6 zat makanan KARBOHIDRAT Karbohidrat merupakan senyawa yang terbentuk dari molekul karbon, hidrogen dan oksigen.

Sebagai salah satu jenis zat gizi, fungsi utama karbohidrat adalah penghasil energi di dalam tubuh. Tiap 1 gram karbohidrat yang dikonsumsi akan menghasilkan energi sebesar 4 kkal dan energi hasil proses oksidasi (pembakaran) karbohidrat ini kemudian akan digunakan oleh tubuh untuk menjalankan berbagai fungsi-fungsinya sepert i bernafas, kontraksi jantung dan otot serta juga untuk men j a lanka n ber b a ga i akt i v i t a s f i s i k s eper t i berolahraga atau bekerja. (http://www.pssplab.com/journal/03.pdf) PROTEIN protein diperlukan oleh tubuh sebagai zat pembangun, zat pengatur dan sebagai bahan bakar. Zat pembangun, protein merupakan bahan untuk membentuk jaringan baru didalam tubuh. Zat pengatur, protein ikut berperan serta dalam mengatur berbagai proses di dalam tubuh baik secara langsung maupun tidak langsung. Bahan bakar, protein akan dibakar manakala keperluan tubuh akan energi tidak terpenuhi oleh hidrat arang dan lemak.( http://www.chem-is-try.org/tanya_pakar/mengapa-protein-begitu-pentingbagi-hidup-kita/ ) MINERAL Mineral merupakan unsure isensial bagi fungsi normal sebagian enzim dan sangat penting dalam pengendalian komposisi cairan tubuh 65% adalah air dalam bobot tubuh. Komponen-komponen anorganik tubuh manusia terutama adalah Natrium, Kalium, Kalsium, Magnesium, Besi, Fosfor, Klorida dan Sulfur. Sebagian dari unsur-unsur tersebut adalah mineral-mineral tulang dan ion-ion

setenium. iodium dan fluor. namun diperkirakan menyerupai suatu hidroksiapatit Ca10 (PO4)6 (OH)2. Unsur-unsur lain yang terdapat dalam jumlah sangat kecil disebut unsur-unsur runut (trace elements) yang juga adalah komponenkomponen makanan yang mustahak. Kira-kira 99% kalsium terdapat dalam tulang dan gigi.Peranan kalsium tidak saja pada pembentukan tulang dan gigi tersebut di atas. moblibzenum. kromium. mengaktifkan reaksi enzim dan sekresi hormon. Perkiraan kecukupan yang dianjurkan sekitar 40-120 g per hari untuk anak samapi umur 10 tahun. tetapi mempunyai peranan yang sangat penting untuk pembentukan hormon tiroksin. mangan. seperti pada pembekuan darah. . Mineral-mineral tersebut adalah bagian-bagian mustahak dari makanan. kelenjar gondok akan berupaya membuat konpensasi dengan membesrakan kelenjarnya. Hormon tiroksin ini sangat berperan dalam metabolisme sehingga dalam keadaan konsumsi yodium yang rendah. Sumber dan Fungsi Mineral Kalsium dan fosfor. penggumpalan darah. Untuk wanita dan menyusui dianjurkan tambahan masaing-masing 25 g dan 50 g per hari. Kalsium berperan dalam perangsangan saraf dan otot. Yodium (i) merupakan mineral yang diperlukan tubuh dalam jumlah yang relatif sangat kecil. brokoli. Kebutuhan yodium per hari sekitar 1-2 g per kg berat badan. namun juga memegang peranan penting pada berbagai proses fisiologik dan biokhemik di dalam tubuh. Ini termasuk tembaga. zink. kobalt. Dari jumlah ini kira-kira 85% terkandung dalam kerangka tulang. Aneka macam makanan mengandung kalsium dan fosfor. eksitabilitas saraf otot. perantara dalam tanggap hormonal dan beberapa aktivitas enzim. kacang-kacangan dan buah-buahan. keju dan es krim. Kalsium dan fosfor dalam bentuk hidrosiapati adalah komponen terpenting pada struktur keras dari tulang dan gigi. Komposisi belum diketahui secara jelas. Bahan makanan yang kaya akan kalsium : susu. Tubuh manusia mengandung sekitar 22 gram kalsium per kg berat badan tanpa lemak. Tubuh manusia mengandung sekitar 12 gram fosfor per kilogram jaringan tanpa lemak. dan 150 g per hari untuk orang dewasa. memelihara dan meningkatkan fungsi membran sel.dapat sebagai cairan tubuh. kerekatan seluler.

bayam. Bila butir darah termasuk maka total fosfor dalam darah antra 30-45 mg/100ml darah. Besi simpanan berfungsi sebagai cadangan untuk memproduksi homoglobin dan ikatan-ikatan besi lainnya yang mempunyai fungsi fisiologis. daging.5 mg/100 ml plasma. Jika terjadi defisiensi. ikan. kacang-kacangan. kedelai. insomania. tepung.roti sayuran hijau. Fosfor adalah bagian dari senyawa tinggi energi ATP yang diperlukan dalam suplai energi untuk kegiatan seluler. hati. . kejang kaki serta telapak kaki dan tangan gemetar.Di dalam plasma terdapat fosfor sekitar 3. maka akan menimbulkan gangguan metabolic. limfa dan sum-sum tulang. Magnesium Sumber dari magnesium di antaranya adalah : sayur-sayuran hijau. gandum. kentang. dan kecipir. di mana 70 persennya terdapat dalam hemoglobin. 25 persennya merupakan besi cadangan (iron storage) yang terdiri dari feritin edan homossiderin terdapat dalam hati.5 g. Karena peranannya yang sangat penting dalam metabolisme pada jaringan hewan dan tanaman maka mineral ini umumnya terdapat dalam setiap bahan makanan. Sumber besi di antaranya adalah: telur. jagung dan otot. Sedangkan fungsi dari magnesium adalah : Sebagai aktifator enzim peptidase dan enzim lain yang memecah gugus Phospat Sebagai obat pencuci perut Meningkatkan tekanan osmotic Membantu mengurangi getaran otot Orang dewasa pria membutuhkan magnesium sebanyak 350mg/hari dan untuk dewasa wanita membutuhkan magnesium sebanyak 300mg/hari. Fe (Besi) Jumlah seluruh besi di dalam tubuh orang dewasa terdapat sekitar 3. Kira-kira 60-70% fosfor dari makanan dapat diserap. Fosfor dari makanan diabsorpsi dalam bentuk bebas.

Untuk menggantikan kehilangan zat besi lewat darah tubug.8 mg/hari Orang dewasa : 10-15 mg/hari Zat besi yang tidak mencukupi bagi pembentukan sel darah. Untuk mengimbangi sejumlah kecil zat besi yang secara konstan dikeluarkan tubuh. menurunkan kekebalan individu. feses dan keringat. sementara itu transmisi syaraf dan kontraksi otot melibatkan pertukaran natrium . Kebutuhan akan zat besi untuk berbgai jenis kelamin dan golongan usia adalah sebagai berikut: Untuk laki-laki dewasa : 10 mg/hari Wanita yang mengalami haid : 12 mg/har Anak-anak umur 7-10 tahun : 2. Pada laktasi untuk sekresi air susu.Fungsi besi di antaranya adalah : Untuk pembentukan hemoglobin baru. sehingga sangat peka terhadap serangan bibit penyakit Natrium Tubuh manusia mengandung 1.8 gram natrium 1. terutama lewat urine. Untuk mengembalikan hemoglobin kepada nilai normalnya setelah terjadi pendarahan.8 gram natrium (Na) perkilo gram berat badan bebas lemak. akan mengakibatkan anemia. Natrium mampu membuat membran sel menjadi permeabel.3-3. Kandungan natrium dalam plasma sekitar 300-355 mg/100 ml. Karena natrium merupakan kation utama dari cairan ekstraseluler. dimana sebagian besar terdapat dalam cairan ekstraseluler. pengontrolan osmolaritas dan volume cairan tubuh sangat tergantung pada ion natrium dan risio natrium terhadap ion lainnya.

Bila hormon tersebut tidak ada maka ekskresi natrium demikian jarang sekali dijumpai keadaan defisiensi pada nmanusia. maka akan tampak gejala-gejala deplesi cairan ekstraselular: volume darah tinggi. Iodium Sumber iodium di antaranya adalah : sayur-sayuran. Pangan nabati mengandung natrium lebih sedikit di bandingkan dengan pangan hewani. natrium dalam tulang kira-kira sebanyak 3045% dari total natrium tubuh. bayam dan seledri. udang. Metabolisme natrium terutama diatur oleh aldosteron suatu hormon kortteks adrenal yang meningkatkan reabsorbsi natrium dari ginjal. keju. tinggi hematokrit. sebab mineral ini terdapat di dalam hampir semua bahan makanan. Sedangkan funsi dari iodium di antaranya dalah sebagai komponen esensial tiroksin dan kelenjar tiroid. Bila kehilangan air. tekanan darah rendah dan otot kram. Sedangkan fungsi dari khlor diantaranya adalah Activator amylase dan pembentukan HCl lambung . Sedangkan fungsi floor di antaranya adalah : Untuk pertumbuhan dan pembentukkan struktur gigi Untuk mencegah karies gigi Kebutuhan floor antara dari panas dan daerah kurang panas berbeda. ikan laut. Kehilangan natrium yang berlebihan karena muntah-muntah. Hanya sejumlah kecil natrium berada dalam intraseluler.ekstraseluler dan kalium ekstraseluler. Dalam tulang. makanan laut. diare dan berkeringat. Floor Sumber floor di antaranya adalah air. ikan. ikan dan makanan hasil ternak. tanaman. dan rumput laut. Khlor Sumber dari khlor di antaranya adalah garam. Akibat dari deplesi natrium sangat erat berhubungan dengan status keseimbangan air.

Mn. Kobalt mempunyai fungsi untuk keseimbangan tubuh ruminansia. Zinc. lembaga gandum. hati. selada. B1. I2. Macam dan Fungsi Mineral . roti dan kacang-kacangan. telur. keju. sodium (Na). mineral dibagi 2 macam yaitu. cuprum. susu. ikan. Membantu menjaga tekanan osmotic Zinc Sumber utama Zinc adalah daging. Sedangkan fungsi dari tembaga adalah berperan dalam kegiatan enzim pernafasan sebagai kofaktor bagi enzim tironase dan sitokromokdiase. Kobalt Merupakan koostifuen vitamin B12 yang diperlukan bagi perkembangan normal sel-sel darah merah. Mg. Al.Mengaktifkan enzim amylase dalam mulut untuk memecah pati. Flour. dan sayuran berdaun hijau. Sumber utamanya adalah vitamin B12. Jenis Mineral Berdasarkan jenisnya. sebagau berikut: Makromineral (terdiri dari: kalsium. dan sulfur) Mikromineral (terdiri dari: Fe. unggas. P. cobalalt dan kromium). ragi. Sedangkan fungsi Zinc di antaranya adalah : Meningkatkan keaktifan enzim Meningkatkan pertumbuhan Jika terjadi defisiensi maka menyebabkan kegagalan pertumbuhan dan gangguan kesembuhan luka Tembaga Sumber utama dari tembaga adalah susu dan sereal.

Semua jaringan tubuh hewan atau manusia. zinc. Contoh adalah Na. flourine. manganesa. sodium. vanadium (V). Sebagai kompenen utama tubuh (structural element) atau penyusun kerangka tulang. Terdapat saling interaksi antara beberapa mineral misalnya antara copper. (http://warnadunia. tin (Sn). K. Ca dan Mg 3. Ca. Dari kemampuan 22-23 mineral yang dipandang merupakan unsur esensial untuk ternak. nickel. magnesium. Pada saat ini diketemukan 22-23 mineral yang dipandang merupakan unsur esensial untuk ternak. Dari kemampuan 22-23 unsur tadi 7 unsur disebut macro mineral dan 15-16 unsur disebut micro mineral. P. Setelah kedua hal tersebut diketahui maka banyak penemuan-penemuan perihal kekurangan mineral sebagai zat micro nutrien bersama vitamin. Dalam abu zat inorganik tersebut dalam bentuk oksida. yang peranannya dalam tubuh ternak masih terus dicari informasinya. Zat inorganik tersebut dalam pakn atau jaringan dapat diperoleh pada saat pengabuan dalam rangka analisa proeksimat. Bila MO dan S terlalu tinggi dalam pakan maka dapat terjadi defiseensi copper. Ada tiga fungsi utama mineral yaitu: 1. carbonat dan sulfat. pangan dan pakan mengandung zat inorganik yan di sebut unsur hara atau mineral dengan jumlah yang berbedabeda.dan arsenic (As). Kedelapan disebutkan terakhir disebut “newer trace mineral”. Cl. Merupakan unsur dalam cairan tubuh atau jaringan. molybdenum dan sulphur. cobalt. Antara vitanin E. molybdenum (MO). Ketujuh unsur macro mineral tersebut adalah: calcium. potasium dan chlorine. sebagai elektrolit yang mengatur tekanan osmuse (Fluid balance). gigi dan otot-otot. cadmium. P dan vitamin Dengan juga ada hubungan fungsi. copper. SE. Fl dan Si untuk pembentukan dan pertumbuhan gigi sedang P dan sekolah luar biasa untuk penyusunan protein jaringan. Mula-mula dalam ilmu nutrisi.com/jenis-jenis-mineral/) . pada hewan ruminansia mineral lebih kritis daripada vitamin. menegatur keseimbangan basa asam dan permeabilitas membran. Sebagai aktifator atau terkait dalam peranan enzyme dan hormon. karenma ruminansia dapat membentuk beberapa vitamin dalam tubuhnya. selenium. sulphur. silicon. Methionin dan sekolah luar biasa inorganik juga ada saling keterkaitan. Sedangkan yang trace mineral adalah :iron. 2. iodine. phosporus. Mg. zat-zat yang sering mengalami kekurangan adalah protein dan energi. Antara Ca. chromium.

2. dan lain-lain 5. wortel. mulut kering. Vitamin A . kulit bersisik. kacang ijo. hati. bibir pecahpecah. dan lain-lain. .Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B5 = . buah-buahan warna merah dan kuning (cabe merah. . kentang manis. daging unggas dan sebagainya . Vitamin B2 . susu. dan sebagainya. kacang kedelai. daging. insomnia.sumber yang mengandung vitamin B1 = gandum. otot mudah keram dan kejang. sayuran berwarna hijau dan kuning. pisang. sayur mayur hijau. ginjal.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B1 = kulit kering/kusik/busik. kacang hijau. katarak.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B3 = terganggunya sistem pencernaan.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin A = rabun senja.sumber vitamin A = susu. infeksi saluran pernapasan. ikan. Vitamin B1 . susu. daya tahan tubuh berkurang. 3. dan lain-lain) . ginjal. kuning telur. pepaya. Vitamin B3 . susu. hati. telur. menurunnya daya tahan tubuh. dan banyak lagi lainnya. gandum. hati. bedan lemas. beras.sumber yang mengandung vitamin B5 = daging. 4. mudah muntah dan mual-mual. kilit kering bersisik.sumber yang mengandung vitamin B2 = sayur-sayuran segar. sariawan.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B2 = turunnya daya tahan tubuh. ragi. ikan. dan banyak lagi yang lain. ragi. kulit yang tidak sehat. Vitamin B5 . dan sebagainya .sumber yang mengandung vitamin B3 = buah-buahan.VITAMIN 1.

havermut. sulit tidur.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin D = gigi akan lebih mudah rusak. pertumbuhan tulang tidak normal yang biasanya betis kaki akan membentuk huruf O atau X. Vitamin C . insomnia atau sulit tidur. 7.otot mudah menjadi kram. keju.sumber yang mengandung vitamin E = ikan. sayur segar. dan lain-lain . .sumber yang mengandung vitamin B12 = telur. kecambah. dan lain-lain. ayam. dan banyak lagi lainnya. dsb . Vitamin D . Vitamin B6 . beras tumbuk. dan sebagainya 8. Vitamin E . hati. otok bisa mengalami kejang-kejang. dan lain-lain 6.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B6 = pelagra alias kulit pecah-pecah. daging.sumber yang mengandung vitamin B6 = kacang-kacangan. minyak tumbuh-tumbuhan. gusi berdarah. ikan. dan lainnya . dan lainlain 9. dll . rasa nyeri pada persendian.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin B12 = kurang darah atau anemia. kulit pecah-pecah dan bersisik. penyakit pada kulit. jagung. ragi. telur.sumber yang mengandung vitamin D = minyak ikan. hati. gampang capek/lelah/lesu/lemes/lemas. jeruk. ragi. gangguan syaraf dan otot.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin E = bisa mandul baik pria maupun wanita. kuning telur. susu.sumber yang mengandung vitamin C = jambu klutuk atau jambu batu. nanas. keram pada otot. 10. Vitamin B12 . beras. dan lain sebagainya .Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin C = mudah infeksi pada luka. tomat. daging.

Lemak mengelilingi dan melindungi organ-organ vital. "Peredam kejut" pribadi. tidak seperti Madonna yang membuat tubuhnya terlihat seperti laki-laki. dan kuku. dan pertambahan usia. Tanpa lemak tubuh. 2.Penyakit yang ditimbulkan akibat kekurangan vitamin K = darah sulit membeku bila terluka/berdarah/luka/pendarahan. dan sebagainya (http://organisasi. Kesuburan. kecantikan. Anda bisa kekurangan vitamin yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit.org/pengertian_dan_definisi_vitamin_fungsi_guna_sumbe r_akibat_kekurangan_macam_dan_jenis_vitamin) 1. Bahkan atlet pun memerlukan lemak untuk melindungi tubuh mereka dari cidera yang potensial dialami saat bertanding. Penyerapan vitamin. Wanita. Energi dan daya tahan. kita bisa menghindarkan diri dari penyakit dan kelelahan yang kronis. Lemak penting untuk melindungi tubuh kita. dan menjaga sendi-sendi. Lemak berfungsi sebagai pengangkut vitamin A. dan melindungi kita dari hawa yang sangat panas dan dingin. 6. yang memiliki lemak tubuh sangat rendah. 5. termasuk hormon seks. cenderung memiliki kadar estrogen yang juga rendah. Vitamin K . untuk membantu mengatur suhu tubuh. Perlindungan. namun lemak tubuh yang sehat juga akan menjaga kita tetap terlihat feminin. lemak tubuh yang rendah akan mengurangi atau . Meskipun kita rajin fitnes dan tubuh kita kencang. Lemak tubuh membantu untuk memastikan produksi hormon. Dengan memiliki lemak tubuh dalam kadar yang sehat. Struktur sel.11. Lemak adalah bagian dari struktur sel-sel kita. Hal ini bisa berakibat terhentinya menstruasi. Selain itu. Lemak tubuh penting untuk menjalankan fungsi tubuh dengan sehat dan normal. yang penting untuk memelihara kesehatan kulit. Fungsi tubuh. kuning telur. rambut. dan K yang mudah larut dalam lemak. 3. E. sayuran segar.sumber yang mengandung vitamin K = susu. pendarahan di dalam tubuh. 7. Lemak adalah mekanisme bantalan tubuh yang alami. 4. D. dkk .

5. 2. (http://www. Air sebagai pengatur suhu tubuh Air berguna untuk melancarkan darah Air dapat menyehatkan dan menghaluskan kulit tubuh Air memperlancar fungsi pencernaan Air membantu pernapasan tubuh Air sebagai pelumas sendi dan otot Air sebagai media untuk pemulihan kondisi tubuh Air untuk kesuburan (http://ksupointer. 8. 3. 7.kikil.com/2009/manfaat-air-bagi-tubuh-kita) . 6.menurunkan energi.org/forum/Thread-7-manfaatlemak-bagi-tubuh) 1. 4.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful