Data Integration

Session 1 Adi Pratomo
adiprtm@yahoo.com

Objective 

Penilaian
‡ ‡ ‡ Tugas & Absensi UTS UAS : 25% : 35% : 40% 

Buku Literatur
‡ ‡ ‡ ‡ ‡ Ramez Elmasri, Fundamentals of Database Systems Roger S. Pressman, Software Engineering Jeffery L. Whitten, System Analysis Design Methods Adi Nugroho, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek Edi Winarko, Perancangan Database dengan Power Designer 6.32

Rencana Kuliah Data Integration
PERTEMUAN

MATERI

Sub MAteri

1 2 3

Pengenalan mata kuliah, pendahuluan Analysis Modelling Perancangan ERD

Pengantar basis data, data warehouse, warehouse, data integrasi Permodelan perangkat lunak, metode analisa, Tahap awal perancangan , merancang conceptual design menggunakan PowerDesigner Derajat relasi, sub entitas, generalisasi, spesialisasi, agregasi, Tahap Optimasi Studi Kasus 1

4 5 6 7 8

Komponen ERD Normalisasi Perancangan ERD Perancangan ERD Ujian Tengah Semester

PERTEMUAN MATERI Sub MAteri 9 Mapping Relational model. data tabel. index. View Generate physical model ke database. reverse engineering. test data Data integrity. Generate conceptual model ke physical model menggunakan Power Designer Data dictionary. data integration Lanjutan«««. transformasi model ERD ke model relational. 10 11 Database Tunning Implementasi basis data 12 13 14 15 16 Data integration Data Integration Presentasi tugas kelompok Presentasi tugas kelompok Ujian Akhir Semester .

com .Data Integration Pendahuluan Adi Pratomo adiprtm@yahoo.

deretan karakter. Data dinyatakan dengan nilai (angka. orang dan lainlainlain.Data dan Informasi  Data : ‡ Adalah fakta mengenai objek. staff. ‡ Informasi dapat dikatakan sebagai data yang telah diorganisasikan ke dalam bentuk yang sesuai dengan kebutuhan seseorang. ataupun orang lain di dalam suatu organisasi atau perusahaan . entah itu manajer.  Informasi : ‡ Adalah hasil analisis dan sintesis terhadap data. atau simbol).

.Basis Data  Beberapa definisi basis data (database) : (database) ‡ Chou : mendefinisikan basis data sebagai kumpulan informasi bermanfaat yang diorganisasikan ke dalam tatacara yang khusus. ‡ Date : Basis data dapat dianggap sebagai tempat untuk sekumpulan berkas data terkomputerisasi. adalah sistem berkas terpadu yang dirancang terutama untuk meminimalkan pengulangan data. ‡ Fabbri dan Schwab : Basis data.

30 Row (record) Tabel Mata Kuliah KodeMK CS12345 CS43235 CS65634 NmMK Data Structures Database Operating System SKS 2 3 2 Fakultas CS CS CS Tabel Kartu Rencana Studi NIM 113060005 113060005 113070098 113070098 113070100 KodeMK CS12345 CS43235 CS12345 CS65634 CS43235 .10 Jl. Bunga No.Basis Data (3) Column (field) Tabel Mahasiswa NIM 113060005 113070098 113070100 Anisa Andi Tono NAMA ALAMAT Jl. ABC No.4 Jl Serang No.

Data Integrasi   Sistem integrasi data bertujuan untuk mengharmonisasikan data dari sejumlah sumber ke dalam bentuk yang koheren Akses terhadap sistem integrasi data umumnya dalam bentuk query daripada dalam bentuk pemutakhiran data Sumber Data .

 Pemakai dapat memfokuskan pada data APA yang diperlukan ?????  daripada BAGAIMANA mendapatkannya .

timevariant. dan bersifat tetap dari koleksi data dalam mendukung proses pengambilan keputusan management.H.Data Warehouse  Menurut W.timesubjek.terintegrasi. Inmon dan Richard D.terintegrasi.. . data warehouse adalah koleksi data yang mempunyai sifat berorientasi subjek.H.

Data warehouse memisahkan beban kerja analisis dari beban kerja transaksi dan memungkinkan organisasi menggabung/konsolidasi data dari berbagai macam sumber.  Menurut Paul Lane. biasanya mengandung history data dari proses transaksi dan bisa juga data dari sumber lainnya. . data warehouse merupakan database relasional yang didesain lebih kepada query dan analisa dari pada proses transaksi.

. data warehouse merupakan database yang bersifat analisis dan read only yang digunakan sebagai fondasi dari sistem penunjang keputusan. Menurut Vidette Poe.

. yang menunjang DSS(Decission Support System) dan EIS (Executive Information System). Data warehouse merupakan metode dalam perancangan database.

.

. time-variant. terintegrasi. bersifat orientasi subjek.tidak timeberubah yang digunakan untuk membantu para pengambil keputusan. Dari definisi-definisi yang dijelaskan definisitadi. dapat disimpulkan data warehouse adalah database yang saling bereaksi yang dapat digunakan untuk query dan analisisis.

Data yang ada merupakan suatu kesatuan yang menunjang keseluruhan konsep data warehouse itu sendiri.Mengapa data warehouse   Data Warehouse dapat menyimpan datadata-data yang berasal dari sumbersumbersumber yang terpisah kedalam suatu format yang konsisten dan saling terintegrasi satu dengan lainnya. .

.

konsisten dalam ukuran variable. Syarat integrasi sumber data dapat dipenuhi dengan berbagai cara sepeti konsisten dalam penamaan variable.konsisten dalam struktur pengkodean dan konsisten dalam atribut fisik dari data .

.

. mungkin dalam aplikasiaplikasi-aplikasi tersebut ada variable yang memiliki maksud yang sama tetapi nama dan format nya berbeda. Oleh karena itu.  Contoh pada lingkungan operasional terdapat berbagai macam aplikasi yang mungkin pula dibuat oleh developer yang berbeda.

. Barulah data tersebut bisa dikategorikan sebagai data yang terintegrasi karena kekonsistenannya.  Variable tersebut harus dikonversi menjadi nama yang sama dan format yang disepakati bersama. format dan lain sebagainya. Dengan demikian tidak ada lagi kerancuan karena perbedaan nama.

Data mining 

merupakan prinsip dasar dalam mengurutkan data dalam jumlah yang sangat banyak dan mengambil informasi ± informasi yang berkaitan dengan apa yang diperlukan seperti apa yang biasa dilakukan oleh seorang analis.

 

Data mining merupakan proses untuk menggali(mining) pengetahuan dan informasi baru dari data yang berjumlah banyak pada data warehouse, dengan menggunakan kecerdasan buatan (Artificial Intelegence), statistik dan matematika. Data mining merupakan teknologi yang diharapkan dapat menjembatani komunikasi antara data dan pemakainya

Data Integration Sistem Basis Data Adi Pratomo adiprtm@yahoo.com .

KOMPONEN SISTEM BASIS DATA ‡ Perangkat Keras (Hardware) ‡ Sistem Operasi (Operating System) ‡ Basis Data (Database) ‡ Sistem (Aplikasi/Perangkat Lunak) Pengelola Basis Data (DBMS) ‡ Pemakai (User) ‡ Aplikasi (perangkat lunak) lain (bersifat opsional) .

‡ Dapat digunakan oleh beberapa program aplikasi tanpa perlu mengubah basis datanya. ‡ Dapat memenuhi kebutuhan sistem-sistem sistembaru secara mudah ‡ Dapat digunakan dengan cara-cara yang caraberbeda. ‡ Dapat dikembangkan dengan mudah. . baik volume maupun strukturnya.Kriteria Basis Data ‡ Bersifat data oriented dan bukan program oriented.

space dan accurancy. Tujuan basis data : ‡ ‡ ‡ ‡ Efisiensi meliputi speed. Menangani data dalam jumlah besar. Kebersamaan pemakaian (Sharebility). . Meniadakan duplikasi dan inkonsistensi data.Tujuan Basis Data   Prinsip utama basis data adalah pengaturan data dengan tujuan utama fleksibilitas dan kecepatan dalam pengambilan data kembali.

Bahasa Basis Data  Sebuah system basis data menyediakan dua tipe bahasa yaitu : ‡ DDL (Data-definition Language) tipe bahasa yang dipergunakan untuk menspesifikasikan skema basis data ‡ MDL (Data-manipulation Language) tipe bahasa yang dipergunakan untuk mengekspresikan queri atau update basis data. .

disebut data dictionary (kamus data). . Kamus data adalah sebuah file yang berisi metadata. Hasil kompilasi DDL berupa tabel-tabel yang disimpan dalam sebuah file. File ini yang dikonsultasikan dahulu sebelum data yang sebenarnya dibaca atau dimodifikasi oleh system basis data. Data-definition Language ‡ Skema basis data dispesifikasikan oleh sekumpulan definisi dengan sebuah bahasa khusus yang disebut data-definition language (DDL).

. Data-manipulation Language ‡ Adalah bahasa untuk memanipulasi data yaitu:     Pengambilan informasi yang disimpan dalam basis data Penyisipan informasi baru ke basis data Penghapusan informasi dari basis data Modifikasi informasi yang disimpan dalam basis data ‡ Query adalah statemen yang ditulis untuk mengambil informasi. Bagian dari DML yang menangani pengambilan informasi ini disebut bahasa query.

Data Integration Database System Architecture Adi Pratomo adiprtm@yahoo.com .

sehariAbstraksi data merupakan tingkatan/level dalam bagaimana melihat data dalam sebuah sistem basis data. Bayangan mengenai data tidak lagi memperhatikan kondisi sesungguhnya bagaimana satu data masuk ke database disimpan dalam sektor mana. tetapi menyangkut secara menyeluruh bagaimana data tersebut dapat diabstraksikan mengenai kondisi yang dihadapi oleh pemakai sehari-hari. .Abstraksi Data   Kegunaan utama sistem basis data adalah agar pemakai mampu menyusun suatu pandangan abstraksi dari data.

Level Arsitektur basis data  Level Arsitektur basis data menurut ANSI/SPARC terbagi atas tiga level ‡ Internal/Physical Level :  berhubungan dengan bagaimana data disimpan secara fisik (physical storage) yang menghubungkan antara internal & external level berhubungan dengan bagaimana data di representasikan dari sisi setiap user. ‡ Conceptual/Logical Level :  ‡ External /View Level :  .

Level Arsitektur basis data (2) External /View Level  Adalah level user. end user atau DBA. Yang dimaksud dengan user adalah programmer. . Setiap user mempunyai µbahasa¶ yang sesuai dengan kebutuhannya.

conceptual.Level Arsitektur basis data (3) Conceptual/Logical Level  Representasi seluruh muatan informasi yang dikandung oleh basis data. Tidak seperti level eksternal maka pada level conceptual. keberadaannya tidak memperhitungkan kekurangan perangkat keras maupun perangkat lunak pembangun aplikasi basis data. Didefinisikan sebagai sebuah Skema Konseptual .

Level Arsitektur basis data (4) Internal/Physical Level  Adalah level terendah untuk merepresentasikan basis data. Didefinisikan sebagai sebuah Skema Internal. . Record disimpan dalam media penyimpanan dalam format byte.

2 .The Three-Schema ThreeArchitecture ANSI/SPARC architecture Fundamental Of Database Systems Ramez Elmasri Figure 2.

 Mapping : Proses mengubah permintaan (requests) dan hasil (requests) (result) diantara level result) External/Conceptual Mapping : ‡ Yaitu pemetaan yang mendefinisikan hubungan antara level eksternal dan level konseptual.  .

Pemetaan ini menjelaskan bagaimana record & field pada level konseptual direpresentasikan pada level internal. Conceptual/internal Mapping : ‡ Yaitu pemetaan yang mendefinisikan hubungan antara level konseptual dan level internal. .

program Java mempunyai sisi pandang level eksternal dimana pegawai direpresentasikan dalam sebuah record yang ditulis dengan sintaks Java o Demikianlah pula user yang menggunakan program database Microsoft SQL Server mempunyai sisi pandang level eksternal dimana pegawai direpresentasikan dalam sebuah record yang ditulis dengan query Microsoft SQL Server.Contoh dalam sebuah basis data pegawai. . ketiga level digambarkan sebagai berikut : o Pada level eksternal. User yang menggunakan eksternal. Server.

basis data konseptual. 6 byte. DEP_NUMBER(4 karakter). o Pada level internal. . Setiap EMPLOYEE mempunyai sebuah EMP_NUMBER(6 karakter). tiga field untuk atribut pegawai. mengandung informasi tentang sebuah entity yang disebut EMPLOYEE. pegawai. direpresentasikan oleh STORED_EMP. STORED_EMP terdiri atas 4 field yaitu: satu field untuk flag/pointer. desimal).o Pada level konseptual. dan SALARY (5 digit desimal). panjang 20 byte. para pegawai internal.

atau potongan dari catatanpengetahuan. hal ini dikenal sebagai model basis data atau model data. dan hubungan di antara obyek tersebut. Sebuah basis data memiliki penjelasan terstruktur dari jenis fakta yang tersimpan di dalamnya: penjelasan ini disebut skema. skema.Model Data   Konsep dasar dari basis data adalah kumpulan dari catatan-catatan. Skema menggambarkan obyek yang diwakili suatu basis data. Ada banyak cara untuk mengorganisasi skema. atau memodelkan struktur basis data. .

 Yang dimaksud dengan model data adalah sekumpulan tool konseptual untuk mendeskripsikan / menggambarkan data. . relasi-relasi relasi(hubungan) antar data. semantic (makna) data & konsistensi konstrain (batasan) data.Model Data.

‡ Low level (physical) data models  . attributes. ‡ Representational (implementation) data models   Menyediakan konsep yang dipahami oleh end users Model basis data tradisional yang menggunakan relational data model Menyediakan konsep yang menjabarkan detail bagaimana data disimpan (stored) di komputer.Model Data (2) ‡ High level (conceptual) data models   Menyediakan konsep tentang bagaimana users memahami / menjabarkan / memetakan data-data dataKonsep yang menggunakan entities. dan relationships.

model data secara umum dapat dibagi menjadi tiga kelompok besar. Model data berbasis record 3. yaitu: 1. Model data fisik . Dalam perancangan basis data. Model data berbasis objek 2.

Model Data Berbasis Objek Yang termasuk dalam kelompok ini adalah: ‡ Entity-relationship model (ER) Entity‡ Semantic data model ‡ Functional data model  .

. dan hubungan antar objek (entity) tersebut disebut relationship. nama. mempunyai atribut nomor induk mahasiswa. Setiap entity mempunyai atribut yang membedakannya dengan entity lainnya.Model Data Berbasis Objek (2)  EntityEntity-relationship Model ‡ E-R model didasarkan atas persepsi terhadap dunia nyata yang terdiri dari sekumpulan objek yang disebut entity. alamat. ‡ Contoh : entity Mahasiswa. Entity adalah objek di dunia yang bersifat unik.

menggambarkan hubungan antara Diamon. menggambarkan panjang. SimbolE. yang menghubungkan antar objek Garis. himpunan entity ‡ Garis.Simbolsimbol dalam diagram E-R terdiri dari : E‡ Kotak persegi panjang. menggambarkan atribut-atribut entity Elips. atribut‡ Diamon.Model Data Berbasis Objek (3) ‡ Pemodelan data dengan model E-R Emenggunakan diagram E-R. dalam diagram E-R E- . himpunan entity ‡ Elips.

