P. 1
contoh Resensi Novel

contoh Resensi Novel

3.0

|Views: 46,238|Likes:
Published by -Nduuh Newbie-

More info:

Published by: -Nduuh Newbie- on Oct 03, 2010
Copyright:Attribution Non-commercial

Availability:

Read on Scribd mobile: iPhone, iPad and Android.
download as DOCX, PDF, TXT or read online from Scribd
See more
See less

11/12/2014

pdf

text

original

Resensi Novel Sang Pemimpi Judul : Sang Pemimpi Penulis : Andrea Hirata Penerbit : Bentang Cetakan : Cetakan keduapuluh

lima, Oktober 2009 Kategori : Novel Tebal : X + 292 hlm. Andrea Hirata, lahir di Belitong. Andrea berpendidikan ekonomi dari Universitas Indonesia. Ia mendapat beasiswa Uni Eropa untuk studi master of science diUniversite de Paris, Sorbonne, Prancis dan Sheffield Hallam University, United Kingdom. Tesis Andrea dibidang ekonomi telekomunikasi mendapat penghargaan dari kedua universitas tersebut dan ia lulus cum laude. Tesis itu telah diadaptasi kedalam bahasa Indonesia dan merupakan buku teori ekonomi telekomunikasi pertama yang ditulis oleh orang Indonesia. Buku itu telah terdaftar sebagai referensi ilmiah. Meskipun studi mayornya ekonomi, ia amat menggemari sains-Fisika, Kimia, Biologi, Astronomi-dan tentu saja Sastra. Sang Pemimipi adalah novel yang menceritakan perjuangan tiga anak Belitong yang tinggal disebuah kampung Melayu. Mereka berjuang untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Meskipunmereka hidup ditengah kemiskinan, mereka tidak mempedulikannya. Mereka mempunyai semangat yang membara, semangat yang tidak bisa diredam oleh apapun untuk meraih mimpi-mimpi mereka. Sang Pemimpi itu adalah Ikal, Arai, dan Jimbron. Bagi mereka mimpi adalah energi bagi kehidupan mereka masa kini untuk melangkah menuju masa depan yang mereka cita-citakan. Arai sebenarnya masih memiliki hubungan darah dengan Ikal. Dia sejak kecil sudah menjadi yatim piatu. Karena Arai tidak memiliki saudara lagi, maka dia diasuh oleh orang tua Ikal. Bagi ikal, Arai adalah saudara sekaligus sahabat terbaiknya. Jimbron, dia adalah sosok yang rapuh. Dia berbicara dengan gagap semenjak ayhnya meninggal dunia. Jimbron sangat terobsesi dengan kuda, karena diBelitong saat itu belum ada kuda. Jimbron memiliki kisah yang unik dengan obsesinya terhadap kuda. Anda akan merasa terhibur dengan tingkah Jimbron. Bagaimana kisah ketiga anak tersebut ? untuk mengetahui jawabannya bacalah novel Sang Pemimpi. Novel ini menceritakan kisah memoar kehidupan Ikal, Arai, dan Jimbron dalam mewujutkan impian mereka. Semua kisahnya tersaji dalam 18 mozaik yang tidak terlalu panjang. Ada beberapa kisah yang menggugah, namun ada juga beberapa kisah yang lucu. Seperti pada mozaik bioskop, yang menceritakan kenakalan Ikal dan kedua sahabatnya. Selain itu, disela-sela kisah ketiga pemimpi yang terdapat dalam novel Sang Pemimpi, pembaca juga akan disuguhi potret landskap pulau Belitong lengkap dengan kondisi sosialnya. Novel Sang Pemimpi, merupakan kelanjutan dari tetralogi Laskar Pelangi. Akan tetapi, didalam isi cerita novel Sang Pemimpi, tidak menceritakan tentang anggota Laskar Pelangi yang selalu bersama dalam cerita dari novel Laskar Pelangi. Dan ada potongan mozaik yang membuatku kecewa dengan cerita

dalam novel, yaitu pada kalimat Tak terasa aku telah menyelesaikan kuliahku (hlm. 250). Sepertinya ada sesuatu yang disembunyikan dari penulis tentang kisah ini. Semoga kisah yang disembunyikan itu akan diceritakan dalam novel berikutnya.

Judul : Cerita dalam Keheningan

Penulis : Zara Zettira ZR Penerbit: esensi Sumber Resensi: Abdullah Tebal : 258 Halaman Zaira amat jujur menuliskan semua lika-liku hidupnya. Ia menceritakan dengan detail hari-hari yang memberikan pelajaran, pengalaman, baik itu manis, asin maupun pahit. Namun dari rentang kehidupan yang ia jalani, begitu banyak pahit yang melahirkan madu. Ia menelannya. Lalu di dalam kepalanya bercabang-cabang kayu rindang buah pikiran yang harus ia tuliskan. Maka ia jadi penulis lewat godaan Ali, teman kecil yang entah kemana. Liku hidup memang misteri. Kealpaan manusia sering kali membuat hidup dengan sendirinya mengalir tak menentu. Dan cinta, selalu memagut kehidupan. Karena cinta itulah sebenarnya sumber kehidupan. Tapi di tangan Zaira, cinta kadang-kadang sumber kematian. Rahasia demi rahasia itu menjadi materi penceritaan yang sangat menakjubkan. Sentuhan spiritualitas, pluralisme, membuat novel ini layak dibaca bagi mereka yang sering terperangkap dalam sebuah pemikiran saja. Buku ini memberikan tawaran paling baik, dimana godaan budaya yang kaya dari setiap suku bangsa, membuat hidup memang penuh warna-warni. Itulah perjalanan Zaira. Terlahir dari anak zaman yang membuat hidupnya naik ke puncak kejayaan kepenulisan dunia remaja paruh 80-90-an. Tapi kekosongan hidupnya setelah ditinggal sang ayah sangat menyakitkan. Beberapa kali mencoba bunuh diri, sampai peristiwa H Semo yang misterius menolong hidupnya. Lalu cintanya terhadap Jody, kandas! Karier terus menjulang, uang terus membanjiri hidup, tapi dimana kedamaian? Zaira mencari itu. Begitulah, sepotong kisah singkat dari novel yang ditulis oleh penulis yang lama menghilang. Memang, sudah lama nian tak terdengar penulis satu ini. Ia menghilang bak ditelan bumi. Padahal, dia sangat dikenal dulunya. Buku ini tampaknya sebagai Laporan Pertanggung Jawaban dunia kepenulisannya selama ini. Padah buku ini kelihatan, hidupnya ternyata tidak seindah dari ending cerita dalam karyanya. Cerita dalam Keheningan, sangat terasa pribadi. Sulit dikatakan secara utuh sebuah novel. Tapi demikianlah, ia tetaplah sebuah cerita yang memiliki kekuatan kemanusiaan.

Penulis buku ini sepertinya menemukan filsafat hidup dari pahit getir nasib yang mengayuhnya pergi ke setiap arus. Hidup bahagia di tengah keluarga yang berakhir dengan kegoyahan politik negeri ini. Ia berusaha memahami apa yang sedang terjadi dan kenapa sampai menimpa keluarga dan merubah alur hidupnya. Sebuah buku tentang kerinduan dan kesepian.

You're Reading a Free Preview

Download
scribd
/*********** DO NOT ALTER ANYTHING BELOW THIS LINE ! ************/ var s_code=s.t();if(s_code)document.write(s_code)//-->