SISTEM INFORMASI RUMAH SAKIT

1. Latar Belakang Sebuah rumah sakit yang berlokasi di daerah kota yang cukup padat penduduknya, melayani ±200 pasien setiap harinya. Rumah sakit ini terdiri beberapa unit pelayanan, diantaranya yaitu: Unit Gawat Darurat (UGD), Unit Pengobatan Umum, Unit THT, Unit Organ Dalam, Unit Mata, Unit Ibu dan Anak, dan Unit Gigi. Rumah sakit tersebut meskipun sudah berdiri cukup lama namun dalam sistem manajemen informasinya masih menggunakan sistem pencatatan manual, dimana seluruh data-data mengenai pasien dicatat dan disimpan dalam buku-buku catatan rumah sakit yang sampai saat ini sudah mencapai ribuan buku catatan. Skema dari pencatatan data pasien itu adalah sebagai berikut: PASIEN ANTRIAN I ANTRIAN II PELAYANAN SELESAI Pada skema di atas terdapat dua antrian. Antrian I ialah antrian pasien untuk pengisian data-data pasien sedangkan antrian II ialah antrian pasien untuk menunggu dipanggil masuk ke ruang dokter. Memang pada mulanya hal itu bukanlah suatu masalah bagi pihak rumah sakit, namun di saat jumlah penduduk semakin meningkat dan jumlah pasien per harinya pun semakin banyak maka pihak rumah sakit saat ini mulai merasa kewalahan dalam hal memanage data-data mengenai pasien.

2. Tujuan a) Untuk lebih meningkatkan layanan rumah sakit. b) Untuk lebih mempercepat proses pendataan pasien. c) Untuk memperpanjang umur data-data pasien. d) Agar data-data mengenai pasien tertata dengan rapih.

Unit Ibu dan Anak.3. Melihat riwayat kesehatan pasien 2. Fungsi Adapun fungsi dari sistem informasi rumah sakit ini. no. yaitu: 1. jenis penyakit yang diderita.1. Di dalam data-data pasien tersebut dituliskan mengenai nama pasien. unit yang dikunjungi. 4.1. Mempersingkat waktu administrasi rumah sakit . dokter yang menangani. Menginput data-data pasien 1. tanggal-tanggal kunjungan. Unit Mata. Unit Pengobatan Umum.telpon pasien. alamat pasien. Mempercepat kinerja rumah sakit dalam melayani pasien 2. yang meliputi Unit Gawat Darurat (UGD). dan Unit Gigi. Manajemen data-data pasien 1. Unit Organ Dalam. dan tindakan yang diambil oleh dokter. Unit THT. tempat/tanggal lahir pasien.2. no.anggota.2. Mengefektifkan sistem administrasi rumah sakit 2. Ruang Lingkup Sistem informasi rumah sakit ini akan diterapkan pada setiap unit layanan rumah sakit.

Sign up to vote on this title
UsefulNot useful