n) KRS (0.n) Mata kuliah Semester Nilai .Model Data Berbasis Objek (4)  Contoh Entity-relationship Model EntityNIM NmMhs AlmtMh s KdMK NmMK SksMK mahasiswa (1.

dan setiap kolomkolom mempunyai nama yang unik. Setiap datatabel terdiri atas kolom-kolom.Model Data Berbasis Record Model Relasional ( Relational Model) Model) ‡ model relasional menggunakan kumpulan tabeltabel-tabel untuk merepresentasikan data & relasi antar data-data tersebut.  .

Model Data Berbasis Record (2)  Contoh Model Relasional ( Relational Model) Model) .

RecordRecordrecord diorganisasikan sebagai graf. Link dipandang sebagai pointer. dan relasi antara data direpresentasikan oleh record & link. .Model Data Berbasis Record (3)  Model Jaringan (Network Model ) (Network ‡ Data dalam model jaringan direpresentasikan dengan sekumpulan record (Pascal).

Model Data Berbasis Record (4)  Model Jaringan (Network Model ) (Network R1 R2 R5 R3 R4 .

Model Data Berbasis Record (5)  Contoh Model Jaringan (Network Model ) (Network Departemen manages DName DNumber Works for MgrName MgrStartDate controls Employee Name SSN BDate Address PNum Project PName Plocation E_Works_on Dependent_of Is_a_supervisor Supervisees P_Works_on Works_On SSN PNum Hour Supervisor Dependent ssn Name Sex BDate Relation Name SSN .

Model Data Berbasis Record (6)  Model Hirarki (Hirarchical Model) (Hirarchical Model) ‡ Mirip dengan model jaringan.Data direpresentasikan dalam record dan link (pointer). Perbedaannya adalah. . ‡ Model relasional berbeda dengan model jaringan & hirarki. record-record recorddiorganisasikan sebagai tree (pohon) dan masingmasing-masing node pada tree tersebut merupakan record/grup data elemen. dalam hal penggunaan pointer atau link.

Model Data Berbasis Record (7)  Model Hirarki (Hirarchical Model) (Hirarchical Model) A B C D E F G H I .

Model Data Berbasis Record (8)  Contoh Model Hirarki (Hirarchical Model) (Hirarchical Model) D Level 0: Departemen DName DNumber MgrName MgrStartDate E Level 1: Employee Name SSN BDate Address P Project PNum PName Plocation T Level 2: Dependent DepName Sex BDate S Supervisee Name SSN W Worker SSN PNum Hour .

dan access orderings.Low level (physical) data models  Physical data model ‡ Menjelaskan / menjabarkan bagaimana data disimpan di komputer dengan menyajikan informasi seperti record formats. ‡ Access path adalah suatu struktur yang membuat pencarian (search) terhadap (search) record tertentu di dalam database menjadi lebih efisien. . path. record orderings.

com .Data Integration Database Design Process Adi Pratomo adiprtm@yahoo.

.Database Design Process  Proses perancangan basis data dilakukan dengan merancang struktur logik dan fisik (logical and (logical physical structure) dari satu atau structure) lebih basis data untuk mengakomodasi kebutuhan informasi dari pengguna didalam suatu organisasi.

Tahapan perancangan basis data       Tahap pengumpulan requirement dan analisa Tahap pembuatan conceptual database design Tahap pemilihan DBMS Tahap Data model mapping / pembuatan logical database design Tahap pembuatan physical database design Tahap implementasi sistem basis data .

Data Content and Structure Phase 1 : Requirements Collection and analysis Data Requirement Database Application Processing Requirement Phase 2 : Conceptual Database Design Phase 3 : Choice of DBMS Phase 4 : Data Model Mapping (Logical Design) Conceptual Schema Design (DBMS-independent) (DBMS- Transaction and Application Design (DBMS-independent) (DBMS- Logical Schema and View Design (DBMS-dependent) (DBMS- frequencies performance constraints Phase 5 : Physical Design Internal Schema Design (DBMS(DBMS-dependent) Phase 6 : System Implementation and Tuning DDL Statements SDL Statements Transaction and Application Implementation .

. ‡ Manajer Sistem Informasi yang meminta pengembangan sistem untuk mendukung kinerja perusahaan.Users (System Owners)   Merupakan pihak yang membutuhkan. mengusulkan. meminta pengembangan sistem informasi Contoh : ‡ Pimpinan suatu perusahaan yang menginginkan pengembangan sistem informasi untuk bagian akuntansi.

‡ Pekerja di sebuah perusahaan seperti : staf akuntansi. dll . dll.  External system users ‡ Pengguna yang berada diluar lingkungan sistem. teller. pemasok.Users (System Users)  Internal system users ‡ Pengguna yang berada didalam lingkungan sistem sebagai bagian utama dari sistem. ‡ Pelanggan. manajer. namun merupakan bagian dari sistem.

 Sebagai jembatan antara orang-orang yang terlibat didalam pengembangan sistem. .Users System Analyst  mendefinisikan kebutuhan-kebutuhan (requirements) ‡ yaitu mengumpulkan informasi-informasi dari system owner dan system user yang dibutuhkan untuk perancangan sistem. ‡ Menjabarkan keinginan system owner dan system user ke dalam bahasa yang dipahami system designer dan system builder.

DBA adalah orang yang bertanggungjawab terhadap implementasi strategi tersebut secara teknis. . Selain hal tersebut. ‡ Bertanggung jawab terhadap strategi yang berhubungan dengan pengolahan data di suatu perusahaan atau organisasi.Users (System Designer)  Database Administrator (Administrator Basis Data) ‡ Administrator basis data adalah orang yang bertanggungjawab terhadap pemberian kuasa pengaksesan database. serta menyediakankan hardware dan software yang dibutuhkan. mengoordinasikan dan memonitor penggunaannya.

Dalam hal ini DBA bertugas mendefinisikan objek (entity) yang terlibat pada perancangan basis data. . Proses ini disebut dengan Logical Database Design (kadang-kadang disebut Conceptual Database Design). skema tersebut diimplementasikan. Kemudian dengan DBMS.Users (System Designer) ‡ mendefinisikan skema konseptual  yaitu memutuskan informasi apa saja yang akan dihasilkan oleh suatu basis data. ‡ mendefinisikan Skema Internal  selain menentukan skema konseptual dari basis data. DBA juga bertanggung jawab terhadap desain penyimpanan data secara fisik. Setelah DBA menentukan muatan dari basis data maka DBA akan menyusun skema konseptual menggunakan DDL (data definition language).

. ‡ mendefinisikan aturan-aturan sekuriti & integritas data ‡ mendefinisikan prosedur-prosedur back-up & recovery ‡ memonitor performansi system & menangani perubahan-perubahan yang ada.Users (System Designer) ‡ mensosialisasikan hasil rancangan baik konseptual & internal ke user  Dalam hal ini tugas DBA adalah menyakinkan user bahwa data-data yang mereka perlukan semua telah tersedia & membantu user untuk mengimplementasikan rancangan tersebut dalam DDL.

‡ Seorang spesialis di bidang teknologi dan bahasa basis data (databases languange and technology) yang membangun. memodifikasi. dan menguji struktur dan program basis data yang dipergunakan serta mengelolanya. .Users (System Builder)  Database Programmers ‡ Bertanggung jawab untuk membangun atau membuat suatu sistem basis data secara fisik sesuai dengan spesifikasi rancangan logik dari database designer (DBA).

Minggu Depan : Entity Relationship diagram .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful