaran oleh sinar ultraviolet. Dua bentuk senyawa yang sering digunakan adalah air dan (H20) dan hydrogen peroksida (H202) Sifat Fisis : Nomer atom Konfigurasi electron Massa atom relative Jari-jari atom Titik didih Titik lebur Elektronegatifitas Potensial Standar Energi ionisasi :8 : [He] 2s2 2p4 : 15. Jumlahnya di atmosfer mencapai 21%. Digunakan O3 dapat digunakan dalam proses pemurnian air. Carl Wilhelm Scheele : 1774 - Densitas Penemu Tahun ditemukan Kegunaan: Digunakanterutama sebagai sumber kehidupan. Oksigen mempunyai 2 bentuk alotrop yakni : O2 dan O3 (ozon).994 : 0.44 :± : ke-1 : 1313.3 kJ/mol Ke-3 :5300.

Digunakan dalam baterai.6 kJ/mol Ke-2 :2252 kJ/mol Ke-3 :3357 kJ/mol : 2. Senyawa sulfur yang utama adalah SO2 dan SO3.58 : -0. Sifat Fisis : Nomer atom Konfigurasi electron Massa atom relative Jari-jari atom Titik didih Titik lebur Elektronegatifitas Potensial Standar Energi ionisasi : 16 : [Ne] 3s2 3p4 : 32.Belerang VI A / 3 Zat murninya tidak berbau dan tidak berasap. Memiliki struktur yang beragam. SO3 diperoleh dari oksidasi SO2 dengan katalis vanadium.066 : 1.09 A : 717. SO2 meruapakan gas yang mudah larut dalam air sehingga pada saat hujan akan menyebabkan hujan asam yang merusak bangunan dan tumbuhan. . Komponen murninya tidak beracun namun senyawa yang terbentuk kebanyakan berbahaya bagi manusia.9 K : 388. Efek merusak tersebut dapat dikurangi dengan cara melewatkan air yang telah tekontaminsai pada padatan CaCO3.51 V : ke-1 :999. Dipakai sebagai fungisida dan pembuatan pupuk. Secara alami banyak terdapat di gunung api.07 g/cc @300K : : - Densitas Penemu Tahun ditemukan Kegunaan : Dipakai sebagai bahan dasar pembuatan asam sufat. SO3 merupakan bahan utama untuk membuat asam sulfat. tergantung kondisi sekitar.51 K : 2.

yang akhinya membuang belerang. air yang dipanaskan masuk ke dalam sumber mata air untuk mencairkan belerang. Namun sekarang. Menggunakan proses Frasch. - . Awalnya hal ini dilakukan secara kimiawi. namun belerang harus dihilangkan dari keduanya. Dipakai pada korek api dan kembang api. Dipakai sebagai pelarut pada berbagai proses. Sejumlah besar belerang diambil dari ladang gas Alberta. Pembuatan : Belerang dihasilkan secara komersial dari sumber mata air hingga endapan garam yang melengkung sepanjang Lembah Gulf di Amerika Serikat. proses yang baru memungkinkan untuk mengambil kembali belerang yang terbuang. yang kemudian terbawa ke permukaan. Belerang juga terdapat pada gas alam dan minyak mentah.- Dipakai pada serubuk senjata.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful