Definisi Tanah (Berdasarkan Pengertian yang Menyeluruh) Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi

sebagai tempat tumbuh & berkembangnya perakaran penopang tegak tumbuhnya tanaman dan menyuplai kebutuhan air dan udara; secara kimiawi berfungsi sebagai gudang dan penyuplai hara atau nutrisi (senyawa organik dan anorganik sederhana dan unsur-unsur esensial seperti: N, P, K, Ca, Mg, S, Cu, Zn, Fe, Mn, B, Cl); dan secara biologi berfungsi sebagai habitat biota (organisme) yang berpartisipasi aktif dalam penyediaan hara tersebut dan zat-zat aditif (pemacu tumbuh, proteksi) bagi tanaman, yang ketiganya secara integral mampu menunjang produktivitas tanah untuk menghasilkan biomass dan produksi baik tanaman pangan, tanaman obat-obatan, industri perkebunan, maupun kehutanan. "Tanah adalah lapisan permukaan bumi yang secara fisik berfungsi sebagai tempat tumbuh dan berkembangnya perakaran sebagai penopang tumbuh tegaknya tanaman dan menyuplai kebutuhan air dan hara ke akar tanaman; secara kimiawi berfungsi sebagai gudang dan penyuplai hara atau nutrisi (baik berupa senyawa organik maupun anorganik sederhana dan unsur-unsur esensial, seperti: N, P, K, Ca, Mg, S, Cu, Zn, Fe, Mn, B, Cl); dan secara biologis berfungsi sebagai habitat dari organisme tanah yang turut berpartisipasi aktif dalam penyediaan hara tersebut dan zat-zat aditif bagi tanaman; yang ketiganya (fisik, kimiawi, dan biologi) secara integral mampu menunjang produktivitas tanah untuk menghasilkan biomass dan produksi baik tanaman pangan, tanaman sayursayuran, tanaman hortikultura, tanaman obat-obatan, tanaman perkebunan, dan tanaman kehutanan. Bahan Kuliah Online untuk mahasiswa Fakultas Pertanian, Univ. Sriwijaya Oleh: Dr.Ir.Abdul Madjid,MS. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. http://dasar2ilmutanah.blogspot.com/search/label/Definisi%20Tanah 16 Februari 2008

Jurnal Tanah Tropika

(Journal of Tropical Soils)
Terakreditasi Dirjen Dikti, SK No. 108/Dikti/Kep/2007, Tgl 23 Agustus 2007 Link: Tropicalsoiljournal.net Tropicalsoiljournal.net Jurnal Tanah Tropika (JTT) diterbitkan oleh Himpunan Ilmu Tanah Indonesia (HITI) Komda Lampung dengan Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Unila.

Soil sampling. diterbitkan sejak Tahun 1995.· ISSN 0852-257X. Pustaka yang digunakan sebaiknya informasi primer terbitan lima tahun terakhir. genesis dan klasifikasi tanah. and analysis. ucapan terimakasih (bila ada). K. Beberapa contoh penulisan daftar pustaka.000. 1996. 408 p..000. 2. Tanggal 23 Agustus 2007 · Jurnal TANAH TROPIKA (JTT) terbit tiga kali setahun (Januari. mineralogi. dengan kata kunci dalam Bahasa Inggris disusun secara alfabetik).id This email address is being protected from spam bots. Bandar Lampung 35145. PETUNJUK PENULISAN MAKALAH (Revisi Januari 2008) 1.000. New York. dan daftar pustaka (disusun dengan sistem nama dan tahun) secara alfabetik. Biaya dapat ditransfer ke Rekening BNI Cabang Pembantu Universitas Lampung a. E-mail: j-tnhtrop@unila..n. pendahuluan. 180. 108/DIKTI/KEP/2007.. · Bagi penulis yang naskahnya ingin dimuat di Jurnal TANAH TROPIKA (JTT) diwajibkan untuk berlangganan terlebih dahulu. evaluasi lahan. · Setiap tulisan yang dimuat dikenakan biaya cetak sebesar Rp. kecuali atas undangan Dewan Redaksi.ac.untuk Individu. kesimpulan. dan pengembangan wilayah. Marcel Dekker. Inc. Ongkos kirim jurnal sebesar Rp.untuk satu halaman cetak berwarna./Fax: 0721-781822. H. Telp.000. reakreditasi terakhir SK No. dan pengelolaan lingkungan) dengan menggunakan tanah dari wilayah tropika. hasil dan pembahasan. Penerbitan khusus dilakukan bila diperlukan.untuk Institusi. Biaya berlangganan jurnal per tahun (3 nomor) Rp. Kampus Gedongmeneng. memuat artikel hasil penelitian yang menggunakan tanah di wilayah tropika. survai tanah. 20. Mei dan September). biologi dan biokimia tanah. 150. abstrak (tidak lebih dari 300 kata dalam Bahasa Inggris yang secara ringkas memaparkan tujuan. dan Rp.. Makalah kupasan (review) tidak akan dimuat.per halaman cetak dan Rp 500. Makalah harus tersusun atas judul (singkat dan menggambarkan isi. hasil penelitian dan kesimpulan. terakreditasi sejak Tahun 1998.per nomor.. metode. kimia dan kesuburan tanah. · Naskah dapat dikirim ke Redaksi JTT: Jurusan Ilmu Tanah. you need Javascript enabled to view it . Buku: Tan. Fakultas Pertanian Universitas Lampung. preparation. Semua biaya dibayar dimuka. bahan dan metode. 75. Makalah untuk diterbitkan dalam JTT adalah hasil penelitian dalam bidang ilmu tanah (fisika dan konservasi tanah. Artikel dalam jurnal atau majalah: . Sri Yusnaini dengan Nomor 0071053890.000. ditulis dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris).

and J. sembir kiri. Daun.Urbanska. Makalah (sebanyak 3 rangkap beserta disket atau CD berisi file makalah) dikirimkan kepada Dewan Redaksi dan makalah akan dinilai secara bebas oleh 2 orang penelaah(Blind Review) sesuai dengan bidang kajiannya. Sci.Martani. .pdf. Winnipeg. Makalah harus disertai dengan halaman depan yang berisi: nama penulis. D. J. pp 65-80. judul pelari (running title). Bab dari satu buku atau artikel dari prosiding: Haselwandter. Canadian Grain Commission.K. nomor telefon/fax dan e-mail. Bila kedua penelaah berbeda pendapat secara tajam. 2001.R. Soil microorganisms. Pustaka yang diakses dari internet: DeClerecq.4-Dechlorophenol in the microbial community of groundwater sample by bacterial isolate E-6. Angka dan huruf keterangan gambar dan isi tabel menggunakan huruf bertipe Times NewRoman berukuran 9 point. K. N. 4. 2001. E. In: K. 1991. Tabel disusun dengan cara yang benar (dalam Microsoft Word dengan menu Table-InsertTable atau dalam Excel) serta dibuat terbuka (tanpa garis vertikal).ca/Quality/grlreports/Mustard/2001/mustard 2001-e. Gambar harus asli (bukan hasil fotokopi) dan dicetak dengan tinta hitam di atas kertas dengan kualitas tinggi. Available online at http://www. Restoration Ecology and Sustainable Development. Quality of western Canadian mustard.R. Seto. HP. Seluruh data kuantitatif hendaknya disajikan dengan menggunakan satuan internasional (SI Units).J. Cambridge University Press. 3. atas. Man. dan spesies kimia hendaknya juga mengikuti tatacara penulisan internasional. 7 April 2002. Pest. atau e-mail. Penulis harus menjelaskan dipakai-atau-tidaknya saran penelaah dan menjelaskan alasannya dalam surat pengantar yang menyertai makalah yang telah diperbaiki. Cambridge.M. pada kertas HVS kuarto dan paling banyak 20 halaman termasuk gambar dan tabel.cgc. dengan huruf Times New Roman 12. dan jumlah halaman makalah. Webb and P. 5. Edwards (Eds). ketua dewan redaksi akan menelaah ulang makalah yang bersangkutan dan memberikan keputusan terakhir. kanan. and M. Hasil telaahan akan dikembalikan kepada penulis untuk bahan perbaikan paling lama 2 bulan bila makalah tersebut dianggap layak terbit atau harus melalui telaah ulang. mycorrhiza and restoration ecology. alamat penulis. hewan. 1997. Penulisan spesies tanaman. dan bawah masingmasing3 cm. Makalah dibuat dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. diketik dengan pengolah kata Microsoft Word dengan spasi ganda. Degradation of 2. Penulis naskah diharapkan menuliskan nomor telefon.6. 4: 317–318.

id .ac.Alamat Surat: Jurusan Ilmu Tanah Fakultas Pertanian Universitas Lampung Jl. 1 Bandar Lampung 35145 telfon/fax: 0721-78182. Sumantri Brojonegoro No. e-mail : j-tnhtrop@unila.