CARA MEMBUAT SABUN MANDI CAIR

June 24, 2010 BlackBerang Leave a comment Go to comments

Keberadaan sabun mandi cair sedikit banyak telah menggeser sabun mandi padat. Jika dilihat dari harga, sabun mandi cair ini harganya lebih mahal dibanding sabun mandi padat. Hal ini disebabkan sabun mandi cair tersedia dalam bentuk kemasan sejenis botol. Harga kemasan inilah yang menyebabkan harga sabun mandi cair lebih mahal.Mengapa sebagian orang beralih ke sabun mandi cair ? Kelebihan sabun mandi cair bila dibanding dengan sabun mandi padat, diantaranya sebagai berikut: 1. Praktis, karena sabun mandi cair tersedia dalam bentuk kemasan botol, sehingga dapat mudah di bawah kemana-mana. 2. Mudah larut di air ( bathtub ), lalu di obok-obok sebentar langsung berbusa dan digunakan untuk mandi berendam. 3. Mudah berbusa dengan menggunakan spon kain, dengan begitu dapat menghemat sabun mandi cair. 4. Kesehatannya (kontaminasi terhadap kuman bisa dihindari) bisa menjamin bila dibandingkan sabun mandi padat yang dipegang banyak orang alias dipakai ramai-ramai. Komposisi sabun mandi cair : 1. Asam meristat 2. Asam Laurat 3. KOH 4. Asam stearat 5. Texapon 6. Proppylen glikol 7. Gliserin 8. KCl 9. EDTA 10. Pewarna 11. Parfum 12. Air Peralatan yang dibutuhkan : Wadah, pengaduk , pemanas dan termometer Cara Pembuatan Sabun Mandi Cair : 1. Asam meristat + Asam laurat + Asam stearat dalam wadah A dipanaskan sampai meleleh. 2. Larutkan KOH dengan air di wadah B aduk rata 3. (1) + (2) aduk rata 4. (3) + Texapon aduk rata 5. (4) + air sedikit demi sedikit aduk rata 6. (5) + Propylen glikol + Gliserin aduk rata 7. (6) + KCl + EDTA aduk rata 8. (7) + Pewarna secukupnya

Setelah cream menjadi dingin. 4. bahan pewarna dicampur dan diaduk-aduk sampai merata. dan sempurna. air dingin. Campurkan STTP dan air dingin. (8) + Peal concentrate + Parfum aduk rata 10. bubuhkan parfum sambil diaduk agar wanginya merata ke seluruh cream yang di buat.Soda Ash 105 gr (di tambah air dingin) 300 cc (ditambah CMC) 30 gr . campuran ini terpisah dari campuran pertama tadi. Campuran ketiga sadalah Soda Ash dan air diaduk sampai larut kemudian bubuhkan CMC sambil terus diaduk-aduk hingga menjadi seperti bubur agar-agar.Air dingin 150 cc .Sepuhan warna 1 cc Proses Pembuatan Sabun colek 1. Campuran pertama dan kedua dicampurkan dan terus diaduk-aduk hingga merata.ABS 300 gr . setelah merata masukkan campuran ketiga dan aduk terus. Pengadukan agak lama karena STTP sulit larut. Sabun colek siap untuk dikemas dan dipakai. 6. 3. Caostik soda.Parfume 3 cc . pengadukkan harus tekun.Caustik soda (soda api) 45 gr . .Air dingin 150 cc . 7. Oleh reaksi kimia cairan tersebut berubah menjadi cream. Tuangkan ABS pada campuran tersebut lalu diaduk.9. Simpan dalam wadah tertutup CARA MEMBUAT SABUN COLEK Bahan-bahan yang diperlukan: .STTP 45 gr . 2. 5.teliti.

Kelir/Kesumba/Warna secukupnya . c. garam halus. Masukkan teksafo.Air masak yang dingin (259 cc) .Teksafon (1/2 ons) . 1.Garam halus (5 gr) .Bibit minyak wangi (2 cc) Proses Pembuatan: a. MEMBUAT DETERGENT SENDIRI Bahan Baku untuk Pembuatan Deterjen 1. Sodium .CARA MEMBUAT SHAMPOO Cara membuat shampo cair sederhana sangat cocok di praktekan untuk menghemat pengeluaran Anda : Berikut ini adalah bahan-bahan dan cara pembuatan shampo cair dan obat penumbuh rambut sederhana. Shampo CairBahan-bahan yang diperlukan : .Bahan Aktif Bahan aktif ini merupakan bahan inti dari deterjen sehingga bahan ini harus ada dalam pembuatan deterjen. Secara kimia bahan kimia ini dapat berupa sodium lauryl sulfonate. Kemudian yang terakhir parfum/bibit minyak wangi dimasukkan sekaligus hingga rata betul. kelir kedalam panci b. Ketiga macam bahan tersebut diaduk sambil dimasukkan air masak sedikit demi sedikit.

4. Emal. (1) + Na2CO3 aduk rata 3. Bahan ini berbentuk serbuk. (2) + Na2SO4 aduk rata 4. STPP / CMC secukupnya 6. dan neopelex. Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume. produsen mencari hal-hal baru untuk mengangkat nilai dari deterjen itu sendiri. Bahan pengisi deterjen disini menggunakan sodium sulfat (Na2SO4). Parfum secukupnya Peralatan yang dibutuhkan : Wadah. Bahan pengisi Bahan ini berfungsi sebagai bahan pengisi dari keseluruhan bahan baku.Bahan Wangi Keberadaan bahan wangi ini sangat penting keberadaannya.lauryl sulfonate dengan beberapa nama dagang dengan nama texapone. Keberadaan bahan ini dalam deterjen semata-mata dilihat dari aspek ekonomis. Keberadaan bahan ini dalam deterjen tidak boleh terlalu banyak. Bahan penunjang lainnya adalah STPP (sodium tripoly posphate) yang juga penyubur tanaman. Na2SO4 secukupnya 3. Komposisi Pembuatan Deterjen 1. Secara fungsional bahan mempunyai andil dalam meningkatkan daya bersih. 5. 2. pengaduk kayu. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai meningkatkan daya bersih. Texapon 2. Parfum untuk deterjen bentuknya cair kekuning-kuningan. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah CMC (Carboxyl methyl cellulose). sebab suatu deterjen dengan kualitas baik bila menberi parfum salah akan berakibat fatal dalam penjualan. Diayak dan keringkan . Namun demikian. 3. Hal ini disebabkan oleh kandungan fosfat yng merupakan salah satu unsur dalam jenis pupuk tertentu.Bahan Tambahan (aditif) Bahan tambahan ini sebenarnya tidak harus ada didalam pembuatan deterjen. NaCO3 7% 5. dan saringan deterjen Cara Membuat Deterjen 1. luthensol. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi mencegah kotoran kembali ke pakaian. Ciri dari bahan aktif ini mempunyai busa banyak dan bentuknya jel (pasta). Bahan lain sebagai pengisi deterjen dapat mengguanakan tetra sodium pyroposphate dan sodium sitrat. Ini dapat dibuktikan air bekas cucian disiramkan ke tanaman akan menjadi subur. berwarna putih dan mudah larut dalam air. sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan saat mencuci pakaian.Bahan penunjang Salah satu contoh bahan penunjang deterjen adalah soda abu (Na2CO3) yang berbentuk serbuk putih. Texapon + NaHCO3 aduk rata 2. NaHCO3 25% 4. (3) + STPP/CMC aduk rata 5.

5.susunya bisa diganti pakai bahan lain.Campurkan bahan-bahan kaustik soda (natronloog).Direndam berhari-hari baju tidak akan menimbulkan bau.Daya bersihnya kuat atau membersihkan kotoran yang membandel. jadilah sabun mandi.6. pewarna. 3.Pada tempat yang lain minyak kelapa dan lemak sapi cair dicampur menjadi satu. nah dari cara tadi kalau ada yang mau buat pakai bhan lain. Ketelitian diwaktu mengaduk sangat dibutuhkan sebab bertambah baik dan lama waktu mengaduk maka bertambah halus hasil sabun mandi yang dibuat. 4. Parfum 7.madu misalnya« selamat berkreasi ya. MEMBUAT SABUN MANDI SUSU Ada yang pengin coba buat sabun mandi dari susu gak? Kalau ada bisa coba buat sendiri pakai resep ini« Bahan-bahan yang diperlukan Larutan kaustik soda (natronloog 38 Be) 75 cc Susu murni (susu sapi) 50 cc Minyak kelapa 250 cc Lemak sapi cair 100 cc Bahan warna secukupnya Minyak serai 100 cc Bibit minyak wangi 5 cc Proses Pembuatanya 1. 6. Usahakan supaya jangan sampai berhenti mengaduk. .Setelah lamanya 12 jam. Kemudian bukalah cetakkan tersebut. campuran yang dituangkan ke dalam cetakkan akan menjadi beku..Dalam keadaan kental masukkanlah campuran tersebut di dalam cetakkan. Siap dipasarkan Kelebihan Deterjen ini. 2.Hemat air karena hanya sekali bilas.Kemudian minyak serai dengan bibit minyak wangi (parfum) dituangkan dalam campuran terahir sambil diaduk-aduk.Kemudian tuangkan campuran tersebut ke campuran pertama tadi dan sambil terus terus diaduk-aduk hingga menjadi kental. susu sapi menjadi satu dan diaduk hingga merata.

lalu di obok-obok sebentar langsung berbusa dan digunakan untuk mandi berendam. Asam Laurat 3. pemanas dan termometer Cara Pembuatan Sabun Mandi Cair : 1. Proppylen glikol 7. Asam meristat 2. KCl 9. karena sabun mandi cair tersedia dalam bentuk kemasan botol. 2. Harga kemasan inilah yang menyebabkan harga sabun mandi cair lebih mahal. (6) + KCl + EDTA aduk rata 8. (3) + Texapon aduk rata 5. Hal ini disebabkan sabun mandi cair tersedia dalam bentuk kemasan sejenis botol. Mudah berbusa dengan menggunakan spon kain. Air Peralatan yang dibutuhkan : Wadah. Asam meristat + Asam laurat + Asam stearat dalam wadah A dipanaskan sampai meleleh. (4) + air sedikit demi sedikit aduk rata 6. Larutkan KOH dengan air di wadah B aduk rata 3. 3. Gliserin 8. Kesehatannya (kontaminasi terhadap kuman bisa dihindari) bisa menjamin bila dibandingkan sabun mandi padat yang dipegang banyak orang alias dipakai ramai-ramai. 2. pengaduk . Komposisi sabun mandi cair : 1. Texapon 6. Asam stearat 5. Jika dilihat dari harga. sabun mandi cair ini harganya lebih mahal dibanding sabun mandi padat. (1) + (2) aduk rata 4. Mudah larut di air ( bathtub ). EDTA 10. Praktis.CARA MEMBUAT SABUN MANDI CAIR June 24. Parfum 12. Pewarna 11. diantaranya sebagai berikut: 1. (5) + Propylen glikol + Gliserin aduk rata 7. 4.Mengapa sebagian orang beralih ke sabun mandi cair ? Kelebihan sabun mandi cair bila dibanding dengan sabun mandi padat. KOH 4. sehingga dapat mudah di bawah kemana-mana. (7) + Pewarna secukupnya . 2010 BlackBerang 1 comment Keberadaan sabun mandi cair sedikit banyak telah menggeser sabun mandi padat. dengan begitu dapat menghemat sabun mandi cair.

5.Setelah lamanya 12 jam.madu misalnya« selamat berkreasi ya.Dalam keadaan kental masukkanlah campuran tersebut di dalam cetakkan. Ketelitian diwaktu mengaduk sangat dibutuhkan sebab bertambah baik dan lama waktu mengaduk maka bertambah halus hasil sabun mandi yang dibuat. Simpan dalam wadah tertutup Membuat sabun mandi sendiri June 24.9. jadilah sabun mandi. 2010 BlackBerang Leave a comment MEMBUAT SABUN MANDI SUSU Ada yang pengin coba buat sabun mandi dari susu gak? Kalau ada bisa coba buat sendiri pakai resep ini« Bahan-bahan yang diperlukan Larutan kaustik soda (natronloog 38 Be) 75 cc Susu murni (susu sapi) 50 cc Minyak kelapa 250 cc Lemak sapi cair 100 cc Bahan warna secukupnya Minyak serai 100 cc Bibit minyak wangi 5 cc Proses Pembuatanya 1. 6.Kemudian tuangkan campuran tersebut ke campuran pertama tadi dan sambil terus terus diaduk-aduk hingga menjadi kental. . pewarna. 4. susu sapi menjadi satu dan diaduk hingga merata. nah dari cara tadi kalau ada yang mau buat pakai bhan lain. 2.Pada tempat yang lain minyak kelapa dan lemak sapi cair dicampur menjadi satu. (8) + Peal concentrate + Parfum aduk rata 10.Campurkan bahan-bahan kaustik soda (natronloog). Usahakan supaya jangan sampai berhenti mengaduk.Kemudian minyak serai dengan bibit minyak wangi (parfum) dituangkan dalam campuran terahir sambil diaduk-aduk.susunya bisa diganti pakai bahan lain. Kemudian bukalah cetakkan tersebut. campuran yang dituangkan ke dalam cetakkan akan menjadi beku. 3.

Ciri dari bahan aktif ini mempunyai busa banyak dan bentuknya gel translucent (pasta). Hal ini disebabkan oleh kandungan fosfat yng merupakan salah satu unsur dalam jenis pupuk tertentu. bentuknya gel/pasta berwarna kuning muda. Parfum untuk deterjen bentuknya cair kekuning-kuningan. maka daya cuci sabun terhadap kotoran yang mengandung minyak. seperti darah. sebagai bahan pembersih utama pembuatan Sabun Bubuk. Bahan penunjang lainnya adalah STPP (sodium tripoly posphate) yang juga penyubur tanaman. Bahan Aktif Bahan aktif ini merupakan bahan inti dari deterjen sehingga bahan ini harus ada dalam pembuatan deterjen. Formula Powder Detergent. . Secara kimia bahan kimia ini dapat berupa sodium lauryl ether sulfat (SLES). Harum & Disukai Pelanggan. Namun demikian. Ini dapat dibuktikan air bekas cucian disiramkan ke tanaman akan menjadi subur. lemak & gemuk. baru mencoba untuk memakai produk tersebut. 2. karena biasanya konsumen selalu membau dulu barang yang akan dibeli. Dengan ditambah lypozyme. Bahan ini berbentuk serbuk putih yang berfungsi mencegah kotoran kembali ke pakaian (anti redeposisi). Bahan Pewangi/ Bibit Parfum Keberadaan bahan wangi ini sangat penting keberadaannya. 5. 3. Bahan penunjang Salah satu contoh bahan penunjang deterjen adalah soda abu (Na2CO3) yang berbentuk serbuk putih. produsen mencari hal-hal baru untuk mengangkat nilai dari deterjen itu sendiri. Secara fungsional bahan mempunyai andil dalam meningkatkan daya bersih. susu. Keberadaan bahan ini dalam deterjen tidak boleh terlalu banyak. Bahan penunjang ini berfungsi sebagai meningkatkan daya bersih. SLES ini dikenal dengan beberapa nama dagang dengan nama cottoclarin. Bahan pengisi deterjen disini menggunakan Sodium Sulfat (Na2SO4). saos dll. Selain SLES. Dengan ditambah Protease. Dosis pemakaian 2-10%. Dosis Pemakaian 2-10%. Bahan Tambahan untuk membuat sabun yang kulitas istimewa: Extrableach : Untuk Memutihkan Cucian yang khusus berwarna putih. ataupun ultra SLES. kecap. 4. texapone. Fungsi LAS sama seperti Ultra SLES. dengan LAS. Salah satu contoh bahan tambahan ini adalah Enzym AR. kecap dll yang membandel akan lebih mudah dibersihkan. Mesin untuk mencampur Sabun Bubuk = Powder Mixer Bahan Baku untuk Pembuatan Deterjen: 1. susu. lemak ataupun gemuk yang membandel akan lebih mudah dibersihkan. maka sabun bubuk akan lebih mudah dibilas/ kesat. saos. Bahan Tambahan (aditif) Bahan tambahan ini sebenarnya tidak harus ada didalam pembuatan deterjen. bahan aktif dari sabun bubuk adalah garam Linear Alkyl Benzene Sulfonat (LAS).Resep Sabun Bubuk. Keberadaan bahan ini dalam deterjen semata-mata dilihat dari aspek ekonomis. maka daya cuci sabun terhadap kotoran yang disebabkan protein seperti darah. makanan bayi. sebab suatu deterjen dengan kualitas baik . Pemberian bahan pengisi ini dimaksudkan untuk memperbesar atau memperbanyak volume. Bahan pengisi Bahan ini berfungsi sebagai bahan pengisi dari keseluruhan bahan baku. Protease: Pembersih noda yang membandel disebabkan oleh protein. pemakiannya 3-10% Lipozyme: Pembersih noda yang disebabkan oleh minyak. sebab dapat menimbulkan efek panas pada tangan saat mencuci pakaian. Pemilihan parfum ini sangat penting. 6.

dan saringan deterjen Untuk meproduksi detergent dalam jumlah besar bisa menggunakan POWDER MIXER Cara Membuat Deterjen 1. Semprot dengan Parfum 7.. Diayak dan keringkan 6. Semua Bahan Bahan Serbuk di aduk rata 3. Cottoclarin + LAS diaduk rata 2.Bioenzyme (Bintik Biru) dosis pemakaian secukupnya. LAS 5-10% 3. pengaduk kayu. Dikemas & Siap dipasarkan Kelebihan Deterjen ini. (3) + Bahan Tambahan 5. Cottoclarin/Ultra Sles/Texapone 5-10% 2.Direndam semalam baju tidak akan menimbulkan bau. Na2SO4 10-20% 4.Hemat air karena mudah dibilas. Parfum secukupnya Peralatan yang dibutuhkan : Wadah. Komposisi Pembuatan Deterjen: 1. Enzym AR 2-10 % 6. Na2CO3 35% ± 50% 5. Mesin untuk mencampur Sabun Bubuk = Powder Mixer . STPP 5-20 % 6. (1) + (2) aduk rata 4.Daya bersihnya kuat atau membersihkan kotoran yang membandel.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful