PENGERTIAN DASAR KEBUDAYAAN  Kebudayaan menurut ahli antropologi yaitu Menville J.

Dan Bronislow malinowski : ³¶ Kebudayaan adalah sesuatu yang terdapat dalam masyarakat ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki masyrakat itu sendiri´.  Kata kebudayan berasal dari kata Sansekerta Yaitu Budhayah merupaka bentuk jamak dari kata budhi, yang artinya budi/ akal, dan daya artinya kekuatan/ potensi. DEFINISI KEBUDAYAN MENURUT BEBERAPA TOKOH  E.B Tailor ³Kebudayaan adalah suatu yang komplek mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adai-istiadat dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.  KI HAJAR DEWANTARA ³ Kebudayaan adalah buah budi manusia dalam hidup bermasyarakat.sebagai buah akal manusia maka kebudayan bersifat kebendaan/materi( duniawi) dan bersifat kerohanian.  Koentjaraningrat ³ Kebudayaan adalah keseluruhan gagasan dan karya manusia yang harus dibiasakannya dengan belajar serta dengan keseluruhan dari hasil budhi dan karyanya itu.  Prof. Dr. M.Djojodigoeno ³Kebudayaan adalah hasil cipta, rasa dan karsa manusia. Cipta : terletak di otak merupaka potensi akal/kemampuan berfikir Rasa : dalam diri manusia terdapat sensitifitas emosionalitet, seperti : rasa etika, rasa susila, rasa estetika dll.dengan rasa estetika dapat menimbulkan karya seni Karsa : mkehendak manusia dalam hidupnya seperti : menghendaki kesempurnaan, keselamatan, kebahagiaan dll BENTUK KEBUDAYAAN  Kebudayaan Fisik : Kebudayaan yang sifatnya konkrit dapat di raba, diamati, dilihat, di photo, seperti : patung, lukisan, candi,arsitektur dll  Kebudayaan Rohani : Kebudayaan yang sifatnya abstrak, contoh : agama, hukum, norma, bahasa, sastra, adat-istiadat dl WUJUD KEBUDAYAAN MENURUT ³ KOENTJARANINGRAT" Terdiri 3 wujud, yaitu :  Wujud kebudayaan sebagai suatu komplek dari seluruh ide dan gagasan, nilai-nilai, norma peraturan (adat-istiadat)  Wujud kebudayaan sebagai komplek aktivitas kelakuan berpola dari manusia yang bermasyarakat  Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia, disebut kebudayaan fisik memilki sifat konkrit. UNSUR KEBUDAYAAN UNIVERSAL Meliputi bidang :

berkembang dalam berbagai bahasa :       L¶arte : bahasa itali L¶art : bahasa perancis El¶arte : bahasa spanyol Art : bahasa inggris Kunst : bahasa belanda Die art : bahasa jerman     Seni dalam bahasa sansekerta. Di sebut teori ³ MIMESIS ART´.  Herbert Read .  Plato Seni adalah peniruan bentuk alam dengan segala seginya. Suwaji Bustami Seni adalalah yang berarti donasi yaitu pemujan persembahan nilai-nilai religius. Seni yang dihasilkan hendaknya realistis yang artinya ketepatan bentuk alam sangat diutamakan. Disebut teori ³OF MAGIC and RELIGION´. ARTISTA  ARS : kelompok orang yang memiliki ketrampilan dalam membuat karya seni  ARTES : teknik / craffmanship yaitu ketrampilan dalam membuat suatu karya  ARTISTA : anggota/ seniman yang ada dalam kelompok Istilah ARS. seni bertalian erat dengan keagamaan. disebut Cilpa sebagai kata sifat yang berarti berwarna DEFINISI SENI MENURUT PARA TOKOH  Ki Hajar Dewantoro Seni adalah segala perbuatan manusia yang timbul dari hidup perasaannya dan bersifat indah hingga dapat menggerakan jiwa perasaan manusia  Menurut Ensiklopedia Indonesia Seni meliputi penciptaan manusia dari segala macam hal/benda yang karena keindahan bentuknya senang dilihat/ di dengar orang  Drs. ARTES.Sistem Sosial : tata hubungan manusia dengan manusia Sistem ekonomi : tata hubungan manusia dengan benda Sistem politik : tata hubungan manusia dengan kekuasaan Sistem ilmu pengetahuan dan teknik : tata hubungan manusia dengan alam dan tenaga kerja  Sistem bahasa : tata hubungan manusia dengan simbol dan komunikasi  Sistem religi : tata hubunganmanusia dengan keyakinan  Seni : tata hubungan manusia dengan nilai keindahan KESENIAN Seni dalam berbagai istilah Dalam bahasa latin pada abad pertengahan terdapat istilah-istilah ARS.

rasa suka rasa nikmat dll. Dalam perkembanganya musik dimulai dari suara manusia sebagai alat bagi manusia itu sendiri untuk menyatakan perasaan atau suasana hatinya. melodi. Sedangkan suara yang tidak tertentu frekuensinya disebut desah. Jadi Musik adalah cetusan ungkapan perasaan melalui bunyi suara manusia (vokal) maupun benda (instrumental). perbedaan keras lembutnya suara. perbedaan tinggi rendahnya nada. menggetarkan alatalat yang ada pada telinga sehingga alat kesadara kita menangkap adanya bunyi tersebut Bunyi atau suara yang tertentu frekuensinya disebut nada.dan mempunyai pengertian yang sama dalam bahasa Yunani yaitu Indah. seni. harmoni.Seni adalah suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. dan perbedaan warna bunyi yang tersusun secara teratur.( frekuensi adalah jumlah getaran perdetik) Musik adalah hasil karya seni bunyi dalam bentuk lagu atau komposisi musik yang menungkapkan pikiran dan perasaan penciptanya melalui unsur-unsur musik yaitu irama. . bahwa bunyi atau suara dapat kita dengar apabila : y Adanya suatu sumber bunyi yaitu adanya getaran dari suatu benda y Getaran tersebut dilanjutkan udara dan masuk ke telinga . seperti rasa senang. Bentuk mana yang dapat memberikan kepuasan dalam penikmatan pengamat seni mampu melakukan pengalaman estetis sehingga timbul kesediaan untuk mengapresiasi ( menghargai) CABANG-CABANG SENI Cabang seni pokok meliputi :      Seni Rupa Seni tari Seni teater Seni musik Seni sastra PEGERTIAN MUSIK ASAL KATA MUSIK Perkataaan musik berasal dari bahasa Yunanni mousike. cantik merupakan ungkapan perasaan. yang berasal dari kata mouse atau mouskos . BUNYI Pengertian Bunyi Dalam pelajaran IPA. dalam bahasa latin dikenal dengan sebutan musica yang berasal dari kata musa. bentuk atau struktur lagu dan ekpresi. UNSUR-UNSUR MUSIK  Irama : pengertiam umum yaitu : irama atau ritme musik terletak pada silih berganti panjang pendeknya suara.

anak kambing. cepat. dl) Religioso : saleh ( lir-ilir.  Melodi : alunan suara yang berbeda tinggi rendahnya. Tempo secara garis besar dibagi 3 bagian yaitu : tempo lambat. syukur. dll) Mercia funabre : mars duka cita (gugur bunga. soleram. Adapun istilah tanda tempo antara lain: y Tempo lambat : Largissimo : sangat lembut Adagio : lambat Grave : khidmat Largeto : agak pelan Tempo sedang : Andante : berjalan biasa Moderato : sedang Tempo cepat : allegreto : ringan dan agak cepat Allegro : cepat Prestissimo : secepat-cepatnya y y Tanda-tanda lain dalam tempo lain : Con dolore : dengan sedih (gugur bunga. bangun pemuda-pemudi dll) Erocia : gagah seperti pahlawan ( maju tak gentar. rasa sayange dll) Marcia : tegap. Adapun perbedaan tinggi rendahnya suara berlangsung secara berurutan  Birama / matera/ metrum : sebagian lagu yang dibatasi oleh dua buah garis tegak . maju tak gentar dll) Con brio : dengan riang ( sorak-sorak gembira. kulihat ibu pertiwi )  Dinamik : keras lembutnya suara dalam musik.Irama : pengertian khusus ialah panjang pendeknya suara yang datang berulang-ulang serta tersusun secara teratur.kulihat ibu pertiwi) Con fuoco : dengan berapi-api (halo-halo bandung. dll) Serioso : bersungguh-sungguh ( terima-kasihku.  Tempo : cepat-lambatnya suatu lagu dimainkan atau dinyanyikan. berkibarlah bendera dll) Sherzando : bersaenda gurau (suwe ora jamu. sedang . gagah seperti baris-berbaris (maju tak gentar. hari kemerdekaan. ayo mama.