Tema : Hakikat Bangsa Dan Negara

Ketua Kelompok Sekertaris Moderator Penyaji Anggota

: Annisa Nur Islamia : Herlisma m : Widya Permata : Rani Tri Yuliani : Satriawan iman William irianto maya nurwindi

Saya juga berterimakasih atas kerjasama setiap anggota kelompok yang telah ikut serta dalam menyelesaikan tugas ini. masukaan dan saran yang sifatnya membangn sanga kami harapkan demi perbaikan penulisan tugas selanjutnya.Kelas X-3 Tahun Ajaran 2010-2011 SMAN 5 CIMAHI Guru Mata Pelajaran Ibu Nani Sum KATA PENGANTAR Puji dan syukur senantiasa kami persembahkan kepada Allah SWT. Tak lupa kami berterimakasih kepada guru mata pelajaran kewarganegaraan yang telah membimbing kami dalam menyelesaikan makalah ini. Juli 2010 . Makalah yang kami buat bertemakan HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA yang kami ambil dari buku HUP dan kami berharap dengan membuat makalah ini. Kami menyadari bahwa tugas makalah ini masih banyak kekurangan baik materi maupun cara penyajiannya. kami mendapatkan ilmu tentang HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA dan mendapatkan hasil yang memuaskan. Cimahi. Untuk melengkapi kekuraangan dari segi manapun Oleh karena itu kritik. Atas perkenan-Nya kami dapat mewujudkan tugas makalah kewarganegaraan yang ditugaskan oleh ibu yani sum pada tanggal 26 juli 2010.

E.. ... C. . BAB III Penutup A. 3 BAB II Landasan Teoretis HAKIKAT BANGSA DAN NEGARA A.Tim Penyusun DAFTAR ISI KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I .. . 1 2 Pendahuluan A... C. 19 . . 3 . 20 . .. 3 ... D. . DAFTAR PUSTAKA Simpulan Saran .. B.. B. Negara.. 4 7 . . . Latar belakang Maksud dan tujuan Ruang lingkup Metode yang di gunakan 3 . Bangsa . D. .. Masyarakat. 11 .... Bentuk Negara dan Kenegaraan Fungsi dan Tujuan Negara .. 13 . . B. ... 15 Arti dan Unsur Pembentuk Negara . Patriotisme dan Nasionalis ....

bentuk Negara. patriotisme dan nasionalisme. fungsinya tugas terpenting yang harus dilakukan organisasi ataw institusi bernama Negara-bangsa. Tujuan dalam pembuatan makalah ini adalah guna memperoleh pemahaman serta manfaat yang dapat diperoleh dari pembahasan mengenai hakikat bangsa dan Negara. negara. Maksud dan Tujuan Maksud dalam pembuatan makalah ini adalah ingin memahami mengenai hakikat bangsa dan Negara. Ruang Lingkup Ruang lingkup dalam pembahasan ini mengenai definisi masyarakat. Metode yang digunakan . didalam masyarakat pengguyupan terdapat hubungan pribadi yang sanggat kuat di antara anggota-anggotanya.BAB I PENDAHULUAN Latar belakang Masyarakatmerupakan bentuk nyata dari kehidupan bersama. dan bangsa. Negara merupakan organisasi dalam satu wilayah. Arti dan unsure pembentukan Negara. unsur-unsur negari yang bersifat konstituatif. Patriotism merupakan sikap studi mengorbankan tanah air bagsa dan Negara. dan kenegaraan. fungsi dan tujuan Negara.

Kebutuhan rohani antara lain. Masyarakat paguyuban . Kebutuhan jasmani antara lain. dan dicintai. Manusia terbentuk dari dua unsur. Karena hidup dan kehidupan manusia selalu dan sangat memerlukan pergaulan dengan manusia lain. Bangsa merupakan kelompok paguyuban yang secara kodrati ditakdirkan untuk hidup bersama dengan unsur: y y y Rakyat Wilayah Pemerintah yang berdaulat (kedaulatan) 1. manusia tidak dapat hidup sendiri (individu).Metode yang digunakan dalam penyusunan makalah ini dengan metode KMB berkhaidmat untuk ilmu. antara anggotanya memiliki semangat kebersatuan. manusia harus hidup dengan mahluk lainnya (komunal). makan minum dan pakaian. Masyarakat. Manusia diebut mahluk social. simpati. BAB II LANDASAN TEORETIS A. peduli rasa cinta. dan Bangsa Manusia adalah mahluk social. a. empati. Mereka juga bersepakat untuk menjadikan kepentingan bersama sebagai perekat kehidupan diantara mereka. Definisi masyarakat Masyarakat merupakan bentuk nyata dari kehidupan bersama. yaitu jasmani dan rohani. Negara. mahluk yang selalu hidup bermasyarakat dan bergantung kepada orang lain.

 Ernest renan (prancis).dalam hubungan personalnya adalah keluarga. bangsa terbentuk karena keinginan untuk hidup bersama (hasrat bersatu) dengan perasaan setia kawan (esprit de corps)  F. Berupa motif dasar hubungan kekerabatan yang terutama ditunjukkanoleh semangat memperoleh balas jasa berupa materi. menimbulkan ikatan batin yang sedemikian personal antar mereka. Dalam masyarakat patembayan terdapat hubungan pamrih antaranggotanya. b. reste (jerman). Definisi bangsa Bangsa merupakan kelompok paguyuban yang secara kodrati ditakdirkan untuk hidup bersama.masyarakat paguyuban mempunyai dasar hubungan yang alami (nature relationship). Secara umum. 2. Definisi sebuah bangsa merupakan penggolongan yang beraneka ragam dan tidak bisa dirumuskan secara eksak. suatu bangsa memiliki factor- . bangsa terbentuk karena hasrat bersatu akibat adanya rasa kesatuan (sense of united) antara manusia dan tempat. Masyarakat patembayan Masyarakat patembayan (gesellschaft) diikat oleh materi. dimana ia tinggal atau bermukim  Otto bauer (jerman). bangsa merupakan buah hasil dari tenaga hidup manusia dalam sejarah suatu bangsa. bangsa adalah sekelompok orang yang mempunyai karakter-karakter yang tumbuh berkembang karena persamaan nasib atau kondisi  Hans kohn (jerman).Dalam paguyuban (gemeinschalft) terdapat hubungan pribadi yang sangat kuat diantara anggota-anggotanya. Kehidupan bersma itu diperkuat rasa senasib-sepenanggungan di suatu Negara. Perkumpulan atas nama agama merupakan perkumpulan yang didasari oleh semangat kerohanian yang sama.

adat istiadat belum dapat dikatakan satu bangsa jika tidak memiliki perekat kepentingan yang sama. bangsa. sejarah rasa senasib dan sepenanggungan. suku bangsa. Sekelompok manusia yang berasal dari satu keturunan. agama. wilayah. Unsure-unsur pembentuk :  Latar belakang sejarah atau pengalaman masa lampau yang sama  Perasaan senasib-sepenanggungan terhadap kehiupan masyarakat  Memiliki cita-cita yang sama. komunikasi. maupun masa yang akan dating  Harus merasakan adanya ikatan yang erat dengan tanah airnya (lazim disebut nasinalisme) Menurut friedrich herz. persamaan agama. sebuah bangsa terbentuk dari empat unsur aspirasi.yaitu :  Keinginan mencapai kesatuan nasianal atas kesatuan social.memiliki cita-cita yang sama . agama. dan solidaritas  Keinginan untuk mencapai kemerdekaan (independent) dan kebangsaan nasional (nationality) sepenuhnya. sekarang. baik masa lampau. persamaan politik. Itulah yang disebut bangsa (the state). adat istiadat. Factor-faktor tersebut antara lain : persamaan keturunan.faktor objektif tertentu yang membedakannya dengan bangsa lain. Dapat disimpulkan bahwa suatu bangsa terbentuk karena umsur pokok pembentukannya. ekonomi. kemudian timbl keinginan yang kuat untuk bersatu dalam menempuh kehidupan serta bersama-sama menentukan nasibnya. Tapi jika ada rasa persamaan pengalaman. serta . kebudayaan. serta keunggulan individualitas yang asli (genuine) dan ikhlas atau murni . politik. yaitu terbebas dari dominasi dan campur tangan bangsaasing terhadap urusan dalam negerinya  Keinginan yang kuat dalam kemandirian.

diantara bangsa-bangsa yang ada dalam percaturan pengerjaan kehormatan serta pengaruh prestise yang kuat BAB III SIMPULAN DAN SARAN A. pemerintah yang berdaulat. Saran Berdasarkan uraian diatas kiranya kita dapat menyadari bahwa hakikat bagsa dan Negara sabgat penting dilingkungan hidup kita maka kita harus menjunjung tinggi hakikat bangsa dan Negara kita Indonesia . Simpulan  Jiwa mahluk sosial sudah menjadi sifat yang melekat pada diri manusia itulah sebabnya manusia harus hidup secara bersama dengan manusia lain. wilayah.  Perbedaan definisi itu terjadi karena perbedaan titik pemandangan utamanya. B. Keinginan untuk menonjol (unggul).  Unsur negara bersifat kostitutif ada 3 unsur yang termasuk konstitutif adalah rakyat.

Sutrisni. Kurdi. Heni. Berkhidmat untuk ilmu. . Tintin. dan Sutisna.DAFTAR PUSTAKA Nurida. (2008). Bandung: HUP. Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful