SITEM SARAF PADA MANUSIA

Otak Manusia
Untuk apa otak kita ?

Komponen dalam sistem saraf
y Pusat kontrol kegiatan

y Reseptor y Efektor

penerima rangsang menanggapi

rangsang y Penghantar impuls sel sraf

Akson atau neurit juluran atau serabut panjang dari badan sel.y y y Badan Sel : terdiri dari inti sel (nukleus). dan berfungsi untuk menghantarkan impuls dari badan sel menuju ujung akson . anak inti sel (nukleolus) dan sitoplasma berfungsi menerima rangsang dari denrit dan meneruskan ke akson Dendrit yaitu juluran atau serabut pendek bercabang badan sel berfungsi menghantarkan impuls ke badan sel.

Macammacam sel Saraf Neuron motorik .

7 6 2 1 4 5 .

.

.y Neuron sensorik Neuron sensorik merupakan sel saraf yang berfungsi untuk menghantarkan impuls dari reseptor (alat indera) menuju ke otak atau sumsum tulang belakang. y Neuron Motorik y Neuron konektor (interneuron) Neuron motorik merupakan sel saraf yang berfungsi untuk membawa impuls dari otak atau sumsum tulang belakang menuju ke efektor (otot atau kelenjar dalam tubuh). Neuron konektor berfungsi untuk meneruskan rangsangan dari neuron sensorik ke neuron motorik. Neuron ini disebut neuron penggerak karena neuron motorik dendritnya berhubungan dengan akson lain sedangkan aksonnya berhubungan dengan efektor yang berupa otot atau kelenjar. Neuron ini disebut neuron penghubung atau perantara karena ujung dendrit neuron yang satu berhubungan dengan ujung akson neuron yang lain. Neuron konektor merupakan neuron berkutub banyak (multipolar) yang memiliki banyak dendrit dan akson. Oleh karena itu neuron ini disebut juga neuron indera karena dendrit neuron ini berhubungan dengan alat indera untuk menerima impuls sedangkan aksonnya berhubungan dengan neuron lain.

pahit y Lidah. sebagai penerima telinga y Rasa asam.Impuls : rangsangan atau pesan yang diterima oleh reseptor dari lingkungan luar yang dibawa neuron y Mata. manis. sebagai penerima rangsang cahaya (fotoreseptor) y Perubahan dingin menjadi panas y Telinga. sebagai penerima pada makanan rangsang zat yang terlarut (kemoreseptor) rangsang sentuhan (tangoreseptor) y Kulit. sebagai penerima y Berbagai macam aroma yang tercium hidung rangsang getaran bunyi (fonoreseptor) dan tempat beradanya indera keseimbangan (statoreseptor) rangsang bau berupa gas (kemoreseptor) y Suatu benda yang menarik mata y Suara merdu yang terdengar y Hidung. asin. sebagai penerima .

.1. makan. minum dan sebagainya. olah raga. Gerakan biasa atau gerak sadar Yaitu gerak yang terjadi melalui serangkaian alur impuls. Impuls saraf pada gerak refleks melalui alur impuls pendek.ke saraf sensorik (penghantar impuls) tulang belakang saraf pusat (otak diolah dan muncul tanggapan) tulang belakang disampaikan ke saraf motorik ke efektor (gerak yang disadari). Alur impuls : dimulai dari reseptor (penerima rangsangan) neuron ke sumsum tulang belakang saraf motorik ke efektor. Contoh gerakan sadar antara lain: berjalan. Alur impuls tersebut : dari reseptor (penerima rangsangan) . 2. Alur impuls pada gerak refleks disebut lengkung refleks. Gerakan yang tidak disadari atau gerak refleks Merupakan suatu reaksi yang bersifat otomatis atau tanpa disadari.

misalnya berkedipnya mata. .Ada dua macam gerak refleks yaitu: Refleks otak. adalah gerak refleks yang melibatkan saraf perantara yang terletak di otak. adalah gerak refleks yang melibatkan saraf perantara yang terletak di sumsum tulang belakang. Refleks sumsum tulang belakang. misalnya sentakan lutut karena kaki menginjak batu yang runcing. refleks pupil mata karena rangsangan cahaya.

Sistem Saraf Tepi ‡Saraf Somatis (Saraf sadar) ‡Saraf Otonom (Saraf tak Sadar) . Sistem Saraf Pusat ‡Otak ‡Sumsum Tulang Belakang 2.1.

2 1 3 7 6 5 .

lobus oksipitalis (bagian belakang kepala). terdiri atas tiga bagian utama yaitu jembatan Varol (pons Varolli). Setiap belahan mengendalikan bagian tubuh yang berlawanan terdiri atas dua lapisan luar (korteks) berisi badan neuron alam berisi serabut saraf yaitu dendrit dan neurit terbagi menjadi empat lobus lobus frontalis (bagian dahi).dan terletak didepan otak kecil. 2. lobus parietalis (bagian ubunubun). lobus temporalis (bagian pelipis). 2. .y Otak besar  dua belahan (hemifer) besar y Otak tengah (mesencephalon) Otak tengah manusia berukuran cukup kecil. 4. 3. otak kecil (serebelum). refleks penyempitan pupil mata   1. Otak tengah berperan dalam pusat pergerakan mata. 3. y Otak belakang  1. dan sumsum lanjutan (medula oblongata). misalnya mengangkat kelopak mata.

tekanan darah.   1. membawa impuls motorik dari otak ke efektor. misalnya : pernapasan. gerak alat pencernaan. gerak refleks seperti batuk. koordinasi kegiatan otak. 2. suhu tubuh. y Sumsum Tulang Belakang  Terletak di dalam rongga ruas-ruas berperan sebagai pusat keseimbangan. .y Otak kecil 1.yaitu lanjutan dari medula oblongata memanjang sampai tulang punggung tepatnya sampai ruas tulang pinggang kedua (canalis centralis vertebrae). detak jantung. 2. Sumsum tulang belakang berfungsi sebagai : pusat gerak refleks. dan mata berkedip. tulang belakang. Di dalam tulang punggung terdapat sumsum punggung dan cairan serebrospinal. penghantar impuls sensorik dari kulit atau otot ke otak. bersin. 3. koordinasi kerja otot dan rangka y Sumsum lanjutan (medula oblongata) berfungsi sebagai pusat pengatur refleks fisiologis. 3.

.

y Proses dipengaruhi saraf sadar hingga dapat memutuskan/memerintah untuk menggerakkan bagianbagian tubuh yang ada dibawah pengaruh y 12 pasang saraf cranial menujunorgan tertentu misalnya :  mata. y Berdasarkan asalnya sistem saraf sadar dibedakan menjadi dua yaitu: sistem saraf kepala (cranial) dan sistem saraf tulang belakang (spinal).  hidung  Telinga y 33 saraf sumsum tulang belakang berhubungan denganbagian-bagian tubuh antara lain :  Kulit  anggota gerak  otot lurik .Sistem saraf sadar y Yaitu sistem saraf yang mengatur segala gerakan yang dilakukan secara sadar atau dibawah koordinasi saraf pusat atau otak. y Saraf saraf dari sistem somatis menghantarkan impuls antara kulit dan sistem saraf pusat dan otot-otot rangka.

y Sistem Saraf otonom (saraf tak sadar)  Mengatur kerja jaringan dan organ tubuh yang tidak disadari atau yang tidak dipengaruhi oleh kehendak misalnya pada pembuluh darah dan jantung .

y mempercepat denyut jantung y menambah volume darah y memperbesar pembuluh darah y y y Saraf Simpatik y memperbesar pupil mata y menghambat keluarnya air ludah y y y (saliva) y meningkatkan ekskresi keringat dan sekresi getah pancreas y menghambat sekresi enzim pada kelenjar pencernaan y menghambat kontraksi kandung kemih (vesica urinaria) koroner menambah volume darah memperbesar pembuluh darah koroner mempersempit pembuluh darah arteri paru-paru dan arteri pada organ kelamin melebarkan cabang tenggorok (bronkhia) mengkerutkan kura (limpa) menyebabkan kontraksi (meremas) rahim pada saat kehamilan dan relaksasi rahim pada saat tidak ada kehamilan .

Saraf Parasimpatik y mengecilkan pupil mata y membantu (stimulasi) y memperlambat denyut jantung y mengurangi volume darah y mempersempit pembuluh darah y keluarnya air ludah (saliva) y menurunkan ekskresi keringat dan sekresi getah pancreas y menstimulasi sekresi enzim pada kelenjar pencernaan y mengerutkan kantung kemih (vesica urinari kelenjar pencernaan y y y koroner memperbesar pembuluh darah arteri paru-paru dan arteri pada organ kelamin mempersempit cabang tenggorok (bronkhia) melebarkan kura (limpa) tidak berpengaruh pada kontraksi dan relaksasi rahim .

Sistem Indra pada Manusia .

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful