BAHASA INDONESIA MENGANALISA PUISI

OLEH :

NI WAYAN ERNAYANTI

(X5)

SMA NEGERI 1 SUSUT 2010/2011

Cinta juga bisa menerangi jiwa bagaikan crystal yang menerangi hati.Tercermin dalam larik puisi”cinta yang bentuk krystal lembut dihati atau cinta yang memancar terangi krystal hatimu.Hal ini dipertegas dalam larik puisi “ Cinta hanya karna cinta padanya atau cinta kepadanya adalah cinta sebenarnya”. Pada larik puisi “cinta dalam ketentuan aqidahnya atau cinta yang bersenandung surga” artinya cinta akan kodrat tuhan dan hanya beliau yang mengatur semuanya.Danjuga karna cinta butuh pengorbanan dan kelembutan cinta dengan kasih sayang yang kita miliki akan terasa lebih kuat dan ada pepatah mengatakan SAYUR TANPA GARAM APA RASANYA sama halnya DENGAN CINTA TANPA PENGORBANAN APA JADINYA.Dipertegas dalam larik puisi “cinta lembut penuh kasih sayangnya atau semoga cinta itu kita miliki selamanya Tema hati : Perasaan tulus dengan sepenuh : Internet .Judul puisi PADANYA : CINTA Nama pengarang : Chandra Airil Sumber puisi (GEOGLE) Cinta Padanya Cintamu hanya karna cinta padanya Cinta nan indah bersandarkan takwa Cinta yang bentuk krystal lembut hatimu Cinta yang memancar terangi crystal hatimu Cinta kepadanya adalah cinta sebenarnya Cinta dalam ketentuan aqidah-nya Cinta yang selalu bersenandung surga Cinta lembut penuh kasih sayangnya Semoga cinta kita miliki sepenuh jiwa Jiwa yang tenang akan di skir-nya Cinta yang basah dengan lantunan lidah namanya Cinta yang semua akan kehadiratnya Ulasan : Cinta merupakan perasaan yang dimiliki oleh seseorang dengan tulus dan tidak pura-pura karena cinta tidak bisa dibohongi.

Yang kelak nanti menjadi cinta sejati yang terukir dalam cincin. tertunduk malu bercampur haru yang membiru Menahan detak jantung yang tak berirama Pertunangan kita disuatu senja Adalah awal dari sebuah cerita Yang kelak akan terukir pada cincin cinta kita Ulasan: Kau dan Aku merupakan dua sijoli yang sedang bertabur kebahagiaan dan merangkai kebahagiaan. Tema : Awal dari sebuah kebahagiaan Suasana : Tegang Perasaan : Bahagia bercampur sedih .Dan akhirnya kebahagiaan ditemukan dalam suatu senja yaitu pertunangan yang menjadi awal kebahagiaan . Dalam bait puisi “ Aku tertunduk malu bercampur haru yang membiru atau menahan detak jantung yang tak berirama” artinya ketegangan seseorang akan menanti suatu kebahagiaan .yang dinanti sejak dahulu dan perasaan yang tak karuan yaitu perasaan sedih bercampur gembira. Dipertegas dalam larik puisi “Kau dengan rona gelisah bertabur bahagia atau merangkai kata demi kata dalam duniamu.Suasana : Hening Perasaan Judul puisi : Kau dan Aku Karya Sumber : Putri Lestari : Wiyata Mandala : Tegang KAU DAN AKU Kau dengan rona gelisah bertabur bahagia Merangkai kata demi kata dalam duniamu Aku.

Sama halnya dengan matahari yang tenggelam bila turun serintik hujan.Dalam larik puisi “ Turunlah serintik hujan menelengankan hangatnya sinar mentari atau di taman kita bersua” artinya kenangan masa lalu seseorang yang tenggelam dengan sakit hati dan air mata.Judul puisi Karya Sumber : Serintik Hujan : Nani Dewi : Majalah Remaja Serintik Hujan Tampak diatas gugusan awan putih Yang berdempet melukis wajahmu Turunlah serintik hujan membasahi Menelengankan hangatnya sinar matahari Aku duduk di kursi panjang Ditaman tempat kita bersua Membisikkan cerita cinta dari kita Tak terbayang kau tlah tiada Meninggalkanku yang masih mendengar rintik hujan Ulasan : Serintik hujan melambangkan gugusan awan putih dan juga melambangkan kerinduan seseorang yang tlah tiada.Dipertegas dalam larik pusi “Tampak diatas awan putih atau yang berdempet melukis wajahmu. Tema seseorang Suasana : : Sedih Kerinduan . Maksudnya kerinduan seseorang dengan orang yang tlah tiada dan disisa hidupnya dihabiskan dengannya. Dipertegas dalam larik puisi “tak terbayang kini kau telah tiada meninggalkanku yang masih mendengar serintik hujan”.

Perasaan : Sedih dan haru Judul puisi Karya Sumber Cinta untukmu selalu : Cinta untukmu selalu : Nita Lestari : Internet Hai cinta ....... Dipertegas dalam larik puisi “cinta yang bercerita tentang hati yang berbunga-bunga dan cinta yang membawaku melayang keudara”... Diterangkan dalam larik puisi “cintaku tak ingin ini berlalu. ku letakan kau didasar hatiku” merupakan cinta yang tulus yang ingin diletakan didasar hati.. taukah engkau kisah dua dunia? Cinta yang bercerita tentang hati yang berbunga-bunga Cinta yang membawaku melayang ke udara Cinta yang berkisar tentang gita cinta SMA Cinta .. Seakan-akan jiwanya melayang saat masa-masa remaja.. ku tak ingin ini berlalu Saat cintaku sudah berlabuh Di dermaga cinta nan biru Cinta untukmu selalu Ulasan : Cinta untukmu merupakan perasaan yang tulus dari hati seseorang.. .. Dalam larik puisi “cinta .. yang orang lain tidak memiliki cinta setulus ini untukmu........ Dengan sepenuh jiwa dan raga akan ku gapai dan pertahankan cinta yang tulus ini. Dan akan tetap menjadi penjaga dalam hatiku. cinta yang sudah bersemai dihati untuk selamanya... Cinta yang ingin selalu dimiliki dan tak akan pernah pergi merupakan cinta yang setia akan janji.... kuletakkan kau kedasar hatiku Dan kusemai indah engkau selalu Kujaga sepenuh raga dan jiwa Tuk gapai cinta yang selalu kurindu Cinta .... supaya cinta tidak bisa kelain hati. Dipertegas dalam larik puisi “ku jaga sepenuh raga dan jiwa tuk gapai cinta yang selalu kurindu.. Cinta yang sangat dinanti-nanti oleh seseorang dan yang akan membuat orang tersebut bahagia... dimana masamasa remaja sangat senang mencari cinta dan dimasa-masa remaja ini sangat rawan akan cinta monyet... saat cintaku sudah berlabuh di dermaga nan biru”..

Disini aku akan selalu menunggumu Dan tetap menunggu Hingga nanti kau sadar bahwa Aku selalu ada untukmu Karna aku Itsumo ai shiteru Ulasan: Harapan merupakan suatu keinginan yang belum tercapai .Dalam larik puisi “Kukecewa akan dirimu dankenyataan pahit yang kurasa” artinya kekecewaan seseorang dengan orang yang dicintainya...dan harus menerima kenyataan pahit yang harus ditrima olehnya..yang masihdalam hati..Tema : seseorang Perasaan yang tulus pada Suasana : Romantis Perasaan : Bahagia :Harapan :Wahyuni Melyawati :Wiyata Mandala Judul puisi Karya Sumber Harapan Betapa ku kecewa akan dirimu Kenyataan pahit yang ku rasa Disaat kau pergi meninggalkanku Yang sangat menyayangimu Kau pergi dan takkan pernah kembali Menemuiku yang selalu menunggumu Asal kau tau ....... tetapi orang yang dicintainya malah pergi meninggalkanya.Dipertegas dalam larik puisi “Disaat kau pergi meninggalkanku atau yang sangat menyayangimu....... Disaat seseorang itu mempunyai harapan yang besar . Dalam larik puisi “Kau pergi dan takkan kembali atau menemuiku yang selalu menunggumu “ artinya kepergian seseorang yang dicintainya dan mungkin tak .

kembali tetapi orang tersebut masih tetap tuk menunggu karna ia yakin pasti akan datang. Tema dicintainya Suasana Perasaan : Penantian seseorang dengan orang yang : Sedih : Kecewa .Ada pepatah mengatakan” JODOH TIDAK KEMANA “ artinya bila nanti jodoh pasti akan ketemu lagi dengan sendirinya.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful