UNGGAS

A.Acara B.Sub acara C.Hari dan tanggal praktek : Unggas : Pengamatan karateristik unggas : kamis, 7 januari 2010

D.Tujuan Setelah menyelesaikan praktikum ini diharapkan mahasiswa mampu : 1. menentukan jenis/nama berbagi macam unggas dengan karakteristiknya 2. menjelaskan kriteria mutu unggas pada berbagi tingkat/grade mutu 3. menjelaskan berbagai prosedur penentuan mutu unggas secara subyektif dan obyektif 4. menentukan mutu berbagai macam unggas melalui pengamatan fisk, mutu karkas. E. Prinsip Berbagai macam unggas memiliki karakteristik yang berbeda, demikian pula perbedaan tingkat mutu akan mempenagruhi karakteristik persyaratan mutunya. F. Alat dan Bahan a. ayam ras b. ayam buras c. itik d. menthok e. merpati f. puyuh g. Gambar karkas unggas h. Timbangan i. Alat-alat masak 

Pengamatan dan kelas mutu karkas
G. Cara kerja : 1. Amati bentuk pada semua karkas 2. Gambar karkas tersebut 3. Amati tiap-tiap karkas sesuai mutu karkas dan catat dalam tabel. H. Dasar teori Mutu didefinisikan sebagai keseluruhan karakteristik makanan yang berpengaruh terhadap konsumen. Pengkelasan mutu karkas unggas didasarkan pada faktor penampakan, peletekan daging, lemak, sisa-sisa bulu dan cacat. Berat karkas juga dapat dimasukkan sebagai faktor mutu untuk menjamin keseragaman.

Bentuk karkas ayam hampr sama dengan karkas golongan unggas yang lain. dan merpati. Pada karkas mamalia. bebek. angsa. tetapi sangat berbeda dengan karkas mamalia. dan umur. Sedangkan standar mutu ditentukan berdasarkan atribut mutu yaitu karakteristik yang mempengaruhi mutu. jenis berat utuh warna kulit putih kekuni ngan tekstur penye baran lemak seluruh tubuh dan sedikit dibaw ah kulit cacat ph mutu 1 Itik 1. Kedua jenis ayam ini sering diperdagangkan sudah dalam bentuk karkas. jenis kelamin. Pengkelasan mutu ini didasarkan pada standar mutu yang sudah ada. Pengkelasan mutu unggas didasarkan pada species. Karkas ayam ras biasanya lebih seragam dan ukuran dan penampakan serta lebih berdaging dibandingkan karkas ayam buras. yaitu faktor-faktor yang dapat mempengaruhi mutu. Di Indonesia dikenal 2 jenis ayam yang biasa dikonsumsi yaitu ayam ras (broiler) dan ayam lokal (bukan ras/buras).kulit sudah dipisahkan. Klasifikasi atau pengkelasan mutu (gading) adalah usaha menggolongkan komoditi menjadi beberapa kelas mutu. I. Karkas ayam ras dan buras mempunyai karakteristik penampakan yang berbeda. Hasil dan pembahasan Tabel pengamatan no.3607 kg kenyal kaki & paha 7 baik 2 mento k 1710 gram pungg kenyal ung : kuning pucat sayap : kuning kemer ahan brutu : kuning gading cream kenyal kekuni gan 7 baik 3 4 ayam kamp ung ayam 1080 gram seluru h tubuh - 6 . seperti kalkun. Berdasarkan species. Jenis kelamin unggas dapat mempengaruhi cita rasa.Golongan unggas yang paling banyak dikonsumsi adalah ayam.

ras .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful