APAKAH KITA BENAR-BENAR PERLU PEMUTIH? Cobalah duduk di depan televisi selama dua jam saja.

Kita-kira sudah berapa kali iklan produk-produk pemutih kulit muncul di layar kaca? Pasti lebih dari sekali. Tapi, apakah benar kita memerlukan pemutih kulit? Benarkah dengan pemutih kulit, kita bisa menarik perhatian kaum pria, bahkan langsung bisa mendapatkan restu calon mertua? Benarkah produk pemutih kulit memiliki efek yang begitu dasyat? Mari kita telusuri bersama-sama!!! Beberapa Hal Yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pemutih Dalam sebuah artikel di Kompas (Mei 2001) disebutkan bahwa krim pemutih bisa digolongkan sebagai kosmetik dan obat, tergantung jenis dan kadar zat berkhasiatnya. Krim pemutih itu sendiri merupakan campuran bahan kimia dan atau bahan lainnya dengan khasiat bisa memucatkan noda hitam atau coklat pada kulit. Tujuan penggunaannya dalam jangka waktu lama agar dapat menghilangkan atau mengurangi hiperpigmentasi (lebihnya zat warna pada kulit). Tapi, bahayanya, penggunaan yang terus menerus justru akan menimbulkan pigmentasi dengan efek permanen. Dalam artikel yang sama juga disinggung tentang produk pemutih instan, umumnya bisa menimbulkan efek rebound yaitu memberikan respons berlawanan saat pemakaian dihentikan. Mulanya memang menggiurkan, hanya dalam hitungan minggu tampak terlihat perubahan seperti kulit menjadi kenyal, mulus, kerutan hilang, dan lebih putih. Tetapi begitu dihentikan, kulit menjadi hitam atau timbul flek-flek bahkan mereah seperti udang rebus. Pemakaian hidroquinon yang berlebihan akan menimbulkan iritasi kulit langsung, dan jika dihentikan kulit akan kembali seperti semula bahkan lebih buruk. Lebih parah lagi, zat merkuri yang terkandung dalam krim pemutih, memang menjadikan kulit tampak putih mulus, tapi lama kelamaan akan mengendap di bawah kulit. Padahal, pemakaian merkuri sebagai bahan dasar sudah dilarang. Setelah bertahun-tahun kulit akan biru kehitaman bahkan dapat memicu timbulnya kanker. Iklan Produk Pemutih Bagaimana caranya agar produk pemutih kulit dikonsumsi oleh banyak konsumen? Jawabannya mudah: iklan. Iklan di media televisi memiliki pengaruh yang sangat besar. Jean Baudrillard mengemukakan teori yang dikenal dengan teori tanda, yang mengatakan bahwa media penyiaran, terutama televisi sekarang menciptakan hiperrealitas, dimana kenyataan yang sebenarnya menjadi larut dan tidak penting lagi. Dalam konteks pemutih kulit, bisa berarti konsumen sudah diberi informasi bahwa putih itu indah, begitu terus menerus sehingga kenyataan yang sebenarnya tidak penting lagi (Kompas, Februari 2001). Sebenarnya, periklanan kosmetik sudah diatur dalam Permenkes RI

pacar lamanya pun menyesal dan ingin sang kekasih kembali bersamanya.No. tidak usah bersedih hati atau menyesali keadaan dirimu. sampai-sampai bisa membuat para pria bertekuk lutut. Pertama. Semenjak SD pun bapak dan ibu guru kita sudah memberi tahu bahwa warna kulit orang-orang Indonesia termasuk dalam kategori sawo matang. sebelum memiliki kulit putih. melalui jingle dan adegan iklan ini. Ambil saja salah satu contoh iklan produk pemutih wajah di televisi yang kira-kira bunyinya seperti ini: Kau kini begitu putih dan mempesonaku Kuingin kau kembali. atau kata lain yang semakna seolah-olah untuk mengobati suatu penyakit. muncul kata-kata “kulit menjadi lebih putih dalam enam minggu”. Seiring dengan adegan tersebut. meskipun bahasanya tidak melanggar peraturan. Lalu berdasarkan fakta-fakta ini. persepsi yang ditimbulkannya yang membuat seolah-olah produk tersebut memiliki efek terapi (Kompas. Dulu. si wanita tampak sangat menarik karena memiliki kulit putih. Masalahnya. bagaimana nasib para perempuan yang memiliki kulit coklah atau kehitaman? Apakah mereka dianggap tidak menarik hanya karena memiliki kulit seperti itu? Jika kamu adalah salah satu dari sekian banyak wanita yang tidak termasuk kategori putih dan mempesona (entah karena kulitmu hitam. Dengan munculnya trend pemutih kulit ini. coklat atau sawo matang). Ini hanyalah sebuah contoh saja. pasti lebih banyak lagi iklan-iklan serupa yang akan kamu temui. Kini. Wah…. setelah kulitnya lebih putih.386/1994 yang melarang penggambaran seolah-olah dapat mempengaruhi fisiologis dan atau metabolisme tubuh. Kenapa? Karena: 1. juga dilarang menggunakan kata-kata mengobati. kenapa kita harus menyesali diri jika kulit kita tidak termasuk . Iklan ini membangun persepsi konsumen maupun calon-calon konsumen yang pastinya wanita dengan dua cara. oh. Bukan hanya itu. Tapi lamunan sang pria buyar dengan kedatangan kekasih wanita tersebut. Kedua. Jika kamu mau bertahan lebih lama di depan televisi. bahkan pacarnya sendiri. Mei 2001). 1. dasyat sekali efek sebotol krim pemutih wajah. menjanjikan efek terapi dengan kata-kata “kulit menjadi lebih putih dalam enam minggu”. menyembukan. ia tidak dapat menarik perhatian para pria. ia bisa mendapatkan seorang pacar baru. kita semua tahu bahwa Indonesia adalah negara tropis. sayangku Jingle iklan ini diputar seiring dengan adegan sang pria yang sedang menatap seorang wanita yang begitu putih dan mempesona. Iklan-iklan yang seolah-olah bisa membuat hidup lebih baik dengan menjadikan perempuan tampak lebih menarik.

14 Mei). ia harus memiliki kulit yang putih dan bersih. Kompas. Lisa. Ketika membeli alas bedak dibagian tubuh mana yang kita harus coba? Idealnya. 3. tujuan dari dikeluarkannya sebuah produk adalah agar produk tersebut dikonsumsi. tetapi hal tersebut sukar dilakukan. Salah satunya adalah harus tampil menarik. Segala cara ditempuh oleh iklan. cantik dan bersih. cobalah foundation pada garis dagu yang berbatasan dengan leher. YLKI: Krim Pemutih Mengandung Merkuri (2001. jangan minder jika kulitmu tidak putih. Inilah yang menjadi santapan empuk produsen pemutih kulit. Jangan mencoba dipunggung tangan karena warna kulit bagian tersebut berbeda . foundation dicoba pada kulit wajah. Tidak Putih Juga Cantik (2001. sih? Jadi. Iklan adalah salah satu cara yang ditempuh agar para konsumen membeli produk yang dibuat dan kemudian produsen mendapatkan untung yang sebesarbesarnya. Sumber: Putih Itu Cantik. Maka agar perempuan dapat tampil cantik dan menarik. apa jadinya dunia ini jika semua perempuan seragam… berkulit putih. Masa. Kompas. Putih diidentikkan dengan bersih dan menarik. perempuan memiliki berbagai tuntutan peran-peran sosial yang diciptakan oleh masyarakat.kategori putih dan beramai-ramai mengkonsumsi produkproduk pemutih kulit? 2. Jadi sebenarnya jingle dan adegan iklan ini adalah akal-akalan si produsen agar para konsumen yang tidak termasuk dalam kategori putih membeli produk pemutih kulit sesuai dengan image yang diciptakannya.11/III/18-24 Maret 2002 Apa saja yang ingin Anda ketahui tentang produk perawatan dan rias kulit? Berikut adalah pertanyaan paling banyak diajukan pembaca. 25 Februari). Lagi pula. Karena itu. Usahakan memilih warna sedekat mungkin dengan warna bagian dagu tersebut agar rias wajah Anda tampak alami. salah satunya adalah menciptakan image wanita yang putih dan mempesona.

Jika kulit Anda normal cenderung kering. dan Anda banyak berada di ruang ber AC. terlebih jika Anda usia 20 tahun lebih. Apakah krim-krim anti selulit benar-benar mampu menghilangkan selulit? Selulit beda dengan jerawat karena tidak bisa "dihilangkan" hanya dengan pemakaian krim secara topikal (pengolesan) ada beberapa metode yang . Apakah kita harus menggunkana pelembab? Tergantung pada kulit serta lingkungan. Gunakan bedak padat untuk merapikan kembali rias wajah atau menyerap minyak dalam. Tetapi jika luit Anda jenis kombinasi maupun berminyak . cobalah sedikit dibagian kulit yang tersembunyi. Gunakan hanya pada bagian yang terasa sangat kering. Anda tidak harus menggunakan pelembab pada seluruh wajah. Apakah produk yang menggunakan bahan alami pasti aman untuk kulit? Tidak. Untuk sehari-hari dianjurkan menggunakan pelembab ringan. Bedak tabur maupun padat sebetulnya sama saja. Kulit daerah mata lebih kering dan peka dibanding dengan kulit wakah yang lainya sehingga daerah inilah yang biasanya pertama kali menunjukkan gejala penuaan. karena kita hidup didaerah tropis. Apakah pelembab mata mutlak digunakan Ya. Karena itu. Bahkan bahan alamipun dapat menimbulkan reaksi alergi terhadap orang yang peka. Bedak padat adalah bedak tabur yang dipadatkan sehingga muda dibawah kemana-mana. Selain itu bedak tabur memiliki tekstur lebih halus dibanding dengan bedak padat sehingga sesuai digunakan untuk rias di rumah.dengan warna maupun tekstur dengan kulit wajah Anda. ganti dengan teksturnya yang lebih ringan seperti pelembab mata dalam bentuk lotion maupun gel. gunakanlah pelembab ringan. Jika timbul bintilbintil seperti jerawat diseputar mata ketika menggunakan pelembab mata. bedak tabur atau bedak padat. Kulit setiap orang memiliki kepekaan yang berbeda. Mana yang lebih baik. jika Anda ingin menggunakan produk baru.

serta menekan pertumbuhan zat melanin (zat pemberi warna gelap) pada kulit. Krim tersebut umumnya efektif memperbaiki tekstur kulit dan menyamarkan selulit. Krim-krim anti selulit yang dianjurkan umumnya mengandung bahan pelembab serta pengencang kulit dan bahan-bahan lain yang dipercaya mampu melancarkan pembuangan toksin. Caranya dengan mengurangi mengkonsumsi lemak serta berolah raga. Juga jika Anda mudah berkeringat pilih jenis tabir surya yang tak tahan air. Jalan terbaik mengatasinya adalah dengan menyamarkan kulit yang menyebabkan kulit nampak bergelombang. Untuk kulit yang sensitif pilih tabir surya yang bebas pewarna serta pewangi. liposuction. Sumber: Majalah Lisa . bukan menghilangkan selulit. tetapi jika Anda banyak melakukan kegiatan di udara terbuka sebaiknya gunakan SPF 25-30. mesotherapy dan sebagainya. Semua ini akan memberikan hasil kulit yang lebih mulus dan bersih. Memang SPF 15 dianjurkan jumlah paling rendah dari tabir surya. yang tidak bisa diubah dengan menggunakan krim. Sebab warna kulit terganting dari pigmen yanga da dalam tubuh.dilakukanoleh dokter kulit untuk menghilangkan selulit seperti endermologie. sehingga tubuh nampak lebih segar dan kencang dan tumpukan lemak berkurang. tetapi tidak akan mengubah drastis warna kulit alami. Seberapa jauh evektivitas krim pemutih? Kulit yang secara almi berwarna gelap atau sawo matang tidak akan erubah menjadi putih dengan menggunakan krim pemutih. Apakah tabir surya dengan mengandung SPF 15 cukup untuk aktivitas sehari-hari? HAl ini tergantung dari jenis aktivitas Anda. Manfaat penggunkaan krim pemutih adalah mencerahkan kulit dengan memudarkan warna gelap pada kulit akibat sengatan matahari. Penggunaan pelembab yang teratur disertai pemijatan ringan juga dianjurkan. Metode ini relatif mahal dan tidak mampu menghilangkan selulit secara permanen.