P. 1
CEPHALGIA

CEPHALGIA

5.0

|Views: 2,684|Likes:
Published by rickyacm22

More info:

Published by: rickyacm22 on Oct 01, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOC, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

07/05/2013

pdf

text

original

Apa itu sakit kepala? Sakit kepala didefinisikan sebagai rasa sakit di kepala atau leher atas.

Ini adalah salah satu lokasi yang paling umum rasa sakit dalam tubuh dan memiliki banyak penyebab. How are headaches classified? Bagaimana diklasifikasikan sakit kepala? . Sakit kepala memiliki banyak penyebab, dan pada tahun 2007 International Headache Society disepakati sistem klasifikasi yang diperbarui untuk sakit kepala.. Karena begitu banyak orang menderita sakit kepala, dan karena pengobatan kadangkadang sulit, sistem klasifikasi baru memungkinkan praktisi kesehatan untuk memahami diagnosis tertentu lebih lengkap untuk menyediakan lebih baik dan lebih efektif rejimen pengobatan. Ada tiga kategori utama sakit kepala: 1. 2. 3. primer sakit kepala, sekunder sakit kepala, dan kranial neuralgias, wajah kesakitan, dan sakit kepala lainnya

Apa yang utama sakit kepala? Sakit kepala primer mencakup migrain, ketegangan, dan cluster sakit kepala, serta berbagai jenis lain yang kurang umum sakit kepala. Ketegangan sakit kepala yang paling umum sakit kepala primer tipe; sebanyak 90% dari orang dewasa telah memiliki atau akan memiliki ketegangan sakit kepala. Ketegangan sakit kepala yang lebih umum di kalangan wanita daripada pria. . Migren adalah jenis kedua yang paling umum sakit kepala primer. Diperkirakan 28 juta orang di Amerika Serikat (sekitar 12% dari populasi) akan mengalami sakit kepala migren. Migren mempengaruhi anak maupun orang dewasa. Sebelum pubertas, anak laki-laki dan perempuan sama-sama dipengaruhi oleh migren sakit kepala, tapi setelah pubertas, lebih banyak perempuan dibandingkan laki-laki terpengaruh. Diperkirakan 6% dari laki-laki dan sampai dengan 18% wanita akan mengalami sakit kepala migrain. Sakit kepala cluster adalah jenis langka sakit kepala primer, mempengaruhi 0,1% dari populasi. Diperkirakan 85% dari penderita sakit kepala cluster adalah laki-laki. Usia rata-rata penderita sakit kepala cluster adalah usia 28-30 tahun, walaupun sakit kepala mungkin dimulai pada masa kanak-kanak. Sakit kepala primer mempengaruhi kualitas hidup. Beberapa orang kadang-kadang sakit kepala yang menyelesaikan dengan cepat, sementara yang lain lemah. Ketegangan, migrain, dan cluster sakit kepala tidak membahayakan jiwa.

ketegangan/sakit pada otot-otot pundak/bahu. Sakitnya dirasakan pada kedua sisi kepala seperti kepala sedang diikat oleh kain yang sangat ketat. kulit kepala dan rahang. Sakit kepala tegang sering dihubungkan dengan stress. dan terlalu memaksakan diri untuk melakukan sesuatu. keju dan penyedap masakan (MSG). Migrain atau migren merupakan salah satu sakit kepala dengan gejala yang cukup berat dan berulang. Penyebab lain dari sakit kepala tipe ini adalah posisi kepala yang menetap pada jangka waktu yang lama seperti saat duduk di depan komputer. bersamaan dengan itu pasien juga akan merasakan gejala lain seperti gangguan pada penglihatan dan mual-mual. Sakit kepala yang paling umum ditemukan terutama pada pekerja kantoran adalah: Sakit kepala tegang atau Tension headaches. bekerja secara berlebihan. tumor. Sakit Kepala: Jenis dan Penyebabnya 23 Juli. peminum alkohol serta pengguna obatobatan. pasien akan merasakan kepalanya seperti diikat dengan kain yang sangat erat. kecemasan. telat makan. Sakit kepala sendiri bisa disebabkan oleh faktor fisik maupun psikis. namun tidak begitu halnya bila sakit kepala disebabkan oleh karena faktor psikis untuk itu diperlukan waktu lebih lama untuk mencari tahu penyebabnya. Ada banyak penyebab sakit kepala jenis ini mulai dari pendarahan di otak. Selain sakit kepala yang khas pada satu sisi kepala (beberapa kasus bisa menyerang kedua sisi kepala). mikroskop atau mesin ketik. 2009 Sakit kepala merupakan gejala yang paling sering dikeluhkan oleh kita pada saat berkunjung ke seorang dokter. Untuk sakit kepala yang disebabkan oleh faktor fisik memang mudah untuk mendiagnosa karena pada penderita akan ditemukan gejala fisik lain yang menyertai sakit kepala. Gejala sakit kepala bisa timbul dengan dipicu oleh konsumsi cokelat. Migrain adalah sakit kepala yang juga sering kita jumpai di masyarakat. Sebelum pasien . tidur yang kurang. Pada sakit kepala jenis ini. Orang yang terbiasa minum kopi akan mengalami sakit kepala bila yang bersangkutan lupa untuk minum kopi. leher.Apa sakit kepala sekunder? Sakit kepala sekunder adalah mereka yang disebabkan oleh masalah struktural yang mendasar di kepala atau leher. Kesalahan dalam posisi tidur. atau meningitis dan ensefalitis. Sakit pada awalnya dirasakan pasien pada leher bagian belakang kemudiang menjalar ke kepala bagian belakang selanjutnya menjalar ke kepala bagian depan. depresi.

atau mengalami gejala premenstrual syndrome.merasakan sakit kepala migren. Kenaikan suhu udara seringkali menyebabkan timbulnya migren atau sakit kepala berat. bisa jadi yang bersangkutan menderita apa yang disebut dengan temporal arteritis. namun para ahli menduga bau yang memiliki aroma kuat merangsang sistem saraf. Terdapat resiko mengalami kebutaan bila gejala ini dibiarkan maka dari itu perlu penanganan dokter dengan segera. Selain parfum. Pijatan ringan di bagian tersebut bisa mengurangi sakit kepala. Pernahkah Anda merasa pusing gara-gara mencium aroma parfum? Aroma bau yang kuat. terlebih dahulu mereka akan merasakan semacam aura (gejala peringatan akan timbulnya migren) seperti kepala terasa berdenyut. Sakit kepala yang disebabkan oleh ketegangan emosional ini disebut sakit kepala fungsional atau tension headache. . Sakit kepala cluster atau Cluster headaches. Aroma yang terlalu kuat. Dalam sebuah studi diketahui 7. semua hal yang menimbulkan ketegangan atau stres akan membuat kita lebih mudah terserang sakit kepala atau migren. Sakit kepala sering tampak sederhana karena umumnya merupakan gejala penyakit ringan. Sakit kepala yang tajam seperti ditusuk-tusuk. Sakit kepala yang disebabkan oleh karena faktor fisik juga timbul saat kita menderita demam. namun setelah beberapa saat keluhan akan kembali muncul. hidung dan sekitar mata. apalagi kalau sampai mengganggu pekerjaan. sering menyebabkan kepala berdenyut. atau debu. Faktanya. Sekitar 70 persen sakit kepala memang disebabkan oleh ketegangan otot. penderita juga akan merasakan gangguan penglihatan. sakit kepala tak bisa disepelekan. Belum diketahui mengapa hal ini terjadi. Tumor Otak. Bos. flu. Sakit Kepala dapat dipicul oleh hal-hal sebagai berikut. Stroke atau TIA. Meski begitu. bahkan yang wangi. sangat menyakitkan dan sering kambuh menurut periode tertentu.5 persen responden mengalami sakit kepala saat udara panas. Penderita sakit kepala ini sering merasakan otot-otot di bagian leher belakang kaku dan menegang. bau cat. Penyebab lain dari sakit kepala yang relatif jarang adalah Anuresma otak yaitu suatu keadaan dimana terjadi gangguan kekuatan pada dinding pembuluh darah otak sehingga pembuluh darah tersbeut mudah pecah dan menimbulkan erdarahan pada otak. Udara panas. si bos atau pekerjaan kerap kali memicu rasa nyut nyut di kepala. Sakit kepala sinus. Sakit kepala sinus disebabkan oleh karena peradangan yang terjadi pada rongga sinus yang terletak pada dahi. Sakit akan bertambah berat bila kepala ditundukan ke depan dan saat bangun tidur di pagi hari. Sakit dirasakan terutama di bagian depan kepala dan wajah sesuai dengan lokasi sinus yang terkena. bunga. umumnya menyebabkan kepala pusing. dan sakit saat mengunyah. Selain sakit kepala. dan Infeksi otak seperti meningitis atau encephalitis. Pada orang yang berumur diatas 50 tahun yang mengalami sakit kepala hebat untuk pertama kali.

Kegiatan fisik yang berlebihan bisa membuat pembuluh darah di kepala dan leher bengkak dan tertekan. yang terbentuk dari protein yang sudah dipecah. Rokok. juga topi yang terlalu sempit akan menyebabkan efek yang sama. Postur tubuh yang terbentuk dari kebiasaan sehari-hari pun bisa menimbulkan sakit kepala. Cara kita memperlakukan rambut bisa berpengaruh kepada kepala. makin banyak tyramine yang dikandungnya. kafein juga bisa menyebabkan sakit kepala. juga bisa menyebabkan sakit kepala. seperti cokelat untuk mengisi perut kosong. jepit rambut. Kafein memang bisa menjadi kawan sekaligus lawan. yang ada dalam keju. sehingga kepala pun terasa pusing. Keju. akibatnya tubuh terasa lemas. Bukan hanya olahraga memeras keringat yang bisa menyebabkan tekanan pada otot leher dan kepala. tetapi juga perokok pasif di sekitarnya. Orang-orang yang sering sakit kepala biasanya bersahabat dengan kopi. Kafein. Melewatkan makan siang. yang paling sering adalah keju. Kandungan nikotin akan menyebabkan pembuluh darah ke otak menyempit. Faktanya. . atau mengapit telepon antara kuping dan pundak. Makin panjang proses makanan atau minuman. Sakit kepala yang disebabkan olahraga atau seks lebih mudah menyerang orang yang sering terkena migren. bukan cuma terhadap orang yang merokok. Sebut saja kebiasaan duduk dengan posisi bahu membungkuk. Penyebabnya adalah tyramine. blue cheese. saatnya memperbaiki postur tubuh Anda sehari-hari. akibatnya aliran darah ke otak berkurang. Bando. Alkohol yang terkadung dalam minuman itu akan meningkatkan aliran darah ke otak. Gula dari makanan manis akan membuat gula darah melambung untuk kemudian turun lebih rendah lagi. Perut kosong gara-gara tak sempat makan siang pada sebagian orang kerap menyebabkan sakit kepala. Olahraga yang terlalu berat. duduk tanpa sandaran. Red wine. mozzarella dan parmesan. Bila akhir-akhir ini Anda sering diserang sakit kepala. alias migren. Hindari mengonsumsi makanan manis. Postur tubuh. perut kosong juga membuat gula darah turun. Namun di lain pihak. Selain pusing. beberapa jenis obat sakit kepala mengandung kafein di dalamnya. menatap monitor komputer yang posisinya terlalu tinggi atau rendah. Mengikat rambut terlalu kencang bisa membuat jaringan tisu di kepala menjadi tegang dan mengundang sakit kepala. Olahraga. termasuk cheddar. Pemicu sakit kepala sebelah. Merokok termasuk dalam penyebab sakit kepala.Aksesori rambut. Segeralah makan siang dengan gizi seimbang. Tyramine juga bisa kita temukan dalam red wine dan minuman keras.

termasuk: • . yang merupakan penghilang rasa sakit alami tubuh bahan kimia. Stres dan ketegangan otot Stres diduga memicu tubuh 'lawan atau lari' respon. dan meningkatnya jumlah 'stres bahan kimia' seperti adrenalin: Stres dapat menyebabkan atau memperburuk sakit kepala dalam beberapa cara.. seperti MSG (monosodium glutamat). Kafein penarikan. Ada berbagai jenis sakit kepala dan banyak penyebab yang berbeda. dengan sekitar 15 persen dari kami mengambil obat penghilang rasa sakit untuk sakit kepala pada waktu tertentu. Sebuah sakit kepala yang dialami ketika berbagai struktur kepala dan leher yang. Berbeda menyebabkan sakit kepala termasuk: • Fluktuasi kadar gula darah. apa yang kita makan dan kapan kita makan itu memainkan peran penting dalam sakit kepala dan migren. • Bahan kimia alami dalam makanan. umumnya disebabkan oleh konsumsi berlebihan teratur dan kopi dan teh. Meniadakan pengaruh obat-obatan seperti obat penghilang rasa sakit. Misaligned gigi juga dapat meningkatkan ketegangan otot di rahang dan berkontribusi pada sakit kepala berulang. seperti amina. • • • Diet dan makanan kepekaan Menurut beberapa penelitian. yang berarti iritasi di satu daerah dapat menularkan rasa sakit yang terkait melalui saraf ke daerah lain. infeksi pasca-ekstraksi dan kesulitan dengan sendi rahang dapat menyebabkan rasa sakit di daerah setempat. Mengencangkan otot-otot. peningkatan denyut jantung dan tekanan darah. Sensasi rasa sakit dapat menjadi 'dimaksud'. Mengurangi tingkat endorfin. • Makanan aditif. leher dan kepala.. Menurunkan toleransi seseorang terhadap rasa sakit. yang menjelaskan mengapa kondisi begitu umum.beberapa penyebab menjelaskan . bahu.Hal ini karena sakit kepala adalah salah satu penyakit yang paling umum di Australia. yang dapat menyebabkan spasme arteri di kepala. . Sebuah contoh yang baik adalah nyeri leher yang mengarah ke sakit kepalaKemungkinan besar bahwa hampir semua dari kita akan mengalami sakit kepala selama kehidupan kita. serta rasa sakit sebagaimana dimaksud pada wajah dan kepala.Sakit kepala . terutama punggung atas. Sakit kepala berulang dapat disebabkan oleh faktor yang berbeda bekerja bersama. • Masalah rahang Gigi abses. Pengaruh hormonal . yang ditandai dengan pernapasan dangkal.

seperti hipertensi (tekanan darah tinggi) dan diabetes. • Trauma . yang meliputi versi disintesis hormon seks estrogen dan progesteron. dingin. • Tumor . migrain terjadi dalam beberapa hari sebelum atau setelah periode menstruasi mereka. Eye diseases like glaucoma can cause headache by referring pain into the structures of the head. Masalah mata Jika seseorang memiliki kesulitan dengan visi mereka.tumor otak adalah relatif jarang menyebabkan sakit kepala berulang. seperti sightedness panjang.seperti meningitis. • . hidung atau tenggorokan. hidung dan tenggorokan yang dapat menyebabkan sakit kepala berulang. • Infeksi . atau lubang di gendang telinga. termasuk: Pil KB . • Sistem saraf Jengkel. Sekitar setengah dari wanita ini. kekurangan vitamin atau trauma pada kepala atau leher. meradang atau rusak saraf dapat menimbulkan sakit kepala Beberapa penyebab antara lain: Pendarahan .infeksi yang paling sering disebabkan oleh bakteri streptokokus. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengurangi kadar hormon seks estrogen sekitar saat menstruasi dapat disalahkan. • Tonsilitis . Migran mempengaruhi lebih banyak perempuan daripada laki-laki.beberapa kondisi kesehatan.ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi berlebihan iritasi tersebut seperti tepung sari. mereka cenderung untuk menyipitkan mata dan ketegangan otot mata untuk lebih memfokuskan visi mereka. Telinga. • Kerusakan saraf ..dari telinga.istilah umum untuk semua jenis peradangan telinga bagian dalam.seperti pil gabungan. Sebuah tumor juga mungkin harus disalahkan. • Demam .disebabkan oleh infeksi. flu atau reaksi alergi seperti demam. hidung dan tenggorokan gangguan Ada banyak gangguan pada telinga. dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi rusak. dan beberapa peneliti percaya bahwa hormon seks memainkan peran kunci.dapat disebabkan oleh. • Obat-obatan dan 'rebound sakit kepala' Beberapa obat bisa memperburuk sakit kepala pada orang yang rentan. • Labyrinthitis . baik yang disebabkan oleh bakteri atau virus. Beberapa yang lebih umum meliputi: Masalah sinus .seperti pukulan ke telinga. yang merupakan peradangan selaput otak dan selaput sumsum tulang belakang. • Infeksi . misalnya.

• Nasihat medis Sakit kepala dan migren dapat disebabkan oleh banyak faktor yang bekerja bersama-sama. 5. vasodilatasi (migren). • Suhu . respon stress. termasuk: Postur yang buruk . Sakit kepala dikatkan dengan trauma kepala. Sakit kepala dihubungkan dengan gangguan vaskuler (mis. • Dehidrasi .yang mempengaruhi tekanan darah.Obat penghilang rasa sakit . 6. Sakit kepal tegang 3. sakit kepala dan migrain mungkin merupakan peringatan tentang masalah mendasar yang lebih serius. Sakit kepala klaster dan hemikrania paroksismal 4. • Mabuk . yang paling sering terjadi pada orang tua. • Obat untuk diabetes .asuhankeperawatan.com/414askep/cephalgia/ A. B.beberapa over-the-counter obat dapat berkontribusi untuk sakit kepala berulang jika disalahgunakan atau digunakan secara berlebihan. Perdarahan subarakhnoid). • Noise . Migren (dengan atau tanpa aura) 2. • Cephalgia sumber : http://blog. 1.KLASIFIKASI DAN ETIOLOGI Klasifikasi sakit kepala yang paling baru dikeluarkan oleh Headache Classification Cimitte of the International Headache Society sebagai berikut: 1. tegangan otot rangka (sakit kepala tegang) atau kombinasi respon tersebut (Brunner & Suddart).terutama suara keras. • Temporal arteritis .peradangan pada arteri di kuil. 7. • Penyebab lain Sakit kepala dan migren dapat disebabkan atau diperparah oleh sejumlah faktor lain. Sakit kepala dihuungkan dengan gangguan intrakranial non vaskuler . Sakit kepala pada kenyataannya adalah gejala bukan penyakit dan dapat menunjukkan penyakit organik ( neurologi atau penyakit lain).disebabkan oleh penyalahgunaan alkohol atau obat-obatan. Berbagai sakit kepala yang dikatkan dengan lesi struktural.beberapa kelas obat ini dapat memperburuk sakit kepala.yang tidak perlu menempatkan ketegangan pada otot-otot punggung dan leher.ekstrim panas dan dingin.PENGERTIAN Chefalgia atau sakit kepala adalah salah satu keluhan fisik paling utama manusia. Itu sebabnya nasihat profesional diperlukan untuk menyelidiki dan benar mendiagnosis faktor-faktor tertentu di belakang individu sakit kepala berulangDalam beberapa kasus.

10.Neuralgia kranial (nyeri menetap berasal dari saraf kranial) C. Gangguan pembuluh darah ekstrakranial. Peregangan selaput otak akibat proses desak ruang intrakranial.Sakit kepala atau nyeri wajah yang dihubungkan dengan gangguan kepala. 10. iritis). 11. Tumor otak) 8. 5. Sakit kepala dihubungkan dengan penggunaan zat kimia tau putus obat.PATOFISIOLOGI Sakit kepala timbul sebagai hasil perangsangan terhadap bangunan-bangunan diwilayah kepala dan leher yang peka terhadap nyeri. intoksikasi CO.Sakit kepala yang dihubungkan dengan gangguan metabolik (hipoglikemia). temporal dan frontal. 11. trombosis venos spinosus. 3. Perangsangan terhadap bangunan-bangunan itu dapat berupa: 1. misalnya vasodilatasi ( migren dan cluster headache) dan radang (arteritis temporalis) 9. gigi geligi (pulpitis dan molar III yang mendesak gigi) dan daerah leher (spondiloartritis deforman servikalis. sinus (sinusitis). leher bahu sebagai manifestasi psikoorganik pada keadaan depresi dan stress. Sebagian besar dari jaringan otak sendiri tidak peka nyeri. 2. penyumbatan jalan lintasan liquor. Glaukoma akut) 12. Iritasi kimiawi terhadap selaput otak seperti pada perdarahan subdural atau setelah dilakukan pneumo atau zat kontras ensefalografi. pemakaian obat vasodilatasi. Bangunan-bangunan ekstrakranial yang peka nyeri ialah otot-otot okspital. Vasodilatasi arteri intrakranial akibat keadaan toksik (seperti pada infeksi umum. 9. insufisiensi serebrovasculer akut). 8. edema serebri atau tekanan intrakranial yang menurun tiba-tiba atau cepat sekali. ensefalitis. Infeksi selaput otak : meningitis. Nasofaring). intoksikasi alkohol. reaksi alergik). terutama dura basalis dan meninges yang mendindingi sinus venosus serta arteri-arteri besar pada basis otak. Penjalaran nyeri (reffererd pain) dari daerah mata (glaukoma. kulit kepala. 7. Bangunan-bangunan intrakranial yang peka nyeri terdiri dari meninges. keadaan paska contusio serebri. gangguan metabolik (seperti hipoksemia. baseol kranii ( ca. Tulang tengkorak sendiri tidak peka nyeri. Dalam hal ini sakit kepala sininim dari pusing kepala. Sakit kepala dihubungkan dengan infeksi non sefalik. 6. arteri-arteri subkutis dan periostium. . 4.( mis. Gangguan terhadap otot-otot yang mempunyai hubungan dengan kepala. leher atau struktur sekitar kepala ( mis. Ketegangan otot kepala. seperti pada spondiloartrosis deformans servikalis. hipoglikemia dan hiperkapnia).

Durasi keadaan ini bervariasi. atau belakang leher. dengan nyeri yang menyiksa didaerah mata dan menyebar kedaerah wajah dan temporal. perasaan gatal pada wajah dan tangan. Kelelahan biasanya terjadi. Gejala dari periode ini adalah gangguan penglihatan ( silau ). tetapi ini dapat disebabkan oleh gangguan vaskuler primer yang biasanya banyak terjadi pada wanita dan mempunyai kecenderungan kuat dalam keluarga. Pasien membutuhkan ketenangan hati. Karakteristik dari sakit kepala ini perasaan ada tekanan pada dahi. mual dan muntah. Sakit kepala ini cenderung kronik daripada berat. sedikit lemah pada ekstremitas dan pusing. Berlangsung lebih kurang 30 menit.D. Tipe sakit kepala ini dikaitkan dengan dilatasi didaerah dan sekitar arteri ekstrakranualis. yang menyebabkan sakit kepala karena tegang. Bantuan simtomatik mungkin diberikan untuk memanaskan pada lokasi. . c. yang ditimbulkan oleh alkohol. Periode aura ini berhubungan dengan vasokonstriksi tanpa nyeri yang diawali dengan perubahan fisiologi awal. b. Sakit kepala ini berespon terhadap klorpromazin. nitrit. Hal ini sering tergambar sebagai “beban berat yang menutupi kepala”. yaitu: Fase aura. Aliran darah serebral berkurang.MANIFESTASI KLINIS a. pelipis.Tension Headache Stress fisik dan emosional dapat menyebabkan kontraksi pada otot-otot leher dan kulit kepala. dan pasien dapat tidur untuk waktu yang panjang. dan dapat memberikan kesempatan bagi pasien untuk menentukan obat yang digunakan untuk mencegah serangan yang dalam. Fase sakit kepala Fase sakit kepala berdenyut yang berat dan menjadikan tidak mampu yang dihungkan dengan fotofobia. dengan kehilangan autoregulasi laanjut dan kerusakan responsivitas CO2. beberapa jam dalam satu hari atau beberapa hari. vasodilator dan histamin. Penyebab migren tidak diketahui jelas. Tanda dan gejala adanya migren pada serebral merupakan hasil dari derajat iskhemia kortikal yang bervariasi. Serangan berakhir dari 15 menit sampai 2 jam yang menguat dan menurun kekuatannya. kesemutan.Migren Migren adalah gejala kompleks yang mempunyai karakteristik pada waktu tertentu dan serangan sakit kepala berat yang terjadi berulang-ulang. Pembuluh darah intra dan ekstrakranial mengalami dilatasi. Serangan dimulai dengan vasokonstriksi arteri kulit kepala dam pembuluh darah retina dan serebral. analgetik. yang menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan. Nyeri diikuti mata berair dan sumbatan hidung. Migren klasik dapat dibagi menjadi tiga fase. antidepresan dan obat relaksan otot. dan biasanya keadaan ini merupakan ketakutan yang tidak terucapkan. memijat. Serangan datang dalam bentuk yang menumpuk atau berkelompok. Fase pemulihan Periode kontraksi otot leher dan kulit kepala yang dihubungkan dengan sakit otot dan ketegangan lokal.Cluster Headache Cluster Headache adalah beentuk sakit kepal vaskuler lainnya yang sering terjadi pada pria.

pola dan sifat sakit kepala termasuk tempat nyeri. menjengkelkan.Riwayat sakit kepala dalam keluarga (khusus penting sekali bila migren). menghebat dan terus ada. Diantaranya ialah: a. F. e. c. d. seperti stress. Perubahan kemampuan dalam melaksanakan aktifitas sehari – hari.Tiap yang ditemukan sekunder dari sakit kepala perlu dikaji. menghirup bau-bauan yang toksis dalam limngkungan kerja dimana ventilasi tidak cukup dapat menjadi penyebab sakit kepala. f.Sakit kepala yang menyeluruh biasanya disebabkan oleh penyebab psikologis atau terjadi peningkatan tekanan intrakranial.DIAGNOSTIK 1. Perilaku : gejala yang memperlihatkan stress. dengan tujuan mendeteksi kondisi patologi otak dan medula spinalis . d. f. kecemasan atau nyeri. Suhu badan e. b. tyramine demikian juga alkohol.Tempat. Terdapat pengkajian anormal dari sistem pengkajian fisik sistem saraf cranial. beberapa butir penting perlu dipertimbangkan. b.Langkah – langkah untuk mengurangi gejala seperti obat-obatan.Sakit kapala migrain bisa menyertai mentruasi. j. g. Dalam pengkajian sakit kepala. c.Sakit kepala yang terlokalisir biasanya berhubungan dengan sakit kepala migrain atau gangguan organik. menjadi mudah dijangkau sebagai cara yang mudah dan aman untuk menemukan abnormalitas pada susunan saraf pusat. l. sering terjadi pada sakit kepala yang psikogenis.Obat kontrasepsi oral dapat memperberat migrain.sakit kepala bisa didahului makan makanan yang mengandung monosodium glutamat.Banyak sakit kepala yang berhubungan dengan kondisi stress. j. i. i. h.MRI Scan.Situasi yang membuat sakit kepala lebih parah.Awal serangan sakit kepala.Pengertian pasien tentang sakit kepala dan kemungkinan penyebabnya. d. b. frekwensi.Rasa nyeri yang tumpul.CT Scan. berpuasa. e. Data Obyektif a. sodim nitrat. Data Subyektif a.Tidur terlalu lama.Ada gejala yang menyertai.Sadar tentang adanya faktor pencetus.Sakit kepala yang disertai peningkatan tekanan intrakranial biasanya timbil pada waktu bangun tidur atau sakit kepala tersebut membengunkan pasien dari tidur.PENGKAJIAN Data subyektif dan obyektif sangat penting untuk menentukan tentang penyebab dan sifat dari sakit kepala.. Drainase dari sinus.Ada gejala prodomal atau tidak g.E.Ada alergi atau tidak.Sakit kepala tipe sinus timbul pada pagi hari dan semakin siang menjadi lebih buruk. 2. h.Bahan organis yang menimbulkan nyeri yang tetap dan sifatnya bertambah terus. lama dan interval diantara sakit kepala. k.Sakit kepala migren dapat berpindah dari satu sisi kesisi yang lain. c.

Hal tersebut juga sudah dibuktikan penemuan seorang ahli pada binatang anjing. gangguan organ sasaran . intoleransi makanan dan sebagainya. dengan mengambil cairan serebrospinalis untuk pemeriksaan.pada penderita berhubungan dengan kejadian epilepsi .: PATOGENESIS DAN PATOFISIOLOGI GANGGUAN NEUROLOGI Reaksi simpang makanan sering terjadi pada kelainan bawaan atau genetik seperti alergi makanan.dan pengaruh reaksi hormonal pada alergi Reaksi yang tidak diinginkan terhadap makanan tertentu mengakibatkan gangguan permeabilitas pada saluran cerna atau leaky gut. Gangguan saluran cerna tersebut berkaitan gangguan penyerapan dan metabolisme makanan tertentu yang mengakibatkan gangguan beberapa sistem tubuh . Hal ini tidak dilakukan bila diketahui terjadi peningkatan tekanan intrakranial dan tumor otak.khususnya susunan saraf pusat atau otak Teori gangguan pencernaan berkaitan dengan sistem susunan saraf pusat saat ini sedang menjadi perhatian utama. 3. Teori pelepasan opioid ikut berperanan dalam proses di atas. penyakit celiac. diantaranya adalah teori “gangguan perut dan otak” (Gut Brain Axis). Gangguan perilaku yang diduga bersifat genetik seperti Autism. yaitu adanya gangguan pencernaan khususnya nyeri perut yang dapat mengakibatkan epilepsi pada anak atau orang dewasa. pengaruh metabolisme sulfat.dengan menggunakan tehnik scanning dengan kekuatan magnet untuk membuat bayangan struktur tubuh. Namun ada beberapa teori mekanisme yang bisa menjelaskan. ternyata didapatkan kadar opioid yang meningkat . Teori inilah juga yang menjelaskan tentang salah satu mekanisme terjadinya gangguan perilaku seperti autism melalui Hipermeabilitas Intestinal atau dikenal dengan Leaky Gut Syndrome. Banyak penelitian menunjukkan dengan melakukan penghindaran makanan tertentu maka gejala gangguan fungsi tubuh dan perilaku dapat .Pungsi lumbal. Beberapa laporan ilmiah menyebutkan bahwa gangguan pencernaan atau nyeri perut berulang . pada gangguan pencernaan ternyata menghasilkan zat caseo morfin dan glutheo morphin (semacam morfin atau neurotransmiter palsu) yang mengganggu dan merangsang otak. karena penurunan tekanan yang mendadak akibat pengambilan CSF.disertai perubahan perilaku pada binatang tersebut Teori Enteric nervous brain juga mungkin yang mungkin bisa menjelaskan adanya kejadian abdominal epilepsi. Secara patofisiologi kelainan Leaky Gut Syndrome tersebut salah satunya disebabkan karena alergi makanan. Beberapa teori yang menjelaskan gangguan pencernaaan berkaitan dengan gangguan otak adalah :Kekurangan ensim Dipeptidalpeptidase IV (DPP IV). Beberapa peneliti mengungkapkan bahwa gangguan saluran cerna kronis dengan berbagai mekanisme imunopatofisiologis dan imunopatobiologis ternyata dapat mengganggu susunan saraf pusat manusia. Setelah dilakukan stimulasi tertentu pada binatang anjing. ADHD dan gangguan perilaku lainnya juga sangat berkaitan dengan gangguan metabolisme makanan dan pemberian makanan tertentu.diminimallkan Mekanisme bagaimana gangguan saluran cerna mengganggu sistem susunan saraf pusat khususnya fungsi otak masih belum banyak terungkap.

Karakteristik kejang yang terjadi biasanya tidak masuk .tampak membaik GANGGUAN NEUROLOGI DAN PERILAKU Gangguan susunan saraf pusat atau otak tersebut dapat berupa neuroanatomis dan neurofisiologis. Perubahan hormonal tersebut ternyata dapat mempengaruhi fungsi susunan saraf pusat atau otak . jittery atau tremor (terutama tangan. Judarwanto W tahun 2004 dalam penelitian terhadap 95 anak dengan gangguan saluran cerna karena alergi. gangguan saluran cerna dan perilaku seperti gangguan tidur. mungkin juga pada reaksi simpang makanan lainnya terdapat gangguan metabolisme sulfat pada tubuh.tertentu yang tidak dapat dikeluarkan tubuh sehingga dapat mengganggu otak Alergi sebagai salah satu penyebab reaksi simpang makanan adalah suatu proses inflamasi. Sistem susunan saraf pusat adalah merupakan pusat koordinasi tubuh dan fungsi luhur.sakit kepala Strel'bitskaia dkk tahun 1975 pernah melaporkan penemuan adanya aktifitas bioelektrik yang berbeda pada daerah kortek serebri pada penderita astma. Sedangkan perubahan hormonal itu sendiri tentunya dapat mengakibatkan manifestasi klinik tersendiri. Gangguan Metabolisme sulfat juga diduga sebagai penyebab gangguan ke otak. metabolisme sulfur tersebut berubah menjadi sulfit. kemokin merupakan komponen yang berperanan dalam peradangan di organ tubuh manusia. kaki dan bibir) bahkan kejang. Gangguan neuroanatomis karena makanan biasanya sudah tampak sejak bayi. Para peneliti melaporkan pada penderita alergi terdapat penurunan hormon seperti kortisol. Gangguan tersebut mengakibatkan zat kimiawi dan beracun .terjadi proses peradangan lama yang kompleks Keterkaitan hormon dengan peristiwa alergi dilaporkan oleh banyak peneliti. Pada reaksi simpang makanan yang mengganggu saluran cerna diduga juga terjadi proses gangguan metabolisme sulfur. Berbagai zat hasil. Maka bisa dibayangkan kalau otak terganggu maka banyak kemungkinan manifestasi klinik ditimbulkannya termasuk gangguan perilaku pada anak. gejala perilaku pada penderita ADSHD atau Autism . Setelah dilakukan eliminasi makanan penyebab alergi. Diantaranya dapat mengakibatkan keluhan gangguan emosi. Sulfit inilah yang menggakibatkan gangguan kulit (gatal) pada penderita. gampang marah. Beberapa peneliti melaporkan gangguan pada bayi tampak sering mudah kaget dengan rangsangan suara atau cahaya. eosinofil. Reaksi alergi tidak hanya berupa reaksi cepat dan lambat tetapi juga merupakan proses inflamasi kronis yang kompleks. Diduga sulfit dan beberapa zat toksin inilah yang dapat menganggu fungsi otak. kecemasan. proses alergi seperti sel mast. Apalagi pada alergi sering . panik dan . gangguan emosi.Seperti pada penderita intoleransi makanan. Hal ini mungkin juga bisa menjelaskan adanya keterlibatan fungsi susunan saraf pusat pada penderita alergi. Sistem Susunan Saraf Pusat atau otak juga dapat sebagai organ sasaran. Gejala klinis terjadi karena reaksi imunologik melalui pelepasan beberapa mediator tersebut dapat mengganggu organ tertentu yang disebut organ sasaran. Hormon progesteron dan adrenalin tampak cenderung meningkat bila proses alergi itu timbul. mediator sitokin. limfosit dan molekul seperti IgE. metabolik. Gangguan ini mengakibatkan gangguan pengeluaran sulfat melalui urine. gangguan konsentrasi. Bahan makanan mengandung sulfur yang masuk ke tubuh melalui konjugasi fenol dirubah menjadi sulfat dibuang melalui urine. basofil.

Obanion dkk. tahun 2002 menemukan adanya beberapa macam antibodi terhadap antigen spesifik neuron pada anak autism. IgM terhadap kasein Hal ini dapat juga dibuktikan dalam beberapa penelitian yang menunjukkan adanya perbaikan gejala pada anak autism yang menderita alergi.. gangguan motorik atau ”movement disorder” juga dilaporkan beberapa peneliti berkaitan dengan pemberian makanan tertentu. Penelitian yang dilakukan Vodjani dkk. Egger dan beberapa beberapa peneliti mengungkapkan penghindaran makanan penyebab alergi. “spinocerebellar”. gangguan emosi. Chlamydia pnemoniae dan . tahun 1995 juga telah melakukan penelitian dengan eliminasi diet didapatkan perbaikkan pada penderita autism infantil. dan beberapa jenis makanan tertentu . Lucarelli dkk. Likhodii SS dkk. setelah dilakukan penanganan elimnasi diet alergi. keterlambatan bicara. gangguan . vertigo. “brainstem encephalitis” dan “chronic progressive leukoencephalopathy”. Secara ilmiah telah dibuktikan bahwa Autism adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh muktifaktorial dengan banyak ditemukan kelainan pada tubuh penderita. lactalbumin atau betalactoglobulin dan IgG. perilaku. tanpa disertai kelainan EEG dan CT Scan. dengan menghindari makanan tertentu gejala nistagmus ternyata dapat berkurang.dapat secara signifikan memperbaiki perilaku pada penderita ADHD Autism adalah gangguan perkembangan pervasif pada anak yang ditandai dengan adanya gangguan dan keterlambatan dalam bidang kognitif. neuropati perifer. Dari berbagai penelitian klinis hingga saat ini masih belum terungkap dengan pasti penyebab autism. Tetapi beberapa penelitian menunjukkan autism adalah kelainan genetik yang diperberat oleh reaksi alergi atau reaksi makanan tertentu seperti gluten dan sebagainya. nistagmus atau ticks berkaitan dengan reaksi alergi makanan dan intoleransi makanan. bahasa. tahun 1987 melaporkan setelah melakukan eliminasi makanan beberapa gejala autism dan autism infantil tampak membaik secara bermakna. gangguan konsentrasi. Menage P tahun 1992 mengemukakan bahwa didapatkan kaitan IgE dengan penderita Autism. mielopati.memori. “cerebellar ataxia”.dalam kriteria kejang demam sederhana. zat aditif makanan. hingga memperberat gejala ADHD dan Autisme. gangguan tidur.convulsion” yang terjadi pada bayi dan anak Pada anak yang lebih besar beberapa laporan ilmiah menyebutkan gejala sakit kepala. komunikasi dan interaksi sosial.streptococcus group A . Gangguan perilaku tersebut meliputi gangguan konsentrasi. Autism hingga saat ini masih belum jelas penyebabnya. Klepper dkk dan peneliti lainnya mengungkapkan bahwa diet mengandung ketogenik sangat mempengaruhi kejadian kejang dan “intractable . Renzoni A dkk tahun 1995 melaporkan autism berkaitan erat dengan alergi. Feingold tahun 1979 dalam melaporkan. impulsif. hiperaktif (hiperkinesia). Carter. Reaksi makanan pada penyakit celiac gangguan neurologis yang pernah dilaporkan adalah “myoclonic ataxia” (RamsayHunt syndrome). diduga terjadi reaksi silang dengan protein ensefalitogenik dari susu sapi. migrain. Gangguan hiperkinesia. Didapatkan juga IgA antigen antibodi specifik terhadap kasein. tremor dan epilepsi Selain gangguan neuroanatomis reaksi simpang makanan dapat mengganggu fungsi neurofisiologis atau atau perilaku.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->