P. 1
ALAT MUSIK

ALAT MUSIK

|Views: 1,553|Likes:
Published by محمد سليم

More info:

Published by: محمد سليم on Sep 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

04/29/2013

pdf

text

original

ALAT MUSIK MELODIS

GAMBUS Karena ketertarikan terhadap musik Arab klasik, saya mulai menggemari sebuah alat musik khas timur tengah, oud. Alat musik petik tanpa fret dan berbentuk gembung ini lebih dikenal di Indonesia dengan nama gambus. Transmisi Arab-Islam ke Indonesia melalui jalur Yaman membawa pula aspek kesenian dan kebudayaan Arab ala Yaman ini. Di masa lalu ,alat musik petik gambus (berasal dari kata asli qanbus yang dibaca dengan dialek Arab teluk menjadi gambus) adalah representasi dari alat musik petik dari negeri Yaman. Tetapi alat musik ini lama-kelamaan digeser keberadaannya oleh oud yang penggunaanya lebih populer di negar-negara Timur Tengah lainnya. Dibanding dengan gambus, oud memiliki neck yang lebih sempit, tetapi mempunya tabung resonansi yang lebih tebal. Namun karena yang lebih dahulu dikenal adalah gambus, maka alat musik oud juga dikenal pula sebagai gambus di Indonesia.

OBOE Oboe adalah alat musik melodis (tiup) memberikan suara amat halus, ekspresif.

yang

mampu

. Harpa/Harp Harpa adalah salah satu alat musik melodis yang dipetik.PIANO Piano adalah salah satu alat musik modis yang dapat mengeluarkan nada indah..

Piccolo adalah flute kecil ditalakan satu oktaf lebih tinggi dari standar konser seruling. . Seruling konser modern telah banyak pilihan. Ditandai dengan suara lembut dan suling dapat dikombinasikan dengan instrumen lainnya dengan baik. HARMONIKA Harmonika adalah sebuah alat musik yang paling mudah dimainkan. atau logam dilapisi perak. bagaimanapun. Sedangkan flute untuk siswa umumnya terbuat dari nikel-perak. B kaki bersama. Namun beberapa pemain flute (terutama para siswa. Hanya tinggal meniup dan menghisapnya harmonika akan mengeluarkan suara yang cukup bagus. Piccolo juga umumnya digunakan dalam orkestra. Siswa umumnya menggunakan penutup sementara untuk menutup lubang tersebut sampai mereka berhasil menguasai penempatan jari yang sesuai. Beberapa orang percaya bahwa kunci-lubang terbuka mampu menghasilkan lebih keras dan lebih jelas pada nada rendah. dan bahkan beberapa ahli) memilih dataran tinggi lubang kunci tertutup. Buka-bersembunyi seruling. adalah pilihan ekstra untuk model menengah ke atas dan profesional. Namun. Ditalakan konser seruling standar di C dan memiliki jangkauan nada 3 oktaf dimulai dari tengah C. Modern seruling untuk ahli umumnya terbuat dari perak. juga disebut Perancis Flute (di mana beberapa key memiliki lubang di tengahnya sehingga pemain harus menutupnya dengan jarinya) pada konserpemain tingkat umum. hanya pada pikolo tinggi lebih dari suling. Thumb key B-flat (diciptakan dan dirintis oleh Briccialdi) standar. emas atau campuran keduanya.Seruling Suling adalah alat musik dari keluarga alat musik tiup kayu. dalam beberapa flute para ahli ada kunci tambahan untuk mencapai nada B di bawah C tengah yang berarti flute merupakan salah satu orkes Instrumen yang tinggi.

Lincoln. Pada akhirnya. Conn. dan model. Yanagisawa. Harmonika modern ditemukan pada tahun 1821 oleh Christian Friedrich Buschmann. Hohner telah memproduksi lebih dari 90 model harmonika yang berbeda jenis. country. Bisnis instrumen Harmonika dimulai pada tahun 1857 saat pengrajin jam Jerman bernama Matthias Hohner memutuskan untuk menjadi produsen harmonika. ska dan bermacam-macam lainnya. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Dengan bantuan dari keluarganya. L. Lark dan Subaru. Pemain saksofon disebut saksofonis. Sekarang.Harmonika berasal dari alat musik tradisional China yang bernama 'Sheng' yang telah digunakan kira-kira 5000 tahun yang lalu sejak kekaisaran Nyu-kwa. rock. Yang memungkinkan untuk memainkan berbagai macam gaya musik mulai dari pop. Selmer. nada yang dibuat oleh Richter disebut sebagai nada diatonis dan merupakan nada standard harmonika. Pada 1887 Hohner telah memproduksi lebih dari 1 juta harmonika per tahunnya. Desain awal dari Buschmann akhirnya banyak ditiru dan dimodifikasi menjadi lebih baik. ia dapat memproduksi 650 harmonika tahun itu. big band music dan jazz.Sax. Saksofon Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam keluarga woodwind. Weril. Yamaha. . La Fleur. Hohner memperkenalkan harmonika ke Amerika Utara pada 1862 sebuah langkah yang membawa pabrikan Hohner menjadi produsen nomor satu utnuk harmonika. Jupiter. nada. blues. Pada saat ini terdapat berbagai macam merk saksofon yang beredar di pasaran seperti. Saksofon umumnya dihubungkan dengan popular music.A. Pada tahun 1826 ia mengembangkan variasi harmonika dengan 10 lubang tetap dan 20 pelat getar dengan pemisahan fungsi pelat yang ditiup dan yang dihisap. Salah satu contohnya adalah harmonika buatan Richter yang merupakan desain awal dari sebuah harmonika modern. tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer. Sebuah instrumen musik tiup sederhana yang terdiri dari plat-plat getar dari logam yang disusun secara horozontal dengan desain yang kurang baik dan hanya menyediakan nada tiup kromatis.

Beberapa nama pemain saksofonis Indonesia yang terkenal : Embong Rahardjo (alm).S. Didiek S.S. Kenny Joe . Paulus Cucuripet.

ALAT MUSIK HARMONIS GITAR Artikel ini akan bercerita tentang sejarah yang diketahui tentang instrumen gitar sebelum tahun 1650. Alat musik ini dikembangkan dari alat musik Arab yang bernama Oud dan memiliki antara 12 sampai 24 senar dimana alat musik ini dimainkan dengan memetik sepasang senar untuk 1 nada (seperti Anda memainkan gitar 12-senar). Bridge nya tidak memiliki saddle dan tuning head nya mirip dengan biola. Fret dan soundboard memiliki ketinggian yang sama. Senarnya dibuat dari catgut (sheep intestine) dan fretnya dibuat dari catgut yang diikat di seputar fingerboard/neck dengan beberapa fret dari kayu atau gading yang dilekatkan pada ujung atas soundboardnya. Theorbo merupakan variasi dari lute dengan beberapa extra senar. BIOLA . berbeda dengan fret gitar jaman modern yang pada umumya lebih tinggi dari soundboardnya dan banyak inlay nya yang merupakan ornamen-ornamen. Bentuk instrumen ini menyerupai buah pir dan dibulatkan belakangnya seperti setengah bentuk buah melon. Disebut yang diketahui karena banyak evolusi tentang instrumen ini tidak diketahui tetapi hanya diambil dari gambar-gambar. Perbedaannya dengan lute adalah bahwa Theorbo memiliki senar extra seperti tersebut diatas dan tuning head yang sejajar dengan necknya. dimana tuning head untuk lute mirip dengan biola. Alat musik Lute dari Eropa akan menjadi awalnya. Nadanadanya mencakup nada bass-bariton. pahatan dan lain-lainnya.

Nada yang paling rendah adalah G. AKOR DEON . Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Alat musik dawai yang lainnya. Di antara keluarga biola. bas. Kertas musik untuk biola hampir selalu menggunakan atau ditulis pada kunci G. biola memiliki nada yang tertinggi. yaitu dengan viola dan cello. secara teknis masuk ke dalam keluarga viol.Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->