TUGAS 1

DISUSUN OLEH: REIKARDI ILMAR D22108261 TEKNIK INDUSTRI

“Industrial engineering is concerned with the design, improvement and instalation of integrated system of people, information, equipment, and energy. It draws upon specialized knowledge and skills in the mathematical, phisical and social sciences, togethe with the principles and methods of analisis and design to specify predict and evaluate the results to be obtained from such system” (Institute of Industrial Enginereeng - IIE) 1. LATAR BELAKANG HISTORIS Teknik Industri --istilah ini diterjemahkan dari kata " indusrial engineering " ---sebagai suatu disiplin ilmu keteknikan teknologi yang tergolong baru dibandingkan dengan disiplin ilmu keteknikan yang lain (teknik sipil, teknik mesin, teknik elektro, dan sebagainya ); lahir dan memiliki akar yang kuat dari proses Revolusi Industri yang berlangsung hampir dua abad yang lalu. Disiplin ini pada awalnya dikembangkan oleh beberapa individu (Tylor, Gilbreth, dll) yang berusaha untuk mencari metoda-metoda untuk meningkatka produktivitas kerja melalui stusi kerja yang lebih efektif-efisien dengan mengkaji interaksi kerja mannusia-mesin sebagai suatu sistem yang integral. Sekitar satu abad yang lalu, Frederick Winslow Taylor (1856-1915 --- seorang insunyur mesin yang masih muda waktu itu ---mengembangkan teori " scientific management "-nya yang menghasilkan pradigma baru yang beranjak dari ekonomi agraris bergerak menuju ekonomi produksi (industri). Apa yang dikembangkan oleh Taylor dengan prinsip-prinsip "scientific management" yang diterapkan melalui studi-studi perancangan kerja (work study/design) tidaklah jauh berbeda dengan apa-apa yang dikerjakan oleh para sarjana teknik industri sekarang ini. Kalau bisa disimpulkan , fokus dari fungsi dan peran disiplin teknik industri akan berkisar pada 2 ( dua ) tema pokok yaitu "interfaces" dari manusia dan mesin dalam sebuah sistem kerja dan analisa sistem produksi (industri) untuk memperbaiki serta meningkatkan performans kerja yang ada. Kedua tema studi ini yang memberikan motifasi utama bagi Taylor untuk melakukan riset-riset di industri (Midvale & Bethlehem Steel Company) saat itu. Apa yang dilakukan oleh Taylor dengan studi kerja-nya telah

maka Taylor telah mengawali eksperimen-eksperimen untuk meningkatkan produktivitas melalui "sumber daya aktif" (manusia pekerja). ARAH PERKEMBANGAN Dalam sejarah disiplin teknik industri. Sinergi yang terjadi antara pasangan suami yang insinyur dan istri yang ahli prilaku manusia (psikolog) ini teraasa memberikan agin segar dan wawasan baru terhadap konsep/prinsip manajemen ilmiah yang telah dikembangkan oleh Taylor. Tiga puluh tahun kemudian terjadi suatu "penyempurnaan" terhadap konsep manajemen ilmiah yang telah dikembangkan oleh Taylor. 2. Seperti halnya dengan Taylor. maupun pada saat berinteraksi dengan sesama manusia yang lain (human relation) akan memberi pengaruh yang singnifikasi didalam segala upaya meningkatkan produktifitas kerja. Disamping kedua tokoh ini. arah dan pertumbuhan disiplin teknik . rancangan mesin /peralatan kerja. tumbuh dan berkembangnya disiplin tersebut yang kemudian mampu memperkaya kazanah ilmu keteknikan yang ada. akan tetapi juga ikut bertanggung-jawab dalam masalahmasalah pengembangan teknologi produksi perangkat lunaknya (metode kerja/produksi. Disini prilaku (behavior).dsb) Penelitian kerja yang telah dilaksanakan oleh Taylor di pebrik baja Midvale Bethlehem telah menghasilkan banyak kemaslahatan dan membawa perubahan-perubahan dalam upaya meningkatkan produktivits melalui "sumber daya pasif". organisasi dan manajemen produksi. setudi yang dilakukan oleh Gilbreths tetap terfokus pada komponen manusia dalam siste kerja (sistem manusia mesin).seorang yang berlantar belakang teknik sipil dan psikolog --. maupun pada saat berinteraksi dengan lingkungan kerja fisik (kondisi ergonomis). dsb). setudi telaah kerja yang dilakuakn oleh Taylor dan Gilbreths sebaik titik awal muncul.yang mencoba lebih "memanusiawikan" prinsip-prinsip manajemen ilmiah-nya Taylor yang pendekatannya cenderung masih serba mekanistik (memperlakukan manusia seperti halnya manusia yang bisa di program secara linierdeterministik).membuka lapangan baru dalam disiplin ilmu keteknikan (engineering) yang ternyata tidak harus selalu terlibat dalam masalah-masalah pengembangan teknologi produksi perangkat keras (perancangan produk. Dalam hal ini kita jumpai apa-apa yang telah dilakukan oleh pasangan suami-istri Frank & Lilian Gilberth --.

Persoalan pokok yang dipelajari dalam hal ini akan . yaitu mulai dari industri yang menghasilkan produk-barang fisik (manufaktur) atau jasa (service). analisis sistem dan pendekatan sistem dalam setiap proses pangambilan keputusan.industri yang diwarnai oleh hasil kerja pionir-pionir lainnya seperti Henry Gantt (Bar/Gantt Charts). sampai ke industri hulu/dasar yang banyak berhadapan dengan persoalan-persoalan teknis atau industri hilir yang lebih menonjolkan aspek-aspek ekonomis pemasarannya. Studi disini akan menekankan pada prinsip-prinsip yang terjadi pada saat proses transformasi / nilai tambah dan aliran material yang terjadi pada sistem produksi yang terus berkelanjutan sampai meningkat ke persoalan aliran distribusi dari produk akhir ( finished goods output ) yang keluar dari pabrik menuju konsumen. pengorganisasian. Sebegitu luasnya ruang lingkup yang bisa dimasuki untuk mengaplikasikan keilmuan teknik industri.Demikian juga problem yang harus dikaji oleh disiplin teknik industri yang awal mulanya lebih terkonsentrasi ke lantai produksi (mikro) terus melebar luas mengarah ke problem manajemen industri (perencanaan. Meskipun historis perkembangan disiplin teknik industri berangkat dari disiplin teknik mesin (mechanical engineering dan terutama sekali sangat berhubungan erat dengan sistem manufaktur yang proses transformasi-produksinya terjadi secara fisik. Harington Hemorson. disiplin teknik industri telah berkembang luas dalam dua dekade terahir ini. penggerakan dan pengndalian sistem produksi ) yang harus pula mempertimbangkan faktor sistem lingkungan dalam proses pengambilan keputusan. Dalam hal ini disiplin teknik industri mengkedepankan konsep sistem. Topik kedua adalah berkaitan dengan dinamika aliran informasi. Disiplin teknik industri melihat segala permasalahan industri dengan tinjauan dari aspek-aspek teknis (engineering) maupun non teknis ( sosial-ekonomis). Wawasan "tekno-sosioekonomis" akan mewarnai penyusunan kurikulum pendidikan teknik industri dan merupakan karakteristik yang khas dan membedakan disiplin ini dibandingkan dengan disiplin-disiplin lainnya. Sesuai dengan "nature" industri yang pendefinisiannya sangat luas. bagaimanapun juga hal ini dapat dikelompokkan kedalam 3 ( tiga) topik pokok yang menjadi landasan utama pengembangan disiplin teknik industri. Pertama adalah berkaitan erat dengan permasalahan-permasalahan yang menyangkut dinamika aliran material yang terjadi di lantai produksi.

Pendekatan kedua ini dalam disiplin teknik industri akan memerlukan landasan yang kuat melalui penguasaan matematika. Kenyataan yang sering dihadapi adalah bahwa seorang yang berlatar-belakang keilmuan teknik industri sering berada dan bekerja dimana-mana mulai dari lini operasional sampai ke lini manajerial. 3.adalah salah satu contoh . Pertanyaan ini sebetulnya tidak mudah di jawab secara singkat.berkaitan dengan aliran informasi yang diperlukan dalam proses pengambilan keputusan yang menyangkut persoalan-persoalan manajemen industri. Pola pikir dan pola tindak yang berwawasan sistem inilah yang mungkin menjadi "strong basic" dari seorang profesional teknik industri dimasapun dia berada atau bekerja. melainkan sudah beranjak ke persoalan diluar dindingdinding pabrik. fisik dan engineering sciences.--. Persoalan yang dihadapi seringkali sudah tidak ada lagi bersangkut-paut dengan problem yang timbul di lini produksi (sistem produksi) ataupun manajemen produksi / industri. Seorang profesional teknik industri seringkali membanggakan kemampuan dirinya dalam hal merancang dan mengembangkan konsep-konsep yang berwawasan sistem dengan pendekatan yang bersifat komperhensif-integral. Hal yang terahir inilah yang cenderung membawa disiplin teknik industri untuk terus menjauhi persoalan-persoalan teknis (eksak.walaupun begitu yang masih patut diingat kesemuanya harus tetap berlandaskan ilmuilmu fisika.adalah President dari Collins Avionices and Comunications Division (CACD). fisik-kuantitatif) yang umum dijumpai di lini sistem produksi dan bergelut dalam persoalan non-teknis yang serba abstraktif-kualitatif. Herm Reininga --.membawa persoalan sendiri bagi profesiona teknik industri (industrial engineer ) pada saat mereka harus menjelaskan secara tepat " what should we do and where should we work?". jelas dan memuaskan mereka yang masih awam dengan keilmuan teknik industri. Beberapa indifidu yang sukses didalam meningkatkan kinerja perusahaan merasakan betul bagaimana disiplin teknik industri telah mampu menjawab persoalan-persoalan yang dihadapinya. PERAN PROFESI TEKNIK INDUSTRI DI MASA DEPAN Begitu Luasnya ruang lingkup yang bisa dirambah untuk mengaplikasikan keilmuan teknik industri --. matematika dan sosial-ekonomis --.USA --. Selanjutnya topik ketiga cenderung untuk bergerak ke arah persoalan-persoalan yang bersifat makro dan strategis.

"(Boggs. Cacuk menyatakan "kekagumannya" dengan ilmu-ilmu TI yang ternyata cukup efektif dalam memecahkan permasalahan manajemen industri. Reininga menyatakan ". akan tetapi apa yang telah dilakukan oleh kedua sarjana teknik tersebut betul-betul memberikan konstribusi nyata akan peranan disiplin dan profesi teknik indusri didalam "revitalisasi" kinerka perusahaan. The industrial engineering dagree gave me a system that the other didn't have. Pada saat menceritakan kiat-kiat suksesnya .. --seorang yang berlatar belakang pendidikan formalnya sebagai nuclear engineer. Begitu pula bagaimana seorang Kuntoro Mangkusubroto dengan latar belakang permasalahan yang kuat bidang operation research dan manajemen industri lainnya mampu melepaskan PT.pada saat mendongkrak kinerja PT. . Meskipun pada saat itu orang belum mengenal konsep mengenai "reegineering" ... Dalam pernyataanya didepan peserta kongres dan seminar ITSMI sekitara awal tahun 1990-an dan berbagai kesempatan lainnya. tetapi merasakan bahwa sukses karier yang dicapainya lebih banyak ditunjang oleh keikutsertaanya didalam mengikuti "IE training " pada berbagai kesempatan yang dimilikinya.manager yang sukses membawa seluruh aktifitas manufactuing CACD selama lebih dari satu dekade. karena latar belakang profesi teknik industri yang dimilikinya. tentunya masih banyak lagi yang bisa diperoleh dari berbagai kisah meraih sukses seseorang. Industrial engineering combines the technical skill with the people skill and some business-type skills that proven to be important in project management and people management . Story menyatakan antara lain " .. Hal tersebut tidak hanya dijumpai di LN... Timah yang nyaris ambruk sampai menjadi sebuah perusahaan yang sehat. Hal yang senada dengan Reininga juga dinyatakan oleh susan Story --. a background in industrial engieenering gives you a creadibility you can't get otherwise. Pada saat ditanyakan kiat kunci sukses yang diraihnya. 1996) Kiat-kiat meriah sukses didalam merintis karier seseorang karena ilmu-ilmu TI yang dikuasai.yang berlatar belakang pendidikan formalnya sebagai insinyur pertambangan ITB --. It gave me the ability to statistically analzed products and processes" (Boggs. melainkan bisa juga bisa dipetik dari apa yang pernah dinyatakan oleh seorang Cacuk Sudariyanto --.. Telekomunikasi Indonesia bergerak ke arah bisnis global..Vice President dari Albama Power Co.1997).

Menghadapi situasi semacam ini tentu saja diperlukan seorang majer industri yang memiliki bekal kuat yang tidak saja menguasai kemampuan-kemampuan teknis operasional (enginereering design/processes) . tentu saja akan memberikan nuansa perubahan san pradigma baru yang harus mampu diantisipasi oleh seorang manajer perusahaan mulai dari lini produksi/operasional sampai ke lini penentu kebijaksanaan dan pengambil keputusan strategis. Frederick Winslow Taylor . tetapi juga harus menguasai dengan baik kemampuan mengenai persoalan manusia (human skill).Tantangan global yang membawa dampak kearah suasana persaingan yang lebih keras. selain juga kemampuan didalam memformulasikan da melahirkan konsep-konsep baru yang secara efektif-efisien bisa memberikan terobosan dalam memecahkan permasalahan industri yang semakin kompleks dan penuh dengan ketidakpastian.

Berdasarkan pengalamannya itu. Pedoman tersebut adalah: . Peninggalan Peninggalan Taylor yang paling terkenal dalam ilmu manajemen adalah ide tentang penggunaan metode ilmiah dalam manajemen. Ia dikenal sebagai "bapak manajemen ilmiah" dan merupakan pemimpin intelektual dari Gerakan Efesiensi. Selain itu. para pekerja cenderung menganggap gampang pekerjaannya. Ketidakefesienan itu muncul karena mereka menggunakan berbagai macam teknik yang berbeda untuk pekerjaan yang sama —nyaris tak ada standar kerja di sana. berusaha keras mengoreksi keadaan tersebut dengan menerapkan metode ilmiah untuk menemukan sebuah "teknik terbaik" dalam menyelesaikan tiap-tiap pekerjaan. Taylor membuat sebuah pedoman yang jelas tentang cara meningkatkan efesiensi produksi. Ide ini muncul ketika Taylor merasa kurang puas dengan ketidakefesienan pekerja di perusahaannya. Taylor berpendapat bahwa hasil dari para pekerja itu hanyalah sepertiga dari yang seharusnya. selama 20 tahun. Taylor kemudian.Frederick Winslow Taylor (lahir 20 Maret 1856 – meninggal 21 Maret 1915 pada umur 59 tahun) adalah seorang insinyur mekanik asal Amerika Serikat yang terkenal atas usahanya meningkatkan efesiensi industri.

Keluarga Gilbreth berhasil menciptakan micromotion yang dapat mencatat setiap gerakan yang dilakukan oleh pekerja dan lamanya waktu yang dihabiskan untuk melakukan setiap gerakan tersebut. menggenggam. Hal ini berbeda dengan pemikiran sebelumnya di mana pekerjalah yang melakukan tugas tersebut. (http://id. penggerakan. 3. Kembangkanlah suatu ilmu bagi tiap-tiap unsur pekerjaan seseorang. Gerakan yang sia-sia yang luput dari pengamatan mata telanjang dapat diidentifikasi dengan alat ini. Bagilah pekerjaan dan tanggung jawab secara hampir merata antara manajemen dan para pekerja. ajarilah. terutama bagian perencanaan. yang akan menggantikan metode lama yang bersifat untung-untungan. Manajemen juga disarankan untuk mengambil alih pekerjaan yang tidak sesuai dengan pekerja. 4. Pedoman ini mengubah drastis pola pikir manajemen ketika itu. dan pengontrolan. 2.1. yang dieja terbalik dengan huruf th tetap). pilihlah dan kemudian latihlah.wikipedia. Secara ilmiah. Skema . Taylor mengusulkan manajemenlah yang harus memilihkan pekerjaan dan melatihnya. Gilbreth. memegang) yang mereka sebut Therbligs (dari nama keluarga mereka. Bekerja samalah secara sungguh-sungguh dengan para pekerja untu menjamin bahwa semua pekerjaan dilaksanakan sesuai dengan prinsip-prinsip ilmu yang telah dikembangkan tadi. untuk kemudian dihilangkan.org/wiki/Frederick_Winslow_Taylor) Frank Bunker Gilbreth & Lillian Moller Gilbreth Manajemen ilmiah kemudian dikembangkan lebih jauh oleh pasangan suami-istri Frank dan Lillian Gilbreth. Manajemen mengambil alih semua pekerjaan yang lebih sesuai baginya daripada bagi para pekerja. Keluarga Gilbreth juga menyusun skema klasifikasi untuk memberi nama tujuh belas gerakan tangan dasar (seperti mencari. Jika sebelumnya pekerja memilih sendiri pekerjaan mereka dan melatih diri semampu mereka. pengorganisasian. atau kembangkanlah pekerja tersebut.

. Frank Jr. Dengan menggunakan teknik-teknik Gilbreth. Dan. Maine. Bill. tukang baku dapat lebih produktif dan berkurang kelelahannya di penghujung hari.wikipedia. Fred. Martha. Sementara untuk batu bata interior. Frank yang bekerja sebagai kontraktor bangunan menemukan bahwa seorang pekerja melakukan 18 gerakan untuk memasang batu bata untuk eksterior dan 18 gerakan juga untuk interior.tersebut memungkinkan keluarga Gilbreth menganalisis cara yang lebih tepat dari unsur-unsur setiap gerakan tangan pekerja. Ernestine. Melalui penelitian. Sebelumnya. Ia juga terkenal sebagai bapak dan tokoh sentral dalam novel Cheaper by the Dozen. Lill. Amerika Serikat Ilmuwan Lillian Moller Gilbreth Anne. (http://id. Bob. . Skema itu mereka dapatkan dari pengamatan mereka terhadap cara penyusunan batu bata. ia menghilangkan gerakan-gerakan yang tidak perlu sehingga gerakan yang diperlukan untuk memasang batu bata eksterior berkurang dari 18 gerakan menjadi 5 gerakan. Jack. Mary. ia mengurangi secara drastis dari 18 gerakan hingga menjadi 2 gerakan saja. dan Jane Meninggal Pekerjaan Pasangan hidup Anak Frank Bunker Gilbreth (7 Juli 1868-14 Juni 1924) adalah penganjur manajemen ilmiah dan perintis studi gerak dan waktu. Amerika Serikat 14 Juni 1924 (umur 56) Montclair. New Jersey.org/wiki/Manajemen) Frank Bunker Gilbreth Lahir 7 Juli 1868 Fairfield.

Claude George menulis bahwa Frank dan Lillian Gilbreth adalah ilmuwan yang mengajarkan manajer agar mempertanyakan semua aspek di tempat kerja. Daniel. William.Pendidikan Gilbreth hanya sampai sekolah menengah atas. Dalam penelitiannya. ia meneliti kebiasaan kerja pegawai tingkat klerikal dan manufaktur dalam usaha mencari cara meningkatkan hasil kerja dan membuat pekerjaan mereka menjadi mudah. dan hidup hingga usia 93 tahun. dan Jane. dan berlanjut menjadi ahli manajemen. ia mencari cara tercepat dan termudah untuk mendirikan tembok dari batu bata. John. Lillian. Bersama istrinya. ia menjadi kontraktor bangunan. tapi seorang meninggal dunia ketika masih kanak-kanak. ia menggunakan kamera film untuk menghitung waktu tersingkat dalam melakukan sebuah gerakan. Martha. Mary (wafat tahun 1912). ia mendirikan firma konsultasi manajemen bernama Gilbreth. Lillian sangat panjang umur. Menurut Claude George (1968). termasuk memegang. dan memegang untuk memakai. Nama ke17 gerakan dasar tersebut adalah therblig yang diambil dari namanya sendiri ("Gilbreth") yang dieja terbalik. Istrinya bernama Lillian Moller Gilbreth yang dinikahinya tahun 1904. Gilbreth meninggal mendadak akibat gagal jantung pada usia 55 tahun. membawa. Setelah bekerja sebagai pekerja bangunan.. Fred. Gilbreth adalah orang pertama yang mengusulkan perawat kamar bedah bertugas menyodorkan peralatan bedah kepada . dan penelitian di abad ke-20 mengungkap gerakan berulang-ulang sebagai penyebab cedera gerakan repetitif. Pada waktu itu. Frank Jr. Ernestine. Istrinya. Bersama ilmuwan yang kemudian menjadi pasangan hidupnya. Inc. Penekanan Frank dan Lillian Gilbreth adalah pada satu cara terbaik ("one best way"). dan secara terus menerus menerapkan metode yang lebih baik. Robert. Pasangan suami istri ini memiliki 12 orang anak. Gilbreth kadangkadang diundang sebagai dosen di Universitas Purdue yang banyak menerbitkan karya ilmiah yang ditulisnya. Kedua belas putra-putri mereka adalah Anne. Lillian Moller Gilbreth. Metode therblig menjadi cikal bakal perbaikan mutu kontinyu (CQI). Gilbreth menemukan bidang penelitian yang disukainya ketika masih bekerja sebagai kontraktor bangunan. Gilbreth mengurangi semua gerakan tangan menjadi sejumlah 17 gerakan dasar.

Buku Cheaper by the Dozen mengilhami dua film berjudul sama. Lillian Moller Gilbreth . Walaupun penelitian Gilbreth sering dihubungkan dengan penelitian yang dilakukan Frederick Winslow Taylor. fokus penelitian Frank dan Lillian Gilbreth adalah proses yang lebih efisien dengan mengurangi gerakan yang dibutuhkan. Gilbreth juga merancang teknik standar yang digunakan angkatan bersenjata di seluruh dunia dalam mengajarkan cara membongkar pasang senjata dengan cepat. film berjudul sama dibintangi Steve Martin dan Bonnie Hunt. di antara keduanya terdapat perbedaan filosofi yang mendasar. cerita dalam film yang dibintangi Steve Martin tidak berhubungan dengan cerita dalam novel. Di lain pihak. Time Out For Happiness yang terbit tahun 1971. Kisah ini diangkat dalam novel Cheaper by the Dozen yang ditulis anaknya yang bernama Frank Jr. Isinya mengisahkan perjalanan hidup keluarga Gilbreth setelah Frank Gilbreth meninggal dunia pada tahun 1924. dan Taylorisme pada prinsipnya berhubungan dengan pengurangan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan suatu proses. Pada tahun 2003. dan sekarang sudah habis dan tidak dicetak lagi. Sebagian orang menganggap inovasi yang dilakukan Gilbreth telah menyelamatkan jutaan jiwa. Frank dan Lillian Gilbreth sering menggunakan keluarga besarnya sebagai hewan percobaan. Taylorism identik dengan penggunaan stopwatch. Kisah lanjutan berjudul Belles on Their Toes diterbitkan tahun 1950. termasuk dalam keadaan mata tertutup dan ruangan gelap total.dokter bedah seperti halnya seorang "kedi" (istilah yang digunakan Gilbreth). prinsip Gilbreth lebih mengutamakan kesejahteraan pekerja. Walaupun sama-sama mengisahkan keluarga beranak dua belas. Salah satunya adalah film tahun 1950 yang dibintangi Clifton Webb dan Myrna Loy. Frank Jr kembali menulis novel lanjutannya. Dibandingkan dengan Taylorisme yang mengutamakan keuntungan. Perbedaan mencolok di antara Taylorisme dan prinsip Gilbreth menyebabkan perbedaan pendapat di antara pengikut Gilbreth dan Taylor. dan Ernestine Gilbreth Carey.

Amerika Serikat Ilmuwan BA. PhD (24 Mei 1878–2 Januari 1972) adalah salah seorang wanita ilmuwan Amerika Serikat yang pertama kali menyandang gelar doktor (Ph. Bersama suami bernama Frank Bunker Gilbreth. Bill. Lill. MA. PhD Frank Bunker Gilbreth Anne. Arizona. MA. dan Jane Meninggal Pekerjaan Gelar Pasangan hidup Anak Lillian Moller Gilbreth. Fred..Lillian Moller Gilbreth. BA. ia adalah perintis bidang teknik industri. Pasangan suami istri Frank dan Lillian Gilbreth memiliki banyak anak sehingga mereka tertarik dalam studi waktu dan . Ernestine. Bob.D). Dan. Mary. California. Frank Jr. foto tahun 1921 Lahir Lillian Evelyn Moller 24 Mei 1878 Oakland. Amerika Serikat 2 Januari 1972 (umur 93) Phoenix. Martha. Jack. Sebagian orang berpendapat bahwa Gilbreth adalah ahli psikologi organisasi dan industri yang pertama.

Sebagai penghormatan baginya. Akademi Teknik Newark dan Universitas Wisconsin-Madison. produksi di masa perang. Dinas Pos Amerika Serikat mengeluarkan prangko bergambar Lillian Gilbreth pada tahun 1984. Selain itu. Peninggalan Lillian dan Frank Gilbert mendapat tempat khusus dalam ruang pamer Museum Nasional Sejarah Amerika yang dikelola Lembaga Smithsonian. Roosevelt. Inc. Eisenhower. Selain itu. Gilbreth juga bekerja sebagai penasihat lima orang presiden. potretnya juga dipajang di Galeri Potret Nasional. yang mengkhususkan diri pada studi waktu dan gerak. Di antara topik yang dikuasainya terdapat masalah pertahanan sipil. hingga Johnson. Gilbreth bekerja sebagai staf pengajar di Universitas Purdue. Pasangan suami istri Gilbreth mendirikan firma konsultasi manajemen bernama Gilbreth. dan rehabilitasi orang cacat. mulai dari Presiden Hoover. [1] Gilbreth dianggap sebagai "Ratu Bidang Teknik yang Pertama". dan menjadi wanita pertama yang dipilih sebagai anggota Akademi Teknik Nasional Amerika Serikat. Henry Gantt .gerak. Kesibukan pasangan ini yang beranak dua belas digambarkan dalam novel Cheaper by the Dozen dan Belles on Their Toes. Kennedy.

ME (1861 .Lahir Meninggal Kewarganegaraan Bidang Dikenal atas 1861 November 23. Efisiensi Industri: Industri efisiensi hanya dapat dihasilkan oleh aplikasi analisis ilmiah untuk semua aspek pekerjaan dalam penyelesaian.23 November 1919) adalah seorang insinyur mekanik Amerika dan konsultan manajemen yang paling terkenal untuk mengembangkan Gantt chart pada 1910-an. Henry Gantt terdaftar di bawah Stevens Alumni Institut Teknologi. Ia kemudian bekerja sebagai guru dan juru gambar sebelum menjadi insinyur mesin. Pada tahun 1887. ia bergabung dengan Frederick W. AB. Peran manajemen industri adalah untuk • . Maryland. ia menyediakan jadwal grafis untuk perencanaan dan pengendalian kerja. Dalam karir di kemudian hari sebagai konsultan manajemen-menyusul penemuan grafik Gantt-ia juga merancang 'tugas dan bonus' sistem pembayaran upah dan metode pengukuran efisiensi dan produktivitas pekerja tambahan. American Society of Mechanical Engineers (ASME) merupakan penghargaan medali tahunan untuk menghormati Henry Laurence Gantt. Program Evaluasi dan Review Teknik (PERT). Dia lulus dari Sekolah McDonogh pada 1878 dan kemudian pergi ke Stevens Institute of Technology di New Jersey. Biografi Gantt lahir di Calvert County. [2] Pekerjaan warisan Henry Gantt untuk manajemen produksi adalah sebagai berikut: • Bagan Gantt: Masih diterima sebagai alat manajemen yang penting hari ini. 1919 Amerika Serikat Manajemen ilmiah Bagan Gantt Henry Laurence Gantt. grafik ini memiliki variasi modern. dan merekam kemajuan menuju tahapan proyek. Taylor dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen ilmiah untuk pekerjaan mereka di Midvale Steel dan Bethlehem Steel-bekerja di sana dengan Taylor sampai 1893. Grafik ini Gantt dipekerjakan pada proyek-proyek infrastruktur utama termasuk Hoover Dam dan sistem Interstate jalan raya dan terus menjadi alat penting dalam manajemen proyek.

Gantt juga menjelaskan penggunaan: • "Kartu produksi" untuk menugaskan bekerja untuk operator masing-masing dan merekam berapa banyak dilakukan setiap hari. yang menunjukkan apa setiap pekerja harus dilakukan dan tidak dilakukan. Dia mengusulkan memberi kepada mandor setiap hari perintah "kerja" yang merupakan daftar memerintahkan pekerjaan harus dilakukan hari itu. Upah. yang menunjukkan jumlah pekerjaan yang harus dilakukan dan jumlah yang dilakukan. lebih awal dari jadwal. Tanggung jawab sosial perusahaan: Dia percaya bahwa bisnis memiliki kewajiban untuk kesejahteraan masyarakat di mana mereka beroperasi. Dalam artikel ini 1903. Grafik Gantt Gantt menciptakan berbagai jenis grafik Dia merancang grafik-nya sehingga mandor atau supervisor lain cepat bisa tahu apakah produksi sesuai jadwal. ia juga mengingatkan bahwa jadwal yang paling elegan yang diciptakan oleh perencanaan kantor tidak ada gunanya jika diabaikan. Di bagian atas setiap kolom adalah jumlah yang dibutuhkan. Berat garis horizontal menunjukkan tanggal awal dan tanggal pesanan harus dilakukan. Tugas Dan Sistem Bonus: Dia menghubungkan bonus yang dibayarkan kepada manajer untuk seberapa baik mereka ajarkan karyawan mereka untuk meningkatkan kinerja.• • memperbaiki sistem dengan menghilangkan kesempatan dan kecelakaan. Jumlah dimasukkan dalam sel yang sesuai adalah jumlah bagian dilakukan setiap hari dan total kumulatif untuk bagian itu. Saldo harian telah baris untuk setiap hari dan kolom untuk setiap bagian atau setiap operasi. Pada 1916 bukunya "Kerja. terutama di lingkungan job shop. dan • Saldo "setiap hari kerja". saldo harian grafis adalah "sebuah metode penjadwalan dan merekam bekerja". Gantt (1903) menjelaskan dua jenis saldo: • Catatan orang "itu". Gantt memberi contoh dengan perintah yang membutuhkan beberapa hari untuk menyelesaikan. dan Laba" Gantt secara eksplisit membahas penjadwalan. atau di belakang jadwal. Menurut Gantt. Modern perangkat lunak manajemen proyek meliputi fungsi kritis bahkan sekarang.. ia membahas kebutuhan untuk mengkoordinasikan kegiatan untuk menghindari "gangguan". Namun. Pada tahun 1919 bukunya "Penyelenggara Kerja" [6] Gantt memberikan dua prinsip untuk grafik-nya: . Selain itu. suatu situasi yang diamati.

meskipun mereka menunjukkan baik waktu kerja yang sebenarnya untuk setiap hari dan waktu kerja kumulatif selama seminggu. Selain itu. maka Gantt mampu mempopulerkan metode yang serupa. Ini adalah hal yang paling dekat dengan grafik Gantt hari ini biasanya digunakan dalam penjadwalan sistem.org/wiki/Henry_Gantt) ELTON MAYO . dan setiap baris menunjukkan bulan awal dan akhir bulan pengiriman. (http://id. menggunakan garis horizontal tipis. Adamiecki tidak menerbitkan karyakaryanya dalam bahasa yang populer di Barat. Gantt menunjukkan grafik kemajuan yang menunjukkan bulan untuk setiap tahun. garis horizontal tebal menunjukkan jumlah barang yang diproduksi sepanjang tahun. Sebuah metode baru menampilkan proses saling ketergantungan untuk meningkatkan visibilitas jadwal produksi ditemukan pada tahun 1896 oleh Karol Adamiecki. Dua. • Perencanaan dan penjadwalan proyek pekerjaan. • Pemantauan kemajuan proyek pekerjaan. apa yang berasal sebagai grafik Adamiecki adalah sekarang lebih sering disebut sebagai Gantt Chart Gantt Chart merupakan gambaran dari macam-macam bagan yang mempunyai fungsi untuk: • Menentukan durasi pekerjaan terhadap perkembangan waktu. ruang pada tabel dapat digunakan untuk mewakili jumlah kegiatan yang seharusnya dilakukan pada waktu itu. Setiap baris tabel sesuai untuk sebuah mesin individual atau operator. Setiap baris dalam tabel sesuai dengan pesanan untuk bagian-bagian dari kontraktor tertentu. meskipun berada pada tingkat lebih tinggi dari penjadwalan mesin. Grafik ini tidak menunjukkan yang tugas-tugas yang harus dilakukan.wikipedia. Namun. dan solusi menjadi dihubungkan dengan Gantt. yang mirip dengan yang didefinisikan oleh Gantt pada tahun 1903. Mesin catatan Gantt chart dan grafik yang merekam manusia cukup mirip. mengukur aktivitas dengan jumlah waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan mereka. namun. jumlah item yang dihasilkan selama bulan tersebut.• • Satu. yang dikembangkan di sekitar tahun 1910-1915. Dengan modifikasi kecil.

dan advokasi tentang konsep manusia sosial dan kebutuhan sosial sangat terkait dengan studi itu.George Elton Mayo (lahir 26 Desember 1880 – meninggal 7 September 1949 pada umur 68 tahun) adalah seorang psikolog. sosiolog. sebelum pindah ke University of Pennsylvania. ia menikah dengan Dorothea McConel di Brisbane dan mendapatkan 2 putri dari perkawinannya. Ia mengajar di University of Queensland dari 1919 hingga 1923. Dia mampu melakukan ini dengan sukses karena Mayo adalah jurnalis yang sangat baik dari studinya itu. Pada tanggal 18 April 1913. dan teoritikus organisasi kelahiran Australia. Dia akan mengumpulkan dan menerapkan teori-teori sosiologis yang ada dan menerapkannya pada penelitian yang dia kenal. Mayo dikenal karena penelitian-penelitiannya serta perannya dalam Hawthrone Studies. Ia juga mengajar di Harvard Business School pada tahun 1926—1947. Pada waktu itu Mayo telah berumur 46 tahun. Elton Mayo lahir di Australia pada tahun 1880. Henderson memperkenalkan kepadanya teori Parieto. di mana ia menjadi profesor di bidang penelitian industrial (industrial research). Dia menerapkan teori sosiologi yang ia pelajari pada studi Manajemen lain yang sedang dilakukan pada saat itu. Dia tidak selalu melakukan penelitian sendiri tetapi ia juga menggunakan penelitian orang lain dan kemudian dia menaruh kesimpulan ke dalam sebuah buku. Dia tidak mengenal sosiologi sampai tahun 1926 ketika Lawrence J. Hal .

Beberapa masalah seperti korupsi pejabat dan peraturan yang perindustrian perhatikan tetapi tidak pernah terpenuhi. Hal ini dijelaskan dalam buku-buku yang ditulisnya. maka pekerja akan lebih bersedia untuk bekerja lebih keras untuk majikannya. Mayo juga mampu memberikan bukti nyata untuk mendukung teori Follet bahwa kurangnya perhatian terhadap hubungan manusia merupakan cacat utama dalam teori-teori manajemen lainnya. Dia menulis buku itu setelah studi Hawthorn selesai dan ia menemukan bahwa itu adalah masalah sosial yang adalah masalah dengan hal-hal seperti itu terjadi dalam industry walaupun tidak semua faktor yang studi Hawthorn mencoba untuk membuktikannya. Peranan yang Mayo punya dalam “development of management” biasanya dihubungkan dengan penemuannya mengenai mahkluk sosial dan kebutuhan akan hal ini di tempat kerja. Dalam buku ini dia menunjukkan masalah-masalah politik yang muncul dari peradaban industri. Mayo menemukan bahwa pekerja bertindak sesuai dengan perasaan dan emosi. Jika manajemen suatu perusahaan memperlakukan karyawan dengan rasa hormat dan memberikan perhatian di tempat kerja yang mereka butuhkan. Dia merasa bahwa jika Anda memperlakukan pekerja dengan menghargai dan berusaha untuk memenuhi kebutuhan. . Pekerjaan Mayo disumbangkan untuk teori manajemen melalui penelitian yang dilakukan di Western Electric’s Hawthorn Work yang berlangsung dari tahun 1927-1932.yang menakjubkan dari Mayo ialah Mayo mampu menyesuaikan teori Sosiologi terhadap penelitian yang ia mulai kenal tahun 1926 dan ia menulis buku pertamanya di tahun 1933 berjudul “The Human Problems of an Industrial Civilization”. Dia kemudian menulis buku lain di tahun 1945 berjudul “The Social Problems of an Industrial Civilization” dan ia menulis buku yang ketiga pada tahun 1947 berjudul “The Political Problems of an Industrial Civilization”. Dia mampu membuktikan bahwa karyawan akan memiliki reaksi lebih baik ketika mereka memiliki hubungan yang baik dengan manajemen dimana mereka bekerja. Itu belum semua yang ada dalam studi Hawthorn misalnya untuk mereka yang fokus pada kondisi kerja seperti pencahayaan dimana pekerja bekerja dan faktor-faktor lain yang dengan mudah dapat diubah dengan manajemen harus berbuat banyak. Baik manajemen maupun karyawan akan membawa keuntungan. maka mereka akan menjadi pekerja yang lebih baik untuk Anda dan keduanya. Solusi sebenarnya adalah memiliki manajemen yang terlibat lebih dengan para pekerja.

Hal ini membantu menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat reaksi pekerja dengan majikan dan manajemen mereka dan masalah yang mereka miliki. tidak mengherankan bahwa Hubungan Manusia biasanya dianggap sebagai gagasan Elton Mayo. afiliasi kelompok. Sebuah hal sederhana seperti memberikan karyawan sebuah hadiah atau penghargaan kecil untuk performa yang luar biasa selama sebulan atau setahun bisa membantu memotivasi karyawan lain untuk ingin berbuat lebih baik sehingga mereka bisa memiliki kesempatan untuk diakui atas kerja kerasnya. dan pengakuan khusus. . Ketika mereka membiarkan karyawan bekerja dengan kelompok-kelompok atau berafiliasi dengan kelompok di tempat kerja. Dengan semua yang telah dilakukan Elton Mayo dengan teorinya tentang manajemen dan cara memotivasi karyawan untuk lebih produktif itu . mereka mampu membuat perbedaan. Mereka tidak melihat berapa banyak peningkatan produktivitas akan dilakukan untuk fakta faktor manusia dan tidak lakukan untuk faktor lingkungan. Bahkan perbedaan kecil masih membuat hal itu sehingga karyawan akan lebih produktif karena mereka tahu bahwa mereka membantu orang lain dan bahwa mereka akan memiliki kesempatan untuk diakui di depan sesame pekerja untuk pekerjaan yang mereka lakukan.Mayo tidak bisa meramalkan penghargaan sosial dan pribadi pekerja berpengalaman sebagai hasil dari pertimbangan manajemen.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful