CHIC LAUNDRY

EXECUTIVE SUMMARY

A. Nama Usaha Nama usaha yang akan didirikan adalah ³Chic Laundry´ berbentuk CV. Merupakan usaha yang bergerak dalam jasa laundry yang memberikan pelayanan pencucian pakaian. Target pelanggan adalah mahasiswa/i yang memang banyak terdapat di daerah usaha ini.

B. Lokasi Lokasi bidang usaha jasa laundry dengan nama ³Chic Laundry´ ini rencananya akan terletak di daerah Jl. Sekaran Raya No.10 Sekaran. Fasilitas pendukung yang ada saat ini adalah penyediaan air yang cukup dan daerah yang luas untuk menjemur.

C. Deskripsi Batasan Proyek Daerah Sekaran cocok untuk usaha laundry karena banyak mahasiswa/i yang membutuhkan jasa ini untuk melakukan pencucian baju yang tidak sempat mereka lakukan sendiri, terutama saat musim ujian dan musim hujan. Setiap harinya minimal 1520 orang yang memerlukan jasa ini. Data tersebut diperolah dari survei yang telah dilakukan secara langsung ke beberapa laundry di daerah Sekaran dan sekitarnya. Tenaga kerja yang akan direkrut sebanyak 4 orang dari kalangan mahasiswa/i dengan sistem paruh waktu. Tidak ada spesifikasi keahlian khusus yang dituntut karena memang usaha ini tidak membutuhkan keahlian khusus. Yang diutamakan adalah karyawan yang jujur, bersih, pekerja keras, ramah, bertanggungjawab dan bisa menyetrika dengan rapi.

D. Tujuan Proyek Jangka Panjang 1. Usaha ini diharapakan bisa membuka cabang-cabang di daerah Patemon, Banaran dan sekitarnya. 2. Memberikan lebih banyak kesempatan bagi mahasiswa/i yang ingin mencari pekerjaan sampingan.
1

E. Kriteria Kelayakan Studi kelayakan bisnis ini dikatakan berhasil jika dapat mengembalikan dana investasi 100% selama 3 tahun

F. Beberapa Pedoman Dasar Proyek 1. Dasar Pemikiran Seiring dengan kemajuan zaman yang kian pesat, semakin banyak orang-orang yang menggunakan usaha laundry dalam aktifitas sehari-harinya, termasuk mahasiswa/i. Seringkali mereka tidak sempat atau malas untuk mencuci pakaian sendiri dikarenakan tugas yang menumpuk ataupun kegiatan lainnya. Usaha ini akan mengalami peningkatan, terutama di musim ujian dan musim hujan. Dari sisi produsen, dengan adanya laundry ini nantinya bisa memberikan nilai tambah atau value added tersendiri. Atas dasar pertimbangan inilah kami merencanakan untuk mendirikan sebuah usaha yang bergerak dibidang jasa laundry yaitu ³Chic Laundry´. Tujuan utama dari usaha laundry ini adalah untuk merencanakan strategi yang tepat untuk menarik sebanyak-banyaknya pelanggan. Walaupun di daerah Sekaran sudah terdapat banyak laundry sejenis namun usaha ini memberikan pelayanan yang lebih yaitu adanya jasa antar-jemput pakaian yang akan di laundry jika mereka tidak sempat mengantar ke tempat laundry. Selain itu, ³Chic Laundry´ juga memberikan ³jasa cuci kilat 4 jam´ Harga yang ditawarkan cukup murah sehingga bisa dijangkau oleh konsumen yang mayoritas berupa mahasiswa/i. Untuk pelanggan yang bisa menunjukkan nota 10 kali laundry atas nama yang sama dalam satu bulan, diberikan free laundry hingga 3 kilo. Untuk mendapatkan lebih banyak pelanggan tetap, ³Chic Laundry´ menawarkan sistem paket antar-jemput pakaian yang akan di laundry selama 1 bulan (30 hari) dengan harga Rp. 50.000,00. Dengan ketentuan seminggu 2 kali pengambilan dengan berat maksimal 2 kg per sekali ambil. Paket ini dinamakan ³Chic 30 days´

2

y Tahap Ketiga (minggu keempat bulan November) Melakukan pembelian peralatan yaitu berupa mesin cuci. warung makan. setrika. mesin pengering. Pembelian perlengkapan berupa detergent. y Tahap Kedua (minggu kedua hingga minggu ketiga bulan November) Pengurusan tempat usaha yang meliputi penandatangan kontrak sewa tempat usaha dengan perjanjiannya serta pengurusan ijin usaha dengan tahap awal pemberitahuan kepada ketua RT/RW setempat. kami optimis tidak akan mengecewakan pelanggan sehingga dapat mencegah hilangnya pelanggan. toko. Kering.³Chic Laundry´ berusaha untuk memenuhi kepuasan konsumen dan tidak mengecewakan pelanggan dengan cara menjaga dengan baik pakaian serta barang lain yang di laundrykan. Dengan mengutamakan 6 prinsip laundry yaitu Bersih. rental komputer. Status Proyek dan Jadwal Waktu yang digunakan untuk menjalankan studi sampai proyek berjalan direncanakan memakan waktu 2 bulan. timbangan baju. 2. pewangi dan sebagainya juga dilaksanakan pada tahap ini. y Tahap Keenam (minggu keempat bulan Desember) Melakukan kegiatan promosi yang berupa penyebaran pamflet ke warnet. Untuk kegiatan promosi yang berupa pengenalan usaha dalam situs jejaring sosial telah dilakukan pada mingguminggu sebelumnya. dengan pembagian tahap sebagai berikut : y Tahap Pertama (minggu pertama bulan November) Melakukan persiapan awal yang meliputi survei lokasi dan konsumen. kendaraan (motor) serta peralatan listrik (untuk keperluan instalasi). counter pulsa dan tempat-tempat strategis lain yang biasa dikunjungi mahasiswa serta melakukan pembagian brosur ke kost-kost mahasiswa. rak/lemari penyimpanan. y Tahap Keempat (minggu pertama bulan Desember) Melakukan pemasangan instalasi dan perapian tempat y Tahap Kelima (minggu kedua hingga minggu ketiga bulan Desember) Mengadakan perekrutan dan pelatihan (training) karyawan agar karyawan memiliki kemampuan yang lebih baik lagi dalam menjalankan tugasnya. Rapi. Licin. Harum dan Teliti. 3 .

332.332. karyawan 6. Dengan struktur pendanaan sebagai berikut : y Sekutu Aktif : o Kenyo Amborowani y Sekutu Pasif : o Wirawan Budi Prasetya o Bunga Nur Julianingtyas o Selvi Pratiwi o Alfaizatul Ulya Rp.332. dan pelanggan) 2. 3. Promosi peralatan dan DESEMBER I II III IV II III IV 3. perapian tempat Perekrutan dan pelatihan 5. Inti Bisnis Awal Usaha ini bergerak di bidang jasa laundry. perlengkapan Pemasangan alat-alat dan 4. 3.Jadwal kegiatan dalam bentuk tabel tampak sebagai berikut : NOVEMBER NO KEGIATAN I Persiapan awal (survey lokasi 1. Dipilihnya usaha ini karena banyak mahasiswa/i yang memerlukan jasa ini. dari sekutu aktif dan sekutu pasif.000 Rp. Sumber dana berasal dari modal sendiri 100%. 4.000 Rp. Banyak dari mereka yang tidak sempat mencuci pakaian sendiri.000 Rp. 3.000 .000 4 Rp.332. Pengurusan tempat usaha Pembelian 3. 7. Cara Pendanaan Usaha laundry ini merupakan usaha jasa yang berupa usaha kecil menengah. 3.140.

00 Rp 3.00 Rp 1.00 Rp 2. 2.o Siti Hariyanti Total 5. Biaya Investasi Rp. pelanggan dan penghitungan aspek finansial. yaitu berupa survei untuk lokasi.000.800.000.600.30-13.000. 15.800.000 Rp.000. 23.00 Rp.00 6. Asumsi-asumsi utama dan ringkasan hasil temuan dan kesimpulan 1.700. bagian pengeringan dan penjemuran serta antar-jemput laundry.000. 3. Tiap shift diisi oleh 2 pegawai.00/shift/orang. G.000. Tim Studi Tim studi untuk menilai kelayakan dari usaha ini akan dipimpin oleh Kenyo Amborowani. Aspek Manajemen dan Organisasi Usaha ini dikelola oleh sekutu aktif ( Kenyo Amborowani) dan diawasi oleh sekutu pasif. Aspek Pemasaran 5 .600.00 Rp 7.000. Dana ini akan dialokasikan untuk beberapa hal.332. yaitu : y y y y y y y Biaya sewa tempat (1 tahun) Pembelian mesin (2 buah) Pembelian setrika (2 buah) Lemari (Rak) baju Kas Pengurusan izin usaha Kendaraan Total Rp 7.000 Dana yang dianggarkan dalam usaha laundry ini adalah sebesar Rp 23.900.000. dengan pembagian tugas: 1 pegawai menangani front office.000. Studi kelayakan yang akan dilakukan bersifat sederhana.00 Rp 600.00.30). bagian setrikaan dan perapian (finishing) sedangkan 1 pegawai lagi menangani bagian pencucian.000.30-20. Struktur Manajemen menggunakan struktur organisasi sederhana dengan 2 shift kerja yaitu shift pagi (06. 1.00 Rp 23.000. Sistem penggajian yang digunakan adalah berdasarkan shift dengan gaji Rp.30) dan shift siang (13.000.000.

sehingga masih dapat memenuhi permintaan lain-lain (diluar laundry per kilo). Diperkirakan rata-rata 15-20 orang yang memerlukan jasa ini dengan rata-rata per orang 2kg. diantaranya yaitu jasa antar-jemput sehingga pelanggan tidak perlu langsung ke tempat laudryan sendiri jika tidak sempat. packing pakain yang sudah disetrika. 4.000. masukan pakaian ke mesin cuci kemudian diberi deterjen secukupnya.00. rental. facebook yang sedang marak saat ini 3.080kg. Dengan struktur pendanaan sebagai berikut : y Sekutu Aktif : 6 . timbang pakaian. Aspek Teknik Dengan menggunakan 2 buah mesin cuci berkapasitas 6 kg dan asumsi rata-rata permintaan per hari 36 kg maka tiap mesin cuci diprediksi mencuci 3 kali sehari dalam kapasitas normal. masukkan pakaian ke mesin pengering. Dalam usaha ada beberapa prosedur untuk melakukan pencucian pakaian yang baik yaitu : pakaian yang masuk diberi label. bilas pakaian yang sudah dicuci dengan pewangi pakaian. Sumber dana berasal dari modal sendiri 100%. jemur ditempat yang panas. counter pulsa. sehingga setiap bulannya 1. Aspek Finansial Sumber dana yang dianggarkan dalam usaha ini adalah sebesar Rp 23. toko dan tempattempat lain yang sering dikunjungi mahasiswa y Mengenalkan dalam situs jejaring sosial. dari sekutu aktif dan sekutu pasif. yaitu dengan jasa antar-jemput laundry atau konsumen mengantar serta mengambil pakaiannya sendiri. setrika pakaian yang sudah kering dan diberi pewangi. Kegiatan promosi kami lakukan dengan cara sebagai berikut : y y Menyebarkan selebaran ke kost-kost mahasiswa Menyebarkan selebaran ke warnet.Permintaan akan usaha cukup menjanjikan karena banyak mahasiswa/i yang membutuhkan jasa ini.800. Walaupun usaha sudah cukup banyak didaerah Sekaran namun ³Chic Laundry´ memiliki beberapa keunggulan layanan. setiap konsumen labelnya berbedabeda. pisahkan pakaian berwarna yang mudah luntur. Terdapat dua cara masuk dan keluarnya pakaian yang di laundry.

o Kenyo Amborowani y Sekutu Pasif : o Wirawan Budi Prasetya o Bunga Nur Julianingtyas o Selvi Pratiwi o Alfaizatul Ulya o Siti Hariyanti Total 5. 6. 7 . H.000 Kegiatan usaha ³Chic Laundry´ ini berada di atas tanah dan bangunan. Meningkatkan pendapatan mahasiswa/i yang bekerja paruh waktu dan meningkatkan kemandirian mereka. Hasil Studi 1.800.140. Dikenakan pajak penghasilan yang bersifat final dengan tarif 28% (Bentuk Usaha Tetap).332. aspek perpajakan dan aspek sosial ekonomi.332. 7. Aspek Perpajakan Rp. Chic Laundry mampu menawarkan program-program khusus sebagai terobosan baru dalam usaha binatu sehingga peluang usaha ini untuk berhasil semakin besar. 3. studi kelayakan usaha laundry ini sudah layak dilaksanakan. Ditinjau dari aspek manajemen. aspek teknik. Objek pajak dalam hal ini yaitu Pajak penghasilan (PPh) dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). aspek pemasaran. 3. 3. Untuk PBB.000 Rp. aspek keuangan. Pengenaan pajak pada usaha ini karena pemilik telah mendaftar pada instansi terkait. Walaupun usaha semacam ini sudah relatif banyak terdapat di daerah Sekaran dan sekitarnya.332. 3. 23. karena status bangunan adalah sewa maka tidak melakukan pendaftaran PBB dan untuk pembayaran PBB dalam perjanjian akan dibayarkan oleh pemilik bangunan. 3.332.000 Rp. Aspek Sosial Ekonomi Aspek sosial proyek ini yaitu dapat sebagai alternatif tambahan biaya hidup bagi mahasisiwa yang mempunyai usaha ini dan dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa.332.000 Rp. Kesimpulan Usaha ³Chic Laundry´ ini layak mendapatkan pinjaman dana untuk pengembangan usahanya.000 Rp.000 Rp.000 Rp.

2. Fasilitas pendukung yang perlu ditambah adalah penampungan air untuk mengantisipasi kekeringan di musim kemarau dan pembenahan saluran pembuangan mengingat limbah dari usaha ini berupa detergent yang dapat mencemari lingkungan. 8 . Saran / Rekomendasi Usaha Chic Laundry ini layak untuk segera dilaksanakan.

9 . Pembagian ruangnya adalah ruko bawah akan digunakan sebagai transaksi konsumen dengan pihak Laundry dan tempat produksi. tersedianya transportasi. Kering. Tata Letak Tempat Usaha Tata letak tempat usaha harus strategis dan dekat dengan bahan baku. tersedianya tenaga kerja langsung (mahasiswa/i yang mencari pekerjaan paruh waktu). dll d. sedangkan yang ke dua akan digunakan sebagai tempat menjemur. Perencanaan Layout Rencana bangunan untuk usaha Laundry ini berupa 1 toko dengan ukuran 7x7 meter. Licin. setiap konsumen labelnya berbeda-beda. Produksi a. listrik. air. Harum dan Teliti. 2) Pisahkan pakaian berwarna yang mudah luntur 3) Masukan pakaian ke mesin cuci kemudian diberi deterjen secukupnya 4) Bilas pakaian yang sudah dicuci dengan pewangi pakaian 5) Masukan pakaian ke mesin pengering 6) Jemur ditempat yang panas 7) Setrika pakaian yang sudah kering dan diberi pewangi 8) Packing pakaain yang sudah disetrika 9) Timbang pakaian 1 2 3 4 5 6 7 8 9 b. c. Rencana Kualitas Kualitas yang akan diberikan oleh Chic Laundry adalah mengacu 6 Prinsip Chic Laundry yaitu Bersih.ASPEK USAHA 1. Siklus Usaha Dalam uasaha ada beberapa prosedur untuk melakukan pencucian pakaian yang baik yaitu : 1) Pakaian yang masuk diberi label. tersedianya telekomunikasi. Rapi.

Bentuk Pasar Pasar dari usaha ini adalah konsumen mahasiswa/i yang membutuhkan jasa pencucian pakaian. b. pewangi dan sebagainya adalah penyediaan stok diawal bulan sebanyak estimasi pemakaian di bulan yang bersangkutan (detergent 20 kg dan pewangi 10 liter) ditambah dengan cadangan stok sebanyak 25% dari kebutuhan bulan tersebut.e. sehingga harga yang kami tawarkan pun harus relatif murah dan bersaing dengan kompetitor lain. Peramalan Permintaan Diramalkan pada saat musim ujian an musim hujan. permintaan akan jasa ini akan mengalami peningkatan sebesar 50%-75% dari hari-hari biasa. Metode Persediaan Metode persediaan untuk perlengkapan yang meliputi detergent. 10 . Peluang Pasar dan Proyeksi Usaha Peluang pasar untuk usaha ini adalah besar mengingat banyaknya mahasiswa/i UNNES yang indekos di daerah Sekaran dan sekitarnya. c. 2. Segmen-Target-Posisi Pasar Target pasar yang kami bidik adalah mahasiswa/i dengan kelas ekonomi menengah. d. Pasar dan pemasaran a.

Chic Laundry juga menawarkan programprogram khusus seperti free laundry untuk pengumpulan nota 10 kali. facebook yang sedang marak saat ini.e. Perilaku dan Kepuasan Konsumen Konsumen mahasiswa akan cenderung lebih cermat dalam mencari harga yang murah dengan kuantitas dan kualitas yang baik. rental. menitipkan pamflet ke warnet.5% Sekutu Pasif : o Wirawan Budi Prasetya o Bunga Nur Julianingtyas o Selvi Pratiwi o Alfaizatul Ulya o Siti Hariyanti Masing-masinng sekutu pasif mendapatkan pembagian laba 12. Untuk itu.5% Usaha ini dilaksanakan atau dijalankan oleh 4 orang pegawai paruh waktu yang bekerja berdasarkan sistem shift dengan 2 shift kerja yaitu shift pagi (06. penawaran paket hemat antar-jemput laundry 30 hari dengan harga murah dan lain sebagainya. Manajemen dan organisasi a. Dalam program-program specsal tersebut. toko dan tempat-tempat lain taryang sering dikunjungi mahasiswa. Kami juga menyebarkan informasi dengan menyebarkan brosur ke kost-kost mahasiswa. f. Sikap. Chic Laundry tetap mengedepankan 6 Prinsip Chic Laundry sehingga kualitas terjaga.disamping menawarkan harga yang murah dan bersaing. mengenalkan dalam situs jejaring sosial. sehingga banyak konsumen yang memakai jasa kami. counter pulsa. 3. Identitas Usaha jasa laundry ini merupakan jenis usaha dengan bentuk CV (Comanditaire Vennootschap).3011 . Program Pemasaran Strategi pemasaran yang kami lakukan dengan harga yang cukup murah dan kualitas yang baik. Terdiri dari: y y Sekutu Aktif : Kenyo Amborowani dengan pembagian laba 37.

Kami mendaftarkan usaha ini pada akta notaries dan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) pada Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Kota Semarang dengan menganggarkan biaya sebesar Rp 3.30-20. Dalam usaha ini juga bersinggungan langsung dengan lingkungan sekitar terutama persediaan air untuk pencucian dan limbah air deterjen sehingga kami juga meminta ijin lokasi dan ijin gangguan kepada pihak yang berwenang. Pengorganisasian Sekutu aktif Sekutu pasif Bagian 1 Bagian 2 d. dengan pembagian tugas: 1 pegawai menangani front office.000.30) dan shift siang (13. b. Perencanaan Sumber Daya Manusia Chic Laundry akan merekrut karyawan dengan syarat sebagai berikut : y Mahasiswa/i yang bertempat tinggal di daerah Sekaran 12 .13.0000. c.00/shift/orang. Legalitas Karena usaha ini merupakan usaha kecil dalam bentuk CV (Comanditaire Vennootschap).000. 15. bagian setrikaan dan perapian (fininshing) sedangkan 1 pegawai lagi menangani bagian pencucian. Tiap shift diisi oleh 2 pegawai. hal ini dilakukan untuk kelangsungan usaha.30). bagian pengeringan dan penjemuran serta antar-jemput laundry. Sistem penggajian yang digunakan adalah berdasarkan shift dengan gaji Rp.

dengan pembagian tahap sebagai berikut : y Tahap Pertama (minggu pertama bulan November) Melakukan persiapan awal yang meliputi survei lokasi dan konsumen. Pemberhentian Pegawai yang mengundurkan diri karena permintaan sendiri dengan masa kerja kurang dari 6 bulan diberikan pesangon 20% dari gaji terakhir sedangkan untuk pegawai dengan masa kerja lebih dari 6 bulan diberikan pesangon 30% dari gaji terakhir. f. Licin. Apabila karyawan dapat memenuhi 6 Prinsip Chic laundry. Harum dan Teliti. Bukan modal besar yang menjai penentu berhasil atau tidaknya usaha ini. melainkan karyawan yang dapat memenuhi 6 Prinsip Chic Laundry serta pekerja keras dan jujur. Kering. g. Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) yang dikarenakan keputusan manajemen (pemilik) akan diberikan pesangon 30% dari gaji terakhir untuk pegawai dengan masa kerja kurang dari 6 bulan dan 50% dari gaji terakhir untuk pegawai dengan masa kerja lebih dari 6 bulan. Terpenuhinya 6 Prinsip Chic Laundry merupakan faktor yang penting demi mempertahankan pelanggan. Analisis Pekerjaan Analisis pekerjaan yang dilakukan adalah menilai pekerjaan yang dilakukan karyawan dalam proses pelaundryan pakaian pelanggan dengan mengacu pada 6 Prinsip Chic Laundry yaitu Bersih. Rapi. maka karyawan tersebut akan diberikan pelatihan (training) lanjutan agar pekerjaannya dikemudian hari dapat memenuhi 6 Prinsip Chic Laundry. Usaha laundry ini merupakan usaha yang padat karya. Perencanaan kegiatan atau penjadwalan kegiatan Waktu yang digunakan untuk menjalankan studi sampai proyek berjalan direncanakan memakan waktu 2 bulan. Apabila terdapat beberapa kriteria yang belum berhasil dipenuhi. maka karyawan tersebut dikategorikan sebagai karyawan yang berhasil. y Tahap Kedua (minggu kedua hingga minggu ketiga bulan November) 13 .y y y Mempunyai SIM C Mau bekerja keras. jujur dan bertanggung jawab Bisa bekerja dalam tim e.

rental komputer. setrika. timbangan baju. Pengurusan tempat usaha DESEMBER I II III IV II III IV 14 .Pengurusan tempat usaha yang meliputi penandatangan kontrak sewa tempat usaha dengan perjanjiannya serta pengurusan ijin usaha dengan tahap awal pemberitahuan kepada ketua RT/RW setempat. warung makan. rak/lemari penyimpanan. mesin pengering. y Tahap Keempat (minggu pertama bulan Desember) Melakukan pemasangan instalasi dan perapian tempat y Tahap Kelima (minggu kedua hingga minggu ketiga bulan Desember) Mengadakan perekrutan dan pelatihan (training) karyawan agar karyawan memiliki kemampuan yang lebih baik lagi daelam menjalankan tugasnya. y Tahap Keenam (minggu keempat bulan Desember) Melakukan kegiatan promosi yang berupa penyebaran pamflet ke warnet. toko. y Tahap Ketiga (minggu keempat bulan November) Melakukan pembelian peralatan yaitu berupa mesin cuci. dan pelanggan) 2. pengawi dan sebagainya juga dilaksanakan pada tahap ini. Jadwal kegiatan dalam bentuk tabel tampak sebagai berikut : NOVEMBER NO KEGIATAN I Persiapan awal (survey lokasi 1. counter pulsa dan tempat-tempat strategis lain yang biasa dikunjungi mahasiswa serta melakukan pembagian brosur ke kost-kost mahasiswa. kendaraan (motor) serta peralatan listrik (untuk keperluan instalasi). Untuk kegiatan promosi yang berupa pemasangan spanduk dan pengenalan usaha dalam situs jejaring sosial telah dilakukan pada minggu-minggu sebelumnya. Pembelian perlengkapan berupa detergent.

Sumber dana tersebut berasal dari modal bersama sebesar 40% dan pinjaman sebesar 60% dengan kredit bunga ringan 1. Aspek Keuangan Sumber dana yang dianggarkan dalam usaha ini adalah sebesar Rp 26.000.000.00 Rp 2.000. karyawan 6.000. maka: y Biaya operasional per bulan: Beban Perlengkapan Biaya listrik dan telepon Rp Rp 400.000.00 Rp 600.000.00 Rp 23.00 Rp 7.Pembelian 3. Keuangan dan kelayakan a.000.00 15 .000.000.000.00 Asumsi yang digunakan dalam penyusunan laporan keuangan adalah jika rata-rata 15-20 orang yang memerlukan jasa ini dengan rata-rata per orang 2kg.800. yaitu : y y y y y y y Biaya sewa tempat (1 tahun) Pembelian mesin ( 2 buah) Pembelian setrika (2 buah) Lemari (rak baju) Perlengkapan Pengurusan izin usaha Kendaraan Total Rp 7.300.00. sehingga setiap bulannya 1.080kg. perapian tempat Perekrutan dan pelatihan 5.700.600.000.00 Rp 2. Promosi 4. Biaya-biaya yang dikeluarkan setiap bulannya tetap.00 Rp 1. Dana ini akan dialokasikan untuk beberapa hal. peralatan dan perlengkapan Pemasangan alat-alat dan 4.900.5% per bulan.500.000.00 Rp 1.

Biaya transportasi Biaya gaji karyawan Biaya penyusutan Biaya promosi Biaya lain-lain Jumlah biaya per bulan Rp 75.000.000.000.00 450.000.000.390.000 Jumlah 57.000 690.500 182.00 y Laporan Laba Rugi Pendapatan Beban Operasi Laba Kotor Rp 53.000.000 Nilai residu (Rp) Penyusutan per tahun (Rp) Peyusutan per bulan (Rp) y Arus Kas (Net Cash Flow) atau Proceed tahun pertama Keterangan Investasi pendapatan Beban Operasi Laba Kotor Pajak 5% Arus Kas Bersih Tahun 0 Rp Tahun 1 Rp 53.000.957.00 Rp 18.000.00* 50.00 Rp 18.490.00 Rp 35.00 Rp 17.00 Rp Rp Rp 45.00 Rp 35.00 16 .00 Rp 1.000 540.00 * Keterangan umur ekonomis dan nilai residu aktiva tetap Nama aktiva tetap Umur ekonomis (thn) Mesin cuci (2 buah) kendaraan 10 800.880.880.000.740.000.000.800.500.500.490.00 Rp 919.00 Rp 2.500 5 200.390.000 45.500.

00 Rp 5.00 y Kas Laporan Neraca Rp 1.700.500.000.240.00 Rp 9.300.000.500.00 Rp 1.520. Pendapatan 1.000.470.500.780.000. Aspek Kelayakan Dari survey yang telah kami lakukan dan dari beberapa asumsi yang dimiliki. Untuk itu diperlukan beberapa analisis antara lain Net Present Value.957.500.490. y Payback Period (PP) Payback Period merupakan periode waktu yang diperoleh untuk menutup kembali uang yang telah diinvestasikan dengan hasil yang akan diperoleh dari investasi tersebut.000.Pajak Laba bersih Rp 919.00 Pendapatan Tetap 25 0rg @ Rp 50.00 b.000.500.000.00 maka akan diperoleh pendapatan netto sebesar 80% pertahun yang berasal dari pendapatan selama satu bulan yaitu 1.00 Rp 17.080kg @ Rp 3.00 Sewa dibyr dmuka Mesin cuci Lemari (rak baju) Kendaraan Perlengkapan Total Total Rp 26.00 Rp 4.350kg yang harganya Rp 3.00 Rp 10. Dari data yang ada dapat dihitung payback period sebagai berikut .000.000. maka kami merencanakan dengan modal/investasi sebesar rp 24. Profitability Indeks dan Payback Period.00 Rp 1.000.00 Utang Modal Rp 15.000 Total Pendapatan Biaya Operasi Laba Kotor Rp 3.00 Rp 2.600.000.000.500.532.000.00 Rp 1.000.000.000.250.000.00 per kg dikurangi biaya operasional.000.000.00 Rp 26.300.00 17 .00 Rp 1.00 Rp 7.

470.636.lo NPV = 54.500 17.470.00 Rp 1.508.500 Keterangan : Jangka waktu pengembalian modal / investasi adalah 18.875.08 10.470.000 = Rp 28.500.633.32 ± 26.300.011.Pajak 5% Laba bersih setelah pajak Rp 76.500 17.562 54.543 7.500 17.241.47 12.00 Laba 1 tahun : 12 bulan x Rp 1.000 x 12 = 18.00 Payback = 26.66 9.470.32 n NPV = ™ P1 1 (1+i) t .06 bulan 17.06 bulan.500 Present Value 14.241.32 18 .633.547.875.470.041.633.455.06 bulan atau 1 tahun 6.00 = Rp 17. y Net Presnt Value (NPV) NPV adalah memperhitungkan selisih antara present value dan net cash flow/proceed pada tingkat diskonto tertentu dengan present value dari initial outlays.805.300.241.625.516.085.470.500 17.470.455.089.633. Tahun 1 2 3 4 5 Net Cash Flow 17.

633. y Profitability Indeks (PI) PI adalah perbandingan dari present value dari net cash flow dengan present value dari initial outlays.Berdasarkan pendekatan NPV yang dipakai. investasi dikatakan layak jika PI > 1.300.08 Berdasarkan pendekatan PI yang dipakai. Untuk mendirikan usaha ini kami harus memenuhi persyaratan sebagai berikut : 1) Perijinan dan Legalitas (dalam proses) y y y y y Akte pendirian perusahaan dari notaris setempat Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) perusahaan dari kantor pajak Surat Tanda Daftar Perusahaan (TDS) Surat Ijin Tempat Usaha (SITU) yang dikeluarkan oleh pemda setempat Surat keterangan (nomor) Pengusaha Kena Pajak (PKP) yang dikeluarkan kantor pajak setempat 2) Pajak 19 .32 Rp 26.241.32 maka investasi dapat dikatakan layak. Perpajakan dan sosial a.00 PI = 1.08 > 1 maka investasi dapat dikatakan layak. untuk tujuan kesejahteraan bangsa dan Negara.241. 1. Aspek Perpajakan Pajak adalah suatu kewajiban kenegaraan berupa pengabdian serta peran aktif warga Negara dan anggota masyarakat lainnya untuk membiayai berbagai keperluan Negara berupa pembangunan nasional dan daerah yang pelaksanaannya diatur dalam undang-undang dan peraturan-peraturan.000 < 28. investasi dapat dikatakan layak jika PV inv < PV ci.633.000. 5. 26. PI = PV CI PV inv PI = Rp 28.300.

karena status bangunan adalah sewa maka tidak melakukan pendaftaran PBB. ketentuan Pajak Penghasilan ditentukan berdasar PPh pasal 21 UU No 36 Tahun 2008. Bagi masyarakat o Dapat sebagai alternatif mata pencaharian penduduk sekitar. sehingga perusahaan ini dikenakan Pajak. Untuk PBB. Aspek Sosial Ekonomi Dampak nyata dalam aspek social ekonomi dari pelaksanaaan investasi usaha laundry ini antara lain : Tujuan ekonomis dan non ekonomis 1. b. o Meningkatkan pendapatan. b. yang cukup menjanjikan dimasa yang akan datang.Pengenaan pajak pada usaha ini karena pemilik telah mendaftar pada instansi terkait dan telah mendapatkan NPWP.Kegiatan usaha ini berada di atas tanah dan bangunan . 2. sehingga dapat meningkatkan standart kehidupan atau kesejahteraan masyarakat sekitar baik secara kelompok maupun individu. Menambah pendapatan Negara yang berasal dari pajak. Menunjang program pembangunan daerah dan nasional. Bagi pemerintah a. Objek pajak dalam hal ini yaitu Pajak Penghasilan dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). 20 . Dengan mengikuti jejak yang sama.

Payback Period Jangka waktu pengembalian modal / investasi adalah 16.56 maka investasi dapat dikatakan layak. Saran Sebaiknya rencana pendirian usaha Laundry ini direalisasikan.12 bulan.880. mereka juga di untungkan oleh adanya mahasiswa yang menetap disini. investasi dikatakan layak jika PI > 1.000. Demikian gambaran singkat mengenai usaha laundry semoga dapat memberi gambaran yang utuh menyeluruh mengenai prospek usaha ini.12 bulan atau 1 tahun 4. 24. Mereka tidak perlu mencari terlalu jauh cukup ada di sekitar kita. Hal ini membuat masyarakat sekitar kampus bisa berwirausaha sebagai salah satu tambahan penghasilannya.982.33 > 1 maka investasi dapat dikatakan layak.000 < 31. investasi dapat dikatakan layak jika PV inv < PV ci.PENUTUP Saran dan Kesimpulan Jadi jelas sudah keberadaan dari Universitas Negeri Semarang ini selain menjadi salah satu lembaga pendidikan dan tempat mencari ilmu. karena menurut analisis yang sudah dilakukan menunjukkan hasil yang layak. Net Present Value Berdasarkan pendekatan NPV yang dipakai. 1. Tidak itu saja. ini juga dapat membantu masyarakat sekitar kampus mendapatkan tambahan penghasilan. mahasiswa juga di untungkan dengan adanya tempat-tempat yang menjual kebutuhan mahasiswa tersebut. Hal itu juga di rasakan oleh pengelola Chic Laundry. Profitability Indeks Berdasarkan pendekatan PI yang dipakai. 21 .

Bedcover: Rp.000/potong 4.Lampiran: Daftar Harga Laundry Kiloan. Sepatu kets: Rp.000/m2 7. Jaket kulit: Rp.000 .30. Tas: Rp.000/ 3. 12. Baju sehari-hari: Rp.15.000/pasang 8.8. 3.000 . 3. Karpet: Rp.10. Laundry kilat (4 jam ): Rp.000 . 8. 6.000/stel 9.000/potong 10.000 . Boneka: Rp.000/kg 2. 15.5.Dll 22 .000 (mini) . 3. 5. Jas: Rp.000/buah (super jumbo) 5.sebagai berikut: 1.000/buah 6. 5.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful