P. 1
KLOROPLAS

KLOROPLAS

|Views: 1,229|Likes:

Kloroplas adalah
Plastid yang mengandung Klorofil..

Kloroplas adalah
Plastid yang mengandung Klorofil..

More info:

Published by: Youdhystira Putra Asmara Tanusasmita on Oct 02, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as PPT, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

06/13/2013

pdf

text

original

KLOROPLAS

Sel tumbuhan memiliki KLOROPLAS
Not in animal cells Cytoskeleton Mitochondrion Nucleus Cell wall Rough endoplamsic reticulum (ER) Ribosomes Chloroplast Central vacuole

Plasma membrane Smooth endoplasmic reticulum (ER) Golgi apparatus Plasmodesmata

Kloroplas adalah Plastid yang mengandung Klorofil Ciri-Ciri :  Umumnya berbentuk lensa.  Kloroplas berperan sebagai organel untuk menghasilkan energi melalui proses fotosintesis.  Berlangsung fase terang dan fase gelap (Fase terang berlangsung di tilakoid, fase gelap berlangsung di stroma).  Kloroplas mengandung DNA lingkar dan mesin sistesis Protein, termasuk Protein, Ribosom dari tipe Prokariotik. Prokariotik.

A. Kloroplas terdiri atas dua bagian besar, yaitu:
1). Bagian amplop kloroplas terdiri dari :  Membran luar yang bersifat sangat permeable dan mengandung purin yang permeable terhadap senyawa dengan ukuran BM 10.000 Da.  Membran dalam yang bersifat impermeabel sehingga menyebabkan pergerakan molekul melalaui transporte.  Ruang antar membran yang terletak di antara membran luar dan membran dalam.

2). Bagian dalam kloroplas mengandung DNA, RNAs, ribosom, DNA, RNAs, ribosom, stroma dan granum. granum.  Granum merupakan bahagian kloroplas yang merupakan tempat terjadinya proses fotosintesis yang didalamnya mengandung klorofil. klorofil.  Stroma adalah cecair yang mengandungi enzim-enzim untuk mengawal proses enzimfotosintesis. fotosintesis.

Struktur Kloroplas 
Memiliki membran ganda.  Mengandung klorofil, yaitu pigmen fotosintetik yang memberikan warna hijau pada kebanyakan tumbuhan.  Membran dalam menyatu membentuk kantungkantung-kantung pipih seperti piringan yang disebut tilakoid  Interior bersifat likuid (stroma).  Tilakoid mengandung pigmen yang menangkap cahaya.Tilakoid bertumpuk satu sama lain membentuk granum (tunggal), grana (banyak).

B. Genom Kloroplas 
Genom kloroplas terdiri dari 121024 pasang nukleotida serta mempunyai inverted repeats (2 kopi) yang mengandung gen-gen rRNA (16S dan gen23S rRNAs) untuk pembentukan ribosom.  Genom kloroplas mempunyai subunit yang besar yaitu penyandi ribulosa biphosphate carboxylase. carboxylase. 

Kloroplas mempunyai sistem genetik sendiri  Diyakini berasal dari µPhotosynthetic bacteria¶.  Berupa molekul DNA membentuk lingkaran (sama dengan pada mitokondria).  Dalam satu organel bisa terdapat lebih dari satu kopi (multiple copies).

C. Fotosintesis 
Reaksi umum fotosintesis adalah sebagai berikut :

6CO2 + 6H2O + E. Matahari -------- C6H12O6 + O2

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->