P. 1
PEMERIKSAAN LABORATORIUM NARKOBA

PEMERIKSAAN LABORATORIUM NARKOBA

|Views: 5,630|Likes:
Published by laura1705

More info:

Published by: laura1705 on Sep 30, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPTX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2014

pdf

text

original

Dr.

Erida Manalu

Managemen laboratorium tes Narkoba meliputi : 1. Skrining test melihat ada/tidaknya zat/metabolit 2. Mengetahui jenis zat/metabolit yang terkandung 3. Menetapkan ada/tidak komplikasi akibat pemakaian narkoba

Metode pemeriksaan laboratorium untuk skrining narkoba dan metobolitnya harus mempunyai syarat : SENSITIVITAS dan SPESIFITAS TINGGI SENSITIF : Mampu mendeteksi ada/tidaknya zat/metabolit jenis narkoba dalam urin .

SPESIFIK : Alat/reagen tersebut mampu mengenali jenis narkoba yang ada di urin Metode yang memenuhi ke-2 syarat ini adalah : EIA (Enzyme immunoassay) dan Imunokromatografi Selain itu kedua metode ini memiliki teknik yang sederhana umum dilakukan untuk screening .

Namun saat ini penggunaan metode Imunokromatografi kompetitif kualitatif yang paling umum dilakukan Keuntungan penggunaan teknik imunokromatografi : 1. Hasil cepat (3-10 menit) . Mudah dilakukan 2.

sekarang SAMHSA) 4.3. Sensitifitas sampai 99.7% . Spesifik (memenuhi standar National Institude of Drug Abuse NIDA.

Dasar teknik Imunokromatografi : Adanya kompetisi penjenuhan Ig G anti narkoba yang mengandung substrat enzim (antibodi) dengan enzim pada urin narkoba sample yang mau diperiksa (antigen). Tes ini bersifat kualitatif .

y Sample urin (+) terjadi penjenuhan artinya Ig G anti narkoba yang mengandung enzim tidak dapat berikatan dengan enzim dari narkoba yang diperiksa tidak terjadi perubahan warna .

y Sample urin (-) atau kadar narkoba kurang dari nilai ambang tidak terjadi penjenuhan (tidak jenuh) artinya Ig G anti narkoba yang mengandung enzim dapat berikatan penuh atau sebagian dengan enzim dari narkoba yang diperiksa terjadi perubahan warna .

y Dalam darah? Narkoba dan metabolitnya terdapat dalam waktu singkat dalam darah .y Sample untuk pemeriksaan narkoba dan metabolitnya : URIN Karena urin mengandung kadar metabolit dalam jumlah tinggi dan pengambilan sample mudah dan tidak menyakiti pasien.

Jernih (bila keruh harus disentrifuse) 2. jangan sampai beku dan perhatikan tanggal kadaluarsa . Tanpa pengawet 3.Syarat urin sample : 1. Tempat penampungan : wadah kaca dan plastik yang bersih 4. Bila urin tidak langsung dipakai disimpan 2-8 derajat selama 48 jam atau dibekukan Tes disimpan dalam suhu 2-25 derajat.

pada zona C akan selalu muncul warna pink dibuat sedemikian rupa. C(control). shg hanya memerlukan H2O untuk dapat menimbulkan reaksi perubahan warna.Menilai validitas hasil pemeriksaan y Pada alat/reagen pemeriksaan terdapat tiga zona yaitu : zona T(test). S(sample) y Zona C adalah zona kontrol menilai valid dan tidaknya test tersebut y Pada saat pemeriksaan. Jadi tidak tergantung ada/tidaknya narkoba di dalam urin .

Sehingga : y Warna pink pada zona C hasil valid (hasil dapat dipercaya) y Tidak ada warna pink pada zona C hasil invalid (tidak dapat dipercaya) ulangi dengan kit yang baru .

Gambar menilai validitas .

DETEKSI TUNGGAL NARKOBA DAN METABOLITNYA Hanya mendeteksi satu jenis narkoba TEST STRIP/STICK y Biarkan sampel dan reagen dalam suhu ruangan. y Reagen dibuka sesaat sebelum dikerjakan y Celupkan tes strip ke dalam urin sample. Jangan melebihi tanda batas maksimal pada strip y Baca hasil 3-5 menit pertama dan 3-5 menit kedua .

Gambar tes strip .

y Reagen dibuka sesaat sebelum dikerjakan y Teteskan 3-5 tetes urin sample pada zona sample y Baca hasil 3-5 menit pertama dan 3-5 menit kedua .TEST CARD y Biarkan sampel dan reagen dalam suhu ruangan.

y Hasil dibaca setelah 5-10 menit .DETEKSI 3-6 NARKOBA DAN METABOLITNYA y Mampu mendeteksi 3-6 jenis narkoba sekaligus y Siapkan reagen dan urin sample y Celupkan ke-6 bagian strip ke dalam urin sample.

Gambar 3-6 metabolit .

Interpretasi hasil pemeriksaan POSITIF : y Terbentuk satu garis warna pink pada zona C Menunjukkan kadar narkoba di atas nilai ambang Gambar : .

Kadarnya di bawah ambang (cut off point) yang mampu dideteksi oleh alat jika meragukan tes konfirmasi .NEGATIF : y Terdapat dua garis berwarna pink yaitu di zona T (test) dan zona C (control) y Bisa berarti : 1. Tidak ada zat narkoba dalam urin 2.

.

Mass chromatografi (MS) 2. hambatan waktu dan bentuk kromatografinya . Gas chromatografi (GS) Mass chromatografi (MS) sensitifitas lebih tinggi karena mengukur intensitas ion zat Gas chromatografi (GS) spesifitas lebih tinggi karena dapat membedakan berbagai jenis zat sampai tingkat intensitas ion.Tes Konfirmasi terhadap narkoba 1.

Artinya : metode Gas chromatografi (GS) sangat efektif karena tidak ada satupun zat yang memiliki intensitas ion. hambatan waktu dan bentuk kromatografi yang sama Bila MS dan GS dilakukan bersamaan dapat mendeteksi jenis dan kadar zat sampai paling rendah. .

Ambang batas (cut off point) narkoba dan metabolitnya NARKOBA DAN METABOLITNYA KADAR AWAL/SKRINING (ng/ml) KADAR KONFIRMASI (ng/ml) Marijuana (ganja) Kokain Opiat Morfin Codein Amfatamin Metamfetamin Phencyclidine 25 50 300 300 - 15 150 300 300 500 500 25 .

Jenis narkoba yang dapat diskrining KELOMPOK NAMA NARKOBA STIMULAN WAKTU TERDETEKSI DI URIN TERDETEKSI DI URIN SEBAGAI Amphetamin NAMA LAIN SENSITIFI TAS (ng/L) 500 AMPHETAMIN 1-2 hari Seratec-AMP Instant view Home test Huma drugs Acon METHAMPHE TAMIN 1-2 hari Methamphet Seratec-Mamin. AMP amphetamin Benzoilecgon Seratec-COC ine Instant view 500 COCAIN 1-2 hari 50 .

Jenis narkoba yang dapat diskrining KELOMPOK NAMA NARKOBA HALUSINO GEN CANNA BINOIDMARIJUANA WAKTU TERDETEKSI DI URIN Di rokok : 15 hari Perokok kronis : 1418 hari TERDETEKSI DI URIN SEBAGAI THC-asam Karboksilat Seny. glukonoid NAMA LAIN SENSITIFI TAS (ng/L) 50 Seratec-THC Instant view Home test Huma drugs Acon First sign genix Instant view PHECYCLI DINEW Pengguna kronis : sampai 30 hari Phency Odome Seratec PCC 25 .

Jenis narkoba yang dapat diskrining KELOMPOK NAMA NARKOBA DEPRESAN Barbituratbarbs WAKTU TERDETEKSI DI URIN TERDETEKSI DI URIN SEBAGAI NAMA LAIN SENSITIFI TAS (ng/L) 300 Short acting: Barbiturat 1 hari seratec Long acting : 2-3 minggu Bar Instant view Home test Home drug Acon First sign Genix Benzodiazepi ne-bennies Umumnya : 3 hari Pengguna kronis : 4-6 minggu Benzodiazepi BZO Instang view nes Home test Seratec Home drug Acon First sign Genix 300 .

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->