Definisi | Pengertian | Arti dan Istilah

Kumpulan Definisi, Pengertian, Arti, Istilah, Definisi Menurut Para Ahli, Pengertian Menurut Pakar, Yang bersumber dari Buku, Majalah, Koran dan Internet. Browse » Home » Pengertian Manajemen » Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia

Wednesday, May 19, 2010
Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia
Definisi Manajemen Sumber Daya Manusia Sebelum memberikan pengertian tentang Manajemen Sumber Daya Manusia alangkah baiknya apabila diketahui terlebih dahulu pengertian Manajemen dan Sumber Daya Manusia itu sendiri. Dalam pendapat beberapa ahli, Manajemen diartikan sebagai ilmu dan seni yang mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber daya lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu. Sumber daya adalah segala sesuatu yang merupakan assets perusahaan untuk mencapai tujuannya. Sumber daya yang dimiliki perusahaan dapat dikategorikan atas empat tipa sumber daya, seperti Finansial, Fisik, Manuisa dan Kemampuan Teknologi.Hal ini penting untuk diketahui, karena akan bias membedakan dengan pengertian yang sama dengan pengertian manajemen sumber daya manusia, yaitu administrasi kepegawaian atau juga manajemen kepegawaian. Berikut ini adalah pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) menurut para ahli: 1. Menurut Melayu SP. Hasibuan. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah ilmu dan seni mengatur hubungan dan peranan tenaga kerja agar efektif dan efisien membantu terwujudnya tujuan perusahaan, karyawan dan masyarakat. 2. Menurut Henry Simamora Manajemen Sumber Daya Manusia adalah sebagai pendayagunaan, pengembangan, penilaian, pemberian balasan jasa dan pengelolaan terhadap individu anggota organisasi atau kelompok bekerja. MSDM juga menyangkut desain dan implementasi system perencanaan, penyusunan personalia, pengembangan karyawan, pengeloaan karir, evaluasi kerja, kompensasi karyawan dan hubungan perburuhan yang mulus. 3. Menurut Achmad S. Rucky MSDM adalah penerapan secara tepat dan efektif dalam proses akusis, pendayagunaan, pengemebangan dan pemeliharaan personil yang dimiliki sebuah organisasi secara efektif untuk mencapai tingkat pendayagunaan sumber daya manusia yang optimal oleh organisasi tersebut dalam mencapai tujuan-tujuannya.

dalam pembahasan manajemen sumber daya manusia ini. baik yang berada di dalam organisasi maupun yang berada diluar organisasi. kompensasi dan pemutusan hubungan kerja.com/2010/05/definisi-manajemen-sumber-dayamanusia. kompensasi. menurut Mutiara S. pelatihan dan pengembangan. penilaian prestasi kerja. Sedangkan dari sisi pekerja meliputi kegiatan-kegiatan pengadaan tenaga kerja. Dari sisi pekerjaan terdiri dari analisis dan evaluasi pekerjaan. promosi. Panggabean MSDM adalah proses yang terdiri dari perencanaan. karyawan dan masyarakat. pengembngan. Dengan definisi di atas yang dikemukakan oleh para ahli tersebut menunjukan demikian pentingnya manajemen sumber daya manusia di dalam mencapai tujuan perusahaan. kegiatan di bidang sumber daya manusia dapat dilihat dari dua sudut pandang. yaitu dari sisi pekerjaan dan dari sisi pekerja. pengadaan. Menurut Mutiara S. Panggabaean bahwa.html Istilah Sumber Daya Manusia.blogspot. pengorganisasian. Dari definisi di atas. pengertian Sumber Daya . mengandung konotasi yang berkaitan dengan kondisi manusia pada umumnya. Lebih lanjut. pimpinan dan pengendalian kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan analisis pekerjaan. promosi dan pemutusan hubungan kerja guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan. evaluasi pekerjaan.4. • • • • • • • • labels internet network buku all rights labeling internets networks http://definisi-pengertian.

pengorganisasian. . pengorganisasian. Dalam praktek. sehingga dalam prakteknya. pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia lebih sering disebut dengan istilah manajemen Personalia. pengarahan. Jadi secara umum pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia dapat digambarkan sebagai kegiatan yang meliputi perencanaan. istilah Sumber Daya Manusia khususnya yang berada dalam organisasi lebih sering disebut dengan istilah “personalia”. dan pengendalian semua unsur yang menjadi “kekuatan” manusia. untuk dipergunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia itu sendiri.Manusia lebih condong ke pengertian yang sempit. yaitu pengertian manusia dalam organisasi.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful